Tampil Keren dengan Inspirasi Kostum 17 Agustus Ini, Favoritmu yang Mana?

0
5/5 - Vote count: 63 votes

Tampil Keren dengan Inspirasi Kostum 17 Agustus Ini, Favoritmu yang Mana? – Hi Knittopreneurs! Hari kemerdekaan negara kita sudah hampir tiba! Pada tanggal 17 Agustus nanti, Indonesia akan berumur 79 tahun! Agar suasana lebih meriah, kira-kira bagusnya kita pakai kostum apa ya untuk 17 Agustus nanti?

8 Inspirasi Kostum 17 Agustus yang Unik, Pilih yang Mana?
8 Inspirasi Kostum 17 Agustus yang Unik, Pilih yang Mana?

Walau sifatnya tidak wajib, namun merayakan HUT RI ke-79 dengan kostum tertentu bisa menambah kemeriahan yang menggembirakan. Agar tidak salah pilih, yuk simak artikelnya karena Minto akan bagi-bagi tips!

Karnaval 17 Agustus, Ada Kegiatan Apa Saja?

Ilustrasi Perayaan 17 Agustus dengan Tema Merah Putih
Ilustrasi Perayaan 17 Agustus dengan Tema Merah Putih

Hari Kemerdekaan 17 Agustus biasanya penuh dengan berbagai kegiatan menarik yang mengingatkan kita akan semangat kemerdekaan dan berbagai kebudayaan Indonesia. Berikut adalah beberapa kegiatan yang sering diadakan dalam pawai dan karnaval Hari Kemerdekaan:

Peserta mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, menampilkan keragaman budaya. Peserta karnaval mengenakan kostum dengan berbagai tema, mulai dari pahlawan nasional hingga kostum unik dan kreatif lainnya.

  • Pawai Kendaraan Hias

Kendaraan yang dihias dengan tema kemerdekaan, simbol nasional, atau kearifan lokal berparade di jalan-jalan utama.

  • Bazar dan Pasar Rakyat

Stand-stand yang menjual makanan tradisional, kerajinan tangan, dan produk lokal lainnya.

  • Pertunjukan Musik dan Seni

Konser musik yang menampilkan lagu-lagu perjuangan, lagu daerah, dan lagu-lagu pop Indonesia. Pertunjukan seni tari juga dapat disaksikan lho pada acara ini!

  • Kegiatan Olahraga dan Lomba

Perlombaan jalan sehat, sepeda santai, atau pertandingan olahraga tradisional seperti tarik tambang atau panjat pinang sering kita jumpai pada Hari Kemerdekaan kita.

Baca Juga: Menggali Nilai Budaya dalam Baju Adat Riau yang Unik dan Istimewa

8 Ide Kostum 17 Agustus yang Cocok Dipakai

Kostum untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus seringkali identik dengan warna-warni dan mencerminkan kebudayaan Indonesia seperti warna merah dan putih. Berikut beberapa ide kostum 17 Agustus yang bisa Knittopreneurs gunakan:

  • Kostum Tradisional
Contoh Pemakaian Baju Adat Sebagai Kostum 17 Agustus
Contoh Pemakaian Baju Adat Sebagai Kostum 17 Agustus

Biasanya pada 17 Agustus banyak yang memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia seperti kebaya

  • Pahlawan Nasional

Knittopreneurs bisa juga lho berpakaian seperti tokoh-tokoh pahlawan nasional seperti Soekarno, Mohammad Hatta, atau Kartini.

  • Tema Merah Putih

Menggunakan pakaian dengan warna dominan merah dan putih sesuai dengan warna bendera Indonesia merupakan hal yang paling basic pada kostum 17 Agustus. Bisa juga menambahkan aksesori seperti bendera kecil, pita merah putih, atau topi.

  • Kostum Anak-Anak

Biasanya pada hari kemerdekaan anak-anak biasanya mengikuti lomba berpakaian sesuai profesi, seperti memakai kostum profesi dokter, tentara, polisi, atau petani, yang juga bisa disesuaikan dengan tema nasionalisme.

  • Kostum Kreatif

Lomba membuat kostum dari bahan-bahan daur ulang atau barang-barang yang mudah ditemukan di rumah juga sering ditemukan sebagai kegiatan 17 Agustus.

Ide Kostum 17 Agustus yang Simple dan Nyaman

Selain pakai baju adat untuk kostum 17 Agustus, Knittopreneurs juga bisa lho pakai baju casual. Berikut adalah ide kostum 17 Agustus yang simple dan nyaman digunakan:

  • Kaos Warna Merah atau Putih
Contoh Baju Merah Putih untuk Kostum 17 Agustus yang Simple dan Nyaman
Contoh Baju Merah Putih untuk Kostum 17 Agustus yang Simple dan Nyaman

Tanpa menggunakan kostum 17 Agustus yang rumit, Knittopreneurs juga bisa lho tampil nyaman menggunakan kaos lengan panjang maupun pendek yang berwarna merah atau putih. Atasan kaos merah atau putih ini bisa dipadukan dengan bawahan berwarna netral seperti jeans.

  • Kemeja Warna Merah Atau Putih

Kemeja berwarna merah atau putih juga bisa jadi alternatif kostum 17 Agustus yang nyaman namun terlihat semi formal. Kalau Knittopreneurs ingin tampilannya lebih casual, Knittopreneurs bisa pakai kemeja tersebut sebagai luaran dari kaos oblong dan gunakan celana selutut atau celana yang nyaman seperti celana jogger.

  • Baju Olahraga Warna Merah Atau Putih

Baju olahraga warna merah atau putih bisa jadi kostum 17 Agustus yang nyaman lho! Selain mudah menyerap keringat, bahan baju olahraga biasanya ringan sehingga nyaman digunakan beraktifitas saat 17 Agustusan!

Baca Juga: Rekomendasi Pilihan Warna Baju Paskah, Jangan Sampai Keliru!

Rekomendasi Bahan untuk Kostum 17 Agustus

Ini 3 rekomendasi bahan untuk kostum 17 Agustus yang bisa kamu pakai, Minto sudah memilih yang nyaman dipakai beraktivitas seharian. Belinya? Di Knitto aja!

Cotton Combed

Bahan Cotton Combed Knitto Textiles
Bahan Cotton Combed Knitto Textiles

Bahan Cotton Combed merupakan kain yang paling sering digunakan sebagai bahan kaos, celana santai, baju anak-anak, hingga pakaian bayi. Cotton Combed merupakan kain yang dibuat dengan teknik rajut atau knitting. Terdapat 2 jenis teknik rajut untuk mengolah benang cotton untuk dijadikan kain Cotton Combed, yaitu teknik rajut single knit dan double knit.

Cotton Combed double knit merupakan Cotton Combed yang memiliki 2 sisi dengan motif rajutan yang sama, sehingga dapat dipakai kedua sisinya dan bersifat lebih lentur sehingga sering digunakan untuk bahan pakaian bayi. Sedangkan Cotton Combed single knit hanya memiliki 1 sisi saja yang dapat digunakan, jenis Cotton Combed inilah yang paling sering digunakan sebagai bahan kaos. Cotton Combed juga memiliki banyak variasi ketebalan kain seperti 16s, 18s, 24s, 30s, dan lainnya. 

Untuk Knittopreneurs yang sedang cari Cotton Combed terbaik, Minto punya solusinya nih! Knitto Textiles menyediakan kain Cotton Combed dengan komposisi 100% cotton dengan ketebalan kain 30s, 28s, 24s, 20s, dan 16s, dan tentunya dengan variasi warna hingga 100 varian!

Cotton Bamboo

Bahan Kaos Cotton Bamboo
Bahan Kaos Cotton Bamboo

Kain Premium Cotton Bamboo Knitto Textiles terbuat dari 2 jenis campuran serat alami yaitu 30% serat kapas dan 70% serat bambu. k. Memiliki handfeel yang sangat halus, Cotton Bamboo aman dipakai oleh kulit sensitif. Kain ini juga mampu menyerap keringat dengan sangat baik lho! 

Cotton Bamboo Knitto Textiles tersedia dalam 2 jenis ketebalan kain yaitu 24s dan 30s dan memiliki varian warna hingga 21 jenis warna yang menarik dan cerah.

Polyester Activedry

Polyester Activedry Putih Bluish Knitto
Polyester Activedry Putih Bluish Knitto

Kain Polyester Activedry memiliki  komposisi 100% polyester yang dirancang khusus untuk kegiatan olahraga. Walaupun terbuat dari 100% polyester bahan ini sangat cepat dalam menyerap keringat dan mudah kering sehingga nyaman digunakan saat olahraga. Saat ini Polyester Activedry memiliki 3 jenis corak; Evolt, Marton, dan Diamond. Dan untuk sementara, Polyester Activedry Knitto Textiles tersedia  hanya dalam warna putih bluish, namun kain ini dapat melewati proses sublimasi sehingga cocok dijadikan pakaian olahraga. 

Baca Juga: Ide dan Tips Memilih Dekorasi 17 Agustus yang Meriah dari Bahan Kain, Cek Yuk!

Nah itu dia Knittopreneurs, beberapa ide kostum 17 Agustus yang bisa membantu memeriahkan acara 17 Agustusan nanti, beserta bahan-bahannya yang Minto rekomendasikan untuk menjaga mood kamu tetap bagus walau beraktivitas seharian.

Jangan lupa untuk cek kain lainnya di website Knitto! Sampai ketemu lagi!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia 

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700