3 Cara Agar Customer Tetap Loyal 

0
Rate this post

Sebagai seorang yang memiliki sebuah bisnis, sangatlah penting untuk selalu memelihara loyalitas customer agar mereka tidak melirik produk lain. Mengingat banyaknya pesaing yang berdatangan setiap saat, maka menjaga kesetiaan atau loyalitas pelanggan lah yang bisa Anda lakukan. Karena persaingan ini juga yang mengharuskan para pebisnis untuk lebih berusaha menjaga para customer nya tidak berpindah ke produk lain dan justru bisa membawa konsumen baru lainnya yang ikut menggunakan produk mereka

Pada artikel kami kali ini, kami ingin berbagi tips bagaimana membuat customer Anda menjadi loyal kepada bisnis dan produk Anda juga memungkinkan mereka membawa customer baru. 3 cara ini bisa Anda coba lakukan dan terapkan kepada bisnis Anda

Selain menghadirkan produk yang berkualitas, salah satu kunci untuk menjaga loyalitas customer Anda adalah dengan selalu memberikan pelayanan yang maksimal. Untuk hal ini mungkin memang sudah menjadi kewajiban Anda sebagai pebisnis, baik bisnis yang dijalankan secara offline dan online. Tetapi memberikan pelayanan maksimal ini sepatutnya dilakukan kepada semua customer Anda ya, tidak hanya kepada customer yang memang sudah lama menggunakan produk Anda.

3 Cara Agar Customer Tetap Loyal 

image source: unsplash

Dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada customer Anda, beberapa aspek perlu Anda perhatikan seperti bahasa ketika berkomunikasi. Gunakan bahasa yang sopan dan keramahan Anda ketika berbicara dengan customer. Beberapa tips ini mungkin berguna untuk Anda ketika sedang melayani customer Anda.

  • Buat percakapan lebih personal, sapa customer Anda secara personal, sapa mereka bukan hanya seperti “Bapak” atau “Ibu” tapi gunakan nama nya juga. Tujuannya adalah untuk membangun koneksi dan komunikasi yang lebih baik.
  • Pahami produk yang Anda jual, ketika Anda menggunakan jasa admin atau pegawai pada bisnis Anda, pastikan mereka sudah mengetahui seluruh informasi produk yang Anda jual, jangan sampai customer merasa kesal karena pegawai Anda atau bahkan Anda sendiri tidak mengetahui produk yang dijual.
  • Buat proses berbelanja lebih mudah, customer manapun pasti enggan untuk melanjutkan berbelanja jika tahapannya terlalu berbelit-belit, jadi pastikan proses berbelanja di toko Anda itu sangat mudah dipahami dan dilakukan.
  • Tepati Janji, jika Anda sekali saja tidak menepati janji yang sudah diberikan kepada customer, secara instan Anda akan kehilangan customer. Maka dari itu perhatikan selalu janji apa yang Anda berikan dan tepati.
  • Jangan adu argumen dengan customer Anda, kita semua tahu customer tidak selalu benar tetapi tujuan kita disini adalah untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan menjaga customer kita tetap loyal bukan untuk memenangkan adu argumen, tetap sabar dan berikan pelayanan terbaik Anda.
  • Berikan informasi terbaru, poin yang terakhir adalah selalu berikan informasi terbaru tentang produk dari brand Anda kepada customer. Atau lakukan follow-up secara berkala kepada customer yang mungkin sudah lama tidak membeli produk Anda.

Lakukan pelayanan yang memuaskan dan maksimal untuk mempertahankan customer Anda menjadi tetap loyal kepada brand Anda ya

  • Bangun Hubungan Yang Saling Menguntungkan 

Jika pelayanan yang maksimal sudah bisa Anda berikan kepada pelanggan atau customer Anda, bisa dikatakan Anda telah membuat para customer ini tetap setia terhadap bisnis yang Anda bangun. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan loyalitas customer dengan membangun hubungan kerja sama yang baik dan saling menguntungkan. Sebisa mungkin bangun kerja sama yang tidak hanya menguntungkan satu pihak saja, tetapi menguntungkan kedua belah pihak baik pihak customer dan pemilik bisnis. Dengan begitu secara perlahan dampak positif dari bisnis Anda akan terlihat lebih nyata, berikan pelanggan Anda saran atau tips tentang perawatan produk misalnya atau hal lain yang memberikan dampak baik terhadap customer

  • Dengarkan dan Tanggapi Keluhan Customer

Dengarkan customer Anda, ketika mereka mempunyai kesulitan baik ketika berbelanja atau ketika memiliki keluhan jangan tunda untuk menyelesaikan, dengarkan apa yang mereka keluhkan dan sesegera mungkin, berikan solusi untuk menyelesaikan keluhan ini. Jangan sampai mereka menunggu dan berlanjut menjadi masalah yang lebih besar dan bisa membuat Anda bisa kehilangan customer kan? 

Dalam sebuah bisnis sepertinya hal yang sangat wajar ketika ada customer yang mengeluhkan terhadap pelayanan atau produk yang Anda jual dan hal ini juga merupakan sebuah resiko yang harus Anda siap hadapi. Beberapa keluhan bisa jadi merupakan hal yang sepele tetapi ada juga customer yang menyatakan keluhannya secara valid dan dilengkapi dengan buktinya. Langkah yang harus Anda lakukan adalah tanggapi terlebih dahulu keluhan yang customer Anda berikan, lalu siapkan waktu khusus untuk menangani permasalahan yang customer Anda alami terutama jika masalah yang dikeluhkan mengarah kepada kualitas produk Anda. Segera lakukan pengecekan dan lakukan pembenahan terhadap produk yang dikeluhkan dan jangan sampai nantinya ada komplain yang sama karena kualitas produk juga. Ingat juga untuk selalu menghadapi komplain atau keluhan dengan kepala dingin. Jangan terbawa emosi dan jangan sampai reputasi bisnis Anda menjadi rusak hanya karena hal sepele ya

3 tips di atas bisa Anda coba aplikasikan kepada bisnis apapun yang sedang Anda jalani, baik bisnis secara online dan terutama untuk Anda yang mempunyai bisnis secara offline ya, karena Anda berhadapan langsung dengan customer tidak melalui telepon atau aplikasi percakapan. 

Untuk Anda yang mempunyai bisnis secara offline atau membuka toko langsung, selalu perhatikan kebersihan tempat Anda dan kenyamanannya juga, karena hal ini bisa menjadi nilai plus untuk toko dan bisnis Anda. Tempatkan diri Anda sebagai seorang customer yang datang ke sebuah toko, pasti akan merasa senang jika toko tersebut bersih dan memiliki suasana yang nyaman. Selalu sapa dan tanya apa yang sedang customer Anda butuhkan, jangan pernah mendiamkan pelanggan yang datang ke toko Anda, perlakukan customer Anda dengan baik. 

Kesimpulannya adalah untuk menjaga customer kita tetap loyal memang memerlukan usaha yang tidak kecil, butuh kerja keras dan kerja sama yang baik juga, tidak hanya antara Anda dengan customer tetapi antara sesama pegawai pun harus mempunyai kerja sama yang baik. Bagaimana Anda menangani customer pun sangat perlu untuk diperhatikan, jika Anda mempunyai produk yang bagus tetapi pelayanan Anda terhadap customer tidak membuat mereka nyaman, sudah dipastikan para customer ini akan berpindah ke produk lain dan meninggalkan brand Anda, tidak menutup kemungkinan mereka akan memberikan pengaruh terhadap customer lain karena ketidakpuasan pelayanan dari toko Anda

Semoga tips yang kami berikan bermanfaat dan membuat customer Anda menjadi semakin banyak dan semakin loyal terhadap bisnis dan produk Anda ya. Terima kasih sudah membaca artikel kami dan terima kasih sudah menggunakan bahan kaos dari Knitto Textiles! Sukses selalu

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur