Apa itu Kain Moscrepe ?

0
5/5 - Vote count: 60 votes

Apa itu Kain Moscrepe ? – Hi Knittopreneurs! Kali ini Minto bakal bahas tentang salah satu jenis kain yang cukup digandrungi dan jadi favorit di hati wanita.

Yup, apalagi kalau bukan kain Crepe! Tapi Minto akan hanya bahas salah satu jenis kain Crepe yaitu Moss Crepe. Ada yang bilang juga kain ini Moscrepe atau Mosscrepe. Sebelum kenalan dengan Mosscrepe, yuk kita kenalan dulu sama kain Crepe.

Kain Moscrepe
Kain Moscrepe

Apa itu Kain Crepe?

Kain Crepe merupakan kain yang dibuat dengan cara ditenun, memiliki ciri khas yang sangat mudah dikenali dengan mudah yaitu permukaan kainnya yang memiliki motif atau tekstur seperti kulit jeruk. Bila permukaanya diraba, kain Crepe ini memiliki tekstur seperti pasir, namun jangan khawatir karena kain Crepe ini tetap lembut di kulit. 

Kain Crepe merupakan kain yang memiliki sifat jatuh atau elastis, cenderung tipis namun tidak transparan atau menerawang. Khusus warna putih, Knittopreneurs boleh menggunakan furing saat menjahit, dan untuk warna lain opsional. 

Untuk motifnya, dapat dibuat dengan mesin emboss maupun saat menenun. Kain Crepe mempunyai jenis yang sangat beragam. Contoh jenis  kain Crepe yang terkenal antara lain: Arabian Crepe, Crezia Crepe, Diamond Crepe, Ceruti Crepe, Wollycrepe, dan Mosscrepe yang akan kita bahas pada artikel ini.

Apa itu Kain Moscrepe ?

Moscrepe adalah kain yang termasuk pada kategori kain Crepe dan salah satu jenis kain Crepe.

Moscrepe ini dibuat menggunakan proses tenun. Biasanya Moscrepe terbuat dari serat rayon, namun bisa juga menggunakan serat lainnya.

Ciri khas dari Moss Crepe ini tentu dalam motif atau tekstur kainnya yang serupa dengan geometris abstrak yang menyerupai lumut, sesuai namanya “Moss” yang berarti lumut. Tak perlu khawatir, sama seperti kain Crepe lainnya walau memiliki tekstur pada permukaan kainnya, Moss Crepe tetap nyaman dan lembut digunakan.

Moss Crepe memiliki sifat kain yang lentur. Moscrepe juga cenderung ringan karena kainnya tidak begitu tebal. Walaupun tidak tebal, Moscrepe dapat digunakan tanpa furing, khusus untuk warna putih opsional. Moscrepe tidak mudah kusut dan memiliki serat yang lebih rapat dibanding jenis kain Crepe lainnya.

kain Moss Crepe merupakan kain yang sering dipakai untuk pakaian wanita seperti gamis, tunik, blus, rok, hijab, khimar, dan lainnya. Namun kain Moss Crepe juga memiliki kekurangan yaitu tidak dapat menyerap keringat dan tidak tahan terhadap suhu panas.

Cara Perawatan Kain Moss Crepe

Sebenarnya merawat kain Moss Crepe tidak sulit. Kain Moss Crepe hampir mirip dengan kain lainnya, jangan dikucek atau di peras terlalu keras agar seratnya tidak mudah rusak atau berbulu. Karena kain Moss Crepe tidak tahan suhu panas, kain Moss Crepe tidak perlu disetrika, bila ingin gunakan suhu rendah. 

Nah gimana, sekarang jadi tahu kan apa itu kain Moss Crepe? Sayangnya Moss Crepe tidak tersedia di Knitto Textiles saat ini. Untuk Knittopreneurs yang sedang cari kain untuk dijadikan bahan pakaian wanita, Minto ada rekomendasi kain nih, yaitu Polyester Hera Rib Knit. 

Polyester Hera Rib Knit

Hera Rib Knit
Hera Rib Knit

Merupakan kain yang terbuat dari 97% Polyester dan 3% Spandex. Kain ini memiliki ciri khas pada permukaan kainnya yang memiliki tekstur dan corak rajut seperti rib. Karena mengandung 3% Spandex, kain Polyester Hera Rib Knit ini sedikit lentur.

Kain Polyester Hera Rib Knit dapat digunakan menjadi bahan kulot, blus, dan pakaian wanita lainnya. Saat ini sudah ada 4 warna menarik yang cocok banget digunakan untuk bahan pakaian wanita.

Gimana, tertarik untuk coba? Yuk beli kainnya sekarang juga lewat portal Knitto Textiles www.portal.knitto.co.id! Semoga Knittopreneurs terbantu ya dengan artikelnya, sampai jumpa di artikel lain!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur