Rekomendasi Macam Macam Bahan Baju Untuk Lebaran

0

BELI SEKARANG

Lebaran tinggal menghitung hari, sudah persiapkan baju untuk hari raya nanti? Mempersiapkan baju dan keperluan lebaran begitu menyenangkan dan membuat kita cukup bersemangat terutama urusan menyiapkan baju yang akan dikenakan saat lebaran nanti.

Beberapa orang memilih untuk membeli baju jadi tapi banyak juga yang memilih untuk membuatnya agar sesuai dengan desain atau konsep yang diinginkan. Untuk kamu yang saat ini sedang mencari baju untuk lebaran nanti, ada beberapa rekomendasi macam macam bahan baju yang nyaman dan bisa kamu gunakan saat lebaran nanti.

Macam Macam Bahan Baju Lebaran

Di hari lebaran biasanya kita disibukan dengan kegiatan yang cukup banyak, mulai dari Shalat Idul Fitri, bercengkrama bertemu keluarga dan kerabat, dan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya. Baju yang dipakai saat banyak kegiatan di Idul Fitri ini haruslah nyaman digunakan, nah berikut ini adalah macam macam bahan baju lebaran yang bisa kamu gunakan atau kamu pilih saat Lebaran agar tetap nyaman beraktivitas.

  1. Katun

Gamis dengan kain katun sangat nyaman dipakai sehingga umumnya dipakai sebagai bahan untuk membuat gamis pesta. Kain katun mempunyai tekstur yang lembut serta halus juga bahannya yang tahan lama dan awet. Gamis yang menggunakan bahan kain katun cocok buat kamu yang menyukai dengan bahan premium.

  1. Katun Jepang

Kamu ingin tampil dengan kesan luxury, kamu bisa menggunakan bahan kain katun jepang karena kualitasnya yang mencapai 90-100% premium. Kain katun Jepang mempunyai bahan yang lembut, permukaannya halus, nggak berbulu, nggak mudah luntur dan ada banyak pilihan motif. Meski kualitasnya premium, kain katun Jepang ini mempunyai harga yang terbilang relatif murah lho. Nggak heran jika banyak yang menggunakan gamis dari bahan kain katun Jepang.

  1. Sutra

Ingin tampil elegan serta terkesan mewah? Gamis berbahan kain sutra adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Kain sutra mempunyai tekstur yang lembut, ringan serta permukaannya berkilau. Kain sutra yang paling terkenal adalah sutra Cina yang teksturnya lebih tebal namun permanen terasa ringan saat digunakan. Tetapi, kain sutra dikenal mempunyai harga yang mahal jadi jangan lupa pertimbangkan isi dompetmu juga ya.

  1. Linen

Kain linen mempunyai tekstur sedikit kaku, tetapi menariknya kain ini akan terasa sejuk bila digunakan saat cuaca panas tapi saat cuaca dingin kain ini akan memberikan efek hangat. Gamis ini cocok untuk kamu yang suka bepergian karena nyaman digunakan di segala cuaca

  1. Rayon

Rayon adalah serat selulosa semi-sintetis yang digunakan salah satunya sebagai bahan pakaian. Meskipun rayon terbuat dari bahan alami (seperti pohon beech atau bambu), rayon mengalami proses kimia yang intensif, sehingga kita menyebutnya sebagai bahan semi-sintetis. Bahan Rayon ini bisa menjadi pilihan lain jika dirasa kain Sutra terlalu mahal, bahan ini juga mempunyai kualitas yang sangat bagus, seperti halus dan lembut, berkilau pada permukaan kainnya, dapat menyerap keringat dan kelembaban dengan baik. 

Jika kamu ingin membuat pakaian lebaran dengan nuansa yang lebih casual dan berbeda, ada beberapa jenis bahan ini yang bisa kamu coba seperti di bawah ini.

  1. Bahan Baju Combed

Cotton Combed adalah salah satu yang dibuat dari 100% serat Cotton diolah dengan cara disisir pada mesin combing untuk dibuang biji atau kontaminasi kapasnya sehingga kain Cotton Combed mempunyai kualitas lebih baik dari jenis kain cotton biasa. Tahukah Anda? Nama kain Cotton Combed juga diambil dari nama mesin pembuatnya yaitu mesin Combing

Bahan Combed bisa kamu gunakan untuk membuat dress, gamis, bahkan kerudung juga bisa kamu buat dari bahan ini. Jadi bukan hanya untuk kaos saja kan bahannya? Kamu bisa kreasikan menjadi berbagai jenis pakaian sesuai dengan kreativitas kamu.

  1. Bahan Baju Bamboo

Kain cotton bamboo dibuat dari campuran serat bambu dan serat cotton atau kapas. Dengan presentasi 70% serat Bamboo dan 30% serat Cotton. Sama seperti dengan yang merupakan bahan dari alam, kain Bamboo juga mempunyai banyak keunggulan yang bisa kamu rasakan sendiri. 

Keunggulan yang pertama adalah kandungan anti bakteri, anti bau dan anti jamur, yang ada pada kain Cotton Bamboo ini berasal dari zat alami yang disebut “Penny Quinone” dan juga terdapat anti jamur juga atau disebut dengan bio-agent “Bamboo Kun”.

Kainnya pun terasa sangat lembut dan halus, daya serapnya sangat baik serta mempunyai kemampuan untuk menghilangkan kelembaban saat digunakan. Cotton Bamboo dipercaya bisa memberikan perlindungan dari dampak sinar UV sampai 97, 5%, dan masih banyak lagi keunggulan lain yang bisa kamu rasakan jika menggunakan bahan baju Cotton Bamboo.

  1. Bahan Baju Modal

Macam macam bahan baju yang bisa kamu coba untuk dibuat baju lebaran selanjutnya adalah kain Cotton Modal, atau yang tersedia di adalah TENCEL™ Modal blended with Cotton. Kain yang dibuat dari dua campuran serat yaitu serat Cotton sebanyak 50% dan juga campuran serat TENCEL™ Modal sebanyak 50%.

Kainnya yang super lembut, ramah lingkungan dan teksturnya jatuh cocok digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian termasuk pakaian seperti dress atau gamis, meskipun biasanya kain ini digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kaos.

  1. Bahan Baju US Pima Cotton

Mau pakai kain yang lebih baik lagi kualitasnya alias lebih premium? Kami sarankan kamu untuk menggunakan bahan U.S. Pima Cotton. Kain ini dibuat dari 100% seat cotton atau kapas, tetapi berbeda dengan Combed ya. Karena kain ini menggunakan serat yang langka, bahkan produksinya saja hanya 1% dari total seluruh produksi kapas dunia.

Bahan ini pasti sangat nyaman ketika digunakan, serta kainnya pun bisa lebih awet dan tahan lama, untuk baju lebaran mungkin kamu bisa membuat kaos dengan model Henley, agar terlihat berbeda dan spesial di hari raya nanti.

  1. Bahan Baju Pique

Jenis bahan baju terakhir yang bisa kamu coba gunakan untuk membuat baju lebaran adalah bahan Pique. Kain ini umumnya dipakai untuk membuat kaos polo hanya saja tetapi ternyata kamu bisa berkreasi dengan jenis bahan ini. Sudah banyak pebisnis fashion yang menggunakan bahan ini diluar dari kebiasaannya yaitu dengan membuat kemeja bahkan baju koko sekalipun.

Terdapat dua jenis bahan pique yang bisa kamu coba, yaitu Pique dan Cotton Combed Pique. Apa perbedaannya? Kain Cotton Combed Pique mempunyai kualitas yang sangat baik dan premium, kainnya halus dan lembut juga bisa menyerap keringat dengan baik. Sedangkan kain CVC Pique dibuat dari campuran serat cotton dan polyester sehingga termasuk ke dalam macam macam bahan baju semi-sintetis. Tapi tenang saja karena kualitasnya masih tetap baik, dan nyaman digunakan. Untuk kamu yang membutuhkan bahan kain dengan harga yang terjangkau mungkin bahan ini bisa menjadi pilihan.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*