Apa Keuntungan Menggunakan Sablon Transfer Paper Untuk Kaos?

0
sablon transfer paper

BELI SEKARANG

Masih ingatkan kalau jenis-jenis sablon yang bisa kamu gunakan untuk memberikan variasi gambar atau tulisan pada kaos itu sangat banyak, dari teknik pengerjaannya saja ada 2 cara yaitu manual dan digital belum lagi dengan masing-masing jenis sablonnya juga. Dari semua jenis sablon ini, ada salah satu jenis sablon yang mungkin perlu untuk kamu coba juga yaitu Sablon Transfer Paper, sudah tau tentang jenis sablon ini? 

Apa Itu Sablon Transfer Paper?

Sablon Transfer Paper ini merupakan salah satu jenis sablon digital yang tentu berbeda dengan jenis sablon digital lainnya. Jika sablon DTG atau Direct to Garment mencetak gambar langsung pada kaos, berbeda dengan Sablon Transfer Paper yang harus menggunakan kertas khusus agar bisa mencetak gambar atau tulisan pada kaos. Kertas yang digunakan ini adalah Transfer Paper atau kertas transfer, desain gambar atau tulisan yang sudah disiapkan nanti akan dicetak pada kertas ini, lalu kertas transfer akan ditempel pada kaos yang akan dibantu oleh alat press atau bisa juga menggunakan setrika.

sablon transfer paper

Jenis-Jenis Transfer Paper

Ada dua jenis transfer paper yang biasanya digunakan untuk mencetak gambar pada kaos, dan bergantung kepada warna kaos yang akan digunakan. Jadi tidak sembarang transfer paper bisa kamu gunakan pada sembarang kaos. 

  • Transfer Paper Untuk Light Fabric

Seperti yang sudah kami sebutkan transfer paper itu penggunaannya tergantung dengan warna kaos yang digunakan, apabila kaos yang digunakan berwarna cerah atau terang seperti warna yang soft dan putih maka kamu harus menggunakan transfer paper yang light karena memang diperuntukan untuk kaos berwarna terang dan putih. 

  • Transfer Paper Untuk Dark Fabric

Jika kamu mau menggunakan sablon transfer paper dan mencetak gambar pada kaos-kaos berwarna hitam maka kamu harus menggunakan transfer paper dark. 

Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Sablon Transfer Paper

Setiap jenis sablon, baik sablon manual ataupun sablon digital pasti mempunyai keuntungan dan juga kekurangannya masing-masing dalam penggunaannya seperti sablon transfer paper juga yang mempunyai kekurangan dan kelebihan. Mengetahui kekurangan dan kelebihan suatu proses produksi salah satunya adalah proses sablon itu sangat penting, karena jika di awal kamu sudah mengetahui kekurangan dan kelebihannya, maka kamu bisa menentukan apakah sablon tersebut akan cocok untuk kamu dan juga apakah budgetnya nanti sesuai, dan keputusan lainnya yang bisa diambil setelah mengetahui kekurangan dan kelebihannya ini. 

Keuntungan Menggunakan Sablon Transfer Paper

  • Merupakan salah satu jenis sablon digital yang proses dan alatnya cukup mudah untuk didapatkan.
  • Bisa digunakan untuk semua warna kaos baik warna terang maupun warna gelap.
  • Bisa mencetak desain gambar atau tulisan dengan berbagai macam warna, bahkan warna yang rumit sekalipun tetap bisa dikerjakan.
  • Proses pengerjaan sangat cepat dan juga bisa ditunggu sehingga cocok untuk mencetak kaos sablon satuan. 
  • Untuk menempelkan gambar pada kaos, tidak selalu membutuhkan alat press, karena bisa juga menggunakan setrika rumahan, jadi proses pengerjaannya bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Kekurangan Menggunakan Sablon Transfer Paper

  • Saat sudah diaplikasikan pada media kaos, texture nya agak sedikit kaku.
  • Tidak bisa mencetak dengan file bergradasi.
  • Memerlukan perawatan yang khusus saat dicuci agar kaos tetap awet. 
  • Ketika kaos sudah dicuci sebanyak 20x, tetap ada kemungkinan sablonan akan pudar atau mengelupas. Karena sablon jenis ini tidak meresap secara langsung pada kain, tetapi hanya menempel pada permukaan kaosnya. 

Jenis Bahan Kaos Yang Bisa Digunakan Untuk Sablon Transfer Paper

Setiap jenis sablon biasanya ada yang bisa digunakan pada semua jenis ada juga yang memang hanya bisa digunakan pada jenis kain tertentu atau terbatas penggunaannya. Sablon transfer paper merupakan salah satu jenis sablon yang bisa digunakan pada semua jenis kain, apa saja?

yang dibuat dari 100% serat katun ini memang terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan sering juga disebut sebagai salah satu bahan standar kaos distro. ini cocok untuk digunakan pada sablon transfer paper.

  • Cotton Bamboo

Selain Cotton Combed, kamu juga bisa menggunakan jenis sablon ini pada kain-kain dengan kualitas premium seperti Cotton Bamboo salah satunya. Kain Cotton Bamboo Knitto dibuat dari campuran 30% serat Cotton dan 70% serat Bamboo yang juga sudah mulai banyak digunakan oleh para produsen kaos karena kualitasnya yang sangat bagus. Apalagi kain ini mengandung anti bakteri yang tentu baik untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif dan tidak bisa menggunakan sembarang kaos.

premium di Knitto Textiles tidak hanya Cotton Bamboo saja, masih ada atau TENCEL™ Modal blended with Cotton yang dibuat dari serat alami dan kualitasnya juga tidak kalah baik seperti Cotton Bamboo bahkan bisa kita katakan kualitasnya lebih baik. Kain ini dibuatnya dari serat campuran yaitu 50% serat Cotton dan 50% serat TENCEL™ Modal. Kain ini benar-benar real dibuat dari serat TENCEL™ Modal jadi kualitasnya juga terjamin, Serat TENCEL ™ diproduksi oleh Perusahaan Lenzing dari Austria. Lenzing, merupakan perusahaan yang memproduksi serat viscose, serat modal, serat lyocell dan benang filamen yang digunakan untuk industri tekstil untuk pakaian

  • CVC

Sepertinya kalau jenis kain ini sudah tidak asing ya di telinga teman-teman Knitto, kain yang dibuat dari campuran serat Cotton dan Polyester ini juga bisa loh digunakan pada sablon transfer paper. 

Baca Juga: Bahan Katun Seperti Apa Yang Baik Untuk Kaos?

Selain beberapa kain di atas kamu juga mencoba sablon ini pada jenis kain lain, seperti kain untuk jaket contohnya Cotton Baby Terry atau Cotton juga. Jadi bisa dikatakan sablon transfer paper memberikan banyak variasi pada jenis kain yang bisa digunakan sehingga, kamu juga bisa mencoba atau bereksperimen berbagai jenis kain untuk jenis sablon ini. 

Kesimpulan

Untuk mempercantik sebuah kaos, banyak hal yang bisa kamu lakukan salah satunya dengan menggunakan sablon sebagai variasi yang bisa mencetak gambar atau tulisan pada kaos. Beberapa jenis sablon bisa kamu coba gunakan seperti sablon transfer paper yang pengerjaannya sangat mudah dan juga cepat cocok untuk sablon kaos satuan. Keuntungan dari menggunakan jenis sablon ini juga lumayan banyak, selain waktu pengerjaannya yang cepat, media kaos yang digunakan juga beragam bisa menggunakan jenis bahan apa saja, pengerjaannya mudah bahkan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Jadi tidak selalu sablon itu teknik pengerjaannya rumit, karena sebenarnya siapapun bisa mengerjakan asal mau mencoba dan belajar. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*