Bahan Kaos Apa Yang Sebaiknya Digunakan Untuk Sablon Polyflex?

0
bahan sablon polyflex

Sablon Polyflex, sudah pernah mendengar jenis sablon ini? Sablon Polyflex merupakan salah satu jenis sablon digital yang memakai bahan sejenis sticker yang di press menggunakan mesin press. Sifat dari jenis sablon ini elastis sehingga dipercaya lebih tahan lama, awet, kuat dan menempel dengan baik pada kaos. 

Lalu jenis bahan apa yang bagus untuk menggunakan sablon Polyflex ini?

Sebelum kami menjelaskan tentang jenis bahan apa yang sebaiknya kamu gunakan untuk jenis sablon digital ini, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja kekurangan dan kelebihan dari sablon polyflex.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Dari Sablon Polyflex?

mesin press untuk sablon polyflex

Kelebihan Sablon Polyflex

Untuk menjadi pertimbangan apakah jenis sablon Polyflex sesuai dengan yang kamu inginkan atau tidak, berikut ini kelebihan dari Sablon Polyflex

  • Sablon Polyflex yang kualitasnya tinggi, akan lebih awet bahkan dalam jangka waktu yang cukup lama. 
  • Kualitas sablon Polyflex lebih rapi
  • Kamu bisa mencetak sablon pada dalam jumlah satuan, dan tidak harus dalam jumlah banyak seperti sablon manual
  • Proses pengerjaan sablon ini lebih cepat dibandingkan dengan jenis sablon manual, bahkan proses pengerjaannya bisa kamu tunggu. 
  • Salah satu keuntungan menggunakan jenis sablon ini adalah perawatannya yang mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus. 

Kekurangan Sablon Polyflex

  • Jenis sablon ini tidak mempunyai varian warna yang banyak.
  • Proses pengerjaannya yang menggunakan bahan vinyl polyflex, dan bahan ini terhitung mahal sebagai bahan untuk produksi sablon.
  • Menggunakan mesin cetak ke bahan Polyflex yang harganya juga sama-sama mahal.
  • Penggunaan teknik sablon ini belum begitu banyak.
  • Ukuran dari bahan polyflex yang terbatas, membuat desain yang dicetak pun menjadi terbatas ukurannya.

Kita tahu pada setiap jenis sablon pasti ada saja kekurangan dan kelebihannya, dan dengan mengetahui kekurangan serta kelebihan setiap jenis sablon akan memudahkan kamu untuk mempertimbangkan apakah jenis sablon tersebut cocok untuk kebutuhan kamu atau tidak. 

Jenis Bahan Kaos Yang Cocok Digunakan Untuk Sablon Polyflex

Cotton

Salah satu jenis bahan serbaguna yang juga selain bisa kamu buat untuk jenis pakaian apapun, jenis bahan ini juga bisa kamu gunakan untuk jenis sablon apapun (kecuali sablon sublimasi ya). Cotton Combed, jenis kain yang dibuat dari 100% serat kapas yang mempunyai tekstur kain lembut dan halus, permukaannya terlihat rata dan rapi, mempunyai bulu yang sedikit, dan juga kainnya bisa menyerap keringat dengan baik. 

Dengan tekstur kain yang lembut dan halus seperti ini, menggunakan kain Cotton untuk sablon polyflex pasti akan bagus dan menghasilkan sablonan yang bagus juga. 

TENCEL™ Blended with Cotton

Jenis kain selanjutnya yang bisa digunakan untuk sablon adalah TENCEL™ blended with Cotton. Bahan kaos ini merupakan bahan premium dari Knitto Textiles yang dibuat dari serat campuran Cotton dan serat TENCEL™ Modal sebanyak 50% – 50%. Tahukah kamu? Sebenarnya serat modal itu termasuk salah satu variasi dari Rayon lho. 

Kain ini mempunyai tekstur yang sangat halus dan lembut sehingga akan sangat nyaman saat digunakan apalagi jika digunakan untuk sablon polyflex. 

Polyester Activedry – Evolt

Bukan hanya kain-kain berbahan atau yang berbahan dasar natural saja, kain dengan serat sintetis seperti Polyester juga bisa digunakan untuk menggunakan variasi sablon polyflex, dan memang jenis sablon ini sering digunakan untuk menyablon jersey bola, futsal atau jenis jersey lainnya. 

Bahan Polyester Activedry dengan jenis corak evolt ini memang dibuat dari 100% serat Polyester tetapi tidak seperti bahan Polyester pada umumnya yang tidak bisa menyerap keringat sama sekali, kain ini justru mampu menyerap air dengan baik bahkan kainnya pun cepat kering. Tidak heran jika kain ini sering kami rekomendasikan untuk bahan kaos olahraga, dan jika digunakan untuk sablon polyflex juga pasti akan bagus. 

Cotton

Melengkapi jenis kain yang bisa kamu gunakan untuk sablon polyflex, jangan sampai kamu melewatkan kain Cotton ya. Kain yang juga sama-sama berkualitas premium ini dibuat dari campuran serat Cotton sebanyak 30% dan 70% serat bambu. Bahan dari serat bambu sangat gampang terurai (biodegradable). Begitu ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah yang susah diuraikan oleh alam. Hal ini dikarenakan bahan merupakan bahan yang alami diambil dari alam.

Sepertinya sudah banyak ya produsen kaos yang menggunakan bahan ini sebagai bahan baku nya. Kain ini bukan hanya nyaman saat digunakan tetapi bagus juga untuk dibuat kaos sablon. Kelebihan kain ini  adalah mempunyai antibakteri, anti jamur dan anti bau. Kain ini sangat lembut dan halus di kulit, terasa sangat adem di kulit, kainnya jatuh dan daya serapnya sangat baik. 

Proses Pengerjaan Sablon Polyflex

  • Proses pengerjaannya cukup mudah dan cepat, yang pertama desain kaos yang sudah disiapkan akan dicetak di mesin cutting sticker pada bahan Polyflex.
  • Lalu, bersihkan lembar polyflex sampai yang tersisa hanya hasil desain yang sudah tercetak, karena ketika pengerjaan cutting lembar polyflex tersebut tidak akan langsung berbentuk desain nya, maka dari itu harus kamu bersihkan terlebih dahulu.
  • Setelah itu bahan polyflex yang sudah kamu bersihkan, langsung ditempel pada kaos menggunakan mesin heat press agar desain menempel pada kaos.
  • Tahap terakhir, biarkan dulu sebentar sablonan yang sudah kamu press sampai suhu nya turun, agar sablonan juga melekat sempurna pada kaos. Setelah itu lepaskan masking pada polyflex dan kaos sablon kamu sudah siap.

Hal yang menentukan apakah sablon yang digunakan pada kaos akan awet atau bertahan lama itu memang kualitas sablon, tetapi selain kualitas sablon cara perawatan sablon juga harus kamu perhatikan agar sablon tetap terjaga dan awet dalam jangka waktu yang lama. Lalu bagaimana cara merawat sablon polyflex pada kaos? 

Cara merawat kaos dengan sablon polyflex:

  • Cuci dengan cara manual atau di kucek
  • Jangan merendam kaos terlalu lama
  • Jangan menggunakan pemutih
  • Ketika menjemur kaos, usahakan kaos dalam kondisi terbalik atau bagian sablon menjadi di dalam
  • Jika mau menyetrika kaos, usahakan untuk melapisi bagian sablon

Jadi sampai sini sudah paham kan jenis bahan kaos apa yang sebaiknya kamu gunakan untuk sablon polyflex? Semua bahan-bahan di atas ini sudah tersedia di Knitto Textiles jadi kamu bisa langsung memesan bahan ini melalui Customer Service Knitto, atau akan lebih mudah jika kamu melakukan pemesanan melalui Customer Portal Knitto, pemesanan kain lebih cepat dan mudah proses pemesanannya kurang dari 2 menit. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kamu ya. 

Baca Juga: Apakah Bahan Sablon Manual dan Sablon Digital Sama?

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*