Ide Packaging Yang Bisa Dicoba Untuk Bisnis Clothing Kamu! 

0

Packaging atau kemasan bukan hanya sebagai wadah untuk membungkus produk kamu, tapi sebagai “Perkenalan Awal” dari brand dan bisnismu. Karena beberapa orang bisa tertarik hanya karena melihat kemasan luarnya yang bagus. Packaging juga merupakan elemen penting dalam sebuah bisnis, maka dari itu packaging untuk produk haruslah menarik.

Dari beberapa alasan itulah kenapa, packaging harus kamu pikirkan dan persiapkan dengan baik. Dan juga usahakan untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Kali ini kami akan memberikan beberapa contoh ide packaging untuk bisnis yang bisa dicoba untuk produk kamu. 

Tapi sebelumnya, baca dulu fakta tentang mengapa packaging itu penting untuk bisnis kemana ya.

Alasan Kenapa Packaging Penting Untuk Bisnis

Representasi Brand Bisnis

Yang pertama adalah, Packaging yang menarik bisa menjadi representasi bisnis sesuai dengan karakter bisnis yang kamu bangun. Makanya kenapa packaging itu jangan asal bisa membungkus produk kamu saja tetapi usahakan, packaging ini bisa menjadi perwakilan bisnis kamu terhadap konsumen.

Menarik Perhatian Customer

Salah satu fungsi packaging dan desain produk yang menarik juga bisa menjadi pemikat para calon pembeli. Apalagi jika kamu bisa menghadirkan packaging yang benar-benar berbeda dari yang orang lain gunakan. 

Pembeda Dengan Kompetitor

Berdasarkan beberapa penelitian, desain packaging dan pemberian warna yang menarik dapat membantu konsumen membedakan bisnis kamu dengan kompetitor. 

Memperkuat Branding

Dengan packaging yang menarik akan bisa membuat produk kamu selalu diingat oleh konsumen selain itu brand yang kamu punya akan semakin kuat. Hanya dengan melihat packaging saja, customer bisa langsung tahu dan ingat, bahwa packaging tersebut berasal dari brand kamu. Sama hal nya ketika kita melihat packaging dari makanan cepat saji yang sudah terkenal, dominasi warna dan juga logo serta packaging nya yang eye catchy membuat kita sudah tahu dari brand mana packaging tersebut berasal.

Ciri-Ciri Packaging Produk Yang Baik

Ketika kamu mau membuat atau mengkonsepkan ide juga desain untuk packaging kamu, coba perhatikan beberapa ciri dari packaging yang baik ini ya.

  • Memiliki Nilai Efektifitas

Usahakan untuk kamu menggunakan kemasan atau packaging yang efektif, sesuai dengan kebutuhan kamu juga bahan yang digunakan untuk packaging kamu juga sesuai. Sehingga kemasan atau packaging kamu bisa memberikan beberapa keuntungan sekaligus. Contohnya, kamu menggunakan packaging jenis tote bag atau tas, jenis ini cukup efektif selain bisa membungkus produkmu, tas ini juga nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

  • Keamanan Produk Terjamin

Ciri dari packaging yang baik adalah yang bisa menjaga keamanan produk hingga nanti ada di tangan customer. Pilih bahan yang aman juga bisa melindungi produk kamu , pertimbangkan dengan baik ketika kamu memilih packaging, juga harus selalu disesuaikan dengan produk yang kamu jual, pastikan tidak mengandung bahan berbahaya sehingga tidak mempengaruhi kualitas produk.

  • Memudahkan Pengiriman 

Sesuaikan packaging yang digunakan dengan ukuran produk, selain untuk keamanan produk agar pada saat produk kamu harus dikirim, packaging tidak akan menghambat atau menyulitkan pengiriman.

  • Mudah Dikenali

Packaging juga sebaiknya dibuat dengan menarik agar mudah dikenali, packaging yang unik dan berbeda biasanya akan dengan mudah diingat oleh customer sehingga mudah untuk dikenali, dan secara tidak langsung hal ini dapat meningkatkan brand awareness dari brand kamu.

Beberapa jenis packaging yang bisa kamu coba untuk bisnis kamu

Dari beberapa packaging yang sering kamu temui, kamu mungkin bisa mencoba beberapa ide packaging ini untuk bisnis kamu.

Die Cut Locking Box, Straight Tuck End Box & Match Box

Box yang menggunakan bahan Karton ini bisa kamu coba, selain ramah lingkungan box ini pun bisa di daur ulang. Sebenarnya  jenis box yang cukup familiar kan untuk packaging berbagai macam produk? Jika diperhatikan matchbox ini mirip dengan kotak korek api jaman dulu ya? Ide Packaging dengan menggunakan karton seperti ini cocok untuk produk-produk atau , sepatu dan berbagai jenis produk lainnya.

Envelope Packaging

Packaging yang lebih simple namun tetap unik, model amplop ini sangat cocok untuk bisnis-, agar lebih simple dan juga cukup menghemat biaya packaging. Packaging seperti ini sangat cocok untuk kamu yang baru memulai bisnis juga. 

Biodegradable Plastic / Cassava Bag

Biodegradable plastic atau plastik yang lebih ramah lingkungan karena bisa diuraikan dengan sendirinya. Usut punya usut, katanya jenis plastic ini dibuat dari singkong yang sering disebut juga dengan nama cassava bag. Dengan adanya inovasi ide packaging seperti cassava bag ini, semoga bisa mengurangi sampah plastik yang sangat sulit diuraikan dan membuat pencemaran. Uniknya dari cassava bag adalah, jenis kantong ini ternyata dapat larut dalam air, karena kantong ini benar-benar alami dibuat dari pati singkong, minyak sayur dan resin organik. Perusahaan yang memproduksi jenis kantong ini juga berasal dari .

Dust Bag

ide packaging dust bag

Image source: Pinterest.com

Bukan hanya box dan plastik sepertinya packaging kamu juga bisa dicoba dengan menggunakan blacu atau disebut dengan Dust Bag. Ide packaging dengan model ini biasanya sering digunakan untuk produk tas, tapi kira-kira dust bag ini cocok juga untuk membungkus produk apa lagi ya?

Paper Bag & Kraft Paper Stand Up Pouch

ide packaging Kraft Paper Stand Up Pouch

image source: pinterest.com 

Ide Packaging paling umum dan paling mudah sudah pasti pakai paper bag, rata-rata brand di Indonesia maupun di luar negeri menggunakan paper bag. Penggunaan paper bag juga sebenarnya bisa menjadi salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Dan yang terakhir adalah Kraft Paper Stand Up Pouch, saat ini jenis packaging stand up pouch sedang marak digunakan apalagi untuk membungkus produk makanan dan camilan, kopi, dan lain-lain.

Jadi dari semua ide packaging ini, mana yang paling kamu suka? 

Perlu diingat selalu, packaging itu tidak perlu mahal, yang penting memberikan kesan pertama yang baik untuk brand kamu dan juga bisa menjadi representasi dari bisnis kamu agar semakin terkenal dan bisa menjadi brand awareness juga. Gunakan dan pilihlah packaging yang sesuai dan juga bisa mempunyai fungsi yang banyak bukan hanya sebagai pembungkus saja. 

Semoga artikel tentang packaging ini bermanfaat dan bisa menambah inspirasi terutama untuk kamu yang sedang kebingungan untuk mencari packaging yang cocok untuk bisnis kamu. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

Email : info@knitto.co.id

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Official WhatsApp: 082120003035

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here