Pilihan Bahan Baju 17 Agustusan dengan Warna dan Desain Anti-Mainstream, Cek Yuk!

0
5/5 - Vote count: 67 votes

Pilihan Bahan Baju 17 Agustusan dengan Warna dan Desain Anti-Mainstream, Cek Yuk! – Halo Knittopreneurs! Tidak terasa ya, momen kemerdekaan negara Indonesia akan kita rayakan sebentar lagi. Setiap tahunnya, pasti ada perayaan yang berbeda-beda. Kira-kira tahun ini, Knittopreneurs sudah menentukan belum hendak pakai baju apa?

7 Rekomendasi Baju 17 Agustusan, Warna dan Desainnya Unik!
7 Rekomendasi Baju 17 Agustusan, Warna dan Desainnya Unik!

Sebagai bagian dari memeriahkan HUT RI, kegiatan tertentu di lingkungan rumah, sekolah, hingga kantor, biasanya sudah menjadi agenda tahunan. Agar vibes-nya lebih terasa, tidak jarang penggunaan baju 17 Agustusan dimasukkan dalam rangkaian.

Jika Knittopreneurs termasuk salah satu yang sedang merencanakan, atau hendak menentukan konsep dan tema besar dari baju 17 Agustusan yang akan digunakan, cek artikel ini dulu yuk! Ada beberapa tips menarik yang bisa dipertimbangkan!

5 Inspirasi Konsep “Dress Code” untuk 17 Agustusan

Coba beberapa inspirasi ini yuk untuk menyeragamkan tampilan di lingkungan rumah, sekolah, atau kantor! Bisa juga Knittopreneurs gunakan untuk konsep pawai dan karnaval.

  • Tampil dengan Konsep Nasionalis

Konsep ini cocok dicoba karena bisa diterjemahkan menjadi banyak hal. Knittopreneurs bisa memakai yang simple, dengan cara memadukan atasan dan bawahan berwarna merah dan putih polos untuk hadir di acara HUT RI. Atau, bisa juga dengan mengenakan seragam profesi pejuang kemerdekaan seperti tentara, pelaut, atau pahlawan wanita. Merayakannya dengan cara seperti ini bisa memberikan nuansa heroik dan bersejarah. 

  • Pesona Budaya dengan Batik

Saat merayakan HUT RI, gunakan batik motif khas daerah masing-masing sebagai baju 17 Agustusan, untuk melambangkan bentuk kecintaan terhadap budaya Indonesia. Batik dengan dominasi warna merah putih atau kombinasi warna lain yang serasi bisa menjadi pilihan yang simple dan elegan.

  • Beri Sentuhan Modern yang Chic

Ingin merayakan kemerdekaan dengan lebih kekinian? Knittopreneurs cukup memadukan kaos polos berwarna merah atau putih dengan celana jeans atau chino yang modelnya sedang tren. Tambahkan juga sneakers atau sandal untuk tampilan yang lebih santai, namun tetap stylish di hari kemerdekaan.

Pilihan lainnya yang dapat dicoba dari konsep ini adalah mengenakan baju olahraga berwarna merah atau putih dengan desain yang sporty. Cocok untuk acara 17 Agustus yang melibatkan kegiatan fisik seperti lomba atau pertandingan.

  • Lebih Unik dengan Kostum DIY

Sulap baju bekas atau kain perca menjadi baju seragam yang unik dan ramah lingkungan. Terutama jika hendak mengikuti pawai atau karnaval, Knittopreneurs bisa menampilkan karya sendiri dengan bangga dan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

  • Gunakan Bahan Kaos yang Seragam

Untuk tampil dengan baju yang seragam dengan anggota keluarga, kelas di sekolah, hingga satu kantor, Knittopreneurs bisa menggunakan kaos yang serupa. Pilih bahan yang sama untuk membuat baju 17 Agustusan agar lebih praktis dan kompak. Baju seragam ini cocok dipakai untuk pawai, karnaval, dan akan terlihat cantik saat dipakai beramai-ramai pada foto bersama. 

Nah, jika memakai bahan kaos yang polos begitu saja, biasanya akan ada agenda baru untuk membuat desain sablonnya. Minto punya rekomendasi lain dari Knitto Textiles, dimana Knittopreneurs bisa menemukan berbagai bahan dengan motif yang anti-mainstream dan unik. 

Dengan begitu, baju seragaman tetap bisa tampil beda dan menari, tanpa perlu tambahan sablon!

Baca Juga: Tampil Keren dengan Inspirasi Kostum 17 Agustus Ini, Favoritmu yang Mana?

7 Rekomendasi Bahan Baju 17 Agustusan dengan Motif Unik dari Knitto

7 bahan dengan motif yang berbeda dari Knitto Textiles ini, selain nyaman juga bisa kamu gunakan sebagai ide baju seragam yang unik!

Cotton Combed Stripes – Type 2

Knitto's Cotton Combed Stripes Type 2 Maroon Putih
Knitto’s Cotton Combed Stripes Type 2 Maroon Putih

Pertama, ada dari bahan cotton combed dengan motif salur. Warna yang menyusunnya sangat cocok dipakai untuk tema kemerdekaan, yaitu maroon dan putih. Dengan bahan yang 100% katun, membuat baju 17 Agustusan yang akan Knittopreneurs buat dari bahan ini menjadi nyaman dipakai seharian. 

Bahan Cotton Combed Stripes – Type 2 ini juga ideal dibuat sebagai gamis, tunik, overall, dan jenis atasan lain. Knittopreneurs bisa memakainya ulang untuk dipadukan dengan fashion item lain, motifnya yang unik namun tetap fleksibel menjadikannya pas untuk dipakai pada momen spesial seperti hari kemerdekaan dan pada keseharian.

Cotton Combed Stripes – Type 3

Knitto's Cotton Combed Stripes Type 3 Putih Maroon
Knitto’s Cotton Combed Stripes Type 3 Putih Maroon

Bahan kedua yang Minto rekomendasikan untuk menjadi baju 17 Agustusan masih ada pada cotton combed dengan motif salur, namun dengan pola warna berbeda. Jika bahan tipe 2 yang ada di Knitto Textiles dominan maroon dengan stripes putih, tipe 3 ini dominan putih dengan stripes warna maroon.

Knittopreneurs bisa memilih komposisi warnanya sesuai selera, atau kesepakatan bersama dengan anggota keluarga, teman, sahabat, hingga kolega. Seperti motif yang satunya, bahan ini juga 100% terbuat dari katun, dan bisa digunakan untuk membuat berbagai macam atasan, bawahan, hingga outerwear. Bisa dikreasikan sesuai baju 17 Agustusan yang diinginkan!

Cotton Galaxy White 30s – Merah Cabe

Knitto's Cotton Galaxy White 30s Merah Cabe
Knitto’s Cotton Galaxy White 30s Merah Cabe

Selanjutnya ada bahan yang masuk pada kategori fancy nih, Knittopreneurs. Bahan yang satu ini merupakan pilihan kain affordable dan nyaman, dengan rasio katun 99% dan 1% poliester pada komposisinya.

Ciri khasnya berupa corak bintik yang menyebar di permukaan kain, sehingga berbentuk seperti “galaksi.”  Nah, yang Minto rekomendasikan adalah warna merah cabe dengan bintik putih, sesuai dengan palet warna kemerdekaan pada umumnya. Tentunya, bahan ini bisa kamu buat menjadi seragam yang unik dan kekinian!

CVC Club Siro 30s – Merah Cabe

Knitto's CVC Club Siro 30s Merah Cabe
Knitto’s CVC Club Siro 30s Merah Cabe

Rekomendasi berikutnya masih ada pada kategori yang sama, namun tentunya dengan motif yang berbeda. Corak rajutnya cukup unik, dengan struktur yang menebal dan menipis, sehingga membentuk bintik-bintik dan garis abstrak berwarna putih. Pola ini memang dibuat timbul dan tenggelam secara disengaja, Knittopreneurs.

Lalu, Knittopreneurs bisa mendapatkan kain yang terbuat dari campuran serat katun dan poliester ini dengan minimal order 1kg saja. Walau memiliki kandungan serat sintetis, bahannya tetap nyaman saat digunakan dan tidak terasa panas sama sekali. Cocok untuk beraktivitas seharian, atau dibawa berkeliling saat karnaval.

Kain Printing Printto – Motif Cars (Crimson Red)

Jika Knittopreneurs ingin membuat baju 17 Agustusan dengan motif yang lebih lucu dan menggemaskan, Knitto Textiles baru-baru ini mengeluarkan koleksi kain printing lho. Salah satunya adalah motif Cars di bawah ini, yang memiliki ketebalan di 28s, dengan dua varian warna.

Kain printing dengan motif ini ideal jika Knittopreneurs ingin membuat baju seragam dengan anak-anak, atau jika bekerja di bidang otomotif dan ingin menggabungkan elemen tersebut dengan warna merah (crimson red) dalam merayakan HUT RI.

Kain Printing Printto – Motif Tiny Flowers (Ruby)

Masih dari koleksi Printto, kain printing yang satu ini juga Minto rekomendasikan sebagai bahan baju 17 Agustusan! Hadir dengan motif bunga yang lucu, dengan ketebalan 28s dan 3 varian warna yang manis. Unik banget kalau dijadikan atasan!

Agar masih satu color palette dengan semangat kemerdekaan, Minto sarankan untuk memilih warna ruby. Kombinasi dua warna pada bunga di motifnya bisa membuat pakaian dari kain ini terlihat lebih memiliki “tekstur”, dan Knittopreneurs juga tampil lebih maksimal.

Kain Printing Printto – Motif Cherry (Peachy)

Terakhir, ada motif buah-buahan yang jarang muncul di baju 17 Agustusan manapun. Kain printing dengan corak cherry ini punya dua pilihan warna sejauh ini, yang mana salah satunya akan cocok dipakai dalam nuansa kemerdekaan, yaitu peachy.

Motif cherry ini bisa lebih netral, sehingga cocok dipakai sebagai baju seragam untuk laki-laki dan perempuan. Terlihat manis juga jika menjadi baju 17 Agustusan untuk anak-anak. Kegunaannya banyak dan fleksibel, serta bahannya dijamin nyaman dan aman!

Baca Juga: Ide dan Tips Memilih Dekorasi 17 Agustus yang Meriah dari Bahan Kain, Cek Yuk!

Ide Aksesoris Pendamping untuk Kostum 17 Agustus yang Unik

Untuk menunjukkan semangat kemerdekaan, bisa dengan menggunakan baju 17 Agustusan yang meriah dan aksesoris yang unik juga lho. Ini beberapa inspirasi yang bisa Knittopreneurs coba untuk padukan!

Membuat Aksesoris Sendiri (DIY)

Aksesoris yang unik tidak perlu beli! Coba buat hal-hal berikut:

  • Bendera Merah Putih: Aksesoris bendera bisa dibuat dari kain bekas atau perca. Kemudian, untuk pemakaiannya, bisa diikatkan di kepala, tangan, atau jahit di baju.
  • Hiasan Rambut Merah Putih: Sama seperti bendera, yang bisa dibuat dari kain perca atau bahan sisa lainnya. Olah menjadi pita, jepit rambut, atau bunga berwarna merah putih untuk menghiasi rambut. 
  • Lukisan Wajah Merah Putih: Lukis wajah dengan motif bendera merah putih atau pahlawan nasional. Gunakan cat wajah ramah lingkungan untuk terlihat lebih semarak di postingan Instagram.

Beli Aksesoris yang Fleksibel dan Kekinian

Jika ingin membeli aksesoris tertentu untuk merayakan kemerdekaan, Minto sarankan produknya bisa dipakai kembali di hari lain. Misalnya:

  • Topi Motif Merah Putih: Pilih topi bucket, fedora, atau topi baseball dengan motif merah putih. Pilih topi dari bahan ramah lingkungan jika tersedia. 
  • Tas Merah Putih: Pilih tas tote bag, sling bag, atau backpack berwarna merah putih. Pakai saat berpose di foto untuk menunjukkan kamu merayakan semangat kemerdekaan dengan palet warna yang identik dengan hari tersebut.
  • Sepatu Merah Putih: Gunakan sneakers, sandal, atau sepatu formal berwarna merah putih. Sepatu ini tentunya bisa kamu pakai di hari lain, dan disesuaikan dengan outfit yang cocok dengan model dan warnanya.
  • Kacamata Merah Putih: Pilih kacamata hitam atau kacamata bening dengan frame berwarna merah putih. Ini bisa kamu gunakan sebagai aksesoris saat pawai juga.

Bawa Nilai Budaya dengan Aksesoris Tradisional

Gunakan aksesoris khas daerah seperti topi, selendang, atau perhiasan. Biasanya terbuat dari bahan alami dan ramah lingkungan, dan merupakan hasil produksi dari pengrajin lokal. Selain bisa digunakan untuk aksesoris baju 17 Agustusan, kamu bisa menggunakannya kembali untuk acara budaya dan perayaan lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Hiasan 17 Agustus, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan

Itu dia rekomendasi bahan dengan desain anti-mainstream yang bisa Knittopreneurs coba sebagai baju 17 Agustusan dari Knitto. Selain yang Minto cantumkan di artikel ini, Knitto Textiles memiliki pilihan warna yang beragam, mulai dari bahan Cotton Combed polos hingga kain printing yang spesial. Bisa cek semua koleksinya di website Knitto ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]