Jenis Lebar Kain dan Mana Yang Lebih Menguntungkan?

0

Jika Anda saat ini sedang mencoba untuk mempelajari tentang seluk beluk , berarti bukan hanya jenis bahan kaosnya saja yang harus Anda pelajari tetapi karakteristik dan juga konstruksi kainnya pun harus Anda pahami juga, salah satunya lebar kain. 

Di pasaran terdapat beberapa jenis bahan kaos yang mempunyai jenis lebar kain yang berbeda juga dan tahukah Anda lebar kain yang Anda gunakan akan mempengaruhi hasil potong baju yang akan Anda dapatkan? Pada artikel ini kami akan menjelaskan apa saja jenis lebar kain yang ada di pasaran dan lebar kain mana yang lebih menguntungkan. 

Jenis Lebar Kain

Lebar atau sering disebut juga dengan setting kain adalah lebar 1 roll kain saat dibentangkan (dalam satuan inch). Satuan yang digunakan untuk lebar adalah inch bukan meter, tetapi ada beberapa jenis kain yang juga menggunakan satuan centimeter. Seperti yang sudah kami sebutkan jenis lebar kain itu ada beberapa macam dan bentuk dari lebar kain pun ada 2 macam yaitu Tubular dan Open Finish.

  • Tubular adalah kondisi kain setelah turun dari mesin dan masih berbentuk sarung atau seperti lingkaran bulat.
  • Open Finish adalah kain tubular yang sudah di potong atau sudah dibelah dua. 

Lebar yang digunakan untuk kain dengan settingan Tubular dan Open Finish juga berbeda contohnya, kain dengan settingan tubular biasanya menggunakan lebar kain seperti: 36”, 40”, 42”, 45” dst. Sedangkan untuk kain yang menggunakan settingan Open Finish atau sudah dibelah pasti angkanya lebih besar contohnya: 72” – 90”. 

Jenis – Jenis Bahan dan Lebar Kain Yang Digunakan

Beberapa jenis bahan seperti yang ada dan tersedia di Knitto mempunyai konstruksi dan bahan baku yang berbeda termasuk dengan lebar kainnya. Memang jenis bahan apa saja yang tersedia di Knitto dan berapa lebar kain yang digunakan? Untuk Anda yang baru mau menggunakan kain kami atau baru menggunakan satu jenis kain saja, kami perkenalkan dulu beberapa jenis bahan yang ada di toko kami beserta keterangan atau karakteristik kainnya. 

  • Single Knit

Jenis bahan yang ada di toko kami salah satu nya menggunakan jenis rajutan single knit, rajutan ini merupakan salah satu jenis rajutan yang paling umum atau paling dasar yang mana ciri dari kain dengan rajutan single knit adalah permukaan luar dan permukaan dalam dari kainnya berbeda. Single knit juga bisa disebut dengan Plain Knit, Jersey atau Stockinette. Kain kaos yang ada di toko kami semua nya menggunakan jenis rajutan single knit, contohnya: 

  • Cotton Combed (20s, 24s, 30s)
  • Heavy Weight Cotton Combed 16s
  • Cotton Carded
  • Cotton
  • U.S. Pima Cotton
  • CVC 
  • Fancy Fabrics (CVC Threetone, CVC Astro, CVC New Slub Siro, , Cotton dan Combed Stripes). 

Jenis lebar yang digunakan

Lebar kain yang digunakan untuk jenis rajutan Single Knit ada 3 yaitu lebar 42” (tubular), 72” (open finish) dan 90” (open finish). Semakin beragamnya kain yang tersedia di Knitto Textiles semakin bermacam-macam juga jenis lebar kain yang kami sediakan. Informasi lengkap jenis kain beserta konstruksinya ada di tabel dibawah ini:

jenis lebar kain single knit

Dari tabel di atas bisa disimpulkan jika kain yang menggunakan jenis rajutan single knit tidak hanya menggunakan jenis lebar kain tubular saja, namun dapat juga menggunakan lebar open finish. Jenis kain apapun dapat dibuat dalam versi open finish jika dibutuhkan. 

  • Pique

Bagi Anda yang sudah sering membeli kain di toko kami pastinya sudah tahu jika di toko kami tidak hanya tersedia bahan untuk kaos saja tetapi kami juga menyediakan bahan untuk kaos polo yang menggunakan jenis rajutan Pique. Terdapat 2 jenis bahan yaitu Combed Pique (dibuat dari bahan dasar serat Cotton Combed Premium) dan CVC Pique (dibuat dari campuran serat Cotton dan Polyester), masing-masing dari kedua jenis bahan pique ini dibuat dengan lebar 45” dan jenis lebar yang digunakan adalah Tubular.

  • Terry

Rajutan Terry tersedia pada tiga jenis kain yaitu Combed Fleece dan Combed Baby Terry yang sama-sama dibuat dari Combed Premium dan CVC Fleece yang dibuat dari campuran serat Cotton dan Polyester. Meskipun menggunakan jenis rajutan yang sama tetapi lebar kain dan jenis lebar yang digunakan ternyata berbeda. Cek perbedaannya di tabel berikut ini:

jenis lebar kain terry

Kedua yang tersedia di toko kami ini menggunakan lebar kain yang sama yaitu 72” dan jenis lebarnya Open Finish atau sudah dibelah. Sedangkan untuk jenis kain Combed Baby Terry kami menggunakan lebar 36” dan merupakan kain Tubular atau masih berbentuk sarung. 

Dari penjelasan kami di atas bisa disimpulkan jika jenis bahan kaos apapun sebenarnya bisa dibuat dengan menggunakan jenis lebar Tubular atau Open Finish dan untuk besar lebar kainnya pun bisa dibuat dengan beberapa pilihan lebar. 

Kain yang digunakan untuk membuat bahan kaos akan lebih menguntungkan jika menggunakan lebar 42” karena hasilnya bisa lebih banyak, tapi bagaimana dengan kain Combed Stripes yang tidak menggunakan jenis lebar tersebut? Sedikit informasi, kain Stripes memang harus menggunakan jenis lebar open finish atau sudah dibelah karena proses produksinyaa. Hasil potong yang didapatkan dari setiap jenis bahan tidak hanya bergantung kepada lebar yang digunakannya saja tetapi pola dan proses cutting pun sangat berpengaruh. 

Itu dia ulasan kami tentang lebar kain yang tersedia di Knitto Textiles dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda terutama yang sedang bingung menentukan jenis bahan apa dan berapa lebar kain yang harus digunakan untuk bahan dasar kaosnya. Semoga bermanfaat

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here