8 Fakta Unik Tentang Jaket Varsity Yang Harus Diketahui

0
4.7/5 - Vote count: 22 votes

8 Fakta Unik Tentang Jaket Varsity Yang Harus Diketahui – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas tentang jaket varsity, yang sering kita temui di pasaran. Jaket varsity adalah salah satu jaket yang sering digunakan oleh pria maupun wanita, Yuk kita cari tahu lebih lagi tentang jaket varsity!

Apa itu Jaket Varsity?

Jaket varsity, juga dikenal sebagai jaket baseball atau varsity jacket, adalah jenis jaket yang memiliki desain khas yang terinspirasi oleh jaket yang dikenakan oleh para pelajar yang berada di tim olahraga universitas atau sekolah. 

Jaket ini memiliki beberapa ciri khas yang mencolok, seperti kombinasi warna kontras antara bagian badan dan lengan, huruf atau logo sekolah di bagian depan atau belakang, dan bur yang digunakan di pinggang dan lengan.

Jaket varsity pertama kali digunakan di Universitas Harvard pada pertengahan abad ke-19 ketika pemain baseball tim universitas diberikan jaket berwarna gelap yang terbuat dari wol dengan huruf “H” yang mewakili universitas. Jaket ini awalnya diberikan sebagai penghargaan kepada para atlet yang mencapai prestasi dalam olahraga. 

Namun, seiring berjalannya waktu, jaket varsity menjadi populer di kalangan siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi sebagai bagian dari budaya olahraga dan identitas sekolah. Jaket varsity telah menjadi simbol prestasi olahraga, semangat sekolah, dan nostalgia di Amerika Serikat dan banyak negara lainnya.

Meskipun awalnya terkait dengan olahraga, jaket ini telah menjadi bagian dari fashion yang populer dan dapat dikenakan dalam berbagai kesempatan.Desainnya yang klasik dan gayanya yang ikonik menjadikannya salah satu item pakaian yang paling dikenal di dunia.

Kini sudah banyak jaket varsity dengan model dan desain yang lebih beragam lagi.

8 Fakta Unik Tentang Jaket Varsity yang Harus Diketahui

Jaket varsity yang diminati oleh banyak orang juga punya beberapa fakta unik lho. Berikut ini adalah beberapa fakta unik yang harus kamu ketahui!

  • Pertama Kali Digunakan di Universitas Harvard

Sejarah jaket varsity dimulai di Universitas Harvard pada pertengahan abad ke-19. Pemain baseball tim universitas diberikan jaket berwarna gelap yang terbuat dari wol dengan huruf “H” yang mewakili universitas. Inilah yang kemudian menjadi awal mula jaket varsity.

  • Representasi Identitas Sekolah

Jaket varsity sering dihiasi dengan huruf atau logo sekolah di bagian depan atau belakang.Bukan hanya pakaian, jaket varsity juga merupakan simbol identitas sekolah atau universitas. Orang yang memakainya biasanya adalah atlet yang telah mencapai prestasi olahraga.

  • Kombinasi Warna Kontras

Ciri khas jaket varsity adalah kombinasi warna yang kontras antara bagian badan dan lengan, biasanya perpaduan antara warna terang dan gelap atau muda dan tua.

Bagian badan sering berwarna muda atau terang sementara lengan memiliki warna yang tua atau gelap. Perpaduan warna ini memberikan tampilan yang mencolok dan unik.

  • Menggunakan Kancing Snap

Jaket varsity biasanya memiliki kancing snap di bagian depan yang menghasilkan tampilan yang klasik. Kancing snap seringkali dihiasi dengan emboss tulisan atau inisial nama sekolah atau tim olahraga.

  • Bahan yang Beragam

Jaket varsity dapat terbuat dari berbagai jenis bahan, termasuk wol, kulit, nilon, dan bahan sintetis lainnya. Pilihan bahan ini memungkinkan penggunaan jaket ini dalam berbagai kondisi cuaca.

  • Bur di Pinggang dan Lengan

Ciri khas jaket varsity adalah adanya bur di pinggang dan lengan. Ini memberikan tampilan yang lebih fit body sehingga udara tak mudah masuk dan membantu menjaga suhu dalam tubuh tetap hangat.

  • Evolusi Desain

Selama bertahun-tahun, desain jaket varsity mengalami evolusi. Mereka menjadi lebih modern dengan tambahan aksen seperti kerah berlipat dan desain yang lebih stylized.

  • Pengaruh dalam Budaya Populer

Jaket varsity telah menjadi bagian dari fashion. Jaket varsity sering muncul dalam film, acara TV, dan iklan,  sehingga sering menjadi item fashion yang dikenal di seluruh dunia. Jaket ini termasuk dalam dunia fashion streetwear.

Jaket varsity  telah menjadi simbol prestasi dan warisan budaya yang penting dalam masyarakat Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Dalam jaket varsity, kita dapat melihat sejarah, identitas, dan gaya yang timeless. Dan kini jaket varsity sudah dipakai sebagai fashion item yang dapat digunakan sehari-hari di luar universitas dan sekolah.

Rekomendasi Bahan Jaket Varsity Knitto Textiles

  • Cotton Combed Baby Terry

Knitto Textiles menyediakan kain Cotton Combed Baby Terry yang terbuat dari 100% serat kapas. Kain Cotton Combed Baby Terry memiliki ciri kain yang unik.

Pada permukaan depan kainnya mirip dengan permukaan kain bahan kaos biasa dan bagian belakang kainnya yang memiliki struktur “loop”. Kain Cotton Combed Baby Terry Knitto Textiles tersedia dalam 2 jenis lebar kain yaitu 36 Inch dan 45 Inch dalam 33 pilihan warna menarik. 

  • Cotton Combed Fleece

Knitto Textiles menyediakan kain Cotton Combed Fleece yang terbuat dari 100% serat kapas, punya ketebalan kain 280-290 gsm yang cocok dijadikan jaket.

Kain ini juga punya setting open finish dengan lebar kain 72”. Kain ini punya ciri bagian dalam kain yang berbulu, namun tenang bulu-bulu ini cocok untuk kamu pakai karena tidak menimbulkan rasa gatal.

  • Heavy Cotton Combed Fleece

Knitto Textiles menyediakan kain kain Heavy Cotton Combed Fleece. Kain ini hampir sama dengan Cotton Combed Fleece, yang membedakan hanya gramasi atau ketebalan kain yang lebih tebal yaitu 330 – 350 gsm. Kain ini sama-sama punya lebar kain 72” dengan setting kain open finish.

  • CVC Fleece

Knitto Textiles menyediakan kain CVC Fleece. Berbeda dengan Cotton Combed Fleece dan Heavy Cotton Combed Fleece, CVC Fleece terbuat dari 2 campuran serat yaitu Polyester dan serat kapas, Kain ini punya ketebalan kain lebih tebal dibanding Baby Terry yaitu 280-290 dengan setting open finish. 

Kain ini memiliki lebar kain 72”. Meskipun terbuat dari campuran serat, kain ini tetap nyaman digunakan karena memiliki komposisi serat kapas yang lebih banyak.

Nah gimana, tertarik untuk coba kain bahan jaket Knitto Textiles? Kainnya tersedia dalam banyak warna lho, yuk coba kainnya sekarang juga! Untuk pricelist dan katalog lengkap kunjungi www.portal.knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur