6 Ciri Ciri Bahan Mikro Berkualitas Terbaik

0
5/5 - Vote count: 72 votes

6 Ciri Ciri Bahan Mikro Berkualitas Terbaik – Membuat pakaian tentu bisa menggunakan berbagai jenis bahan, tidak hanya satu jenis bahan saja, contohnya jika kamu mau membuat jaket tidak hanya bahan Fleece dan Baby Terry saja yang bisa kamu pakai, kamu bisa mencoba berbagai jenis kain yang ada di pasaran juga, contohnya adalah kain Mikro.

Bahan Mikro
Bahan Mikro

Ternyata kain Mikro juga tidak hanya bisa kamu gunakan untuk membuat jaket saja, banyak juga produk yang bisa kamu buat dengan menggunakan kain ini.

Dalam artikel kali ini, Minto akan menjelaskan apa itu kain Mikro dan apa saja ciri ciri kain Mikro yang berkualitas baik.

Apa Itu Kain Mikro?

Kain Mikro adalah jenis kain yang umumnya dibuat dari campuran bahan Nilon dan bahan Polyester, yang mana kandungan Polyesternya lebih banyak dibandingkan dengan bahan Nilonnya. Kenapa kain ini dinamakan “Mikro”? Karena diambil dari nama teknologi yang digunakan dalam proses pembuatan serat atau benang untuk kain ini. Benang yang digunakan untuk kain Mikro umumnya sangat halus, bahkan ukuran benangnya hanya 1 denier jadi tidak heran jika kainnya menjadi halus.

Ciri Ciri Bahan Mikro Berkualitas Baik

Agar mendapatkan bahan Mikro yang berkualitas baik untuk pakaian yang akan kamu buat, kamu perlu mengetahui apa saja ciri ciri bahan Mikro yang bagus, berikut ini Minto jelaskan apa saja ciri ciri bahan Mikro yang bagus.

1. Ciri Ciri Bahan Mikro: Tahan Terhadap Air

Karena kainnya yang dibuat dari serat Polyester dan Nilon jadi ciri ciri bahan Mikro yang pertama adalah bahannya yang tahan terhadap air, karena bagaimanapun bahan yang dibuat dari serat Polyester akan lebih sulit untuk menyerap air apalagi keringat, kecuali jika kain Polyester tersebut dibuat dengan teknologi khusus seperti kain Polyester yang ada di Knitto Textiles yaitu Polyester Activedry.

Meskipun tidak bisa menyerap air tetapi kain ini tetap terasa nyaman saat digunakan, jadi kamu tidak perlu khawatir. Justru bahan ini cocok untuk kamu jadikan bahan jaket yang tahan terhadap air kan?

2. Ciri Ciri Bahan Mikro: Seratnya Tipis

Ciri ciri bahan Mikro selanjutnya adalah serat yang digunakan untuk membuat kain ini tipis, karena benang yang digunakan untuk kain ini pun ukurannya hanya di bawah 1 denier, sehingga kain yang dihasilkan juga menjadi sangat halus.

3. Ciri Ciri Bahan Mikro: Tahan Terhadap Kusut

Bahan ini memiliki kualitas yang baik, apalagi kainnya yang tidak mudah kusut, sehingga merawat pakaian yang dibuat dari kain ini akan lebih mudah. Ketika akan digunakan pun, pakaian ini tidak harus disetrika terlebih dahulu sehingga lebih praktis. Bahan yang seperti ini sangat cocok untuk dijadikan pakaian siap pakai seperti jaket ya?

4. Ciri Ciri Bahan Mikro: Aman Untuk Kulit Sensitif

Ciri ciri bahan Mikro yang berkualitas berikutnya adalah bahan ini ternyata aman untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, meskipun kainnya dibuat dari serat Polyester dan Nilon, tetapi kain ini tidak akan membuat kulit iritasi atau membuat gatal terutama untuk mereka yang mempunyai alergi dan sensitif kulitnya. 

5. Ciri Ciri Bahan Mikro: Kainnya Hangat

Kain Mikro ini lebih sering digunakan sebagai bahan untuk membuat jaket, kenapa? Alasannya karena kain ini bisa memberikan rasa hangat pada penggunanya, padahal kain ini tidak tebal. Bahannya yang dibuat dari serat Polyester sehingga dapat menahan panas tubuh, dan membuat kondisi tubuh kamu tetap hangat.

6. Ciri Ciri Bahan Mikro: Bahannya Jatuh

Bahan yang jatuh dan mudah diatur pasti akan memudahkan proses menjahit baju, dan ciri ciri dari bahan Mikro adalah bahannya yang jatuh jadi tidak heran jika bahan ini juga sering digunakan untuk baju olahraga selain bahan jaket.

Karakteristik bahan Mikro yang jatuh juga membuat bahan ini nyaman digunakan dan tidak menghambat kamu saat bergerak atau beraktivitas. Kainnya yang jatuh ini juga karena seratnya yang sangat tipis.

Beberapa ciri ciri bahan Mikro diatas bisa kamu gunakan sebagai acuan atau referensi sebelum kamu membeli kain atau membeli pakaian yang menggunakan bahan Mikro, sehingga kamu tidak akan salah memilih nantinya. 

Jenis Bahan Mikro

Ada beberapa jenis bahan Mikro yang sudah tersedia di pasaran dan bisa kamu pilih untuk bahan dasar pakaian yang akan kamu buat.

Kain Mikro Bintik (WR)

Kain Mikro bintik adalah jenis kain parasur yang mempunyai tekstur berbintik, kainnya mempunyai karakteristik yang lembut serta ringan saat digunakan.

Kain Mikro TR (WP)

Jenis kain Mikro selanjutnya adalah MIkro TR, yaitu salah satu jenis kain yang teksturnya halus, lembut dan juga ringan kain ini juga mempunyai keunggulan pada kemampuannya untuk tahan dari air, selain itu kain ini juga kuat.

Kain Mikro Ripstop (WR)

Kain Mikro Ripstop juga mempunyai tekstur kain yang sama seperti kain-kain Mikro sebelumnya yang sudah Minto jelaskan di atas, hanya saja tekstur dari kain ini sedikit berbeda karena kain ini memiliki bentuk kotak-kotak yang dibuat dari benang sintetis dan diselingi dengan jenis benang lainnya yang ukurannya lebih besar.

Kain Mikrofiber

Kain ini adalah kain dari benang Polyester yang permukaannya lebih dihaluskan lagi jadi kain ini lembut dan nyaman saat dipakai.

Kamu bisa menggunakan bahan Mikro ini sebagai bahan dasar untuk pembuatan jaket, tapi tidak hanya jaket saja, nyatanya kain ini pun sering sekali digunakan untuk membuat baju olahraga, celana, baju seragam, bahkan untuk membuat tas dan mukena sekalipun, banyak sekali kan manfaat dan kegunaan dari bahan ini?

Baca Juga: 7 Cara Menggunakan Mesin Jahit Listrik dan Cara Merawatnya

Tidak ada salahnya untuk mengetahui berbagai macam karakteristik atau ciri ciri bahan kain karena dengan kamu mengetahuinya kamu pun bisa mengenali seperti apa jenis bahan kain yang berkualitas dan bahan yang sebenarnya kualitasnya biasa saja. 

Itu dia penjelasan dari Minto tentang ciri ciri bahan Mikro dan juga jenis kainnya yang bisa kamu gunakan, semoga bermanfaat ya dan terima kasih sudah membaca artikel Minto ini. Sampai bertemu di artikel lainnya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur