Mengenal Serat Polyester dan Rekomendasi Kainnya

0

BELI SEKARANG

Serat polyester merupakan salah satu bahan membuat sebuah kain. Terdapat dua jenis serat yaitu serat alami dan buatan. Serat polyester merupakan serat yang termasuk pada kategori serat buatan.

Serat polyester seringkali digunakan dalam pembuatan pakaian dan keperluan lainnya. Serat polyester dapat menjadi bahan dasar kain 100% serat polyester maupun dicampur dengan serat lain seperti serat kapas dan lainnya. Yuk baca artikel ini untuk menambah wawasan dan makin mengenal serat polyester!

Serat Polyester

Serat polyester merupakan serat sintetis yang dibuat oleh manusia atau man made fibers. Serat polyester dibentuk dari zat ethylene glycol dan zat asam tereftalat yang melewati proses kimia.

Serat polyester rentan meleleh pada suhu tinggi, namun seratnya termasuk serat terkuat yang tidak mudah rusak dibanding serat alami terkuat sekalipun. Serat polyester dapat digunakan sendiri maupun dicampur dengan serat natural atau serat sintetis lainnya. Serat polyester dapat diproses menggunakan teknik tenun maupun rajut yang akhirnya akan menghasilkan kain.

Ciri-ciri Serat Polyester

  1. Serat polyester cenderung tahan lama dan tidak mudah rusak karena terbuat dari bahan kimia.
  2. Serat polyester memiliki permukaan yang licin sehingga kain yang terbuat dari serat ini lebih sulit untuk kusut.
  3. Kain yang terbuat dari 100% serat polyester umumnya memiliki permukaan kain yang mengkilap.
  4. Kain yang dibuat dari serat polyester (murni maupun campuran) cenderung lebih cepat kering.

Kelebihan Kain dengan Komposisi Serat Polyester

  1. Kain yang menggunakan serat polyester tidak mudah lecek atau kusut, bahkan yang terbuat 100% dari serat polyester tidak perlu disetrika.
  2. Kain yang menggunakan serat polyester cenderung lebih cepat kering sehingga membutuhkan waktu yang sedikit ketika menjemur pakaian.
  3. Kain polyester cenderung tahan terhadap lingkungan, tidak mudah berjamur, menguning, bahkan tahan pada serangga dan tidak mudah koyak.
  4. Cocok menggunakan teknik printing kain khususnya sublim

Kekurangan Kain dengan Komposisi Serat Polyester

  1. Bahan kain yang dibuat dari serat polyester cenderung lebih gerah dan kurang breathable.
  2. Ketika terpapar dengan matahari yang terlalu panas atau terkena setrika dengan suhu tinggi polyester dapat meleleh atau menyusut.
  3. Kurang nyaman dipakai dengan mereka yang punya permasalahan kulit atau alergi kimia.
  4. Ketika terpapar cuaca yang panas dan terik, serat polyester yang sudah dalam bentuk pakaian akan membuat tubuh sang pengguna merasa gerah

Bagaimana Cara Membedakan Serat Polyester?

Beberapa kain yang terbuat dari campuran serat polyester dan serat lainnya tidak selalu mempunyai permukaan yang terlihat glossy atau mengkilap.

Untuk memastikan kain yang terbuat dari polyester maupun serat campuran polyester dapat menggunakan cara pembakaran sedikit sample kain.

Kain yang memiliki kandungan polyester akan menggumpal dan meleleh, menyisakan warna kehitaman saat terkena panas.

Serat polyester sangat banyak digunakan dipasaran. Serat polyester dapat digunakan 100% atau dicampur dengan serat lainnya untuk dibuat menjadi kain.

Terdapat banyak sekali jenis kain polyester di dunia. Kain dengan komposisi serat polyester sangat mudah ditemukan.

Beberapa kain dengan komposisi serat polyester berkualitas dapat ditemukan di Textiles. Berikut rekomendasi bahan yang bisa Anda dapatkan di Knitto Textiles sebagai bahan kaos, polo shirt, maupun jaket.

Rekomendasi Kain dengan Serat Polyester yang tersedia di Textiles

Mengenal Serat Polyester dan Rekomendasi Kainnya

  1. Polyester Activedry

Polyester activedry merupakan kain yang terbuat dari 100% serat polyester. Kain ini sangat cocok digunakan menjadi bahan dari kaos olahraga karena mampu menyerap keringat walau terbuat dari serat polyester.

Kain ini juga sangat baik dalam menyerap cairan sehingga mudah kembali kering dalam waktu yang singkat. Polyester activedry juga terasa adem sehingga cocok dipakai saat berolahraga. Kain ini juga sangat cocok digunakan sebagai bahan sablon khususnya sablon sublimasi.

Mengenal Serat Polyester dan Rekomendasi Kainnya

2. CVC

Kain CVC terbuat dari dua jenis serat campuran, yaitu serat kapas 60% dan serat polyester 40%. Kain CVC ini mengandung serat kapas lebih banyak dibanding serat polyester, menjadikannya tetap nyaman digunakan karena permukaanya yang lembut dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Kain CVC misty mempunyai warna dasar abu yang berasal dari kapas, warnanya bervariasi dari warna muda dan tua.

Mengenal Serat Polyester dan Rekomendasi Kainnya

3. CVC Twotone dan Threetone

Kain CVC Twotone dan Threetone merupakan kain yang termasuk dalam jajaran fancy fabrics Textiles.

Kain ini terbuat dari campuran serat polyester dengan serat kapas. CVC Twotone memiliki ciri khas dua campuran warna yaitu warna dasar dan warna putih. Sedangkan CVC Threetone mempunyai campuran tiga warna yaitu warna putih, hitam dan warna dasar.

Mengenal Serat Polyester dan Rekomendasi Kainnya

4. CVC Astro

CVC Astro merupakan kain yang termasuk dalam jajaran fancy fabrics Textiles. CVC Astro terbuat dari dua serat campuran, serat polyester dan serat kapas. Kain ini mempunyai ciri khas pada permukaan kainnya yaitu motif garis yang memiliki 2 campuran warna yaitu warna dasar dan putih.

Mengenal Serat Polyester dan Rekomendasi Kainnya

5. CVC Fuzy

CVC Fuzy merupakan kain yang termasuk dalam jajaran fancy fabrics Textiles. CVC Fuzy terbuat dari 2 jenis serat campuran yaitu serat kapas dan serat polyester. Kain ini memiliki ciri khas unik yaitu di permukaan kainnya terdapat bulu-bulu halus namun tenang saja bulu halus tersebut tidak akan menimbulkan rasa gatal. 

Mengenal Serat Polyester dan Rekomendasi Kainnya

6. CVC Slub Siro

CVC Slub Siro merupakan kain yang termasuk dalam jajaran fancy fabrics Textiles. Kain ini terbuat dari 2 jenis campuran serat, yaitu serat polyester dan serat kapas.

Kain ini memiliki ciri khas pada struktur kainnya yang menebal dan menipis. Kain ini juga memiliki corak bintik-bintik berwarna dan garis putih.

Mengenal Serat Polyester dan Rekomendasi Kainnya

7. CVC Pique Hexagon

CVC Pique Hexagon merupakan kain yang terbuat dari 2 serat campuran, yaitu 60% serat katun dan 40% serat polyester.

CVC Pique Hexagon memiliki ciri khas pada corak rajutnya  yang berbentuk segi enam pada permukaanya. Kain ini nyaman digunakan, sejuk, mudah menyerap keringat, dan cocok dijadikan pakaian formal maupun non formal.

Serat Polyester

8. CVC Fleece

CVC Fleece merupakan kain yang terbuat dari 2 serat campuran yaitu serat katun dan polyester. Meskipun terdapat serat polyester, Kain ini masih mampu menyerap keringat cukup baik, sehingga tidak terasa panas ketiga digunakan. Kain CVC Fleece memiliki ciri khas pada bagian dalamnya memiliki bulu halus.

Serat Polyester

9. Polyester Scuba

Polyester Scuba merupakan kain yang terbuat dari 100% serat polyester. Kain Polyester Scuba merupakan kain yang kurang mampu menyerap keringat atau air dengan baik, cenderung sulit. Kain Polyester Scuba memiliki ciri-ciri struktur kain yang cukup tebal dan lentur.

Nah gimana? sekaran jadi makin tahu kan apa kelebihan dan kekurangan dari serat polyester? Polyester tidak selamanya panas dan kurang nyaman digunakan, kain dengan serat polyester dapat menjadi nyaman digunakan bila komposisi suatu kain tersebut tepat dan berbahan baku baik dan berkualitas.

Yuk cek katalog kain berkualitas lainnya di website Textile, dan unduh e-katalog gratisnya!

TOKO BAHAN KAOS

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*