4 Baju Bahan Katun Terbaik dan Nyaman

0
5/5 - Vote count: 61 votes

Sebuah pertanyaan yang mungkin ada dalam pikiran kalian, apakah baju bahan katun memang lebih nyaman dibandingkan jenis bahan yang lain? 

Bahan baju katun, merupakan jenis bahan yang tidak hanya berupa 1 jenis bahan saja, terdapat beberapa jenis bahan yang menggunakan bahan dasar katun baik dengan komposisi seluruhnya katun maupun dicampur dengan jenis bahan dasar lainnya. 

Beberapa jenis bahan baju katun memang dikategorikan sebagai bahan yang sangat baik untuk pakaian namun ada juga yang kualitasnya biasa saja. Lalu untuk pertanyaan apakah benar bahan baju katun itu lebih nyaman atau tidak, simak dulu penjelasan tentang beberapa kelebihan dari menggunakan beberapa jenis bahan baju katun berikut ini ya.

Baju Bahan Katun Combed

Bahan Katun Combed, dibuat dari 100% serat kapas atau katun artinya bahan dasar dari kain ini seluruhnya dibuat menggunakan serat kapas tidak ada campuran serat lain sama sekali. Apa keunggulan dari bahan baju katun Combed?

Kelebihan dari kain bahan baju katun Combed adalah tekstur kainnya yang lembut dan halus, permukaan kainnya tampak rata dan bulu pada permukaan kainnya lebih sedikit dari jenis kain dengan serat full katun yaitu Carded. 

Selain itu, kelebihan dari bahan Combed juga daya serapnya yang baik, dan karena dibuat dari bahan alami kain ini pun aman digunakan oleh mereka yang punya kulit sensitif terutama untuk anak-anak. Kelebihan lainnya dari bahan katun Combed adalah koleksi warnanya yang sangat beragam, Knitto Textiles menjadi toko kain pertama di Indonesia yang menyediakan bahan kaos Combed dengan pilihan warna terbanyak hingga 100 warna. 

Baju bahan katun Combed terbukti banyak dipilih oleh orang-orang Indonesia, karena memang berkualitas bagus dan nyaman ketika digunakan.

Baju Bahan Katun Carded

Apakah saat ini masih banyak orang yang menggunakan baju bahan katun Carded? Beberapa orang di Indonesia masih ada yang menggunakan baju bahan katun dengan jenis Carded. 

Sebenarnya kain Carded itu kualitasnya cukup baik dan bisa dikategorikan sebagai bahan kaos yang harganya affordable, dan biasanya sering dijadikan bahan kaos alternatif jika dirasa menggunakan bahan kaos Cotton Combed harganya terlalu mahal.

Mungkin kamu pernah mendengar istilah “ada uang ada barang” begitu pula jika kamu menggunakan bahan Cotton Carded, kualitas yang kamu dapatkan tentu akan sesuai dengan harga yang kamu bayar. Tapi tenang saja, karena kain ini cukup nyaman kok saat digunakan. 

Baju Bahan Katun Bamboo

Baju bahan katun bamboo merupakan baju yang menggunakan kain dengan campuran serat Cotton dan serat Bamboo, dengan persentase sebanyak 70% serat bamboo dan 30% serat cotton. Kami cukup sering merekomendasikan bahan kaos Cotton Bamboo sebagai bahan baku kaos, terutama jika kamu ingin membuat kaos untuk anak-anak. 

Alasannya adalah karena baju bahan katun premium ini mempunyai berbagai keunggulan seperti:

  • Kandungan anti bakteri yang berasal dari zat alami yang disebut “Penny Quinone” dan juga terdapat anti jamur juga atau disebut dengan bio-agent “Bamboo Kun”, dari proteksi zat yang ada pada kain ini, membuat bahan katun Bamboo juga menjadi anti bau.
  •  Jika dibandingkan dengan bahan kaos yang lain, kain Cotton Bamboo mempunya tingkat daya serap yang lebih tinggi dan memiliki kemampuan untuk menghilangkan kelembaban udara.
  • Cotton Bamboo dipercaya bisa memberikan perlindungan dari dampak sinar UV sampai 97, 5%, dan kainnya juga ramah lingkungan.
  • Tekstur dari kain ini sangat lembut dan halus, nyaman digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak.
  • Yang terakhir adalah kain ini harganya sekarang ini menjadi lebih murah dibandingkan dengan bahan katun Combed, jadi kain Cotton Bamboo ini bisa jadi alternatif lain untuk bahan kaos atau jenis pakaian lainnya.

Baju Bahan Katun Modal

Yang selanjutnya bahan baju katun Modal, yang juga merupakan baju bahan katun terbaik. Bahan TENCEL™ Modal adalah kain yang dibuat dari campuran serat Cotton dan serat TENCEL™ Modal, dengan komposisi 50% serat Cotton dan 50% serat TENCEL™ Modal. Ternyata dapat diuraikan secara alami karena dibuat dari bahan yang alami. Serat modal secara alami bisa mengatur perpindahan kelembaban, meningkatkan kualitas dari kain dan akan terasa sangat nyaman di kulit. Kain ini juga mempunyai kecerahan warnanya lebih tahan lama dibandingkan dengan serat kain yang diwarnai dengan cara konvensional, karena kandungan warna pada kain ini diserap dengan baik.

Baca Juga: Perbedaan Serat Lyocell dan Modal

Bahan baju katun modal ini sangat bagus jika digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa. Bukan hanya untuk kaos saja, kain ini juga bagus untuk digunakan membuat dress. 

Model pakaian apa yang cocok jika dibuat dengan bahan baju katun?

Semua jenis bahan katun yang kami sebutkan di atas bisa kamu gunakan untuk beberapa model baju bahan katun berikut ini.

Kaos Polos & Kaos Sablon

Kaos, adalah jenis bahan baju katun utama yang menggunakan beberapa bahan katun di atas, tidak hanya untuk kaos polos saja, bahan-bahan di atas bisa kamu gunakan untuk kaos sablon juga. Berbagai jenis sablon bisa kamu gunakan, hanya saja tetap harus menyesuaikan dengan jenis kain atau jenis warna nya ya, karena terdapat beberapa jenis baju bahan katun yang tidak bisa digunakan pada beberapa jenis sablon, jadi pastikan dan konsultasikan terlebih dahulu.

Dress Wanita Dewasa dan Anak-Anak

Siapa bilang baju bahan katun itu modelnya hanya bisa berbentuk kaos saja? Sekarang juga baju bahan katun dengan model dress bisa kamu buat dengan menggunakan bahan katun seperti yang sudah kami jelaskan di atas, baik untuk dress orang dewasa maupun dress anak-anak. 

baju bahan katun

Untuk membuktikan apakah benar kain Combed atau kain katun itu benar bisa dibuat dress, kami sudah membuat sebuah tutorial cara membuat dress anak dengan menggunakan bahan Combed, dan kami juga sudah membuatkan pola baju nya untuk memudahkan teman-teman Knitto semua.

Pola baju nya bisa teman-teman Knitto dapatkan disini

Hijab dan Pakaian Muslim

Untuk membuat Hijab atau Pakaian Muslim juga berbagai bahan katun ini sangat cocok, sudah banyak brand lokal Indonesia yang menggunakan bahan katun Combed, Cotton Bamboo dan bahan katun Modal untuk Hijab dan pakaian muslimnya. Maka dari itu sangat cocok jika pakaian muslim yang kamu produksi juga menggunakan bahan ini.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur