5 Macam Macam Bahan Katun Kaos Terbaik

0
Rate this post

5 Macam Macam Bahan Katun Kaos Terbaik – Bahan katun kaos umumnya banyak dijadikan bahan pakaian pria maupun wanita. Material utama yang digunakan dalam kain katun yaitu serat tanaman kapas dan diolah kembali dengan berbagai cara.

Macam Macam Bahan Katun Kaos Terbaik

Bahan katun kaos dikenal sebagai bahan yang adem dan mudah menyerap keringat. Sehingga tak jarang, bahan ini banyak digunakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah iklim tropis, khususnya Indonesia. Karena seratnya yang halus dan nyaman, kelebihan penggunaan bahan katun tidak membuatalergi atau gatal pada kulit. simak ulasan mengenai macam macam bahan katun kaos kualitas terbaik dari Knitto Textiles

Bahan Katun Combed merupakan bahan yang terbuat dari 100% serat kapas. Bahan ini dibuat dengan proses knitting atau rajut yang melewati proses penyisiran atau combing. Cotton Combed dapat dirajut dengan teknik single knit maupun double knit.

Ciri dari Cotton Combed yang dibuat dengan teknik single knit yaitu memiliki motif rajutan yang berbeda pada kedua sisi permukaan bahannya. Sehingga terlihat sisi mana yang digunakan untuk bagian dalam kaos,  dan mana yang digunakan untuk luar kaos.

Sedangkan untuk double knit, kedua sisi bahan Cotton Combed memiliki motif rajutan yang sama sehingga kedua sisi dapat digunakan. Namun secara keseluruhan, kedua teknik knitting tersebut sama-sama menghasilkan bahan yang nyaman digunakan.

Ciri dari bahan Cotton Combed yaitu mampu menyerap keringat atau cairan lainnya dengan sangat baik karena terbuat dari serat alami kapas. Selain itu, permukaan bahannya terasa lembut, halus, sejuk dan nyaman di kulit.

Bahan Cotton Combed nyaman digunakan sehari-hari karena memiliki fleksibilitas yang tinggi.

Umumnya Cotton Combed digunakan sebagai bahan kaos, namun bisa juga digunakan untuk bahan pakaian wanita dan anak seperti dress, tunik, gamis, hijab, dan lain-lain.

  • Bahan Katun Carded

Bahan Katun Carded merupakan bahan kaos yang terbuat dari 100% serat katun yang berasal dari tumbuhan kapas. Cotton Carded merupakan salah satu kain yang diproses menggunakan teknik rajut atau knit.

Proses pembuatan Cotton Carded melewati proses penggarukan menggunakan mesin carding, berbeda dibanding Cotton Combed yang disisir menggunakan mesin combing. Kain Cotton Carded dapat dijadikan sebagai alternatif bahan kaos full cotton dengan harga yang lebih terjangkau.

Bila dibandingkan dengan Cotton Combed, memang Cotton Carded memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah bahannya tak selembut Cotton Combed, terkadang masih ada sisa biji kapas, tekstur kain kurang rata, dan memiliki serat yang kurang halus. Pilihan warna Cotton Carded juga terbilang lebih sedikit dibanding Cotton Combed.

Kabar baiknya, bahan Cotton Carded ini terbuat dari 100% serat kapas dan performa daya serapnya bisa dibilang setara dengan Cotton Combed. Walau tak sehalus Cotton Combed, Cotton Carded terbilang masih worth it untuk dicoba dijadikan bahan kaos dengan budget terjangkau karena memiliki harga yang lebih ekonomis namun masih memiliki permukaan kain yang cukup lembut dan mampu menyerap keringat dengan baik sehingga tetap nyaman digunakan.

  • Bahan Katun Bamboo

Bahan Katun Bamboo adalah jenis kain kaos yang terbuat dari campuran katun dan serat bambu. Kain ini cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar kaos premium dengan kualitas tinggi karena memiliki banyak kelebihan.

Penggunaan bahan kaos bamboo menjadi salah satu jenis bahan kain kaos yang cukup populer sebagai alternatif bahan kaos polos karena memiliki karakteristik yang unik.

Beda dari bahan katun biasa yang terbuat dari serat kapas alami, bahan kaos cotton bamboo yang menggunakan serat kapas kualitas premium yang dicampur serat bambu untuk pembuatannya.

Jenis bahan kaos ini juga sangat lembut. Beberapa referensi telah menyebutkan bahwa jenis bahan kaos bamboo memiliki kelembutan dan jenis bahan kaos bamboo banyak digunakan untuk pembuatan pakaian anak atau balita. 

Namun dalam perkembangannya jenis bahan kaos ini mulai dilirik untuk pembuatan ragam produk fashion sebagai alternatif pengganti bahan cotton combed, salah satunya adalah untuk pembuatan kaos polos, pakaian dalam, sapu tangan, kaus kaki hingga masker.

  • Bahan Katun Modal

Bahan Katun Modal atau kain TENCEL™ Modal blended with Cotton adalah bahan kaos yang dibuat dari serat alami, dengan komposisi 50% serat Cotton dan 50% serat TENCEL™ Modal. Apa itu serat TENCEL™ Modal? Apakah sama dengan serat Modal pada umumnya? 

Jadi serat TENCEL™ ini sebenarnya merupakan serat kain dengan kualitas yang sangat baik, dan jika dibandingkan dengan serat Modal pada umumnya jelas berbeda. Karena serat TENCEL™ ini dibuat oleh sebuah perusahaan yang berasal dari Austria yang bernama Lenzing. Lenzing merupakan perusahaan yang memproduksi serat Viscose, serat Modal, serat Lyocell dan benang filamen yang digunakan untuk industri pakaian. 

Kualitas dari serat TENCEL™ Modal sudah tentu sangat baik, terbukti dengan sudah dikenal secara Internasional dan digunakan oleh brand-brand clothing ternama di seluruh dunia termasuk Indonesia.

  • Bahan Katun US Pima Cotton

Bahan Katun U.S. Pima Cotton merupakan sebuah bahan yang bagus dengan kualitas terbaik diantara jenis bahan kaos lainnya. Bahan ini sebenarnya hampir sama seperti kain Cotton Combed karena komposisi kainnya sama-sama dibuat dari 100% serat Cotton, hanya saja jenis serat cotton yang digunakan berbeda.

Bahan baju U.S. Pima Cotton menggunakan serat Cotton yang langka, yang produksinya hanya 1% dari total seluruh produksi kapas dunia. Bahan U.S. Pima Cotton layak disebut sebagai bahan yang bagus dan berkualitas terbaik karena kain ini mempunyai sifat yang lembut dan sangat halus, warna yang dihasilkan pada kain ini lebih cerah dan cemerlang, kainnya lebih kuat karena serat kain ini pun lebih panjang, dan bisa dikatakan kain ini akan awet dan tahan lama.

Nah gimana? Minto sudah kasih informasi 5 macam macam bahan katun terbaik yang tersedia di Knitto Textiles yang oke banget untuk dijadikan bahan pakaian pria ataupun wanita. Untuk kamu yang ingin mulai usaha di bidang clothing, kamu bisa coba beli bahan rekomendasi di atas dengan minimal pembelian hanya 1kg saja.

Bahkan bila persediaan tersedia, kamu bisa beli dibawah 1kg. Bahan tersebut bisa dicoba untuk sampling awal produk kamu.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur