Apakah Sama Hasil Potong dari 1 kg Kain Pique & Single Knit?

0

Apakah setiap kain yang ada di pasaran itu sama jenisnya?

Kain yang ada di pasaran beberapa mempunyai fungsi yang berbeda dan ada juga yang fungsinya sama, contohnya seperti Combed dan bahan Cotton yang fungsinya sama-sama sebagai , tetapi berbeda dengan bahan Pique yang biasanya menjadi bahan utama untuk membuat kaos polo. Bahan untuk kaos polos biasanya menggunakan jenis rajutan single knit sedangkan bahan untuk kaos polo menggunakan jenis rajutan pique. Jadi cukup jelas ya perbedaannya. 

Kalau memang setiap kain berbeda, apakah hasil potong yang didapatkan dari setiap kain juga berbeda? Terutama untuk kain dengan rajutan Pique dan Single Knit?

Membahas hasil potong dari setiap kain terutama untuk kain Single Knit dan Pique, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu tentang konstruksi kainnya agar kita dapat mengetahui apakah hasil potong dari kedua jenis rajutan ini sama atau tidak dan juga kita akan membahas tentang faktor apa saja yang bisa mempengaruhi hasil potong. Karena kain Single Knit di toko kami ini cukup banyak maka kami akan menggunakan kain Combed sebagai contoh untuk kain rajutan Single Knit, kain Pique dan Combed Pique sebagai perbandingan dari rajutan Pique. 

Karakteristik Kain Single Knit

Kain single knit mempunyai ciri pada permukaan kainnya, yang mana permukaan luar dan dalamnya tampak berbeda, kainnya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kaos meskipun di zaman sekarang ini kain single knit bisa dibuat untuk jenis pakaian apa saja tergantung dengan kreativitas Anda. Salah satu contoh kain rajutan single knit yang sudah banyak sekali digunakan oleh para pengrajin kaos adalah kain . Bahan kaos Cotton Combed dibuat dari 100% serat cotton atau kapas, sesuai dengan namanya yang diambil dari mesin untuk membuat kain ini, Cotton Combed diproses dengan cara di sisir pada mesin combing yang akhirnya menghasilkan bahan kaos yang kualitasnya mungkin sudah Anda rasakan sendiri. 

Cotton Combed juga mempunyai beberapa jenis ketebalan dimulai dari yang paling tebal yaitu 16s dan 20s, ketebalan kain menengah atau tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis yaitu Combed 24s dan yang saat ini menjadi kain paling tipis di toko kami yaitu . Sebenarnya jika mencari kain yang lebih tipis lagi Anda bisa menggunakan jenis 32s dan Combed 40s hanya saja kedua jenis kain ini bukan merupakan kain ready stock di toko kami jadi Anda harus melakukan pemesanan khusus atau Pre-Order. 

Kembali ke persoalan hasil potong dari 1 kg kain Single Knit, perlu Anda ketahui jika Anda ingin mendapatkan hasil potong yang lebih banyak dari 1 kg kain, maka Anda harus memastikan beberapa hal seperti ketebalan kainnya, lalu kainnya dan 1 hal lagi adalah lebar kain. Lebar kain menjadi salah satu faktor yang penting yang juga bisa mempengaruhi hasil potong dan kami sangat merekomendasikan kain kaos dengan lebar 42” karena hasilnya akan lebih maksimal, simak ulasan tentang kain dengan lebar 42”. Sebagai contohnya, berikut ini hasil dari 1 kg kain Cotton Combed yang merupakan salah satu jenis kain dengan rajutan single knit.

Hasil Potong dari 1 Kg Kain Combed Single Knit

Apakah Sama Hasil Potong dari 1 kg Kain Pique & Single Knit? 1

*note: hasil kaos yang didapatkan bergantung dengan pola dan ukuran kaos yang digunakan.

Dari tabel di atas dapat dilihat jika dari setiap ketebalan dan mempunyai hasil potong yang berbeda-beda. Sebelumnya sudah kami sebutkan juga jika lebar kain itu akan mempengaruhi hasil kaos yang akan Anda dapatkan, karena lebar kain yang digunakan pada kain Combed di Knitto itu 42” maka sebenarnya hasil kaos yang Anda dapatkan bisa lebih daripada yang ada di tabel di atas, contohnya pada ukuran L, Anda bisa mendapatkan sekitar 6 kaos jika menggunakan kain dengan ketebalan 30s dan lebarnya 42” hanya saja kembali lagi kepada bentuk pola dan size chart yang digunakan.

Karakteristik Kain Pique

Pique, merupakan nama dari sebuah rajutan kain yang mempunyai bentuk corak yang padat dan terdapat 2 jenis corak rajut yang cukup populer digunakan dan banyak dijual di pasaran yaitu Pique dengan corak berbentuk segi enam dan corak segi empat. Kain Pique bisa dibuat dengan berbagai jenis bahan dasar, berbeda dengan kain Cotton Combed yang sudah jelas bahan dasar yang digunakannya adalah 100% serat cotton. Maka dari itu di pasaran juga banyak tersedia berbagai macam jenis bahan pique seperti Pique Cotton, Pique CVC atau Pique Polyester pun ada. Saat ini yang sudah tersedia di Knitto adalah jenis bahan Cotton Combed Pique yang mana kain ini dibuat dari 100% Cotton Combed dan CVC Pique yang bahannya dibuat dari campuran serat Cotton dan Polyester. 

Untuk Anda yang belum pernah menggunakan jenis bahan Pique, karakteristik dari bahan Pique itu tebal kainnya, dan bahan ini juga mempunyai beberapa jenis ketebalan sama halnya dengan kain Combed. Di Knitto sendiri saat ini tersedia 2 jenis ketebalan kain Pique yaitu 24s dan 30s hanya saja masing-masing ketebalan mempunyai jenis bahan dasar yang berbeda dan bentuk coraknya juga berbeda. Kain Pique dengan ketebalan 24s dibuat dengan bahan dasar CVC (campuran serat Cotton dan Polyester) dengan bentuk corak rajut segi enam atau hexagonal. Sedangkan untuk kain Pique dengan ketebalan 30s dibuat dengan kualitas yang lebih premium karena menggunakan jenis benang Cotton Combed Premium dan bentuk coraknya menyerupai segi empat atau seperti Intan (diamond). 

Hasil Potong dari 1 Kg Kain Pique

Jika dilihat dari ketebalan kainnya, kain Pique juga mempunyai ketebalan 24s dan 30s sama seperti kain Combed, tapi apakah hasil potong dari 1 kg masing-masing kain dengan rajutan Pique ini akan sama? Perhatikan tabel di bawah ini.

Apakah Sama Hasil Potong dari 1 kg Kain Pique & Single Knit? 2

*note: hasil kaos yang didapatkan bergantung dengan pola dan ukuran kaos yang digunakan.

Tabel di atas sudah menunjukkan jika hasil potong dari 1 kg bahan Pique tidak lebih banyak dibandingkan dengan hasil potong 1 kg kain Combed. Alasan mengapa hasil potong kain Pique lebih sedikit dibandingkan dengan kain Combed adalah karena kainnya yang lebih tebal. Perhatikan saja pada bagian gramasi dari kedua jenis kain ini, gramasi dari kain Pique lebih besar sehingga kainnya lebih tebal. Tetapi lebar kain Pique lebih besar dibandingkan kain Combed, kenapa hasil potongnya tidak lebih banyak? Karena gramasi kain Pique lebih besar yang artinya kain pun lebih tebal, maka panjang kain yang akan Anda dapatkan pun tidak akan terlalu panjang, ini pun menjadi faktor mengapa hasil potong nya tidak lebih banyak. 

Dari ulasan kami di atas sudah jelas jika kedua jenis rajutan ini mempunyai hasil potong yang berbeda dan dari segi kegunaannya pun berbeda, kain dengan rajutan single knit digunakan untuk membuat kaos polos sedangkan kain dengan rajutan Pique digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kaos polo atau polo shirt. Memang pada dasarnya karakteristik dari kedua rajutan berbeda terutama pada ketebalan kainnya, sehingga hasil potong antara kain yang nomor benangnya sama (seperti Combed 24s dengan CVC Pique 24s) menjadi berbeda karena sudah pasti karena ketebalan kainnya. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here