4 Ciri-Ciri Kain Katun Dengan Kualitas Terbaik 

0

Tahukah Anda ciri apa saja yang harus ada pada kain katun agar bisa dikategorikan sebagai kain katun yang mempunyai kualitas terbaik? Beberapa bahan katun bisa jadi mempunyai kualitas yang sama bisa jadi berbeda tergantung dengan komposisi dan bagaimana proses pembuatan kainnya. Kali ini kami akan membahas tentang ciri-ciri kain katun yang mempunyai kualitas baik dan apa saja jenis-jenis kain katun yang mempunyai ciri-ciri tersebut.

Ciri-Ciri Kain Katun Terbaik

  • Bahan tidak berbulu

Ciri-ciri kain katun dengan kualitas terbaik yang paling pertama  adalah kainnya yang tidak berbulu. Memang pada dasarnya kain yang dibuat dari bahan dasar katun atau kapas pasti mempunyai bulu halus pada permukaan kainnya, tetapi jika kualitas dari kain tersebut memang baik maka bulu nya tidak akan berlebihan. Jadi sebelum membeli kain katun pastikan terlebih dahulu apakah kain tersebut berbulu atau tidak.

  • Tidak mempunyai gumpalan kapas tidak rata

Pernahkah Anda menemukan kain yang mempunyai permukaan yang tidak rata? Permukaan tidak rata yang Anda temukan di suatu kain bisa jadi dikarenakan gumpalan kapas yang tidak rata sehingga Anda menemukan pada beberapa bagian kain yang tampak lebih tebal dan juga lebih tipis. Kain yang kualitasnya bagus atau terbaik seharusnya mempunyai permukaan kain yang rata dan tidak bergumpal di beberapa bagian. 

  • Tidak ada bintik putih pada kainnya

Selanjutnya, ciri-ciri kain katun terbaik adalah tidak terdapat bintik putih pada kainnya. Memang bintik putih ini berasal dari mana? Bintik putih ini merupakan biji kapas atau kotoran kapas yang masih tertinggal pada serat kainnya sehingga kain katun mempunyai bintik-bintik putih yang nampak pada permukaan kainnya. Kain katun dengan kualitas baik seharusnya tidak memiliki lagi biji kapas atau kotoran kapas yang masih menempel pada serat kainnya. 

  • Handfeel yang bagus

Anda yang sudah terbiasa memproduksi pakaian dengan kain katun mungkin sudah bisa membedakan mana kain yang kualitasnya bagus atau tidak melalui handfeel kainnya. Ciri-ciri kain katun dengan kualitas terbaik adalah handfeel nya yang halus dan lembut, tidak kasar dan kaku. Semua orang pasti ingin menggunakan pakaian yang nyaman dan bagus kualitasnya dan salah satu ciri dari pakaian yang nyaman adalah yang handfeelnya bagus. Tapi Anda juga harus berhati-hati juga karena bisa jadi pakaian yang Anda pikir handfeel nya halus sebenarnya bukan halus melainkan licin. Ada beberapa yang bisa menghasilkan handfeel halus ada juga bahan kaos yang bisa menghasilkan bahan kaos yang licin, maka dari itu perhatikan juga komposisi bahan kaosnya.

Ciri-ciri kain katun yang kualitasnya terbaik diatas pasti tidak dimiliki oleh semua jenis, maka dari itu ada beberapa jenis bahan yang perlu Anda ketahui yang juga mempunyai ciri-ciri seperti di atas, apa saja? 

Jenis Kain Katun Kualitas Terbaik

Kain katun biasanya terbagi menjadi 2 jenis yaitu kain katun dengan bahan 100% serat katun dan juga kain katun dengan bahan campuran. Kain katun yang menggunakan 100% serat katun sebagai bahan dasarnya bisa jadi kualitasnya bagus tapi ada juga bahan katun yang kualitasnya tidak begitu baik seperti bahan Carded yang saat ini biasanya digunakan sebagai bahan alternatif saja. Begitu juga dengan bahan katun dengan komposisi campuran, ada yang kualitasnya baik dan ada juga kualitasnya kurang seperti bahan dan TC yang dibuat dari campuran serat katun dan serat Polyester. 

Dibawah ini merupakan jenis kain katun yang mempunyai kualitas terbaik dan juga 4 ciri-ciri kain katun di atas juga terkandung pada kainnya. 

 

Mungkin kami sudah sering sekali membahas tentang bahan beserta keunggulan kainnya, karena memang kain katun ini mempunyai kualitas yang baik berkat keunggulan kainnya yang sama seperti ciri-ciri kain katun di atas. Kain Cotton Combed sudah banyak digunakan oleh masyarakat karena mereka mengakui jika kain ini mempunyai handfeel yang lembut dan halus, permukaan kain yang rata, kainnya tidak berbulu secara berlebihan dan tidak terdapat bintik putih pada kainnya. 

Memang benar bahan kaos ini mempunyai 4 ciri-ciri kain katun di atas, dan selain ciri-ciri katun tersebut Bamboo juga masih mempunyai keunggulan lain. Keunggulan yang paling terkenal dari Cotton Bamboo adalah kemampuannya menangkal bakteri dan juga merupakan kain katun campuran yang mempunyai anti bau. Cotton Bamboo dibuat dari campuran 70% serat Bamboo dan 30% serat Cotton. Bahan kaos katun ini terkenal dengan kandungan anti bakteri pada kainnya yang disebut dengan Bamboo Kun, bio-agen antimikroba yang tahan terhadap bakteri dan jamur. Tidak sampai situ saja, kain Cotton Bamboo anti bau juga. Jadi tepat rasanya jika menyebut bahan Cotton Bamboo sebagai salah satu kain katun campuran yang mempunyai kualitas terbaik.

Mengapa Modal bisa dikategorikan sebagai kain yang mempunyai kualitas terbaik? Karena bahan ini juga mempunyai 4 ciri-ciri diatas, selain itu juga kain Cotton Modal adalah bahan yang mempunyai keunggulan lain, bisa dikatakan hampir sama dengan Cotton Bamboo hanya saja bahan ini mempunyai permukaan yang lebih berkilau sehingga memberikan kesan elegan. Tapi perlu diingat kandungan dari Cotton Modal ini serat kayu atau beechwood yang dicampur dengan serat cotton. Saat ini Cotton Modal juga sudah mulai banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kaos, namun memang kebanyakan digunakan untuk kaos dengan kualitas premium.

  • Kain U.S. Pima Cotton

U.S. Pima Cotton adalah kain yang dibuat dari 100% serat cotton yang sangat langka, disebut dengan langka disini karena, total panen nya hanya 1% dari seluruh produksi kapas dunia. Bahan ini adalah bahan terbaik, tidak hanya kami saja yang mengakui jika kain ini mempunyai kualitas terbaik, beberapa sumber pun menyebutkan jika bahan kaos ini memang mempunyai kualitas terbaik dan menjadi 1 dari 3 jenis bahan Top Quality Cotton. Serat kain U.S. Pima Cotton disebutkan sebagai serat terpanjang dan lebih kuat dibandingkan dengan jenis serat katun lainnya. Keunggulan dari kain ini adalah kainnya yang kuat, lebih tahan lama, warna nya yang lebih cerah dan tekstur kainnya yang lembut dan tentu terdapat 4 ciri kain katun di atas pada kain ini.

Dari 4 jenis kain ini mana yang lebih sering Anda gunakan? Jenis kain manapun sebenarnya mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing dan semua jenis kain yang kami sebutkan ini sudah tersedia di toko kami dan bisa Anda dapatkan juga melalui e-commerce atau marketplace .

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

 TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin &8211; Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here