4 Jenis Kain yang Cocok untuk Kaos Sablon Terbaik

0
5/5 - Vote count: 20 votes

Hi Knittopreneurs, apa kabar? Dalam artikel kali ini, Minto akan membahas tentang kain yang cocok banget dijadikan kaos sehari-hari bahkan media kaos sablon lho! Nah kainnya adalah kain Cotton Combed Enzyme, atau biasa dikenal juga dengan nama Biowash di pasaran. Langsung saja yuk kita kenalan dengan kain Cotton Combed Enzyme.

Apa itu Cotton Combed Enzyme?

Kaos Sablon
Kaos Sablon

Cotton Combed Enzyme atau Biowash adalah jenis kain rajut single knit yang biasa dipakai sebagai bahan kaos. Kain ini cukup populer di kalangan konsumen karena kelembutan dan kenyamanannya. Kain ini dibuat dari serat kapas yang telah melewati teknik pencucian khusus menggunakan enzim yang memberikan hasil akhir handfeel yang lebih lembut, halus, dan nyaman pada kulit. Selain itu, Cotton Combed Enzyme juga cocok dipakai sebagai media sablon karena kainnya lebih minim bulu sehingga dapat menghasilkan sablon yang lebih mulus.

Nah kenapa Knittopreneurs harus coba kain Cotton Combed Enzyme? Minto akan bantu jabarkan ya kelebihan-kelebihan dari kain Cotton Combed Enzyme.

Kelebihan Cotton Combed Enzyme

Berikut ini adalah beberapa kelebihan kain Cotton Combed Enzyme atau Biowash:

Lebih Lembut dan Nyaman Digunakan

Salah satu kelebihan utama dari kain Cotton Combed Enzyme atau Biowash adalah kelembutannya. Teknik pencucian menggunakan enzim dapat membuat serat kapas menjadi lebih lembut dan halus, sehingga membuat kain yang dihasilkan lebih nyaman digunakan pada kulit karena memiliki handfeel yang lebih lembut.

Menyerap Keringat dengan Baik

Kain Cotton Combed Enzyme atau Biowash dapat dibilang memiliki kemampuan menyerap keringat yang lebih baik dibandingkan kain kaos lainnya. Hal ini dikarenakan oleh proses pencucian dengan enzim yang dapat menghilangkan partikel-partikel pada serat kapas, sehingga membuat kain dapat menyerap keringat dengan lebih baik. Maka dari itu pengguna kain ini akan merasa lebih nyaman selama beraktivitas atau sedang di lingkungan yang panas.

Lebih Tahan Lama

Meskipun Cotton Combed Enzyme atau Biowash memiliki handfeel yang lebih lembut dan nyaman digunakan, kain ini tetap memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik. Zat enzim yang digunakan hanya membuat serat kapas lebih lembut dan minim bulu sehingga tidak akan merusak serat kapasnya. Tapi tentunya perawatan kain juga perlu diperhatikan misalnya dengan tidak menyetrika menggunakan suhu terlalu panas dan menyikat kaos terlalu keras yang dapat merusak serat kain.

Cukup Mudah Dirawat

Kain Cotton Combed Enzyme atau Biowash juga mudah dirawat. Kain ini cukup dicuci dengan air suhu normal menggunakan detergen biasa. Seperti kaos lainnya, kain kaos ini juga sebaiknya jangan disetrika menggunakan suhu terlalu tinggi, menggunakan gantungan yang tepat saat menjemur, hindari menjemur tepat dibawah sinar matahari terik, dan menyikat terlalu keras. Dengan begitu, kain ini akan lebih tahan lama dan awet.

Rekomendasi Kain Bahan Kaos untuk Dijadikan Media Sablon

Minto juga punya rekomendasi kain bahan kaos lainnya yang cocok dijadikan media sablon. Berikut adalah jenis-jenis kain bahan kaos yang cocok digunakan sebagai bahan utama kaos sablon:

Cotton Combed

Screenshot 108
Cotton Combed Knitto Textiles

Cotton Combed adalah kain yang terbuat dari 100% serat kapas yang sudah melewati proses penyisiran atau combing. Kain ini merupakan kain yang paling sering dipakai sebagai bahan kaos karena memiliki variasi ketebalan kain yang lebih beragam. Kain ini memiliki tekstur yang halus, lembut, dan tidak terlalu berbulu. Kain Cotton Combed sangat cocok untuk disablon karena mampu menyerap tinta dengan baik dan menghasilkan warna yang tajam dan jelas.

Cotton Carded

Carded
Cotton Carded

Cotton Carded merupakan jenis kain bahan kaos yang terbuat dari 100% serat kapas yang diproses dengan cara penggarukan atau carding. Kain ini memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan kain Cotton Combed karena tidak melewati proses penyisiran atau combing sehingga kainnya tidak akan selembut Cotton Combed, namun tetap cocok untuk disablon karena mampu menyerap tinta dengan baik. Kain ini cocok untuk Knittopreneurs yang memiliki budget minim dan berminat untuk bisnis kaos atau kaos sablon karena memiliki harga yang lebih ekonomis.

Cotton Bamboo

Screenshot 109
Cotton Bamboo

Kain Cotton Bamboo merupakan kain yang terbuat dari serat bambu dan serat kapas. Kain ini memiliki tekstur yang halus, lembut, dan memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik. Kain Cotton Bamboo cocok untuk disablon karena mampu menyerap tinta dengan baik dan menghasilkan warna yang tajam dan jelas.

Kabar baiknya, semua kain diatas tersedia di Knitto Textiles lho. Pemilihan jenis kain yang cocok untuk disablon tergantung pada kebutuhan dan preferensi Knittopreneurs, sehingga Knittopreneurs perlu memikirkan matang-matang dan menyesuaikan kain sesuai kebutuhan. 

Namun, kain Cotton Combed merupakan jenis kain yang paling sering digunakan untuk media sablon karena mudah ditemukan, punya banyak ketebalan kain, harga kompetitif, serta  memiliki kemampuan menyerap tinta yang baik dan menghasilkan warna yang tajam dan jelas. Selain itu, kain Cotton Combed juga memiliki tekstur yang cukup lembut dan nyaman saat digunakan. Sekian artikel kali ini, semoga artikel ini membantu Knittopreneurs menemukan kain yang tepat!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur