Sablon di Kaos Rusak? Ini Cara Menghilangkan Sablon di Baju

0

Di tahun 2021 ini fashion Indonesia semakin berkembang, berbagai macam jenis fashion terutama semakin bervariasi dan juga semakin menunjukan eksistensi nya. Salah satu bisnis fashion yang juga semakin berkembang dan menjamur di Indonesia adalah

adalah pakaian yang versatile, bisa kamu gunakan kapan saja dan dikombinasikan dengan berbagai jenis pakaian lainnya. Tahun ke tahun, industri bisnis kaos terus berkembang pesat terbukti dengan banyaknya bentuk dan juga variasi kaos yang terus bermunculan dan menjadi favorit semua orang khususnya kalangan muda. 

Kaos yang paling sering kita lihat atau dipilih adalah kaos polos, tapi tidak jarang juga kaos yang mempunyai motif corak atau bergambar pun selalu dipilih oleh para penggunanya. Kaos yang bergambar atau mempunyai variasi tulisan biasanya disebut juga dengan nama “Kaos Sablon” teknik sablon yang digunakan untuk mencetak kaos sablon tersebut juga bermacam-macam, ada sablon manual dan juga sablon digital. 

Dari semua kaos sablon yang kamu punya, apakah semuanya variasi nya masih utuh atau beberapa sablonnya sudah mengelupas? Terasa jengkel ya, jika menemukan kaos sablon kesayanganmu menjadi rusak karena proses pencucian, maka dari itu kamu harus sangat memperhatikan perawatan kaosnya agar tetap aman dan awet. 

Mengatasi sablon yang sudah mengelupas ini, dan agar kaos tetap bisa kamu gunakan juga, bagaimana jika sablonan tersebut dihilangkan saja? 

Apakah sablon bisa dihilangkan?

Sebenarnya sablon yang ada di kaos kamu bisa dihilangkan dengan beberapa cara, apalagi jika kamu masih ingin menggunakan kaosnya karena memang bahan dari kaosnya terasa nyaman dan masih berkualitas bagus.

Kami mempunyai beberapa cara menghilangkan sablon di baju yang bisa kamu coba dengan alat dan bahan yang cukup mudah dan pastinya ada disekitar kita. Apa saja cara yang bisa kamu gunakan? 

  • Cara menghilangkan sablon polyflex di baju dengan di setrika

Jika kaos sablon yang kamu punya kebetulan menggunakan sablon Polyflex sebagai jenis sablon yang digunakannya maka berikut ini cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan sablonan pada kaosnya. Biasanya untuk kaos yang menggunakan sablon jenis Polyflex bisa dihilangkan dengan cara disetrika.

Alat dan bahan yang diperlukan:

2 buah kering atau handuk, setrika, pisau atau gunting.

  • Langkah pertama untuk menghilangkan sablon nya adalah panaskan setrika sampai suhu maksimal.
  • Siapkan 2 buah kain kering, letakkan salah satunya di bagian dalam kaos
  • Setelah itu tutup bagian bersablon dengan kain satunya. Jangan sampai kamu tidak menggunakan 2 lapis kain ya, karena lapisan dalam nya berfungsi untuk melindungi kaos di bagian lainnya atau bagian belakang.
  • Jika setrika sudah panas, langsung setrika kaosmu yang sudah dilapisi kain tadi selama beberapa detik saja
  • Angkat kain kering yang menutupi permukaan sablon dan lumuri bagian sablon yang masih panas dengan alkohol menggunakan kain, lalu terlihat sablonan akan mengerut dan tarik bagian sablon yang sudah mengerut tadi, sebaiknya gunakan pisau.
  • Silakan ulangi proses ini beberapa kali sampai sablonan benar-benar hilang
  • Setelah selesai, silakan untuk melumuri bagian sablonnya dengan menggunakan alkohol untuk menghilangkan bekas perekat sablon dan setelah itu cuci kaos sampai bersih.
  • Cara menghilangkan bekas sablon di baju dengan bensin

Selanjutnya cara menghilangkan sablon di baju yang bisa kamu coba untuk mengatasi sablonan yang rusak pada baju atau kaos adalah dengan menggunakan Bensin, selain Bensin sebenarnya bisa kamu coba juga cara menghilangkan sablon kaos dengan Minyak Kayu Putih. Tapi perlu kamu ingat cara ini sebenarnya bisa jadi tidak lebih efektif dari cara yang sebelumnya atau menggunakan setrika, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. 

Alat dan bahan yang harus disiapkan:

2 Kain atau handuk kering, Bensin atau Minyak Kayu Putih, Gunting atau Pisau. 

  • Pertama, persiapkan baju atau kaos yang akan dihilangkan sablonannya. Lalu kamu balik kaosnya (posisi sablonannya harus berada di dalam). 
  • Seperti cara sebelumnya letakkan kain atau handuk di bagian dalam kaos, hal ini bertujuan agar cairan tidak merembes kemana-mana. 
  • Sekarang olesi bagian sablon pada kaos yang sudah dibalik dengan bensin atau minyak kayu putih
  • Diamkan sebentar sampai bensin atau minyak kayu putih kering
  • Lalu gunakan pisau atau gunting untuk mengelupas sablonan pada kaos atau baju
  • Jika sablon masih belum mengelupas, coba kamu ulangi cara menghilangkan sablon di baju ini 3 sampai 5 kali sampai sablonan benar-benar hilang
  • Langkah terakhir adalah, cuci baju sampai benar-benar bersih menggunakan sabun dan detergen. Gunakan juga pewangi pakaian agar bau bensin hilang.
  • Cara menghilangkan cat sablon di baju dengan cairan M3

Apakah menggunakan cairan M3 merupakan cara menghilangkan sablonan di baju paling ampuh? Bisa jadi, karena cairan M3 ini hampir menyerupai thinner atau pelarut sehingga dapat memudarkan warna sablon yang ada pada baju.

Alat dan bahan yang diperlukan:

2 buah kain atau handuk kering, Cairan M3, Masker dan Pisau atau Gunting

Cairan M3 ini bisa kamu dapatkan di toko cat sablon terdekat atau bisa juga dibeli melalui online shop. Biasanya cairan M3 ini sering digunakan untuk menghilangkan sablonan pada baju atau kaos yang menggunakan atau Rubber. Mari kita mulai langkah-langkahnya

  • Pertama, sebelum memulai gunakan masker terlebih dahulu untuk menghindari uap dari cairan M3 ini terhirup. Dianjurkan juga untuk menggunakan sarung tangan karet saat menggunakan cairan ini karena, cairan M3 bisa menyebabkan kulit kamu gatal atau iritasi jika terkena langsung
  • Siapkan alat dan bahannya, letakkan kaos atau baju pada permukaan yang datar dengan mengarahkan bagian sablonnya menghadap ke atas
  • Seperti cara sebelumnya masukkan handuk atau kain kering ke dalam bagian kaos, agar cairan tidak merembes ke area lain baju atau kaos. 
  • Lalu basahi kain kering yang satunya dengan cairan M3, setelah itu lumuri bagian sablon yang rusak atau ingin dihilangkan dengan kain yang sudah basah oleh cairan tadi.
  • Diamkan kaos beberapa saat sampai ada reaksi pada sablonan yang sudah di olesi cairan M3 tadi, jika sudah terlihat mengkerut langsung gunakan pisau atau gunting untuk mengelupas sablon dari kaos. 
  • Seperti biasa, ulangi langkah-langkah ini sampai sablonannya benar-benar terkelupas semua.
  • Langkah terakhir adalah cuci kaos atau baju sampai benar-benar bersin. Kamu harus memastikan jika kamu sudah terbebas dari cairan M3 karena kalau tidak kulit kamu bisa iritasi atau terjadi reaksi gatal.

Dengan mencoba beberapa cara menghilangkan sablon di baju ini semoga bisa menjadi jalan keluar untuk kaos kamu yang rusak pada bagian sablonnya sehingga tetap bisa kamu gunakan sehari-hari, apalagi jika bahan yang kamu gunakan memang sangat nyaman. Sama hal nya seperti yang Knitto Textiles hadirkan yang selalu mengutamakan kualitasnya agar selalu menjadi pilihan para customer di seluruh Indonesia. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

(Coming Soon)

Official WhatsApp: 082120003035

Jam Buka

Senin &8211; Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here