Cara Mudah Sablon Kaos Dengan Setrika

0
Cara Mudah Sablon Kaos Dengan Setrika
Cara Mudah Sablon Kaos Dengan Setrika

Cara Mudah Sablon Dengan Setrika – Transfer paper merupakan bahan sablon di print, di cutting dan dilakukan press menggunakan mesin hot press atau setrika. transfer paper merupakan salah satu bahan sablon digital yang paling fleksibel karena bisa ditempel di hampir semua jenis kain mulai dari kain kaos, kanvas, plastik, kulit dan sejenisnya.

Cara Mudah Sablon Kaos Dengan Setrika

Dengan cara sablon transfer paper ini, Kamu dapat menyablon sendiri di rumah. Cukup dengan setrika saja sudah bisa menyablon kaos sendiri. Selain setrika, juga memerlukan alat dan bahan yang lainnya yaitu printer warna, kertas teflon dan tentunya kertas khusus transfer paper.

Teknik sablon transfer paper memerlukan daya panas yang tinggi untuk mengencerkan tinta supaya meresap ke serat kain. Hal ini biasa dilakukan oleh tukang sablon profesional memakai alat hot press.

Nggak perlu khawatir kamu bisa melakukan sablon transfer paper di rumah menggunakan setrika, berikut ini Minto akan dijelaskan lebih jelasnya di bawah ini :

  1. Siapkan kertas transfer paper.
  2. Print gambar yang sudah kita desain pada kertas transfer paper.
  3. Biarkanlah tinta meresap dan mengering di kertas transfer paper (biarkanlah beberapa saat). Untuk hasil yang maksimal Kamu dapat menggunakan printer sublim dan tinta sublim khusus dipakai untuk sablon digital.
  4. Setrika gambar yang sudah di print tadi pada kaos, jangan lupa lapisi kertas teflon.
  5. Untuk sablon warna hitam kamu perlu mengelupasnya terlebih dahulu lantas meletakkannya di atas kaos setelah itu lapisi dengan kertas teflon / kalkir, Sedangkan pada kaos yang berwarna putih Kamu dapat meletakkannya langsung di kaos dan menyetrikanya.
  6. Pastikan setrika dalam suhu yang sangat panas sampai kertas transfer paper melekat penuh ke dalam kain. Setrika secara perlahan dan jangan terlalu ditekan.
  7. Pastikan semua kertas transfer paper dan gambar terkena panas dari setrika secara merata. Setelah itu dinginkan kita sejenak lantas lepaskanlah kertas transfer paper atau kertas kalkir dari kaos Kamu.
  8. Lihatlah hasil dari gambar yang terdapat di dalam Kamu. Jika gambar tidak mengelupas ketika kamu kibaskan maka gambar telah melekat sempurna. Akan tetapi jika ada bagian gambar yang mulai mengelupas berarti setrika yang Kamu pakai kurang panas.
  9. Tempelkan lagi kertas kalkir maupun kertas transfer paper dan pastikan setrika kamu dalam kondisi panas. Setelah itu Kamu akan melihat gambar kamu lebih melekat dengan sempurna.

Kelebihan Transfer Paper

  • Bisa digunakan untuk semua warna polos ( terang / gelap )
  • bisa digunakan untuk media berbahan kain
  • bisa sablon tanpa batasan warna
  • daya tahan cuci kuat, tidak mudah luntur
  • saat diaplikasikan pada media, texture akan menyatu pada media dan menempel kuat

Kekurangan Transfer Paper

  • Tidak dak bisa sablon dengan file bergradasi
  • Tinta transfer paper cepat mengering
  • Saat diaplikasikan pada media texture sedikit kaku

Minto sudah memberikan cara mudah sablon dengan setrika, semoga apa yang sudah diberikan bermanfaat dan selamat mencoba ya.

TOKO BAHAN KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini