6 Jenis Kain Terbaik Untuk Membuat Goodie Bag

0
5/5 - Vote count: 33 votes

6 Jenis Kain Terbaik Untuk Membuat Goodie Bag – Goodie bag merupakan salah satu elemen penting dalam berbagai acara, seperti pesta ulang tahun, pernikahan, seminar, dan acara lainnya. 

Bagian terbaik dari goodie bag adalah kemampuannya untuk menjadi hadiah berkesan bagi para tamu dan juga cara yang bagus untuk mengurangi limbah plastik sekali pakai, karena tentu goodie bag bisa kamu gunakan lagi untuk membawa belanjaan dari supermarket atau pun pasar tanpa perlu banyak menggunakan kantong plastik lagi. 

Jika kamu ingin membuat goodie bag yang unik, stylish, dan ramah lingkungan, pilihan kain yang tepat adalah kunci keberhasilannya. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 6 jenis kain yang cocok untuk menciptakan goodie bag yang menarik.

6 Jenis Kain Untuk Membuat Goodie Bag

1. Kain Kanvas

Kain kanvas adalah salah satu bahan yang sering dipilih untuk pembuatan goodie bag karena sifatnya yang tahan lama, mudah dihias, dan berpenampilan menarik. 

goodie bag

Kain ini lebih tebal dan lebih tahan lama, membuatnya ideal untuk goodiebag yang dirancang untuk membawa barang-barang yang lebih berat.

Kain Kanvas biasanya tersedia dalam berbagai pilihan warna, memudahkan kamu untuk menyesuaikan dengan tema atau warna acara kamu. Meskipun memang kamu juga harus mempertimbangkan dari segi harga bahannya yang cenderung lebih mahal, tapi jika dibandingkan dengan keuntungan dan kekuatan bahannya maka akan menjadi layak memilih bahan ini.

2. Kain D600 

Dalam pencarian bahan yang ideal untuk tas goodie bag, kain D600 sering kali menonjol sebagai pilihan yang sangat memadai. 

Dikenal juga sebagai kain polyester D600, bahan ini adalah salah satu jenis kain polyester yang paling tahan lama dan serbaguna.

Selain bahannya yang kuat, kain D600 umumnya dilapisi dengan bahan yang tahan air, menjadikannya pilihan yang ideal untuk acara di luar ruangan atau situasi di mana tas goodiebag bisa terkena air.

3. Kain D300

Kain D300 adalah salah satu variasi dari kain polyester yang sering digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk pembuatan tas goodiebag. 

Meskipun tidak sekuat D600, D300 menawarkan seimbang antara ketahanan dan biaya, membuatnya menjadi pilihan yang cukup populer.

Seperti yang disebutkan, bahan D300 memang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kain D600. Selain itu ketahan bahannya cukup baik dan bahan ini pun cukup tahan air alias waterproof.

4. Kain Drill

Salah satu bahan yang semakin populer digunakan untuk membuat tas goodie bag adalah kain drill. 

Kain ini dikenal karena teksturnya yang kuat, tahan lama, dan bisa dibilang lebih mewah dibanding beberapa jenis kain lainnya. 

Untuk kamu yang ingin memberikan kesan yang lebih elegan ketika membagikan goodie bag mu nanti, jelas harus memilih bahan ini, selain kainnya yang kuat dan tahan lama, tampilan yang lebih elegan, kain Drill juga tidak mudah kusut, meskipun harga dari bahan Drill memang cenderung lebih mahal 

5. Kain Spunbond

Kain spunbond sering kali menjadi pilihan yang populer ketika memilih bahan untuk goodie bag. 

Kain Spunbond dibuat dari serat polipropilena atau polyester, kain ini menawarkan sejumlah keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk goodie bag.

Biaya atau harga yang ditawarkan oleh kain spunbond memang jauh lebih relatif murah, sehingga tidak heran jika banyak orang yang senang menggunakan bahan ini untuk goodie bag.

Kain spunbond juga merupakan bahan yang ringan, membuat goodie bag yang terbuat darinya menjadi mudah untuk dibawa-bawa. 

Tapi perlu diketahui juga oleh Knittopreneurs salah satu downside dari kain spunbond adalah bahan ini umumnya tidak biodegradable, yang berarti ia tidak akan terurai secara alami.

 JIka kamu lebih mempertimbangkan bahan yang lebih ramah lingkungan sebaiknya tidak menggunakan jenis bahan ini untuk goodie bag.

6. Kain Blacu

Kain blacu adalah salah satu bahan yang sering terlupakan tetapi sebenarnya sangat efektif untuk digunakan sebagai bahan goodie bag.

Salah satu kelebihan terbesar dari kain blacu adalah aspek ramah lingkungannya, seringkali terbuat dari bahan alami seperti katun, blacu adalah pilihan yang ramah lingkungan dan biodegradable.

Kain blacu memiliki tekstur dan penampilan yang kasar, memberikan kesan rustik dan alami. Ini sangat sesuai untuk acara dengan tema-tema yang lebih dekat dengan alam. 

Meski bukan yang paling kuat, kain blacu cukup tahan lama dan bisa menahan berat barang hingga tingkat tertentu. 

Selain itu kain blacu juga mudah dicuci dan dirawat, sehingga tidak akan menjadi salah satu jenis goodie bag yang pakai buang, dan bisa digunakan berulang kali, ketika dicuci pun kain tidak mudah luntur dan bahan ini menyerap tinta dengan baik untuk proses pencetakan.

Ternyata cukup banyak ya jenis bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat goodie bag, dan sepertinya semua jenis kain di atas cukup bisa memberikan banyak alternatif untuk kamu gunakan ketika akan memilih bahan yang cocok untuk goodie bag.

Tips Memilih Kain Untuk Goodie Bag

Setelah Minto menjelaskan bahan apa saja yang bisa kamu gunakan untuk membuat goodie bag, Minto ingin kamu juga tahu bagaimana cara yang tepat saat memilih bahan untuk goodie bag dan hal apa saja yang perlu diperhatikan.

Ketika kamu akan membuat atau membeli tas untuk goodie bag, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dengan baik seperti:

  • Ketahanan dan Kekuatan Bahannya, jangan sampai kamu menggunakan bahan yang berkualitas buruk sehingga goodie bag nantinya tidak tahan lama dan tidak cukup kuat untuk menahan beban.
  • Tujuan dan Tema Acara, pertimbangkan tujuan dari goodie bag dan tema acara kamu. Apakah kamu ingin menciptakan kesan mewah, lucu, atau ramah lingkungan? Pilih bahan yang sesuai dengan tujuan dan tema tersebut.
  • Desain dan Dekorasi, Perhatikan apakah bahan tersebut cocok untuk dihias dan dicetak sesuai dengan desain yang kamu inginkan. Beberapa bahan mungkin lebih cocok untuk teknik tertentu, seperti sablon, bordir, atau cetak digital.
  • Ramah Lingkungan, saat ini semakin banyak orang yang peduli pada lingkungan, memilih bahan yang ramah lingkungan menjadi sangat penting. Sehingga pilihlah bahan goodie bag yang juga ramah lingkungan.
  • Harga, sesuaikan pilihan bahan dengan anggaran kamu. Beberapa jenis bahan untuk goodie bag memang terkenal lebih mahal karena kualitas dari bahannya juga yang berbeda dengan jenis yang standar, maka dari itu pastikan kamu memiliki cukup anggaran untuk memilih bahan yang sesuai.
  • Kenyamanan dan Penggunaan Ulang, pastikan goodiebag yang kamu buat nyaman untuk dibawa pulang oleh para tamu. Selain itu, pertimbangkan apakah bahan tersebut dapat digunakan kembali untuk berbagai keperluan setelah acara selesai.

Pilihan kain untuk goodiebag tidak hanya mempengaruhi tampilan, tetapi juga fungsionalitas dan keberlanjutan lingkungan. Dari kain Kanvas sampai ke Kain Blacu, setiap jenis kain menawarkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pastikan untuk memilih bahan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tema acara kamu.

Baca Juga: Tips OOTD Celana Kulot Wanita

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur