Lebih Baik Makloon atau Produksi Sendiri?

0

Jika kita perhatikan, setiap tahunnya Semakin banyak bisnis fashion yang berkembang di , dan bisnis di bidang ini mulai digiatkan oleh para kawula muda. Berbagai tema bisnis fashion diusung oleh mereka, mulai dari basic wear, streetwear, sampai -pakaian dengan model yang unik pun mereka tekuni. 

Tapi, kira-kira dalam proses produksi nya mereka mempunyai in-house production (produksi sendiri) atau justru makloon menggunakan jasa pihak lain? Saat baru memulai bisnis biasanya banyak yang lebih memilih untuk menggunakan jasa orang lain atau menggunakan makloon untuk produksi pakaiannya karena hal ini dianggap bisa lebih menghemat budget produksi jika dibandingkan dengan memproduksi sendiri, karena jika langsung produksi sendiri, akan ada biaya tambahan seperti harus menyediakan alat-alat, tempat produksi dan juga SDM untuk dipekerjakan di bagian produksinya.

Lalu dari kedua pilihan ini, sebenarnya mana yang lebih baik dan menguntungkan ya untuk bisnis clothing? Apakah produksi sendiri atau menggunakan jasa makloon? Juga apa saja kelebihan dan keuntungan dari memproduksi sendiri produk kamu dengan menggunakan jasa konveksi atau makloon? Berikut ini penjelasan dari kami tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa makloon dan juga memproduksi sendiri produk kamu, disimak sampai akhir ya agar bisa menentukan mana yang terbaik untuk bisnismu.

Kelebihan dan Kekurangan Produksi Sendiri

Kelebihan Produksi Sendiri

Jika kamu melakukan produksi sendiri keuntungannya adalah, kamu bisa mengontrol semua proses produksi secara langsung.

Jadwal produksi kamu bisa lebih pasti, seperti kapan mulai dan selesai produksi bisa kamu kendalikan sendiri. Quality control juga lebih mudah jika memproduksi sendiri.

Kekurangan Produksi Sendiri

  • Kekurangan yang ada jika kamu melakukan produksi sendiri yaitu adanya beberapa kerumitan yang harus siap untuk dihadapi, seperti yang harus kamu siapkan lebih besar, karena kamu harus mempersiapkan biaya untuk membeli/menyewa tempat produksi, membeli alat-alat produksi yang dibutuhkan, dan juga kamu harus mempersiapkan perekrutan pegawai yang nantinya akan mengerjakan produksi produk kamu.
  • Kapasitas produksi bergantung dengan modal yang kamu miliki, karena jika ingin memproduksi dengan jumlah yang banyak, kamu membutuhkan modal yang lebih besar untuk bahan baku, alat yang harus disediakan lebih banyak juga tenaga sumber daya manusia atau pekerja yang lebih banyak juga. 

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jasa makloon

Sebelum kami menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan dari jasa makloon, kamu harus tahu dulu apa itu makloon. Istilah Makloon berasal dari Bahasa Belanda yang artinya proses pengerjaan suatu produk oleh pihak lain atau sering disebut juga dengan CMT (Cut, Make, Trim). Banyak sekali vendor atau yang sering kita sebut konveksi yang menyediakan jasa makloon ini, mereka menyediakan jasa dengan berbegai kategori sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada yang menyediakan full produksi atau semua proses produksi dikerjakan oleh vendor, mulai dari pembelian bahan sampai jadi atau produk pakaian. Bisa juga vendor hanya mengerjakan bagian produksi nya saja dan kamu yang memilih atau membeli bahannya.

Kelebihan Makloon

  • Produksi dengan cara makloon memberikan kemudahan pada proses produksi, karena kamu tidak perlu mempersiapkan alat-alat dan merekrut pegawai. Kamu cukup mencari jasa konveksi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan produksi juga kapasitas produksi yang kamu inginkan. Apalagi seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, jasa produksi atau makloon ini sekrang sangatlah banyak, kamu tinggal memilih saja, jasa makloon mana yang paling sesuai. Tapi harus tetap diingat, untuk selalu teliti dan memilih jasa konveksi yang berkualitas dan terpercaya.
  • Dengan menggunakan jasa makloon, kamu bisa jadi lebih fokus untuk pengembangan produk dan brand, sedangkan untuk urusan produksi bisa kamu serahkan ke vendor konveksi yang sudah kamu percaya. Setidaknya dengan begini, urusan di dalam bisnis kamu bisa sedikit lebih ringan dan waktu yang kamu punya lebih banyak, tapi jangan lupa untuk selalu melakukan follow-up progress produksi kamu ya.

Kekurangan Makloon

Harus kamu tau juga, jika ada beberapa kekurangan yang harus siap kamu hadapi jika kamu lebih memilih cara makloon untuk produksimu, seperti:

  •  Kamu tidak bisa memantau jalannya proses produksi secara langsung, karena hal ini juga yang bisa menyebabkan hasil akhir produk kita tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Maka dari itu kamu harus selalu melakukan follow-up atau berkomunikasi dengan pihak vendor agar proses produksi lancar dan tidak ada kesalahan. Untuk mengatasi kegagalan produksi sebaiknya buatlah profing atau sampel produksi sebelum memulai produksi massal agar hasil akhirnya sesuai dengan yang kamu harapkan
  • Kekurangan lainnya adalah, waktu produksi bisa jadi tidak sesuai atau mundur. Jika hal ini terjadi nantinya bisa mengacaukan timeline produksi dan peluncuran produk yang sudah kamu siapkan. Bagaimana mengatasinya? Untuk mengatasi hal ini, maka kamu harus membuat form (Purchasing Order) yang mana disana tertera detail produksi kamu, mulai dari jenis bahan yang digunakan, model, sizing, waktu produksi, dll. 

Sebagai tambahan, produksi pakaian yang ada saat ini bisa kita kategorikan sesuai dengan jenis pakaian yang ingin kamu buat. Kategori yang kami maksud adalah Modiste, Tailor dan Konveksi, dari ketiga kategori produksi ini yang membedakannya adalah konsep pengerjaanya. 

  • Modiste adalah sebutan untuk mereka atau penjahit yang khusus untuk menjahit pakaian wanita, dan biasanya mereka memproduksi pakaian wanita sesuai dengan pesanan customer (made by order). Dalam proses produksinya, modiste benar-benar massih menggunakan peralatan yang sederhana, dan semuanya dilakukan sendiri, mulai dari mengukur, menjahit sampai finishing.
  • Tailor adalah penjahit yang biasanya mengerjakan pakaian pria, seperti jas, vest atau pakaian untuk bekerja (kemeja) atau busana pesta. Tipe dari pakaian yang dibuat oleh tailor pun dibedakan menjadi dua yaitu Hard Tailoring (Pakaian yang dibuat dari bahan yang bahannya bersifat lebih kaku) dan Soft Tailoring (jenis pakaian yang bahannya lebih halus sehingga bisa mengikuti bentuk tubuh).
  • Konveksi adalah kategori usaha dibidang produksi pakaian yang mana pembuatannya berjumlah besar atau produksi massal. Usaha konveksi ini bisa dikatakan sebagai home industry terutama jika produksinya belum begitu besar, tetapi jika muatan produksi yang dibuat sudah dalam jumlah besar biasanya disebut juga dengan nama garmen.

Jadi sampai sini kamu sudah bisa menentukan ya kira-kira produksi pakaian kamu harus dikerjakan oleh tailor, modiste atau konveksi. Semoga artikel ini cukup membantu kamu yang sedang bingung menentukan proses produksi untuk bisnismu ya. Jika kamu ingin memproduksi kaos dan sedang mencari , jangan sungkan untuk menghubungi Textiles ya, karena kami menyediakan bahan kaos dengan kualitas premium dengan berbagai pilihan bahan kaos dan warna yang beragam.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 &8211; 302, Semarang

Official WhatsApp: 082120003035

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here