Apakah Semua Jenis Kain Katun Berasal Dari Kapas?

0

Menggunakan berbagai macam jenis kain yang ada di pasaran pernahkah membuat kamu bertanya, kain itu berasal dari apa? Apakah bahan dasar yang digunakan untuk membuat kain ini? Jika dilihat dari jenis dan nama kainnya, maka kain katun itu sudah jelas dibuat dari serat kapas. 

Tapi, apakah semua jenis kain katun itu dibuat dari bahan dasar kapas? Sebenarnya tidak semua jenis kain katun dibuat dari bahan dasar kapas, ada juga yang menggunakan campuran jenis bahan lainnya. Seperti kamu tahu di toko kami ada beberapa jenis kain yang tidak hanya dibuat dari serat katun atau kapas saja, kami masih punya beberapa jenis kain lainnya. 

Jenis Kain Katun Berasal Dari Serat Campuran

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya tidak semua jenis kain katun berasal dari serat kapas, ada juga jenis kain yang dibuat dari serat campuran seperti beberapa jenis kain di bawah ini

Kain Katun Berasal Dari Campuran Serat dan

Kain katun berasal dari serat kapas dan campuran serat Bamboo disebut dengan kain Cotton Bamboo, persentase campuran dari kain ini adalah 30% serat katun dan 70% serat bambu. Meskipun beberapa supplier kain bisa saja membuat kain dengan persentase campuran yang berbeda. 

“Apakah kualitas kain Cotton Bamboo ini sama dengan kain katun berbahan dasar kapas?”

Tentu untuk kualitas kainnya tidak sama ya antara kain yang berbahan dasar kapas saja dengan kain Cotton Bamboo atau kain katun campuran ini. Tekstur dari kain Cotton Bamboo dengan kain katun berbahan dasar kapas saja seperti Cotton Combed dan Cotton Carded. Tekstur kain yang dimiliki sangat lembut, halus dan terasa ringan saat digunakan. Kainnya adem dan juga dingin, permukaan kainnya rata dan ketika kamu menggunakan kain ini untuk kaos atau jenis lainnya, kain ini tidak mudah kusut dan bahannya tidak kaku alias jatuh. 

Yang lebih spesial dari kain Cotton Bamboo ini adalah kainnya yang mempunyai kandungan anti bakteri, anti bau dan anti jamur yang berasal dari zat alami serat bambu nya, sangat lengkap ya keunggulan kain ini? Jadi sudah dipastikan kain ini sangat aman untuk anak-anak dan juga orang dewasa terutama untuk kamu yang punya kulit sensitif.

Kain Katun Campuran Cotton dan Modal

Siapa bilang kain katun campuran itu hanya ada Cotton Bamboo saja? Masih ada 1 jenis lagi kain yang menggunakan bahan campuran yaitu kain . Campuran serat yang digunakan pada kain Cotton Modal adalah serat kapas dan serat Modal (Beechwood). Kain katun terbuat dari pohon itu memang benar adanya, seperti Cotton Modal ini yang juga sudah terbukti bagaimana kualitasnya.

Ada yang sangat spesial dari kain Cotton Modal Textiles, karena kain Cotton Modal kami ini bukan jenis Cotton Modal biasa. Mengapa? Karena kain Cotton Modal Knitto menggunakan serat TENCEL™ Modal , kalau kamu belum mengetahui apa perbedaan serat Cotton Modal biasa dengan serat TENCEL™ Modal, coba kamu perhatikan penjelasan di bawah ini ya:

  • TENCEL™ Modal merupakan bahan yang dapat diuraikan secara alami, dan juga dapat dibuat menjadi kompos sehingga sepenuhnya dapat kembali ke alam.
  • Serat Modal secara alami dapat mengatur perpindahan kelembaban, meningkatkan kualitas dari kain dan terasa nyaman di kulit. 
  • Sub-struktur serat modal disusun untuk dapat mengatur penyerapan dan pelepasan uap air / kelembaban. Kain ini mempunyai sifat alami sebagai pengatur suhu alami tubuh, dan memberikan sensasi dingin menyegarkan pada kulit.
  • Warna yang terkandung pada serat kain TENCEL ™ Modal diserap dengan baik sehingga kecerahan warna lebih tahan lama dibandingkan dengan serat kain yang diwarnai secara konvensional, warna pada kain tidak mudah pudar bahkan setelah dicuci berulang kali.

Penjelasan di atas baru beberapa dari banyak nya keunggulan yang dimiliki oleh TENCEL ™ Modal, maka dari itu kami sangat merekomendasikan kain Cotton Modal dari Knitto supaya kamu juga bisa merasakan langsung bagaimana kualitas dari kain TENCEL ™ Modal.

Kain Katun Campuran Cotton dan Polyester

Yang terakhir, jenis kain katun campuran yang juga sering digunakan oleh banyak produsen kaos adalah kain campuran Cotton dan Polyester. Jenis kain yang dihasilkan dari campuran Cotton dan Polyester terbagi menjadi 2 jenis, kedua kain ini disebut dengan nama CVC dan TC. Pernah mendengar jenis kain ini?

Kain Katun Campuran CVC 

CVC atau Chief Value Cotton adalah kain katun hasil campuran dari serat Cotton dan Polyester, kain ini biasanya digunakan untuk membuat kaos. Dibandingkan dengan kain dengan bahan campuran cotton dan polyester lainnya, kualitas dari bahan CVC ini masih bisa dibilang lebih baik, karena bahan dasar pada kain ini lebih banyak kandungan serat Cotton nya dibandingkan dengan kain serat Polyester nya. Perlu kamu tahu juga, jika setiap supplier kain bisa jadi membuat kain CVC dengan kandungan yang berbeda atau persentase pada campuran bahan nya berbeda.

Apakah komposisi atau kandungan bahan sangat berpengaruh pada kualitas kain? Tentu saja, bahan dasar pada suatu jenis kain akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dari kain tersebut. Bukan hanya bahan dasar saja, tapi proses pengolahan dari kainnya pun akan mempengaruhi kualitas kain sehingga hal ini pun harus menjadi perhatian setiap produsen kaos. 

Kain Katun Campuran TC

Hampir sama dengan kain CVC, kain TC juga sama-sama dibuat dari campuran serat Cotton dan Polyester tetapi bahan ini mempunyai kandungan serat Polyester lebih banyak. Dari segi kualitasnya, kain TC atau Teteron Cotton ini sebenarnya tidak sebagus kain CVC atau kain Cotton biasa. Bahan TC ini cenderung lebih panas dan daya serap kainnya tidak terlalu bagus, sehingga jika dijadikan bahan dasar untuk kaos sehari-hari, tidak akan begitu nyaman. Biasanya bahan ini digunakan untuk kaos promosi.

Baca juga: Cara membedakan Kain Katun Campuran CVC dan Kain Katun Berbahan Dasar Kapas

Apa Benar Kain Katun Yang Terbuat Dari Kapas Disebut Cotton Combed?

Tidak semua bahan katun yang terbuat dari kapas itu disebut dengan nama Cotton Combed, ada juga jenis kain katun yang sama-sama dibuat dari bahan kapas yang disebut dengan Cotton Carded. Apa perbedaan dari kedua jenis kain ini? Kain katun Combed dibuat dari 100% serat katun atau serat kapas yang diolah pada mesin combing dengan cara disisir. Untuk kain katun Carded juga sama-sama dibuat dari 100% serat kapas hanya saja proses pembuatannya berbeda dan menggunakan jenis mesin yang berbeda. Kain Cotton Carded dibuat dengan menggunakan proses penggarukan pada mesin carding.

Perbedaan yang paling terasa dari kedua kain ini adalah, handfeel kainnya. Kain katun Combed mempunyai tekstur yang lebih halus dan lembut dibandingkan dengan kain Cotton Carded yang sedikit lebih kasar dan terasa kaku, karena proses pembuatan kainnya yang hanya melalui proses penggarukan saja, pada permukaan kainnya masih sering ditemui bintik-bintik putih yang merupakan sisa biji kapas atau kotoran kapas.

Jika asal-muasal kain katun Combed dan katun Carded sudah sering kita bahas, pernah kamu bertanya-tanya, sebenarnya dari mana asalnya bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat kain katun atau bahan kapas? 

Cotton atau kapas adalah tanaman serbaguna yang sudah ditemukan sudah sangat lama. Para ilmuwan percaya bahwa kapas pertama kali dibudidayakan di Indus Delta, Pakistan dan memang terdapat bukti bahwa penggunaan kapas pertama kali ditemukan di India dan Pakistan sekitar 6.000 SM. Namun produksi kapas yang paling awal bukanlah di pakistan melainkan di India. Kata Cotton sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu &8220;Qutton”. 

Dimanakah Kapas Tumbuh?

Apakah kapas dapat tumbuh di semua daerah? Sebenarnya kapas dapat tumbuh di semua wilayah dengan iklim tropis dan subtropis di seluruh Dunia, termasuk di Amerika, Tiongkok (China), India, Uzbekistan, Pakistan, Brazil dan Turki. Secara statistik, produksi kapas dunia per tahun sebanyak 25 juta ton dan Tiongkok (China) adalah penanam kapas terbesar diikuti oleh India, Amerika, Pakistan dan Brazil.

kain katun berasal dari kapas

image source: pinterest.com

Di Amerika sendiri, penghasil kapas terbesar adalah Texas dan wilayah South Plains di bagian utara merupakan daerah penghasil kapas terbesar di dunia. Apakah kapas dapat tumbuh di ? Bisa, hanya saja karakteristik, harga dan kualitasnya tidak akan sama dengan kapas dari luar negeri karena tidak mudah untuk membudidayakan kapas di Indonesia. Kapas saat ditanam membutuhkan banyak air tapi ketika nanti berbuah tidak boleh terkena air dan hujan, sedangkan di Indonesia sendiri hujan tidak bisa diprediksi, Kendari dan NTT adalah dua wilayah yang sempat dicoba untuk ditanami kapas.

Jenis-Jenis Cotton

Kapas tidak hanya mempunyai 1 jenis tetapi ada 4 jenis kapas yang sering digunakan dan mempunyai karakteristiknya masing-masing seperti

Pima Cotton, jenis kapas ini dianggap sebagai jenis kapas terbaik di dunia, karena serat Pima Cotton sangat lembut dan ekstra panjang. Kapas ini berasal dari amerika selatan dan barat daya Amerika. Kain dari jenis pima cotton ini banyak dicari oleh para produsen karena ketahanan warnanya, tidak mudah sobek alias kuat, dan tahan terhadap kerut

Egyptian Cotton, Egyptian Cotton hampir sama dengan Pima Cotton, kedua jenis cotton ini juga berada di kelas yang sama yaitu gossypium barbadense. Tingkat ketahanannya pun sama

Upland Cotton, mempunyai serat yang pendek dan menghasilkan sekitar 90% dari total produksi kapas dunia. Tanaman ini tumbuh di Amerika Tengah, Meksiko, Karibia dan Florida Selatan

Organic Cotton adalah jenis kapas yang tumbuh tanpa bahan kimia dan tumbuhan yang tidak di rekayasa secara genetik

Jadi sudah jelas ya, dari mana asal mula kapas ini muncul yang hingga sekarang ini digunakan secara terus menerus menjadi salah satu bahan serba guna yang bukan hanya dibuat untuk membuat pakaian saja, beberapa jenis alat kebutuhan sehari-hari juga banyak yang dibuat dari kapas.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu ya.

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082120003035

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here