Perbedaan Katun dan Rayon Yang Harus Kamu Tahu

0
Artikel SEO November 2022 2
Artikel SEO November 2022 2

Banyak sekali jenis pakaian yang dibuat menggunakan berbagai jenis kain, dan dari sekian banyaknya jenis kain, bahan dan bahan Rayon masih menjadi yang paling banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai jenis pakaian. 

Pasti ada sebuah alasan mengapa suatu bahan terus menerus digunakan dari waktu ke waktu sebagai bahan dasar untuk membuat pakaian, dan tentu kenyamanan adalah alasan utamanya kan? Karena memang kedua jenis bahan ini dikenal dengan kenyamanannya. 

Tapi sebenarnya, kain Rayon dan kain ini seperti apa karakteristiknya? Dan apa saja perbedaan katun dan rayon sehingga sering sekali dipilih sebagai bahan untuk membuat berbagai jenis pakaian. 

Kalau kamu mau tahu apa saja perbedaan dan rayon untuk bahan pakaian, berarti kamu harus menyimak artikel Minto ini yang akan mengulas tentang perbedaan katun dan rayon sebagai bahan pakaian. Happy reading!

Pengertian Bahan dan Karakteristiknya

Sesuai dengan namanya bahan pasti dibuat dari serat kapas, dan juga mempunyai beberapa keunggulan yang membuat kain ini banyak disukai dan dipilih orang-orang sebagai bahan untuk membuat pakaian.

Serat kapas sendiri sebenarnya sudah lama sekali digunakan di industri pakaian ini, keberadaan dari serat kapas sudah sangat lama . Pertama kali saat kapas digunakan sekitar 6.000 SM di India dan Pakistan. Karakteristik dari kain yang sangat baik menjadi salah satu alasan mengapa kain ini banyak digunakan dan menjadi favorit orang-orang. Kalau begitu Minto juga akan coba jelaskan apa saja karakteristik dari kain katun.

  • Daya Serapnya Sangat Bagus

Daya serap yang baik dari serat kapas, membuat kain menjadi mudah untuk menyerap air maupun keringat. Kain ini sangat cocok untuk digunakan di negara-negara yang mempunyai cuaca panas seperti salah satunya di Indonesia, karena kain ini akan terasa sejuk saat digunakan. Selain terasa sejuk kain ini juga dapat memberikan rasa hangat ketika cuaca sedang terasa dingin.

  • Serat Yang Kuat

Serat kapas merupakan serat yang kuat, serat kapas bisa menjadi 20% lebih kuat apabila dalam kondisi yang basah. Kekuatan kapas dipengaruhi oleh kadar selulosa yang mana ketika dalam kondisi basah maka kekuatannya justru akan semakin besar. Jadi tidak heran kan jika bahan yang dibuat dari serat kapas juga menjadi kuat dan tahan lama, sehingga bisa digunakan dengan waktu yang lama.

  • Aman dan Tidak Menyebabkan Iritasi / Alergi

Bahan tidak akan menyebabkan alergi atau iritasi kulit terhadap penggunanya, karena kain ini dibuat dari bahan alami. Sehingga bahan ini aman untuk yang mempunyai kulit sensitif sekalipun.

  • Serap Kapas Tahan Terhadap Panas

Serat kapas dapat tahan terhadap panas, bahkan dengan suhu yang tinggi sekalipun.

  • Serat Kapas Mudah Terbakar

Selayaknya kapas yang mudah sekali terbakar, sudah pasti seratnya pun akan sangat mudah terbakar juga. Ketika serat ini terbakar maka penjalarannya akan sangat cepat sehingga perlu berhati-hati dan pastikan jauhkan serat katun ini dari apapun yang dapat memicu pembakaran.

  • Daya Serap Warna 

Serat katun atau serat kapas juga menyerap warna dengan sangat baik, sehingga warna kain terlihat bagus, cemerlang, dan tidak pudar atau terlihat kusam.

Ada 3 jenis serat kapas atau serat katun yang dikatakan sebagai jenis kapas terbaik di dunia, dan 3 jenis kapas tersebut adalah:

  • Supima Cotton, serat kapas ini berasal dari Amerika.
  • Sea Island Cotton, serat kapas berasal dari Karibia (Caribbean).
  • Giza Cotton, serat kapas yang berasal dari Mesir (Egypt).

Pengertian Bahan Rayon dan Karakteristiknya

Selanjutnya adalah kain Rayon yang mana merupakan serat selulosa semi-sintetis yang digunakan salah satunya sebagai bahan pakaian. Meskipun rayon terbuat dari bahan alami (seperti pohon beech atau bambu), rayon mengalami proses kimia yang intensif, sehingga kita menyebutnya sebagai bahan semi-sintetis.

Perlu kamu ketahui jika terdapat 3 jenis utama rayon yaitu, Rayon Viscose, Lyocell dan Modal.

Karakteristik Kain Rayon:

  • Halus dan Lembut, Kain Rayon menjadi kain yang mempunyai tekstur yang halus dan lembut.
  • Permukaan yang mengkilap, Rayon mempunyai permukaan yang mengkilap.
  • Kain Rayon merupakan bahan yang nyaman digunakan dan kainnya “Jatuh”.
  • Daya Serap Baik, sifat dari rayon adalah salah satu kain yang mempunyai daya serap yang baik bahkan lebih baik dibandingkan dengan kapas.
  • Kain Rayon juga tidak menahan panas, sehingga bahan ini terasa sejuk dan mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Perbedaan Katun dan Rayon

Dari penjelasan di atas tentang kain katun dan kain Rayon sudah jelaskan perbedaan katun dan rayon apa saja, tentu saja yang pertama perbedaannya datang dari kandungan serat kainnya yang berbeda. Kain katun dibuat dari 100% serat kapas sedangkan kain Rayon dibuat dari serat selulosa semi-sintetis.

Yang kedua, perbedaan katun dan rayon adalah kain katun merupakan kain natural karena dibuat dari serat alami. Sedangkan kain Rayon termasuk jenis kain semi sintetis, meskipun dibuat dari serat alami tetapi terdapat proses yang menggunakan bahan kimia.

Perbedaan katun dan rayon juga terdapat pada harga kainnya ya, kedua kain ini sering kali mempunyai harga kain yang berbeda, dan biasanya harga Rayon yang lebih mahal.

Meskipun kedua kain ini ternyata memang berbeda, tetapi kegunaan dari kain ini tetap sama yaitu sebagai bahan pakaian yang nyaman digunakan, mempunyai karakteristik yang baik, dan juga bisa dikatakan sebagai bahan yang sangat recommended juga.

Tidak perlu ragu untuk menggunakan kain ini, dan kamu juga bisa menggunakan keduanya sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu mencari kain katun yang berkualitas, langsung saja datang ke Knitto Textiles yang ada di kota mu ya. 

Meskipun kami tidak menyediakan kain Rayon tapi tenang saja, kamu bisa mencoba untuk menggunakan kain TENCEL™ Modal Blended with sebagai penggantinya, karena kualitasnya pun tidak jauh berbeda.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Kain yang Cocok Untuk Bahan Seragam

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini