Jenis-Jenis Label Baju Yang Harus Kamu Tahu

0

Dalam proses pembuatan terdapat bagian satu bagian yang sangat penting yang tidak boleh terlewatkan yaitu pemasangan label, untuk kamu yang akan berbisnis clothing sudahkah mempersiapkan berbagai jenis label baju yang nanti nya harus dipasang di baju yang kamu produksi?

Pengertian Label Baju

Label baju bisa dikatakan sebagai identitas dari sebuah baju atau pakaian, berisikan informasi penting tentang baju tersebut, juga sebagai komunikator antara produk yang kamu jual dengan calon customer. Label baju dicetak ke dalam berbagai jenis material, yang nantinya akan diletakan pada beberapa titik pakaian.

Dengan adanya label pada pakaian, calon customer akan dengan mudah mengetahui berbagai informasi tentang baju tersebut, seperti ukurannya, jenis bahan yang digunakan, dari mana asal produk tersebut diproduksi, dan lain sebagainya. 

Fungsi Label Baju 

Ada beberapa fungsi dari label baju yang harus kamu ketahui seperti:

  • Label baju dapat mengkomunikasikan kepada pembeli jenis bahan apa yang digunakan untuk membuat pakaian tersebut.
  • Label baju dapat mengkomunikasikan bagaimana cara merawat atau mencuci pakaian tersebut. 
  • Label digunakan untuk menginformasikan jenis ukuran pakaian tersebut.
  • Untuk menginformasikan brand atau merk apa pakaian tersebut.
  • Untuk mengetahui berapa harga dari produk tersebut

Melihat dari berbagai fungsi di atas bisa dikatakan jika label baju itu merupakan salah satu bagian yang sangat penting dan harus diperhatikan juga penggunaannya. 

Jenis label Baju 

Untuk kamu para pemula, berikut ini kami jelaskan beberapa jenis label baju yang bisa digunakan sebagai referensi sebelum kamu membuat label untuk brand clothing mu sendiri.

Main Label

Label ini merupakan label utama biasanya digunakan untuk menginformasikan nama brand kamu, sehingga nanti para customer akan dengan mudah mengetahui merk dari pakaian tersebut. Main label juga sebenarnya bisa digunakan untuk mengidentifikasi keaslian produk. Label ini biasanya ditempatkan pada bagian dalam produk atau di bagian leher , tapi sebenarnya tidak ada aturan pasti harus diletakan dimana label ini, semua bisa disesuaikan dengan keinginan kamu ya. 

Size Label

Sesuai dengan namanya, label ini tentu digunakan untuk menginformasikan ukuran dari pakaian tersebut, seperti S untuk ukuran Small, M untuk ukuran Medium, L untuk ukuran Large dan XL untuk ukuran Extra Large. Biasanya pada saat customer memilih baju, setelah melihat model pakaiannya yang selanjutnya akan mereka cari adalah label ukurannya untuk mengetahui apakah baju tersebut akan cocok dengan ukurannya atau tidak. 

label baju untuk size

Dalam penyebutan ukuran, ada dua jenis yang bisa digunakan dan biasanya tergantung dengan asal negara produsennya. Dua jenis sizing tersebut adalah Alpha Sizing dan Numeric Sizing. 

  • Numeric Sizing 

Numeric Sizing biasanya menggunakan angka sebagai ukurannya contoh: 0, 2, 4, 6, 7, 10, dst. Jenis pengukuran seperti ini biasanya digunakan di beberapa negara, dan setiap negara mempunyai rentang ukuran angka yang berbeda-beda. Di Amerika ukurannya juga menggunakan Angka seperti 0, 2, 4, 6, 8, 10 dan seterusnya. Sedangkan di Eropa menggunakan angka yang lebih relevan dengan ukuran tubuh sebenarnya seperti 34, 36, 38, 40, 42.

  • Alpha Sizing

Alpha Sizing adalah ukuran pakaian seperti: XS, S, M, L, XL, XXL dan seterusnya. Ukuran pakaian dengan Alpha sizing bisa mencakup berbagai jenis ukuran tubuh manusia. Kebanyakan produsen pakaian di menggunakan jenis ukuran ini. Pakaian seperti Kaos, Sweatshirt, Hoodie, dan Legging biasanya menggunakan Alpha Sizing. 

Dari kedua sizing ini, memang kebanyakan brand tetap menggunakan Alpha Sizing karena lebih familiar dan juga lebih mudah dipahami. Untuk brand besar dunia mereka juga kebanyakan menggunakan Alpha Sizing, namun untuk pakaian anak-anak beberapa juga menggunakan Numeric Sizing. 

Care Label

label baju untuk washing care

Sering kali jenis label ini diabaikan atau bahkan tidak diperhatikan oleh para pengguna pakaian, padahal Care Label ini sangat penting. Care label menunjang informasi yang penting tentang bagaimana cara untuk merawat pakaian tersebut dengan benar, di label ini tertera bagaimana cara mencuci yang cocok untuk pakain tersebut dicuci dengan cara manual atau boleh dengan mesin cuci, apakah boleh disetrika atau tidak, berapa suhu yang harus digunakan ketika di setrika, apakah boleh menggunakan pemutih atau tidak, apakah bisa digunakan pada mesin pengering, bagaimana menjemur pakaian ini, dan lain sebagainya. Dari secarik kecil label ini, kamu bisa menjaga pakaian kamu tetap awet dan menghindari masalah kerusakan akibat kesalahan perawatan. 

Flag Label

Pernah melihat label yang ada di pinggiran baju kamu? Label tersebut dinamakan Flag label dijahit di bagian sisi baju dan biasanya mencantumkan logo brand.

Misc Label

Pada Misc Label, biasanya akan disertakan informasi dari negara mana produk tersebut berasal, informasi tentang produk dan komposisi bahan yang digunakan. 

Dari beberapa jenis label baju di atas, ada tiga label yang wajib untuk ada pada pakaian yaitu Main Label, Care Label dan juga Size Label karena tiga label menunjang informasi yang sangat penting dan wajib ada di pakaian. 

Selain beberapa jenis label seperti yang sudah disebutkan di atas, masih ada dua jenis label yang juga penting untuk kamu persiapkan yaitu Hang Tag dan Price Label. Hang tag biasanya akan menyertakan informasi nama brand dan logo tapi tidak sedikit juga brand-brand yang mencantumkan beberapa informasi lainnya seperti ukuran yang digunakan, barcode, warna produk, bahkan ada juga yang mencantumkan simbol care instruction pada hang tag. Untuk price label sudah pasti akan mencantumkan harga produknya ya, biasanya pada hang tag juga seringkali dicantumkan harga dari produknya ataupun jika terpisah, price label akan digantung bersamaan dengan hang tag. 

Bahan Untuk Label Baju

Untuk membuat label baju beberapa jenis bahan bisa kamu pilih seperti 

  • Woven: Bahan woven adalah bahan untuk label yang seringkali digunakan untuk label baju terutama untuk produk kaos, jaket , hoodie, polo shirt, dan lain sebagainya. Tekstur dari bahan Woven sedikit lebih kasar tapi kembali lagi pada jenis bahan woven yang digunakan karena ada juga bahan woven dengan teksturnya yang halus. 
  • Satin: Berbeda dengan bahan woven, bahan satin mempunyai tekstur yang lebih halus dan lembut, karena itu ketika digunakan tidak akan membuat gatal. Biasanya penggunaan bahan satin ini diperuntukan untuk misc label yang ada di dalam baju.  
  • Nylon: Bahan Nylon sering juga dipakai untuk label pakaian, label ini harganya cukup terjangkau juga. 
  • PVC dan Kertas Karton: bahan ini biasanya digunakan untuk mencetak hang tag pakaian, PVC merupakan plastik yang sedikit tebal, mempunyai tekstur yang keras dan sedikit kasar. Kertas karton tentu juga lebih tebal dari kertas biasa. 

Memilih dan mempersiapkan label jangan sampai asal-asalan ya, karena apa yang kamu cantumkan pada label pakaian harus bersifat informatif dan benar-benar jelas. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 &8211; 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here