Jenis Resleting Yang Biasa Digunakan Pada Hoodie atau Jaket

0

BELI SEKARANG

Jenis Resleting Yang Biasa Digunakan Pada Hoodie atau Jaket – Hoodie atau jaket merupakan hangat yang amat sangat wajib digunakan pada saat sudah memasuki musim hujan. Banyak sekali jenis pakaian hangat yang bisa kamu gunakan, seperti crewneck atau round neck sweater, turtleneck sweater, parka, varsity jacket, bomber dan masih banyak lagi jenis pakaian hangat yang saat ini sudah ramai di produksi. 

Dari berbagai jenis jaket ini, mana yang lebih sering kamu gunakan atau justru sudah kamu produksi untuk brand clothing mu? Hoodie? Sweater? Atau Bomber? Jika kita perhatikan secara seksama, dari beberapa jenis jaket ini terdapat satu kesamaan, yang mana terdapat di bagian depan jaketnya, yaitu pembuka dan penutup jaketnya yang menggunakan Resleting. 

Apa itu Resleting?

Resleting atau Zipper adalah alat penutup dan pembuka yang berupa deretan gerigi yang cara kerjanya dengan disatukan pada bagian ujung bawah dan ditarik sampai atas agar dua sisi pakaian yang terbuka menjadi tertutup. Resleting ini bisa dikategorikan sebagai aksesoris pakaian yang sering kita temui pada jaket. Bahan pembuatan resleting juga kebanyakan menggunakan logam, tetapi tidak sedikit yang menggunakan plastik, tergantung dengan kebutuhan dan selera. 

Sejarah Resleting

Resleting merupakan sebuah hasil dari banyaknya ide dari beberapa penemu, tidak hanya satu orang yang berusaha untuk mengembangkan alat penutup dan pembuka ini, yang mana awalnya hanya digunakan pada sepatu dan tas saja. Semua diawali oleh Elias Howe, yang juga menjadi penemu mesin jahit, ia menerima hak paten pada tahun 1851 untuk “Automatic, Continuous Clothing Closure”. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak hanya satu orang yang mencoba mengembangkan penemuan ini, hingga pada akhirnya di tahun 1923 perusahaan B.F. Goodrich menamai benda ini “Resleting”. Butuh beberapa waktu juga hingga akhirnya resleting ini digunakan pada industri pakaian, dan awalnya dicoba pada anak-anak. 

Semakin berkembangnya industri fashion yang juga memberikan banyak perubahan baik pada fashion item yang sudah kita gunakan sehari-hari sampai dengan variasi-variasi pada pakaiannya juga, terutama pada aksesoris yang sedang kita bahas ini, resleting. 

Berbagai Jenis Resleting Untuk Jaket dan Hoodie

Jika saat ini kamu sedang mencari beberapa jenis resleting atau zipper sebagai aksesoris dan juga penutup untuk jaket yang kamu produksi, mungkin kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi jenis aksesoris dari Textiles di bawah ini. 

Resleting Coil (Coil Zipper)

Resleting ini yang paling sering digunakan, mempunyai gigi dan bentuknya gulungan panjang dibuat dari bahan Nylon atau Polyester, resleting ini yang paling mudah dipotong dan dijahit. Coil Zipper ini dibuat dalam bentuk close end dan juga open end yang ukurannya panjang tidak terbatas dan dijualnya dalam bentuk gulungan atau per-meter.

Resleting Metal (Metal Zipper)

Seperti namanya, gigi resleting ini dibuat dari bahan metal yang menggunakan bahan berupa brass (kuningan), aluminium dan nikel. Jenis resleting ini juga sama-sama diproduksi dalam bentuk close end dan open end, jenis resleting ini diproduksi dalam bentuk gulungan panjang juga per-pcs atau sudah mempunyai ukuran panjang standar per buahnya. Kebanyakan jenis resleting ini digunakan pada produk-produk jeans terutama celana, tapi tetap bisa digunakan untuk jaket. Keuntungan menggunakan resleting ini adalah lebih tahan lama tetapi memiliki tingkat kesulitan yang lumayan pada proses menjahitnya. 

jenis resleting

Invisible Zipper

Jenis Resleting ini berbeda dengan dua resleting sebelumnya meskipun jika kamu perhatikan cukup mirip dengan coil zipper tetapi perbedaan dari resleting ini adalah geriginya berada dibelakang, sehingga tidak akan tampak jika dilihat dari arah depan. Biasanya jenis resleting close end ini digunakan untuk wanita seperti Dress atau Rok (Skirt), tapi kamu bisa menggunakan jenis ini untuk jaket juga sehingga terdapat sedikit keunikan pada jaket atau hoodie yang kamu buat.

Plastic Zipper

Bentuk Resleting ini sebenarnya hampir sama saja seperti metal zipper ya? Hanya saja memang gigi resleting ini terbuat dari plastik atau resin. Jenis ini juga seringkali digunakan untuk jaket maupun tas. 

Jenis Resleting Yang Biasa Digunakan Pada Hoodie atau Jaket

Jenis Resleting Berdasarkan Fungsinya

Selain tiga jenis resleting di atas yang bisa kamu gunakan untuk jaket atau hoodie, ada dua jenis resleting yang juga mungkin harus kamu ketahui berdasarkan fungsinya. Apa saja?

1. Waterproof Zipper (Resleting Tahan Air)

Jika saat ini kamu ingin mencoba memproduksi renang atau jaket-jaket yang tahan air, mungkin kamu juga harus mencoba menggunakan Waterproof zipper, jenis resleting ini memang didesain agar bisa tahan air dan tidak akan cepat karatan atau rusak.

2. Fireproof Zipper

Tidak hanya resleting yang tahan terhadap air saja, tersedia juga benda bergerigi yang digunakan untuk -pakaian khusus tahan api seperti yang digunakan oleh petugas Pemadam Kebakaran, Gegana dan juga Baju Astronot, atau jenis baju lainnya yang memang harus menggunakan jenis resleting ini. Karena tidak mungkin baju pemadam menggunakan resleting biasa yang tidak tahan terhadap panas atau api kan?

Tips Memperbaiki Resleting Yang Macet

Salah satu hal yang menyebalkan ketika menggunakan jaket atau hoodie yang mempunyai resleting sebagai pembuka dan penutupnya adalah ketika resleting nya macet. Tapi tenang saja, ketika jaket kamu resletingnya macet kamu bisa mencoba beberapa tips ini untuk memperbaikinya.

  • Cara pertama, kamu bisa gunakan Lilin atau Sabun. Siapkan lilin atau sabun, lalu kamu gosokan pada bagian gerigi resleting, lalu geser dengan perlahan ke arah bawah, setelah itu coba kamu tutup lagi resletingnya. Jika bisa menutup dengan baik dan tidak macet atau terbuka lagi, kamu bisa ulangi untuk naik dan turunkan resleting secara perlahan sampai benar-benar lancar. 
  • Cara kedua dengan menggunakan Tang. Siapkan tang, lalu jepit yang pada sisi kiri dan kanan kepala resleting. Ingat, jangan terlalu kencang menjepitnya salah-salah malah kepala resleting jaket kamu yang tidak bisa ditarik. Lakukan perlahan dan sedikit demi sedikit sambil coba menarik resleting sampai bisa menutup dengan sempurna.

Hal yang paling terpenting dari membuat jaket dengan model apapun yang menggunakan variasi Zipper atau Resleting sebagai penutup dan pembuka jaket tersebut yaitu selalu memperhatikan kualitas dari dan juga kualitas resletingnya, jangan sampai karena mengejar harga yang murah sampai-sampai kamu melupakan kualitas produknya. Jika kamu mencari bahan jaket yang berkualitas tinggi, sudah pasti bisa didapatkan di Textiles.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*