Cara Membedakan Bahan Single Knit, Pique dan Terry

0

Untuk mengetahui bagaimana cara membedakan ketiga bahan ini, ada hal pertama yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu yaitu mengetahui terlebih dahulu karakteristik dari masing-masing bahan sehingga nantinya akan dengan lebih mudah membedakan ketiga jenis bahan ini. 

Perbedaan Single Knit, Pique dan Terry

Apa yang dimaksud dengan bahan Single Knit, Pique dan Terry? Ketiga jenis bahan ini sudah sering digunakan oleh para produsen , tapi apa pengertian dari ketiga jenis bahan ini? Penjelasan selengkapnya ada di bawah ini.

Single Knit

Sebelumnya, kami ingin bertanya jenis bahan apa yang sering atau selalu Anda gunakan untuk membuat kaos? Bahan Cotton ? Cotton ? Atau jenis bahan lain seperti Bahan Cotton Bamboo yang termasuk bahan premium? Tahukah Anda ketiga jenis bahan kaos yang mungkin pernah Anda gunakan ini adalah kain yang menggunakan jenis rajutan Single Knit. Jika disimpulkan Single Knit merupakan jenis rajutan yang mempunyai ciri perbedaan antara permukaan luar dan dalamnya. Single knit yang dikenal juga dengan nama Single Jersey atau Stockinette adalah jenis rajutan yang paling umum. 

Jadi sampai sini sudah jelas ya, single knit adalah jenis rajutan yang digunakan untuk membuat bahan kaos dan kain Cotton Combed, Cotton Carded juga jenis bahan kaos lainnya merupakan material yang dibuat menggunakan jenis rajutan Single Knit. 

Kegunaan

Kegunaan dari kain dengan rajutan Single Knit utamanya sebagai bahan untuk membuat kaos tetapi kain Single Knit juga sebenarnya bisa digunakan untuk membuat jenis pakaian lain. Bahkan bahan Single Knit juga bisa digunakan untuk Sprei. 

Jenis Bahan

Kain Single Knit sebenarnya bisa dibuat dengan menggunakan jenis bahan apapun, contohnya seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya yaitu Cotton Combed, Cotton Carded dan Cotton Bamboo. Di Textiles, kami menyediakan kain rajutan single knit dengan berbagai jenis bahan dasar seperti Cotton, campuran Cotton dan Polyester, campuran Cotton dan serat bamboo yang terakhir adalah kain campuran cotton dan serat modal. Selengkapnya kain kaos yang tersedia di knitto dengan menggunakan rajutan single knit ada di tabel dibawah ini.

Cara Membedakan Bahan Single Knit, Pique dan Terry 1

Jenis bahan kaos di atas ini merupakan jenis kain yang sudah bisa Anda dapatkan di toko kami, jika Anda ingin mengetahui stok kain yang tersedia, kini Anda bisa cek langsung di https://stock.knitto.co.id/ 

Banyak orang yang seringkali keliru tentang jenis rajutan ini, karena brand besar dunia yang juga menggunakan jenis rajutan ini hingga kain dengan rajutan Pique ini lebih dikenal dengan nama kain Lacoste, sebenarnya nama ini merupakan merk dari pakaian yang dibuat menggunakan bahan Pique jadi bukan nama bahannya. 

Jenis Bahan

Bahan Pique merupakan jenis rajutan yang mempunyai ciri corak rajutannya yang padat, berbentuk segi empat dan segi enam. Kedua bentuk corak Pique ini sama-sama kami gunakan pada kain Pique yang tersedia di Knitto, hanya bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya berbeda. Kain dengan rajutan Pique bisa dibuat dengan menggunakan jenis bahan apa saja, contohnya seperti yang ada di Knitto Textiles. Perhatikan tabel di bawah ini.

Cara Membedakan Bahan Single Knit, Pique dan Terry 2

Corak rajut Pique berbentuk segi enam atau menyerupai hexagonal kami buat dengan bahan CVC atau campuran Cotton dan Polyester persentase nya 60% Cotton dan 40% Polyester. Sedangkan untuk Cotton Combed Pique adalah kain rajutan Pique yang coraknya berbentuk segi empat atau seperti Intan. 

Kegunaan Kain

Bahan Pique umumnya digunakan sebagai bahan untuk membuat kaos polo atau polo shirt, tapi tidak menutup kemungkinan bahan kaos ini juga bisa digunakan untuk membuat jenis pakaian lain seperti kemeja, dress dan outer. Kain ini juga sering dipakai sebagai bahan untuk membuat seragam atau kaos wangki lengan panjang atau kaos henley.

Bahan Terry

Bahan Terry adalah jenis rajutan terakhir yang tersedia di , karakteristik dari rajutan Terry sangat berbeda dari kedua jenis rajutan sebelumnya yang sudah dijelaskan. Rajutan Terry mempunyai karakteristik yang lebih tebal dan ciri dari bahan Terry adalah permukaan luar dan dalamnya yang berbeda dan ada dua jenis bahan Terry yang tersedia di toko kami yaitu dan Fleece. Kedua jenis kain ini merupakan contoh kain yang dibuat menggunakan rajutan Terry hanya saja kedua kain ini mempunyai perbedaan pada bagian permukaan dalamnya. 

Baby Terry adalah kain yang menggunakan rajutan terry dengan ciri permukaan luar yang sama seperti bahan kaos pada umumnya sedangkan pada bagian dalam kainnya mempunyai struktur yang menyerupai “loop”. Loop yang ada pada permukaan dalam kain Baby Terry juga berfungsi untuk menahan panas agar tubuh tetap hangat. 

Fleece adalah kain yang sama-sama menggunakan rajutan Terry, berbeda dengan Baby Terry yang permukaan dalamnya mempunyai loop, pada permukaan dalam terdapat bulu halus yang juga fungsinya sama-sama untuk menghangatkan, sedangkan pada bagian luar kainnya tampak seperti bahan kaos biasa juga. Tahukah Anda sebelum menjadi , kain yang digunakan untuk membuat bahan ini adalah French Terry yang diproses dengan cara digaruk sampai akhirnya menghasilkan kain Fleece ini. 

Bahan Terry sudah ada sejak sangat lama, pakaian Terry pertama dibuat menggunakan bahan sutra dan diproduksi pada tahun 1841. Cotton atau kapas adalah bahan yang digunakan oleh Inggris ketika memulai memproduksi massal pakaian Terry pada pertengahan abad ke-19.

Jenis bahan

Cara Membedakan Bahan Single Knit, Pique dan Terry 3

Jenis bahan Fleece dan Baby Terry yang tersedia di Knitto menggunakan bahan dasar Cotton Combed Premium karena kami ingin menyediakan bahan yang berkualitas tinggi untuk para pelanggan Knitto. 

Kegunaan Kain

Kegunaan dari bahan ini adalah sebagai bahan untuk pakaian hangat seperti jaket, hoodie, sweater, oversized t-shirt, sweatpants, selimut dan masih banyak lagi. Kegunaan dari setiap bahan kaos memang kembali lagi ke produsennya ingin menggunakan bahan tersebut untuk membuat apa.

Kesimpulan

Jadi cara yang tepat atau kunci utama untuk mengetahui perbedaan dari masing-masing jenis rajutan adalah dengan memahami karakteristiknya terlebih dahulu dan merasakan perbedaan dari setiap kain. Anda bisa meminta sampel terlebih dahulu setiap kain yang belum pernah Anda ketahui dan memperhatikan bagaimana karakteristik dari kain tersebut, juga penting sekali untuk menggali informasi dari kainnya agar tidak salah dalam penggunaannya. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here