Kekurangan dan Kelebihan Sablon Reflektif Untuk Kaos

0
sablon reflektif

BELI SEKARANG

Knittopreneurs kamu tahu kan kalau jenis sablon yang ada saat ini sangat bermacam-macam. Sablon digunakan untuk mencetak tulisan, gambar atau desain yang sudah kamu buat pada kaos. Berbagai jenis sablon dengan teknik manual atau digital bisa kamu gunakan, seperti Rubber, Plastisol, Glow In the Dark, Polyflex, DTG dan DTF. 

Selain jenis sablon tadi, sebenarnya kamu bisa menggunakan jenis sablon Reflektif juga untuk mencetak gambar atau tulisan pada kaos. Sudah tahu tentang jenis sablon ini belum?

Sablon Reflektif merupakan salah satu teknik sablon yang mana bekerja dengan baik pada semua jenis pakaian, terkecuali pada pakaian yang menggunakan serat panjang, jadi bisa dikatakan jika sablon reflektif itu serbaguna ya.

Kalau kamu perhatikan sebenarnya sablon reflektif itu hampir sama seperti sablon Glow In The Dark, karena dapat memberikan efek menyala dan berkilauan, hanya saja jika sablon glow in the dark akan menyala ketika berada di ruangan atau area gelap, kalau sablon reflektif justru akan menyala ketika disinari cahaya baik dari lampu atau sinar matahari.

Sebelum menggunakan jenis sablon ini, ada baiknya kamu ketahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari sablon reflektif sehingga kamu bisa merasa yakin saat akan menggunakan jenis sablon yang menyala dan unik ini.

Sablon reflektif

Kelebihan dan Kekurangan Sablon Reflektif

Setiap jenis sablon sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sama halnya dengan sablon reflektif.

Kelebihan Sablon Reflektif

  • Salah satu teknik sablon yang cukup cepat terutama untuk mencetak dalam jumlah yang besar.
  • Dengan menggunakan teknik ini, akan membuat desain gambar atau tulisan yang sudah kamu buat menjadi menyala atau berkilau jika disinari cahaya atau terkena sinar matahari.
  • Jenis sablon ini mempunyai ketahanan yang sangat baik.
  • Hasil dari sablon reflektif terlihat bagus, unik dan terkesan profesional.
  • Jenis sablon reflektif dapat digunakan untuk segala macam jenis bahan kaos.

Kekurangan Sablon Reflektif

  • Jenis sablon ini biasanya jarang tersedia di vendor-vendor konveksi sablon, hal ini dikarenakan bahan baku sablon reflektif ternyata cukup sulit ditemukan, jadi pastikan kamu menanyakan terlebih dahulu apakah vendor yang sudah kamu pilih ini menerima pesanan sablon reflektif atau tidak, jika tidak sebaiknya persiapkan pilihan jenis sablon lain sebagai pengganti.
  • Sebenarnya jenis sablon ini sedikit kurang cocok untuk pesanan atau pembuatan dengan quantity yang kecil atau sedikit, karena akan lebih mahal.
  • Biasanya setiap vendor yang menyediakan layanan sablon reflektif sudah ada minimum order untuk menggunakan jenis sablon ini.
  • Harga dari sablon reflektif lebih mahal dari sablon pada umumnya karena harga tinta reflektifnya yang spesial.

Dari penjelasan kekurangan dan kelebihan sablon ini, kamu bisa menentukan apakah jenis sablon ini cocok atau tidak untuk kamu gunakan mencetak gambar dan atau tulisan yang sudah kamu siapkan.

Baca Juga: 5 Mesin Sablon Kaos Digital Terbaik Untuk Sablon DTG

Jenis Bahan Yang Cocok Untuk Sablon Reflektif

Sebelumnya sudah dijelaskan jika sablon ini serbaguna yang mana bisa digunakan untuk berbagai jenis pakaian, yang artinya sablon reflektif juga cocok jika digunakan pada berbagai jenis bahan dibawah ini yang khusus kami pilihkan untuk kamu.

1. Cotton Bamboo 

Cotton Bamboo merupakan bahan yang termasuk ke dalam kategori naik dari bahan natural, yang dibuat menggunakan serat campuran dari 70% serat Bamboo dan 30% serat Cotton. Ada yang bilang kain ini mempunyai anti bakteri pada kainnya, apa benar?

Ya, benar sekali kain ini memang mempunyai kandungan anti bakteri yang berasal dari zat alami yang disebut “Penny Quinone” dan juga terdapat anti jamur juga atau disebut dengan bio-agent “Bamboo Kun”. 

Karakteristik dari Bamboo yang sangat nyaman digunakan, dan menyerap air atau keringat dengan baik lalu tekstur kainnya yang sangat lembut dan halus tentu menjadi salah satu pilihan kain yang tepat untuk kamu gunakan sebagai media untuk mencetak desain menggunakan sablon reflektif.

2. TENCEL™ Modal blended with Cotton

TENCEL™ Modal Blended with Cotton adalah kain yang juga berkualitas premium yang bagus jika digunakan sebagai media untuk mencetak gambar dengan sablon reflektif. Kain TENCEL™ Modal blended with Cotton dibuat dari serat campuran 50% serat Cotton dan 50% serat TENCEL™ Modal.

Karakteristik dari kain TENCEL™ Modal itu sangat bagus tekstur kainnya sangat lembut dan ekstra halus, daya serap kain yang sangat bagus dan kandungan warna pada bahan kain premium ini diserap dengan baik sehingga kecerahan warnanya lebih tahan lama daripada serat kain yang diwarnai dengan cara konvensional. 

3. Cotton Combed

Cotton Combed adalah kain katun yang kenyamanannya tidak perlu kamu ragukan lagi, dibuat dari 100% serat kapas dengan proses Combing atau penyisiran pada seratnya sehingga membuat kain ini mempunyai tekstur yang baik dan permukaan kainnya sangat rata.

Kain yang selalu menjadi pilihan sebagai bahan dasar ini juga disebut sebagai standar bahan kaos distro, jadi tidak perlu diragukan kualitasnya. Alasan mengapa banyak orang menggunakan bahan ini selain karena kainnya yang nyaman, juga karena banyaknya pilihan ketebalan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Banyak juga distributor yang menyediakan jenis kain Cotton Combed dengan berbagai macam pilihan warna seperti Knitto yang menyediakan 100 warna kain Cotton Combed dengan kualitas premium.

Tentunya dari Combed sangatlah recommended untuk sablon reflektif.

4. Cotton Carded

Apakah kain Cotton Carded ini pernah kamu gunakan untuk membuat terutama kaos sablon? Sekarang ini Carded menjadi salah satu alternatif yang sangat dicari oleh produsen kaos, karena kain ini merupakan kain katun dengan harga yang terjangkau namun kualitasnya tetap baik, terutama kain Cotton Carded yang ada di Knitto Textiles.

Bisa dikatakan bahan Cotton Carded yang ada di Knitto ini mirip dengan Combed, teksturnya cukup lembut, tapi memang ada sedikit perbedaan dari segi bulu pada permukaan kainnya yang lebih banyak dan juga masih terdapat bintik-bintik putih, tapi hal ini tidak akan mengurangi kenyamanan dari bahan Cotton Carded.

  1. CVC 

Pilihan kain terakhir yang cocok digunakan sebagai bahan untuk sablon reflektif adalah bahan CVC atau Chief Value Cotton, kain yang dibuat dari campuran serat Cotton dan Polyester. Kain ini memang mengandung kandungan Polyester tetapi perlu kamu tahu jika kain semi-sintetis ini tetap terasa nyaman saat digunakan, lagi pula harga kainnya juga terjangkau, jadi kain ini bisa kamu coba ya.

Itu dia rekomendasi beberapa jenis kain yang bisa kamu gunakan untuk sablon reflektif dan semua kain yang sudah kami rekomendasikan ini bisa kamu dapatkan di Knitto Textiles tentunya. Untuk mendapatkan kain ini, kamu bisa mengunjungi langsung toko bahan Knitto yang ada di Bandung (Kebon Jukut & Holis), Yogyakarta dan Semarang. 

Semoga ulasan kami tentang sablon reflektif dan juga rekomendasi kain yang sudah kami berikan di atas, bermanfaat ya

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*