Ciri – Ciri Kain Premium

0
5/5 - Vote count: 30 votes

Ciri – Ciri Kain Premium – Kain premium, secara sekilas mungkin terlihat seperti kain biasa pada umumnya tetapi sebenarnya berbeda. Membedakan kain biasa dengan kain premium butuh ketelitian agar benar terlihat ciri dan perbedaannya.

Ciri - Ciri Kain Premium

Ciri dari kain premium adalah, karakteristik dan tekstur kainnya yang berbeda dan cenderung lebih baik, sehingga kualitasnya pun lebih unggul. Karena karakteristik dan kualitasnya yang lebih unggul juga lah, harga dari kain premium cenderung lebih mahal. Kain-kain yang termasuk ke koleksi kain premium adalah Cotton Bamboo, Cotton Modal dan U.S. Pima Cotton

Jenis – jenis Kain Premium

Apa itu kain premium? Kain premium merupakan jenis atau kelompok kain yang mempunyai kualitas yang tidak biasa. Melebihi kualitas kain-kain seperti Combed, Carded bahkan CVC.

Kain yang masuk ke dalam kategori premium biasanya mempunyai keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh kain kaos biasa. Ada 3 jenis kain kaos yang masuk ke dalam koleksi kain premium di toko kami, apa saja? 

  • Kain Premium Cotton Bamboo

Jenis kain premium ini sudah mulai banyak digunakan oleh para pengrajin atau produsen kaos untuk bahan kaos produknya. Cotton Bamboo adalah kain kaos yang dibuat dari bahan dasar alami yaitu campuran serat cotton dan serat bambu.

Pada kain Cotton Bamboo yang ada di toko kami mengandung 70% serat bamboo dan 30% serat cotton. Kain kaos ini sangat nyaman sekali digunakan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Apalagi untuk mereka yang mempunyai kulit sensitif, sangat disarankan untuk menggunakan bahan kaos dari campuran serat bamboo ini

  • Kain Premium Cotton Modal

Apa itu kain Cotton Modal? Cotton Modal adalah salah satu jenis kain premium juga yang ada di toko kami dan juga sudah banyak dijual di pasaran.

Kain premium Cotton Modal merupakan kain yang juga dibuat dari serat campuran alami yaitu serat cotton dan serat kayu (beechwood).

Persentase campuran masing-masing serat yaitu 50-50, yang membuat kain ini mempunyai karakteristik dan keunggulan yang berbeda dari jenis kain katun lainnya.

  • Kain Premium U.S. Pima Cotton

Kain premium terakhir adalah U.S. Pima Cotton, jenis kain ini merupakan kain premium yang banyak digunakan oleh brand dunia untuk produk-produknya.

U.S Pima Cotton dibuat menggunakan bahan dasar 100% serat cotton, tetapi bukan jenis serat cotton biasa atau cotton pada umumnya yang digunakan untuk bahan Combed.

Serat cotton yang dipakai untuk bahan premium ini adalah serat cotton langka yang berasal dari Amerika. Mengapa disebut serat cotton langka? Karena produksi kapas nya hanya 1% dari total seluruh produksi kapas dunia. 

Ciri-Ciri Kain Premium

Bagaimana cara mengetahui apakah kain yang ditemui di pasaran merupakan bahan kaos premium atau bukan?

Cara termudah mengetahui jenis kain tersebut premium adalah dengan memperhatikan karakteristik dari kain tersebut, selengkapnya coba perhatikan point-point berikut ini ya

  • Karakteristik & Tekstur Kainnya

Setiap kain premium yang sudah kami sebutkan di atas mempunyai karakter kain yang berbeda, karena bahan dasar pembuatannya pun berbeda.

Agar Anda mengetahui bagaimana karakter dan tekstur dari masing-masing kain, sebaiknya dapatkan sampel dari masing-masing jenis kain dan coba bandingkan. Untuk mendapatkan sampel kain dari toko kami silakan klik link berikut 

Sambil menunggu sampel kain Anda sampai coba kenali beberapa karakteristik yang ada pada kain premium ini terutama yang ada di toko kami.

  • Cotton Bamboo

Cotton Bamboo merupakan kain campuran alami, karakteristik kainnya berbeda dengan kain Combed. Kain ini mempunyai tekstur yang lembut, halus di kulit, kainnya adem dan benar-benar nyaman digunakan dan sudah pasti bisa menyerap keringat.

Ketika sudah menjadi kaos, kain ini benar-benar berbeda karena kainnya ringan dan jatuh. Membuat kaos menggunakan bahan ini adalah pilihan yang sangat tepat

Yang spesial dari bahan kaos Cotton Bamboo adalah adanya kandungan anti bakteri dan anti bau di dalam kainnya. Kandungan zat Penny Quinone yang sangat tidak disukai oleh kuman dan bakteri yang membuat kain ini mempunyai anti bakteri dan anti bau.

Adanya bakteri di dalam pakaian lah yang membuat pakaian tersebut berbau tidak sedap, tapi dengan bahan premium Cotton Bamboo dijamin masalah bau dan bakteri tidak akan ada

  • Cotton Modal

Kain premium Cotton Modal pun sama-sama dibuat dari bahan campuran seperti kain sebelumnya. Hanya saja bahan ini menggunakan jenis serat kayu sebagai campurannya.

Karakter kain Cotton Modal pun hampir sama saja kainnya jatuh dan yang berbeda adalah permukaan kainnya ini terlihat lebih berkilau apabila terkena sinar matahari dan memberikan kesan yang elegan. 

Ciri - Ciri Kain Premium

Tekstur kainnya lembut, halus, sangat adem ketika digunakan dan sudah pasti juga kainnya nyaman ya.

Bahan ini mampu menyerap keringat dengan baik, tidak berbulu dan permukaannya sangat rata.

Kain ini pun juga sama-sama mengandung anti bakteri dan anti bau, karena bahannya juga sama-sama alami dan tidak ada sentuhan kimia pada bahan dasarnya.

  • U.S. Pima Cotton

Ciri - Ciri Kain Premium

Apa yang spesial dari bahan kaos U.S. Pima Cotton? Sudah kami jelaskan sebelumnya bahan ini bukan lah jenis kain yang dibuat menggunakan serat biasa, serat kain yang digunakan adalah yang terbaik dijajarannya.

Tekstur kain U.S. Pima Cotton sudah pasti halus dan lembut perlu Anda ketahui jika kain ini tidak berbulu sama sekali pada permukaannya. Jika Anda perhatikan warna kain U.S. Pima Cotton memang berbeda, lebih cerah dan cemerlang.

Hal tersebut disebabkan oleh kainnya yang dapat menyerap warna dengan baik, selain menyerap warna kain ini pun daya serap air nya bagus. Benar-benar jenis kain premium yang wajib dicoba. 

  • Kualitas Kainnya

Setelah membahas tentang karakter dan tekstur kainnya, ciri selanjutnya dari kain premium sudah adalah kualitasnya. Dari karakteristik dan tekstur kainnya, bisa dikatakan jika kain-kain premium ini kualitasnya berbeda dan lebih baik dibandingkan dengan kain katun biasa kain-kain kaos lainnya. 

Seperti kain Cotton Bamboo dan Cotton Modal yang dibuat dari serat campuran dan sama-sama mengandung anti bakteri dan anti bau, dengan kualitas kain seperti ini Cotton Bamboo dan Cotton Modal bisa dikatakan sebagai standar bahan untuk kaos anak-anak. Bukankah pakaian untuk anak-anak itu haruslah dibuat dari bahan yang aman dan tidak membuat kulit mereka menjadi iritasi?

Dengan menggunakan kedua bahan ini pakaian yang Anda produksi dijamin aman untuk anak-anak maupun mereka yang mempunyai kulit sensitif. Perlu kami ingatkan juga kepada Anda untuk membuktikan apakah kedua bahan kaos ini benar-benar mengandung antibakteri atau tidak tidak bisa dengan cara dibakar atau dengan cara biasa lainnya. Cara yang paling tepat hanyalah melalui test di laboratorium 

Kualitas kain yang dimiliki oleh kain U.S. Pima Cotton pun sama-sama melebihi kualitas Combed bahkan lebih baik lagi dari dua kain sebelumnya, Cotton Bamboo dan Cotton Modal.

Tentu kualitas dari kain ini pun tidak sembarangan apalagi serat Cotton yang digunakan untuk U.S. Pima Cotton hanya diproduksi sebanyak 1% dari total seluruh kapas dunia pasti sudah melalui banyak sekali pemilahan sampai mendapatkan kualitas yang paling terbaik.

Selain itu kain ini juga mempunyai serat kapas yang panjang sehingga seratnya lebih kuat dan lebih awet. Permukaan kainnya pun sebenarnya lebih rata, dengan menggunakan bahan kaos ini pakaian yang Anda produksi akan lebih awet lagi

  • Harga Kain

Banyak sekali jenis bahan kaos yang ada di pasaran mulai dari harga yang mahal sampai harga yang paling murah. Banyak pengguna bahan kaos tergiur dengan sebuah bahan kaos hanya karena harga yang murah tapi lupa untuk memperhatikan kualitas dari kainnya.

Pada dasarnya ketiga bahan kaos premium yang ada di toko kami ini mempunyai harga yang lebih mahal dari bahan kaos Carded atau Combed. Tetapi meskipun harganya lebih mahal, kualitas kain yang ditawarkan pun sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Justru Anda harus lebih berhati-hati dengan kain kaos premium yang harganya sangat miring atau mungkin dengan kain-kain seperti Carded dan Combed. Dari bahan baku kain premiumnya saja harganya sudah cukup mahal. Untuk mengetahui harga kain premium yang ada di toko kami Anda bisa coba cek pada price list kami disini 

Perawatan Untuk Kain Premium

Untuk merawat kain premium apakah memerlukan perlakuan khusus? Atau sama seperti merawat kain kaos pada umumnya? Pada dasarnya untuk mencuci kaos terutama dengan bahan katun hampir sama saja.

Tapi karena bahan kaos premium mempunyai tekstur kain yang lebih halus dibandingkan dengan kain plain atau kaos kaos biasa, mungkin Anda harus memperhatikan beberapa hal ini

Pakaian yang mempunyai tekstur yang lebih halus seperti ketiga kain premium tersebut, harus dicuci menggunakan tangan atau cuci manual tanpa mesin cuci. Kenapa? Untuk menjaga warna, bentuk, tampilan kaos atau pakaian dan keseluruhannya.

Penting untuk diperhatikan sebelum mencuci pakaian Anda yaitu membaca washing care atau label perawatan yang ada pada kaos Anda. karena mungkin saja Anda harus menggunakan jenis deterjen atau kondisi air atau ada perawatan khusus yang harus dilakukan pada saat mencuci pakaian.

Deterjen, suhu air, teknik mencuci dan menjemur juga sebenarnya bisa menjadi salah satu faktor yang bisa membuat pakaian Anda rusak, jadi jangan lupa untuk selalu memperhatikan instruksi yang ada

Tips Mencuci dan Merawat Pakaian dengan Kain Premium

  • Selalu pisahkan antara kaos yang berwarna dengan kaos berwarna putih, meskipun kami yakin jika kain premium dari toko kami ini tidak mudah luntur tapi lebih baik menjaga dan mencegah kan? 
  • Ketika merendam pakaian atau kaos Anda usahakan untuk tidak merendam dalam jumlah yang terlalu banyak dalam 1 tempat. Ada kemungkinan kaos Anda menjadi cepat melar karena merendam pada tempat yang terlalu kecil dan jumlah terlalu banyak
  • Jangan merendam pakaian Anda terlalu lama pada saat sebelum mencuci atau bahkan sampai lewat semalam. Merendam kaos atau pakaian terlalu lama di dalam air akan membuat pakaian Anda menjadi rapuh, warnanya cepat memudar dan cepat rusak
  • Saat dengan menggunakan tangan atau mencuci manual, gunakan satu sendok teh deterjen cair lembut. Anda tidak perlu banyak gelembung untuk mendapatkan pakaian bersih karena sebenarnya terlalu banyak deterjen berarti harus banyak membilas atau jika tidak bersih dalam pembilasannya residu deterjen akan tertinggal di serat. Juga selalu tambahkan deterjen ke air sebelum menambahkan pakaian dan aduklah air dengan cepat untuk memastikan deterjen larut baru masukan pakaian kotor Anda
  • Ketika proses mencuci sudah selesai angkat pakaian dengan kain premium Anda lalu tiriskan, ingat jangan di peras! Hanya perlu tiriskan saja lalu sediakan air hangat dan bilas pakaian Anda sampai tidak ada busa yang tertilat dan tertinggal di pakaian Anda. 
  • Setelah selesai membilas, langsung jemur pakaian Anda  sebaiknya hindari penggunaan pengering pakaian dan hanger ya, dan jangan di peras juga. Biarkan pakaian Anda kering dengan bantuan sinar matahari dan angin. perhatikan juga kebersihan tempat menjemur Anda jangan sampai ada karat yang mengakibatkan baju Anda terkena noda karat
  • Jika pakaian Anda membutuhkan proses penyetrikaan karena terlihat sedikit kusut, gunakan suhu yang sedang. Suhu yang sangat tinggi ketika menyetrika dapat membakar serat kain dan suhu panasnya bisa menyebabkan pakaian menjadi menguning dan bisa sampai serat terbakar menyebabkan pakaian Anda rusak. Karena noda menguning bekas suhu panas setrika sangat sulit dibersihkan dan dikembalikan seperti semula
  • Dalam penyimpanan pakaian atau kaos dengan bahan-bahan premium pun perlu Anda perhatikan. Simpanlah pakaian Anda di dalam lemari di suhu ruangan. Agar tidak lembab dan pakaian tetap bersih

Selalu perhatikan teknik mencuci dan cara merawat semua kaos Anda baik dengan bahan premium ataupun dengan bahan katun biasa. Karena jika perawatannnya benar maka pakaian Anda pun akan tetap aman dan awet. Jika ingin lebih awet lagi gunakan bahan kaos premium dari toko kami yang sudah terbukti kualitasnya

Kesimpulan

Kain premium adalah bahan yang mempunyai kualitas lebih baik dari sekedar kain katun biasa, dibuat dari beberapa bahan pilihan baik bahan campuran alami maupun bahan full katun yang juga berbeda kualitasnya. Terdapat 3 jenis kain premium yang ada di toko kami seperti Cotton Bamboo, Cotton Modal dan U.S. Pima Cotton.

Jika dilihat secara kasat mata, kain biasa dengan kain premium mungkin terlihat sama saja tidak ada bedanya. Maka dari itu perlu sekali untuk mengetahui ciri-ciri dari setiap kainnya. Kain premium Cotton Bamboo dan Cotton Modal sama-sama dibuat dari campuran serat alami, bedanya Cotton Bamboo dibuat dari serat cotton dan bamboo dan Cotton modal dari serat cotton dan serat kayu (beechwood).

Untuk kain U.S. Pima Cotton pun dibuat dari bahan alami hanya saja tidak dibuat dari serat campuran melainkan 100% serat cotton yang langka dan berasal dari Amerika. 

Menggunakan bahan Cotton dan bahan-bahan premium dari toko kami akan memberikan kesan yang lebih elegan pada pakaian Anda. Gunakan kain premium dari toko kami untuk koleksi kaos premium Anda juga. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat untuk Anda 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 081910607055 | 081383888599 

Line : @knitto

Email : [email protected]

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

 

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur