Apakah Sablon DTG sama dengan Sablon DTF? 

0
Front side of T-Shirt mockup template on wooden background

Dalam proses pembuatan salah satu proses yang dilakukan untuk mempercantik atau memperindah kaos tersebut agar memiliki nilai lebih biasanya dengan diberikan gambar atau tulisan dengan berbagai cara, salah satunya dengan di sablon. Sudah tau kan itu dibagi menjadi 2 yaitu sablon Manual dan Sablon Digital. 

Beberapa waktu ini, salah satu teknik sablon dari jenis sablon digital sepertinya sedang banyak sekali dibicarakan, yaitu sablon DTF. Sablon digital sendiri sebenarnya sudah banyak yang menggunakan, dan biasanya mereka banyak menggunakan jenis DTG. Tapi apakah Sablon DTG sama dengan sablon DTF? Atau sebenarnya berbeda? 

Tahukah kamu, Sablon DTG dan Sablon DTF memang mempunyai nama yang hampir sama, tetapi ternyata kedua jenis sablon ini merupakan dua teknik sablon yang berbeda. 

DTG atau Direct To adalah teknik sablon yang mencetak gambar secara langsung pada kaos atau media cetak lainnya.

Sedangkan DTF adalah metode cetak gambar dengan menggunakan kertas transfer, adhesive powder atau bubuk lem sablon yang membantu melekatkan gambar ke material kaos lalu diakhiri dengan di press pada mesin press. Selain itu jika dilihat dari proses kerja nya, kedua sablon ini merupakan dua jenis sablon yang berbeda karena proses cetak sablon DTG tidak memerlukan bubuk lem untuk merekatkan gambar.

Kelebihan dan Kekurangan Sablon DTG dan Sablon DTF

Setiap jenis sablon yang kamu pilih pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya, termasuk dengan kedua jenis sablon digital ini. Supaya kamu bisa menentukan jenis sablon mana yang paling cocok dengan kebutuhan kamu, coba dibaca dulu ya kelebihan dan kekurangan dari sablon DTG dan DTF ini ya.

Kelebihan Sablon DTG

  • Waktu pengerjaan cepat

Jenis sablon ini, biasanya digunakan untuk mencetak sablon satuan dibandingkan dengan sablon manual jenis sablon ini memang mempunyai efektifitas pengerjaan yang lebih tinggi karena proses pengerjaannya lebih cepat 

  • Dapat mencetak gambar full color

Sablon DTG mempunyai hasil yang berkualitas bagus karena beresolusi tinggi dan Sablon DTG juga dapat mencetak gambar dengan warna yang banyak sekalipun karena teknik sablon digital ini tidak mempunyai batasan warna dalam pengerjaannya. Ternyata sablon DTG juga dapat mencetak gambar dengan gradasi, 3 dimensi dengan warna yang cerah. Tidak hanya desain gambar yang full color saja, menggunakan sablon DTG pun dapat mencetak desain gambar yang rumit.

  • Cocok untuk produksi satuan

Tidak semua orang ingin mencetak gambar atau sablon kaosnya untuk produksi yang besar atau massal, mungkin ada beberapa orang yang mau mencetak gambar atau tulisan untuk koleksi pribadinya sendiri, dan Sablon DTG ini memang cocok untuk mereka yang mau membuat kaos sablon satuan. Dan memang kurang disarankan untuk produksi sablon massal atau jumlah banyak, karena akan memakan biaya yang cukup besar. 

  • Hasil sablon lebih halus

Tahukah kamu jika hasil sablon DTG in akan lebih baik dan bertekstur sangat halus jika kamu kawinkan dengan bahan Combed, terutama Combed 24s atau 30s. Dengan menggunakan jenis bahan ini hasil sablon akan lebih rapi, tinta menempel dengan sempurna dan hasil cetaknya dijamin lebih halus.

  • Tidak memerlukan Transfer Paper

Sesuai dengan namanya yaitu Direct to Garment, dalam proses pengerjaan sablon DTG kamu tidak membutuhkan transfer paper karena pencetakannya bisa langsung dilakukan pada kaos atau media cetaknya. 

Kekurangan Sablon DTG

  • Harga sablonnya lebih mahal

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan sablon DTG, siapkan budget yang cukup besar ya apalagi jika kamu mau memproduksi secara massal

  • Rawan kerusakan pada mesinnya

Salah satu kekurangan lain dari sablon dengan teknik DTG adalah jika kamu tidak merawat printer dengan baik maka mesinnya akan cepat rusak atau bermasalah. Ketika printer tidak digunakan dengan waktu yang lama pun akan bermasalah, setidaknya setiap harinya kamu harus mencetak minimal 1 kaos.

  • Bahan yang digunakan terbatas

Media cetak yang diperlukan untuk sablon DTG disarankan menggunakan karena jika menggunakan jenis bahan lain hasilnya kurang maksimal. Dan sebaiknya menggunakan kaos dengan ketebalan 30s agar hasil cetaknya sempurna

Kekurangan dan Kelebihan pada Sablon DTF

Sesuatu yang unik terdapat dalam proses pengerjaan sablon DTF, yaitu gambar yang sudah di cetak pada transfer paper harus diberi adhesive powder atau bubuk lem sebelum nantinya di press pada mesin press. Seperti sablon DTG yang juga mempunyai kekurangan dan kelebihan jenis sablon DTF pun sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan yang juga harus kamu ketahui sebelum menggunakannya.

Kelebihan sablon DTF

  • Kekuatan hasil sablon kuat, anti retak dan warna solid

Salah satu keunggulan sablon dengan menggunakan teknik DTF juga ternyata mempunyai ketahanan yang baik, jenis sablon ini anti retak dan elastis.

  • Tidak Mudah Luntur

Ketika kaos yang menggunakan sablon DTF ini di cuci, sablonan tidak akan mudah luntur. Tetapi perlu kamu ketahui juga jika kaos bersablon akan mengalami penurunan warna seiring dengan lamanya pemakaian dan pencuciannya.

  • Cocok di Semua Media

Untuk mencetak gambar dengan metode DTF kamu bisa menggunakan jenis bahan apapun seperti bahan cotton, , scuba, TC, dan bahan lain-lain. 

  • Cocok untuk mencetak gambar dengan ukuran kecil

Kemampuan untuk mencetak gambar yang berukuran kecil bisa dilakukan dengan hasil yang sangat baik jika kamu menggunakan sablon DTF ini pada kaos yang akan kamu sablon.

  • Cocok untuk mencetak sablon satuan

Sama seperti sablon DTG jenis sablon DTF juga sangat cocok untuk kamu yang mau mencetak gambar dengan jumlah sedikit atau satuan. Karena jika produksi kamu kurang dari 1 lusin atau sebanyak 12 pcs biasanya sangat jarang ada vendor sablon manual yang bisa mengerjakan, jadi sudah pasti sablon digital dengan teknik DTF adalah solusinya.

  • Proses pengerjaan cepat dan bisa ditunggu

Selain dapat mencetak dengan jumlah sedikit atau satuan, proses pengerjaan sablon DTF juga terhitung sangat cepat bahkan bisa kamu tunggu. 

Kekurangan Sablon DTF

  • Ternyata jenis sablon ini hanya bisa digunakan untuk desain solid dan tidak bisa untuk desain dengan model gradasi atau 3 dimensi.
  • Proses sablon DTF memakan biaya yang cukup besar sehingga biaya produksi kamu pun harus lebih dipersiapkan.
  • Untuk kamu yang mau menyediakan jasa sablon DTF harus mempersiapkan modal yang cukup besar karena mulai dari alat sampai bahan sablonnya cukup mahal sehingga tidak heran jika harga untuk sablon ini juga mahal.

 

Semua jenis sablon itu pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, tetapi dengan kamu mengetahui masing-masing kekurangan dan kelebihan setiap sablon kamu bisa mempertimbangkan kira-kira jenis sablon mana yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kedua jenis sablon ini sangat cocok ya untuk mencetak kaos-kaos dengan design yang unik atau limited, yang produksi nya memang tidak terlalu banyak, keuntungan menggunakan jenis sablon dengan teknik DTG pun bisa memberikan kesan yang lebih eksklusif terhadap kaos yang kamu produksi.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

(Coming Soon)

Official WhatsApp: 082120003035

 Jam Buka

Senin &8211; Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here