Perbedaan Ukuran Baju Pria Lokal dan Internasional

0
ukuran baju pria

Salah satu pengalaman yang paling tidak mengenakan adalah ketika kamu membeli baju apalagi secara online dan ternyata ketika baju kamu sampai ukurannya tidak sesuai, terlalu kebesaran atau justru kekecilan. Hal ini sering terjadi tidak hanya pada para wanita saja, para pria yang sering berbelanja baju secara online juga mungkin pernah mengalami. Meminimalisir agar hal seperti ini tidak terulang lagi, kami akan memberikan sedikit informasi tentang ukuran baju terutama untuk ukuran baju pria.

Ukuran baju bisa dibedakan berdasarkan dengan standar ukuran mana yang brand baju tersebut gunakan, apakah menggunakan ukuran baju pria lokal atau

Dari kedua standar ukuran ini tentu memiliki perbedaan dari size chart nya, dan biasanya ukuran baju pria luar atau internasional akan lebih besar dibandingkan dengan ukuran baju pria lokal.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali distro, atau toko-toko baju yang menjual baju dengan size chart standar ukuran Internasional. 

Meskipun begitu beberapa lokal sebenarnya juga mempunyai ukuran tersendiri yang biasa digunakan, sehingga mungkin akan terdapat beberapa perbedaan pada ukuran nya. Berikut ini panduan ukuran pakaian pria untuk ukuran lokal dan ukuran internasional.

Apa yang membedakan ukuran lokal dan Internasional?

Perbedaan yang paling terlihat secara signifikan dari ukuran pakaiannya, size lokal cenderung lebih kecil dibandingkan dengan size luar. Bisa kamu coba bandingkan dari ukuran lingkar dada, panjang baju, ukuran bahu, dll. 

Selain itu yang berbeda antara ukuran lokal dan internasional adalah dari penggunaan penyebutan ukurannya, Garmen lokal kebanyakan menggunakan Alpha Sizing sedangkan Garmen luar kebanyakan menggunakan Numeric Sizing, meskipun kembali lagi ke wilayah atau negaranya.

Ukuran Baju Pria Internasional

Setiap brand pakaian mungkin saja mempunyai ukuran yang berbeda-beda, beberapa ada yang memilih menggunakan size chart dengan standar lokal atau juga mungkin ada yang lebih berkiblat ke arah ukuran baju internasional. Karena bentuk tubuh setiap orang juga berbeda-beda dan tidak sedikit orang Indonesia juga mengalami kesulitan ketika mencari baju atau yang pas dengan postur tubuhnya, karena bisa jadi posturnya lebih tinggi dari rata-rata postur tubuh orang Indonesia. Jika terjadi kasus seperti ini, jalan keluar satu-satunya untuk orang tersebut adalah dengan menggunakan size atau ukuran standar Internasional, karena biasa ukuran baju pria luar lebih besar dibandingkan dengan ukuran lokal Indonesia. 

Nah maka dari itu, untuk memastikan sebenarnya ukuran baju kamu itu lebih cocok menggunakan ukuran lokal atau Internasional, coba simak ukuran baju pria seperti yang di bawah ini.

MENS INTERNATIONAL SIZE (CM)SMLXL
LINGKAR DADA9298108116
L.PINGGANG75839199
L. PINGGUL94100110118
L. BAHU14151720
P.LENGAN64656667

Dari tabel di atas ini bisa kamu perhatikan ukuran secara detail untuk pakaian pria, terdapat ukuran untuk Lingkar Dada, Lingkar Pinggang, Lingkar Pinggul, Lingkar Bahu dan Panjang Lengan. Ukuran di atas ini merupakan standar size Internasional atau ukuran luar ya. Untuk kamu yang mempunyai postur tubuh yang lebih besar dan seringkali kesulitan menemukan size yang pas pada baju-baju lokal, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan pakaian dengan size Internasional. 

Ukuran Baju Pria Lokal

Tidak semua brand yang ada di Indonesia menggunakan ukuran baju pria yang sama, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bisa jadi brand tersebut mempunyai size chart mereka sendiri yang ternyata berbeda dengan size chart yang dimiliki brand lain, maka dari itu sebagai pembeli pun kamu harus jeli dan teliti, selalu tanyakan terlebih dahulu berapa ukuran dari masing-masing baju setidaknya kamu mengetahui berapa ukuran lebar dada dan panjang baju dari ukuran S, M, L dan XL nya. Karena bisa jadi brand A dan brand B menggunakan size chart yang berbeda. Berikut ini merupakan ukuran baju pria lokal yang bisa jadi referensi untuk kamu sebelum memilih pakaian.

MENS LOCAL SIZE (CM)SMLXL
LINGKAR DADA96100104108
L.PINGGANG72.57577.580
L. PINGGUL98100102104
L. BAHU14151720
P.LENGAN6061.56364.5

Bisa kamu bandingkan sendiri ukuran yang tertera pada label di atas terlihat lebih kecil baik untuk ukuran Lingkar Dada sampai ke Panjang Lengannya jika dibandingkan dengan ukuran baju pria Internasional pada tabel sebelumnya. 

Ukuran pada tabel-tabel di atas baik untuk ukuran lokal maupun ukuran Internasional ini bisa kamu gunakan untuk mengukur semua jenis pakaian seperti kaos, kemeja, hoodie, dan lain sebagainya dan nanti tinggal kamu sesuaikan saja dengan baju yang akan kamu beli kira-kira ukuran apa yang paling mendekati dengan ukuran tubuh kamu. 

ukuran baju pria internasional

Apa yang dimaksud dengan ukuran All Size?

Selain ukuran seperti S, M, L dan XL mungkin kamu juga pernah mendengar pakaian dengan ukuran &8220;All Size”, ukuran seperti apa all size itu?

Ukuran allsize bukanlah sebuah pernyataan jika semua ukuran ada, tapi maksudnya adalah ukuran rata-rata dari besar badan secara keseluruhan orang Indonesia. Dan ukuran rata-ratanya di antara ukuran M dan L. Terkadang allsize juga bisa melebihi ukuran L dan bisa kurang dari ukuran M. Hal ini menunjukan bahwa ukuran allsize merupakan ukuran yang tidak secara pasti panjang dan lebarnya. Meskipun ukuran All Size yang lebih sering dipakai itu adalah rata-rata dari ukuran M dan L tapi ukuran all size juga bisa untuk ukuran rata-rata S dan M atau ukuran L dan XL. 

Tips Memilih Ukuran Baju Yang Tepat 

  • Ketahui bagaimana cara untuk mengukur badan dan bagian mana saja yang harus diukur, seperti lingkar dada, lingkar pinggang, lingkar pinggul, dll.
  • Jangan langsung percaya dengan ukuran pakaian yang tertera, sebaiknya kamu cari tahu ukuran secara detailnya.
  • Jika kamu merasa pakaian ini tidak akan muat atau memang tidak terdapat ukuran pasti pada keterangan baju nya, sebaiknya jangan paksakan untuk membeli.
  • Cari tahu jenis bahan yang digunakan, apakah akan menimbulkan perubahan ukuran setelah di cuci atau tidak. 
  • Untuk mendapatkan ukuran terbaik memang sebaiknya baju tersebut kamu coba secara langsung, kecuali jika kamu membeli nya secara online. 
  • Pilih toko atau seller yang menerima untuk penukaran atau pengembalian barang jika seandainya baju tersebut ternyata tidak muat.

Jadi selalu teliti dalam membeli baju ya, pastikan semua aspek sudah sesuai dengan yang kamu mau dan kamu butuhkan mulai dari jenis bahannya, model baju, kualitasnya sampai ke ukuran bajunya juga. Semoga artikel tentang ukuran pakaian pria ini bisa menjadi referensi menemukan ukuran pakaian yang tepat untuk kamu ya.

Baca Juga: Akhirnya! Knitto Semarang, Supplier Bahan Kaos Semarang Resmi Dibuka

TOKO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here