Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun Untuk Pakaian

0
5/5 - Vote count: 30 votes

Mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan katun untuk pakaian yang akan kamu produksi adalah salah satu langkah yang sangat baik dan langkah awal yang harus kamu lakukan. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menggunakan jenis bahan yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dari segi jenis bahannya saja, jenis bahan katun itu mempunyai beberapa jenis yang harus kamu pahami. Terdapat bahan katun yang full dibuat dari 100% serat kapas dan ada juga bahan katun campuran. Kain katun campuran pun mempunyai berbagai macam jenisnya, dimana ada yang dibuat dari bahan alami dan bahan sintetis seperti Polyester.

Agar kamu lebih memahami jenis bahan katun yang akan kamu gunakan untuk produksi, mari simak penjelasan kami tentang berbagai jenis bahan katun dan juga kelebihan dan kekurangan bahan katun untuk pakaian kamu.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun Combed

Mari kita bahas jenis bahan katun yang pertama, yaitu bahan katun Combed. Jenis kain ini adalah pilihan utama para pengguna bahan untuk kaos, kain yang dibuat dari 100% kain katun dengan melalui proses pembuatan disisir pada mesin combing.

Ada berbagai macam jenis katun combed di pasaran tidak hanya 1 jenis, yang membedakan tentu kualitas dari bahannya. Ada yang mengaku menjual bahan katun combed dengan kualitas premium tapi ternyata kualitasnya tidak sesuai. Kamu harus jeli sekali dengan bahan yang kamu gunakan, karena kain Cotton Combed premium mempunyai ciri yang cukup spesifik dan mudah untuk kamu bandingkan sendiri.

Cek disini untuk melihat perbandingan antara kain Cotton Combed biasa dengan Cotton Combed Premium.

Kelebihan Bahan Cotton Combed

Kain bahan Combed mempunyai beberapa kelebihan seperti:

  • Kainnya halus, dan permukaan lembut
  • Dapat menyerap keringat dengan baik, bahan katun combed terasa adem saat digunakan.
  • Harga kain masih terjangkau dan cocok untuk bisnis clothing yang baru mulai.
  • Varian warna yang tersedia pada kain ini sangat beragam, terutama yang tersedia di Knitto Textiles, sudah tersedia 88 warna Cotton Combed.

Kelebihan bahan combed lainnya adalah kain ini merupakan bahan serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai jenis pakaian. Seperti kaos, kaos lengan panjang, tanktop, hijab, henley t-shirt, dll.

Kekurangan bahan katun Combed:

Kain cukup mudah kusut, sehingga pakaian yang menggunakan bahan ini harus disetrika terlebih dahulu sebelum digunakan.

Kekurangan bahan Combed lainnya adalah karena kain ini dibuat dari bahan yang alami, sehingga cukup rentan terhadap jamur apalagi jika kaos atau kain disimpan di tempat yang lembab dalam jangka waktu yang lama, hal ini dapat merusak kain.

Dari kekurangan dan kelebihan bahan katun Combed ini, bisa kita tentukan apakah jenis bahan ini layak untuk bahan dasar pakaian kamu? Tentunya layak ya, terbukti dengan banyaknya konveksi dan pengusaha kaos yang menggunakan bahan ini.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun Bamboo

Mencari bahan yang lebih nyaman dari bahan katun Combed? Kain campuran Cotton dan serat Bamboo ini adalah jawabannya. Bahan Bamboo adalah salah satu jenis kain kaos yang masuk ke daftar kain premium  di Knitto Textiles.

Kelebihan bahan katun Bamboo

  • Tekstur dari bahan Bamboo sangatlah baik, sangat lembut, halus dan pasti nyaman untuk digunakan.
  • Kainnya sangat adem, terasa dingin saat dipakai.
  • Bahan ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pakaian anak-anak atau mereka yang mempunyai kulit sensitif.
  • Mempunyai kandungan anti bakteri, anti bau dan kain ini juga bisa menangkal jamur yang berasal dari bakteri tidak baik yang berasal dari zat alami yang terkandung pada serat bambu.
  • Daya serap kain sangat baik, sehingga kain ini cocok digunakan untuk kaos polos atau sablon, sangat direkomendasikan juga untuk kaos olahraga atau aktifitas diluar ruangan.

Kekurangan bahan katun Bamboo

Kekurangan yang pertama adalah bahan ini cenderung lebih tipis sehingga akan sedikit menerawang terutama untuk pakaian wanita

Harga kain Cotton bamboo cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan Combed.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun Modal

Jenis bahan katun terakhir yang patut untuk kamu pertimbangkan sebagai bahan pakaian adalah kain katun Modal.

Seperti jenis bahan katun campuran sebelumnya, kain ini juga dibuat dari campuran serat alami yaitu serat kapas dan serat modal. Khusus untuk kain Cotton Modal yang ada di Knitto, kami menggunakan jenis bahan dasar premium yang diproduksi oleh perusahaan Lenzing, dari Austria yaitu TENCEL™ Modal.

Kain TENCEL™ Modal blended with Cotton yang ada di Knitto berkomposisi 50% serat katun dan 50% serat TENCEL™ Modal. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari kain ini?

Kelebihan bahan Katun Modal

Bahan Cotton Modal mempunyai keunggulan sebagai bahan yang sangat nyaman digunakan, dibuat dari bahan berkualitas tinggi. Terutama untuk TENCEL™ Modal blended with Cotton merupakan bahan yang dapat diuraikan secara alami, dan juga dapat dibuat menjadi kompos sehingga sepenuhnya dapat kembali ke alam.

Kainnya secara alami dapat mengatur kelembaban tubuh, sehingga kain benar-benar terasa nyaman di kulit.

  • Warna pada kain TENCEL™ Modal blended with Cotton sangat cemerlang, karena serat kain benar-benar menyerap warna dengan baik dan warna kainnya tidak mudah pudar.
  • Kelembutan kain modal dapat bertahan lama meskipun sudah melewati proses pencucian berkali-kali.

Kekurangan bahan katun Modal

Dari segi harga kainnya memang bahan ini lebih mahal dibandingkan dengan kain Cotton Combed dan juga Cotton Bamboo, sehingga beberapa orang masih saja ragu untuk menggunakan bahan ini.

Dari ketiga jenis bahan katun ini, mana yang kira-kira paling cocok dengan kebutuhan kamu? Apakah jenis bahan katun Combed? Jenis bahan Cotton Bamboo? Atau justru kamu lebih sreg untuk menggunakan bahan TENCEL™ Modal blended with Cotton?

Setelah mengetahui masing-masing kekurangan dan kelebihan bahan katun ini, kami berharap kamu bisa lebih mudah untuk memilih jenis bahan yang cocok untuk brand clothing kamu ya, juga jangan lupa untuk menggunakan urusan bahan baku kaos kamu serahkan saja kepada Knitto Textiles, karena kain yang kami sediakan terjamin kualitasnya dan harga yang kami tawarkan juga terjangkau.

Pilihan warna yang tersedia sangat beragam dan juga terdapat berbagai macam pilihan kain sehingga kamu bisa dengan mudah mendapatkan bahan kaos yang kamu butuhkan sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi sekarang proses pemesanan kain di Knitto Textiles lebih mudah dengan hadirnya fitur Web Portal Knitto, yaitu portal pemesanan kain secara langsung yang bisa digunakan melalui smartphone kamu, kapan saja dan dimana saja.

Banyak sekali fitur-fitur yang bisa kamu gunakan di Web Portal Knitto ini, seperti pengecekan stok kain secara realtime, pemesanan kain secara mudah dan anti ribet karena sistem kami bisa langsung membantu dan menghitungkan kebutuhan kain dan aksesorisnya, pemesanan katalog dan juga permintaan sampel kain. Langsung kunjungi portal.knitto.co.id untuk semua kemudahan di dalam genggaman kamu!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

(Coming Soon)

Official WhatsApp: 082120003035

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur