Apa Perbedaan Serat Sintetis dan Semi Sintetis?

0

BELI SEKARANG

Apa Perbedaan Serat Sintetis dan Semi Sintetis? – Semua bahan pakaian, material, atau pasti memiliki komposisi. Komposisi merupakan unsur atau bahan-bahan yang digunakan untuk membuat objek tersebut, misalnya kain.

menggunakan serat yang kemudian diolah menjadi benang sebagai komposisi utamanya yang kemudian ditenun atau dirajut sehingga menjadi lembaran kain. Lembaran kain itulah yang akan diproses lagi dengan proses pencelupan warna hingga finishing yang kemudian akan dipasarkan kepada konsumen. 

Komposisi berupa serat, dan serat memiliki jenis yang beragam. Serat memiliki 3 jenis klasifikasi, yaitu serat alami, serat sintetis, dan serat semi sintetis. Serat alami merupakan serat yang terbuat dari serat-serat flora atau bulu fauna yang berasal dari alam.

Lalu apa itu serat sintetis dan semi sintetis? Nah, pada artikel kali ini, Minto akan membahas apa perbedaan serat sintetis dan semi sintetis. Yuk ikuti informasi dibawah ini bersama-sama.

Apa itu Serat Sintetis?

Serat sintetis merupakan serat yang dibuat oleh manusia. Serat sintetis juga dikenal sebagai serat buatan. Umumnya, serat sintetis atau serat buatan ini terbuat dari senyawa kimia. Serat sintetis ini dikembangkan manusia untuk menunjang perkembangan dalam industri fashion agar industri ini dapat  semakin berkembang. 

Karena dibuat dan dirancang oleh manusia, serat sintetis ini dapat memenuhi dan disesuaikan sesuai kebutuhan yang manusia inginkan. Misalnya, serat sintetis dirancang untuk tidak mudah rapuh, tahan terhadap gesekkan, dan tidak mudah berbulu. Namun di satu sisi serat sintetis juga memiliki kelemahan.

Karena terbuat dari senyawa kimia, tidak semua jenis yang dibuat dari serat sintetis menyerap keringat dengan baik seperti serat alami. Umumnya, serat buatan manusia ini juga kurang breathable dan kurang sejuk di kulit. Beberapa contoh serat sintetis atau buatan yang beredar di pasaran yaitu serat poliester, serat akrilik, serat nilon, dan spandex.

Namun tidak semua jenis serat sintetis sifatnya membuat tubuh kurang nyaman karena kurang mampu menyerap keringat dan kurang breathable. Terdapat bahan yang terbuat dari serat sintetis dikhususkan dan dirancang untuk digunakan saat berolahraga. Berikut rekomendasi bahan yang terbuat dari serat sintetis yang cocok dipakai berolahraga.

Rekomendasi Bahan dengan Serat Sintetis untuk Olahraga

  • Polyester Activedry

Perbedaan Serat Sintetis dan Semi Sintetis

Polyester Activedry merupakan bahan yang dibuat dari 100% serat sintetis polyester. Polyester Activedry merupakan bahan serat sintetis yang dirancang khusus oleh Knitto Textiles untuk digunakan saat olahraga.

Walaupun terbuat dari 100% serat sintetis, bahan Polyester Activedry ini sangat nyaman digunakan saat berolahraga karena mudah kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik, karena dilengkapi dengan lubang-lubang kecil yang dapat menjaga tubuh tetap sejuk.

Untuk saat ini, Polyester Activedry Knitto Textiles tersedia dalam 2 jenis motif yaitu Evolt dan Marton. Kedua motif ini memiliki komposisi yang sama, yaitu 100% serat polyester. Namun kedua motif ini memiliki gramasi dan finish yang berbeda, Untuk Polyester Activedry Evolt memiliki gramasi 158 gsm dengan lebar 198cm, open finish.

Sedangkan Polyester Activedry Marton memiliki gramasi 175 gsm – 185 gsm dengan 72 inch atau 182cm, open finish. Keduanya dapat diolah lagi menggunakan sablon sublim sehingga hasil akhir pakaian olahraga kamu jadi lebih menarik.

Knitto Textiles juga menyediakan polyester lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan kamu. Berikut ini rincian kain polyester lainnya yang tersedia di Knitto Textiles.

  • Polyester Scuba

Apa Perbedaan Serat Sintetis dan Semi Sintetis?

Polyester Scuba merupakan yang terbuat dari 100% serat polyester. Polyester Scuba Knitto Textiles memiliki ciri khas kainnya yang lentur dan terlihat mengkilap, namun kurang mampu menyerap keringat dengan baik. Polyester Scuba ini dapat dimanfaatkan menjadi masker, baju renang, celana olahraga, kulot, atasan wanita, dan lainnya.

Diatas merupakan penjelasan serat sintetis. Setelah ini Minto akan bahas apa itu serat semi sintetis. Yuk ikuti sama-sama dan pahami apa itu serat sintetis dengan membaca penjelasan di bawah ini.

Apa itu Serat Semi Sintetis?

Serat semi sintetis yaitu serat hasil regenerasi selulosa (senyawa organik), yang terbuat dari polimer (susunan rantai molekul) organik yang mengandung unsur oksigen, hidrogen, dan karbon sehingga tidak bisa digolongkan menjadi serat sintetis maupun alami.

Serat semi sintetis menghasilkan benang rayon, atau dalam industri tekstil dikenal dengan sutra buatan. Serat ini disebut serat sutra buatan karena hasil akhirnya menyerupai bahan sutra, memiliki permukaan yang lembut dan halus, serta memiliki kesan mengkilap.

Beberapa contoh yang menggunakan serat semi sintetis yaitu Rayon, Rayon Viscose, Rayon Asetat, dan Modal. Knitto Textile punya bahan Modal, yang cocok banget untuk dijadikan bahan pakaian. Yuk simak penjelasan seputar Knitto Textiles dibawah ini.

Rekomendasi Bahan Serat Semi Sintetis Modal Knitto Textiles

  • TENCEL™ Modal Blended with Cotton

bahan tencel

TENCEL™ Modal Blended with Cotton merupakan kain yang terbuat dari campuran 2 serat, yaitu serat katun 50% dan serat TENCEL™ Modal 50%. Kain TENCEL™ Modal Blended with Cotton yang saat ini tersedia dalam ketebalan kain 30s merupakan kain biodegradable atau dapat diperbaharui sehingga ramah lingkungan dan mendukung sustainable living.

Kain ini memiliki ciri khas permukaanya yang terlihat licin, lembut, dan sejuk di kulit.

Kain TENCEL™ Modal Blended with Cotton ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah dapat menyerap keringat dengan sangat baik dan memiliki kemampuan dalam mengatur suhu tubuh alami yang dapat melepaskan kadar kelembaban dalam tubuh pengguna.

Terbuat dari serat TENCEL™ Modal dan diproduksi oleh Knitto Textiles, tentunya kain yang satu ini tidak perlu ditanyakan lagi kualitasnya.

Kain TENCEL™ Modal Blended with Cotton ini termasuk pada jajaran kain premium Knitto Textiles, cocok dijadikan bahan pakaian untuk segala umur mulai dari bayi hingga manula. 

Saat ini, TENCEL™ Modal Blended with Cotton tersedia dalam 15 varian warna yang menarik.

Nah sekarang sudah tahu kan perbedaan serat sintetis dan semi sintetis? Di Knitto Textiles, kamu bisa temukan bahan kain yang beragam dan pastinya berkualitas.

Kamu bisa coba rasakan handfeel supaya kamu lebih yakin dengan produk Knitto Textiles dengan minta fabric sample atau membeli fabric sample catalog Knitto Textiles.

Kunjungi toko Kain Knitto Textiles untuk menemukan varian kain berkualitas lainnya. Knitto Textiles menyediakan berbagai kain knit atau rajut berkualitas tinggi yang tidak perlu diragukan lagi.

Kunjungi website dan web portal Knitto Textiles untuk mengecek dan mengunduh e-catalog gratis dan penuhi segala kebutuhan bahan kamu hanya di Knitto Textiles

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*