Cotton Combed Sebagai Bahan Yang Serba Guna

0
cotton combed 30s

Apa itu ? Beberapa orang mungkin sudah pernah mendengar salah satu jenis bahan yang sudah sangat sering digunakan untuk membuat kaos. Combed adalah salah satu jenis bahan kaos yang dibuat dari 100% serat Cotton diolah dengan cara disisir pada mesin combing untuk dibuang biji atau kontaminasi kapasnya sehingga kain Cotton Combed mempunyai kualitas lebih baik dari jenis kain cotton biasa. Tahukah Anda? Nama kain Cotton Combed juga diambil dari nama mesin pembuatnya yaitu mesin Combing

Jadi jika Anda bertanya “Apakah Combed bagus atau tidak?”, jawaban kami tentu, bagus. adalah jenis bahan katun yang berkualitas bagus dan sangat cocok digunakan di negara dengan iklim tropis yaitu Indonesia. 

Kelebihan dan Kekurangan Cotton Combed

Jika kain Cotton Combed mempunyai kualitas yang bagus, lalu apa saja kelebihan Cotton Combed?

Ada beberapa kelebihan atau keunggulan dari bahan Cotton Combed yang perlu Anda ketahui, sebelum menggunakan jenis bahan ini

  • Lebih tidak berbulu dan Permukaan lebih rata 

Cotton Combed memang kain yang dibuat dari bahan katun atau kapas, sejatinya kain ini berbulu tapi dengan proses pembuatannya kain Cotton Combed menjadi lebih tidak berbulu dibandingkan dengan kain katun lainnya. Permukaan dari kain Cotton Combed juga sebenarnya lebih rata dan tidak terdapat bintik-bintik putih pada permukaan kainnya.

  • Menyerap Keringat dan Breathable 

Keunggulan Cotton Combed yang selanjutnya adalah kainnya yang mudah untuk menyerap keringat karena kembali lagi, bahan dasar dari kainnya yaitu 100% serat kapas yang membuat kain ini mempunyai daya serap yang baik dan kain ini juga breathable atau kemampuan kain untuk menyerap dan mengeluarkan kelembaban dan menyalurkan udara dengan cepat dapat menjaga suhu tubuh agar tetap sejuk.

  • Lembut dan Lentur

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang menggunakan kain Cotton Combed adalah handfeel kainnya yang lembut dan halus, selain itu kainnya juga lebih lentur dan tidak kaku. 

  • Nyaman Digunakan

Karena semua keunggulan kainnya, bahan Cotton Combed bisa dikatakan sebagai salah satu bahan kaos yang nyaman untuk digunakan, aman untuk kulit dan tidak membuat iritasi. 

  • Bahan Serba Guna

Sesuai dengan pembahasan utama dari artikel ini, kain Cotton Combed bisa kita nobatkan sebagai kain yang serbaguna karena tidak hanya sebagai bahan dasar kaos saja, tetapi kain Cotton Combed juga bisa digunakan untuk membuat jenis pakaian lain seperti hijab, dress, sprei, gendongan kaos sampai piyama pun bisa menggunakan bahan Cotton Combed. Kegunaan dari bahan Cotton Combed sebenarnya bisa lebih beragam daripada sebagai , dan semuanya kembali ke kreativitas Anda sebagai produsen.

Seperti jenis bahan lainnya yang mempunyai kekurangan, kain Cotton Combed juga mempunyai beberapa kekurangan seperti:

  • Mudah kusut
  • Cepat menyusut jika direndam terlalu lama di dalam air
  • Mudah rusak jika perawatannya tidak benar
  • Harga sedikit lebih mahal dari jenis kain dengan serat Cotton biasa

Adanya kekurangan pada kain Cotton Combed, tidak berarti jika kain ini mempunyai kualitas yang tidak baik. Kualitas dari sebuah kain terutama kain Cotton Combed juga kembali kepada supplier kainnya apakah menyediakan kain yang berkualitas atau tidak. Knitto Textiles sebagai supplier kain Cotton Combed menyediakan bahan Cotton Combed yang berkualitas premium karena bahan baku yang digunakan juga berkualitas tinggi, diproses menggunakan mesin yang berkualitas juga.

Jenis – Jenis Cotton Combed

Bahan kaos Cotton Combed tidak hanya mempunyai 1 jenis saja, di pasaran sendiri terdapat beberapa jenis Cotton Combed yang sudah sangat banyak digunakan oleh produsen pakaian sebagai bahan baku untuk pakaian mereka. 

Jenis dari Cotton Combed disini dibedakan oleh ketebalan kainnya seperti , Combed 24s, dan Combed 40s. Tahukah Anda metode pengukuran untuk jenis kain sebenarnya berbeda dengan metode ukuran pada umumnya. Jika suatu benda berbentuk besar maka ukurannya pasti besar juga, tapi jika kain berbeda, contoh kain Cotton Combed 20s mempunyai angka yang lebih kecil dibandingkan dengan tetapi kain Combed 20s itu sebenarnya lebih tebal dan kain Combed 30s lebih tipis. 

cotton combed 30s

Dalam hitungan kain, jika angka di depan “S” nya kecil maka gramasi nya akan lebih besar dan kainnya akan semakin tebal, dan sebaliknya jika angka di depan “S” nya semakin besar maka kain nya akan semakin tipis dan gramasi nya akan semakin kecil.” hal ini penting sekali untuk Anda pahami sebelum membeli kain. 

Dari masing-masing jenis kain Cotton Combed ini terdapat perbedaan ketebalan kain, gramasi dan panjang kain yang didapatkan. Nomor-nomor yang tertera seperti 20s, 24s dan 30s merupakan nomor benang dan huruf “S” yang tertera dibelakang nomornya adalah yarn count atau ketebalan benang. 

Apakah kualitas dari masing-masing kain Combed ini berbeda? Tidak ada perbedaan dari setiap jenis kain Cotton Combed karena bahan dasar atau bahan baku yang digunakan sama, yang membedakan hanya ketebalan kainnya saja. 

Perhatikan tabel di bawah ini untuk mengetahui gramasi dari masing-masing jenis kain Cotton Combed

jenis jenis kain Cotton Combed

Dari tabel diatas bisa diperhatikan masing-masing kain mempunyai gramasi atau satuan ukuran berat kain dalam gram/meter persegi (m2), juga panjang dari masing-masing kain juga berbeda karena ketebalan kain akan mempengaruhi panjang dari suatu kain. 

Lalu jenis Cotton Combed mana yang lebih cocok untuk bahan dasar kaos? Kami lebih merekomendasikan bahan kaos Cotton Combed 30s sebagai bahan yang paling cocok untuk bahan dasar kaos karena bahan ini mempunyai ketebalan yang paling pas dan sangat cocok jika digunakan untuk di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Di Knitto Textiles sendiri kain Cotton Combed 30s mempunyai pilihan warna yang sangat beragam, kami sudah menyediakan 88 warna Cotton Combed yang bisa Anda gunakan untuk bahan dasar kaos, pemesanan kain di Knitto pun sangat mudah, Anda bisa memesan kain secara online melalui WhatsApp atau melalui E-commerce (Tokopedia atau Shopee).

Ulasan kami tentang kain Cotton Combed yang serbaguna ini semoga bermanfaat dan informasi tentang kain Cotton Combed ini bisa Anda gunakan sebagai referensi sebelum membeli kainnya di toko kami.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082120003035

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here