Begini Proses Sablon Kaos Digital Serta Alat dan Bahannya

0
proses sablon kaos digital

BELI SEKARANG

Knittopreneurs! Saat ini sudah banyak sekali para pelaku bisnis yang tidak hanya menyediakan kaos polos tetapi yang menyediakan kaos dengan variasi berbeda seperti sablon untuk mempercantik kaos dengan gambar juga tulisan. Salah satu teknik sablon yang sudah banyak digunakan yaitu sablon digital, untuk kamu yang belum pernah menggunakan jenis sablon ini, mau tau bagaimana proses sablon kaos digital dan apa saja alat juga bahan yang harus digunakan? Simak artikel ini sampai selesai ya.

Teknik sablon yang bisa digunakan diantaranya, teknik Sablon Manual dan Sablon Digital. Kali ini kita akan lebih fokus membahas proses sablon digital juga alat dan bahan yang akan digunakan nantinya. Seperti namanya sablon digital, tentu proses pengerjaannya berbeda dengan sablon manual karena diperlukan alat-alat dan bahan yang berbeda. Salah satu jenis sablon digital yang banyak sekali digunakan adalah DTG atau Direct to Garment. 

Alat dan Bahan Proses Sablon Digital

Untuk mencetak gambar dan tulisan kamu membutuhkan beberapa alat serta bahan seperti berikut ini:

  1. Mesin Cetak (Printer)

Proses sablon digital tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya mesin printer untuk mencetak gambar dan tulisan ke media kaos. Cara kerja mesin ini hampir sama seperti mesin printer kertas pada umumnya.

  1. Kompresor

Alat kompresor ini digunakan sebelum polos diletakkan di mesin DTG untuk dicetak, fungsi dari alat ini untuk merapatkan pori-pori kaos sehingga nantinya tinta sablon akan menempel dengan baik serta tidak mudah lepas.

  1. Hotgun 

Selanjutnya yang penting dalam proses sablon digital ialah hotgun yang fungsinya sebagai alat pengering sablon. Digunakannya alat sablon ini bertujuan agar proses sablon lebih cepat dengan cara memanaskannya, alat ini digunakan saat kaos sudah dicetak dan akan di press menggunakan mesin press, heat gun atau hot gun ini sangat diperlukan untuk proses sablon kaos digital.

Hotgun ini bisa dibilang cara kerjanya hampir sama dengan hair dryer yg mengeluarkan uap panas untuk mengeringkan rambut.

  1. Kertas Teflon

Alat sablon kaos digital yang ini digunakan sebagai lapisan area kaos yang nantinya akan disablon, alat ini disebut kertas teflon. 

Kenapa area kaosnya harus dilindungi? Karena ketika kaos sudah selesai di cetak pada mesin printer, akan dilanjutkan untuk di press pada mesin press, nah untuk melindungi sablonan dari panasnya mesin press maka digunakanlah kertas teflon ini.

  1. Tinta, Cartridge, dan Cairan Pembersih (Head Cleaner)

Selayaknya printer pada umumnya, mesin DTG juga membutuhkan tinta sablon dan cartridge yang ada di dalam mesinnya, dan kamu juga wajib mempunyai cairan pembersih untuk bagian kepala printernya terutama jika mesin printer ini rutin digunakan atau setiap hari, kamu wajib punya head cleaner.

  1. Mesin Press

proses sablon kaos digital

Mesin press kaos ini akan menekan kaos sambil menyebarkan suhu panas pada area kaos sehingga tinta sablon akan lebih cepat mengering serta menempel dengan sempurna di kaos.

  1. Laptop atau Komputer

proses sablon kaos digital

Bagaimana kamu bisa mencetak gambar atau tulisan pada kaos menggunakan printer jika kamu tidak memiliki laptop atau komputer, karena proses sablon kaos digital ini hampir sama seperti printing kertas yang mempunyai spesifikasi yang bagus agar proses printing berjalan lancar.

Proses Sablon Kaos Digital DTG

Berikut ini adalah proses sablon kaos digital dengan menggunakan teknik DTG atau Direct To Garment. 

  1. Install terlebih dahulu program dan driver yang sudah sesuai dengan mesin yang akan digunakan agar printer bisa dideteksi oleh sistem operasi yang digunakan.
  2. Tunggu beberapa saat sampai mesin siap untuk digunakan.
  3. Buka file desain yang sudah kamu siapkan untuk dicetak.
  4. Siapkan kaos yang akan digunakan untuk mencetak desainnya, lalu semprot menggunakan kompresor pada bagian yang akan disablon nantinya.
  5. Letakkan kaos di mesin printer, dan lakukan pengaturan pada program serta mesinnya agar bisa mencetak desain dengan sempurna.
  6. Silahkan untuk mulai mencetak desain pada kaos dan tunggu sampai proses pencetakan selesai.
  7. Jika proses printing sudah selesai, angkat kaos dan semprotkan cairan epoxy dengan menggunakan kompresor.
  8. Lalu keringkan sablonan menggunakan hot gun.
  9. Sekarang letakkan kaos di mesin press dan jangan lupa terlebih dahulu lapisi kaos dengan kertas teflon.
  10. Periksa terlebih dahulu apakah mesin press sudah cukup panas atau belum? Jika sudah silahkan press kaos dengan waktu yang cukup.
  11. Proses sablon kaos digital menggunakan mesin DTG sudah selesai, diamkan kaos untuk beberapa saat sambil bisa kamu periksa untuk memastikan jika sablon sudah benar-benar menempel dengan sempurna pada kaos.

Bagaimana? Mudah bukan proses sablon kaos digital dengan menggunakan teknik DTG? Yang biasanya menjadi kendala pada proses ini hanya kelengkapan alat-alatnya saja, yang memang terhitung sedikit lebih mahal, hanya saja akan berguna jika kamu gunakan untuk bisnis kaos sablon digital dengan quantity sedikit atau satuan.

Untuk kamu yang baru mau memulai bisnis kaos sablon, kami sarankan untuk selalu memilih jenis bahan yang berkualitas baik agar kualitas sablon yang dihasilkan juga sama-sama baik. Salah satunya kamu bisa menggunakan Cotton Combed dari Knitto yang berkualitas premium, jangan gunakan bahan kaos abal-abal yang nantinya bisa mempengaruhi hasil dari sablon loh. 

Bahan-bahan katun akan memberikan hasil yang lebih efektif dan lebih bagus. Kami merekomendasikan beberapa jenis katun selain Cotton Combed, yang bisa kamu gunakan untuk variasi sablon DTG ini seperti:

  • Cotton Bamboo
  • TENCEL™ blended with Cotton
  • U.S. Pima Cotton

Bagaimana dengan kain Cotton Carded? Apakah jenis kain ini tidak bagus untuk sablon DTG? 

Cotton Carded apakah tidak bagus untuk digunakan pada sablon DTG ini? Memang Carded itu dibuat dari 100% serat katun tetapi kualitas dari bahan Carded yang tidak sebagus 4 jenis bahan diatas dan permukaan dari bahan Carded yang kurang halus yang membuat kami kurang merekomendasikan jenis bahan ini.

Baca Juga: Apakah Semua Bahan Kaos Bisa Digunakan Untuk Sablon Digital?

Cara Perawatan Kaos Sablon DTG:

  • Hindari menyikat kaos, karena dapat merusak kaos terutama bagian sablonnya.
  • Jangan menunda membersihkan kaos yang terkena noda, terutama pada kaos putih.
  • Jangan cuci kaos dengan mesin atau cuci dengan cara manual (dikucek).
  • Jemur kaos dengan posisi dibalik.
  • Pisahkan saat mencuci kaos dari pakaian lain.
  • Jangan rendam kaos terlalu lama.
  • Setrika dengan hati-hati, hindari permukaan yang terdapat sablon.

Itulah ulasan dari kami tentang proses sablon kaos digital, alat dan bahan yang diperlukan, serta rekomendasi kain yang bisa kamu gunakan agar mendapatkan hasil sablon yang maksimal dan berkualitas. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*