6 Jenis Bahan Ceruti Terbaik dan Kelebihan Serta Kekurangannya

0
5/5 - Vote count: 126 votes

Apa Itu Bahan Ceruti?

Bahan Ceruti merupakan kain yang terbuat dari campuran polyester, sifon, dan crepe. Karena kombinasi unik dan teratur dari  campuran yang berbeda ini, bahan ini dapat dibuat dalam berbagai warna. 

Bukan hanya sifon, ceruti juga sering dikatakan sangat mirip dengan bahan hycon seperti buah pinang yang dibelah dua. Kemiripannya berasal dari fakta bahwa ceruti dan hycon berasal dari sifon. 

Bahan Ceruti
Bahan Ceruti

Meskipun harga kain ceruti cenderung lebih mahal dari bahan hycon, di antara bahan premium lainnya, kain ceruti adalah yang paling ekonomis dan terjangkau, namun kualitas tetap diutamakan.

Namun, perbedaan yang paling mudah dilihat antara ceruti dan Hycon adalah bahwa harga jenis hycon relatif lebih murah daripada kain ceruti. Kain hycon juga lebih tebal  dibandingkan kain ceruti.

Sejarah Bahan Ceruti

Kain Ceruti pertama kali ditemukan oleh pengusaha tekstil asal Italia yang bernama Nino Cerruti. Salah satu karakteristik dari kain Ceruti yang membuat orang-orang menyukainya adalah bahan ini elastis dan flowy kesan jatuh ketika dikenakan. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian-pakaian muslimah seperti gamis ceruti, pashmina ceruti, dan lain sebagainya.

Karakteristik Bahan Ceruti

Tidak dapat disangkal bahwa  bahan kain yang berbeda, baik  alami maupun sintetis, memiliki keunikannya masing-masing. Keunikan tersebut merupakan ciri khas  dan menjadi karakteristik dari masing-masing bahan. 

  • Ringan, Elastis, dan Lembut

Karena bahan ini  ringan, elastis dan lembut, tentunya sangat mudah untuk membuat berbagai jenis pakaian dari kain ceruti. Sifatnya yang ringan dan elastis dari bahan ini juga membuatnya sangat diminati untuk membuat busana muslim. 

  • Serat Kain yang Menyerupai Awan

Saat dilihat melalui cahaya atau lampu sorot, serat kain tampak seperti awan atau gelombang kabut. Meski sekilas tampak berserat dan bertekstur,  kain ceruti  terasa lembut dan halus ketika diraba. 

  • Permukaan Kain yang Menyerupai Kulit Jeruk

Sekilas, permukaannya terlihat seperti kulit jeruk. Namun jika disentuh, bahan ini memberikan kesan  halus, lembut dan merata.

  • Memiliki Efek Flowy

Pakaian seperti gamis ataupun hijab yang menggunakan kain ceruti akan memiliki efek flowy. efek ini memberi kesan jatuh ketika digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Ceruti

Kelebihan Bahan Ceruti

  • Kainnya tipis sehingga adem dan jatuh saat dipakai. 
  • Teksturnya kuat dan tak mudah lentur sehingga gampang dibentuk. 
  • Nyamannya bahan ceruti untuk gamis, tak akan membuat panas. 
  • Meski berulang kali dicuci, kain ceruti tak mudah luntur asal dicuci menggunakan tangan dan tidak dijemur langsung di bawah matahari.
  • Pilihan warna kain ceruti tergolong beragam dan lengkap.

Kekurangan Bahan Ceruti

  • Kain ceruti merupakan kainnya jadi mudah tembus pandang seiring penggunaan. Perlu dua lapis kain ceruti atau kain lain untuk membuat satu busana. 
  • Bahan ceruti juga tak tahan panas, sebaiknya setrika dengan suhu rendah jika tak ingin kain cepat mengerut lalu meleleh.
  • Harga kain lebih mahal dibanding dengan jenis kain lain. 
  • Meski tidak membuat gerah, tapi kain ceruti tidak menyerap keringat dengan baik.

Jenis Jenis Bahan Ceruti Yang Harus Diketahui

Ternyata bahan kain ini memiliki berbagai macam dipasaran, total ada 6 jenis Ceruti yang perlu kamu ketahui. Apa saja itu? Simak daftarnya di bawah ini :

  • Bahan Ceruti Premium

Ciri khas yang bisa menjadi acuan jenis Ceruti Premium ini adalah kainnya yang lebih tipis namun sangat flowy. Namun kelemahannya hal itu menjadikan kain tersebut sedikit menerawang, tapi bahan ini sangat kuat dan tidak gampang robek saat dijahit.

  • Bahan Ceruti Ultimate

Untuk kain Ceruti ini menjadi jenis yang paling fleksibel sehingga cocok banget dijadikan sebagai bahan pakaian, seperti gamis, rok, hijab, hingga pashmina. Yang menariknya lagi untuk bahan baku kain ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau, namun pada saat dijadikan sebuah produk pakaian bisa dijual dengan harga relatif mahal.

  • Bahan Ceruti Amunzen

Umumnya untuk kain Ceruti Amunzen digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan cadar, dimana ciri khas dari jenis kain ini adalah kemampuannya yang menyerap keringat dan cepat kering. Nah karena hal itu membuatnya cocok dijadikan pakaian di daerah beriklim tropis, hanya saja kelemahannya kain ini adalah sedikit tipis sehingga cukup menerawang.

  • Bahan Ceruti Diamond

Jenis Bahan Ceruti Diamond ini punya massa yang lebih ringan tapi tidak begitu tipis. Untuk jenis ini juga dikenal sebagai Diamond Crepe dengan tekstur halus namun terlihat berpasir jika dilihat sekilas. Umumnya jenis ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerudung instan, bergo, pashmina, khimar, maupun jenis kerudung syar’i.

  • Bahan Ceruti Georgette

Jenis kain Ceruti selanjutnya ini mirip seperti jenis premium, dimana memiliki karakter tekstur halus dan lembut. Selain itu jenis kain yang satu ini juga tidak gampang kusut, flowy, dan juga elastis, namun sayangnya banyak yang memalsukan jenis ini jadi kamu perlu lebih selektif saat membelinya.

  • Bahan Ceruti Babydoll

Bahan Ceruti Babydoll, dimana ini menjadi jenis yang paling populer ditemui oleh masyarakat luas. Umumnya untuk jenis ini seringkali digunakan dalam dalam pembuatan kerudung pashmina, dan harganya pun cukup murah dipasaran.

Semoga artikel tentang 6 jenis bahan ceruti terbaik dan kelebihan serta kekurangannya dapat bermanfaat dan juga dapat menjadi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan dalam membeli bahan ceruti.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur