Ini Macam-Macam Warna Biru yang Populer dalam Fashion, Knitto Juga Punya!

0
5/5 - Vote count: 52 votes

Ini Macam-Macam Warna Biru yang Populer dalam Fashion, Knitto Juga Punya! – Warna biru adalah pilihan yang digemari dalam berbagai lini industri. Mulai dari diproduksi sebagai cat, digunakan untuk warna barang-barang rumah tangga, hingga menjadi warna yang populer dalam fashion.

10 Macam Macam Warna Biru yang Populer dalam Fashion, Cek!
10 Macam Macam Warna Biru yang Populer dalam Fashion, Cek!

Knittopreneurs yang menyukai warna biru, biasanya akan dinilai sebagai tipe yang lebih senang dengan suasana damai dan tenang, serta pembawaan yang lebih “berwibawa.” Namun, tahukah kamu bahwa macam-macam warna biru yang sering dipakai dalam fashion bisa memiliki kesan yang berbeda?

Untuk tahu lebih lanjut, simak hingga akhir ya!

Perkembangan Tren Warna Biru

Dari masa ke masa, popularitas warna biru tampaknya tidak pernah memudar. Sebagai salah satu warna yang masuk pada kategori primer (model RGB, atau red green blue), biru menjadi warna yang memiliki turunan-turunan yang indah.

Puncak kepopulerannya sendiri, terutama dalam dunia fashion, ada pada tahun 2000. Tepatnya, ketika Pantone menobatkan “Cerulean” sebagai Color of The Year. Cerulean adalah warna dengan nuansa biru langit yang menenangkan, memiliki makna yang merefleksikan langit cerah setelah masa-masa yang penuh gejolak dan ketidakpastian. 

Kini, macam-macam warna biru dinilai bisa mengekspresikan berbagai nilai dan emosi, yang tercermin melalui berbagai jenis, palet, dan gradasi.

24 Macam-Macam Warna Biru dalam Color Theory

24 Macam-Macam Warna Biru dalam Color Theory
24 Macam-Macam Warna Biru dalam Color Theory

Pada spektrum warna, biru terletak di antara warna ungu dan warna hijau. Maka, nuansa yang dimilikinya pun cenderung ke arah “dingin” dengan shade yang memiliki rona hijau dan ungu. Kemudian, menurut Color Theory yang pernah dirilis oleh Paper Leaf, ada 24 macam-macam warna biru yang kerap digunakan dalam seni dan desain.

Kita coba bagi warna-warnanya ke beberapa kategori, ya:

Biru Muda atau Biru Pastel

Pertama, ada biru muda. Pada kategori ini, macam-macam warna biru yang masuk ke dalamnya menampilkan dan memberi kesan yang cerah dan menyegarkan.

  • Aqua: Mencerminkan warna air yang jernih, dengan kode RGB: 00FFFF.
  • Cyan: Sebuah warna primer dalam model warna CMYK, memiliki kode RGB yang sama dengan Aqua, menandakan kedekatan warna ini dalam spektrum biru muda.
  • Light Cyan: Versi yang lebih terang dari Cyan, memberikan kesan lebih lembut, dengan kode RGB: E0FFFF.
  • Pale Turquoise: Warna yang mirip dengan air laut tropis, dengan kode RGB: AFEEEE.
  • Aquamarine: Warna yang sama dengan mineral beryl, dengan kode RGB: 7FFFD4.

Nude Blue (Biru Pucat)

Macam-macam warna biru yang masuk pada kategori “nude” atau pucat, biasanya lebih dekat dengan spektrum warna lainnya ketimbang biru, sehingga hanya memiliki “rona” biru yang tidak terlalu terang dan gelap. Knittopreneurs bisa menggunakannya untuk kesan yang lebih netral.

  • Turquoise: Warna yang mengingatkan pada batu permata, dengan kode RGB: 40E0D0.
  • Medium Turquoise: Nuansa sedikit lebih gelap dari Turquoise, dengan kode RGB: 48D1CC.
  • Dark Turquoise: Versi yang lebih gelap dan pekat, dengan kode RGB: 00CED1.
  • Cadet Blue: Lekat dengan nuansa militer, dengan kode RGB: 5F9EA0.
  • Steel Blue: Dinamakan “baja” karena kesan metaliknya, dengan kode RGB: 4682B4.
  • Light Steel Blue: Lebih cerah dari steel blue, kode RGB: B0C4DE.
  • Powder Blue: Warna yang mengingatkan pada baby blue, kode RGB: B0E0E6.
  • Light Blue: Nama lain “biru muda” yang sering kita jumpai, kode RGB: ADD8E6.
  • Sky Blue: Seperti langit yang cerah, kode RGB: 87CEEB.
  • Light Sky Blue: Lebih muda dari sky blue, kode RGB: 87CEFA.

Biru Tua

Terakhir, ada kategori warna yang istilahnya biru banget. Macam-macam warna biru yang ada di kategori ini memiliki nuansa yang lebih pekat dan serius, seringkali dipilih untuk menambahkan nuansa profesionalisme atau untuk tampil elegan.

  • Deep Sky Blue: Langit biru yang dalam dan luas, dengan kode RGB: 00BFFF.
  • Dodger Blue: Cerah dan menarik, dengan kode RGB: 1E90F.
  • Cornflower Blue: Lembut dan menenangkan, dengan kode RGB: 6495ED.
  • Medium Slate Blue: Warna biru keunguan yang unik, dengan kode RGB: 7B68EE.
  • Royal Blue: Warna biru yang kaya dan mewah, dengan kode RGB: 4169E1.
  • Blue: Warna biru yang sering kita temui, dengan kode RGB: 0000FF.
  • Medium Blue: Dengan hint hitam yang lebih pekat, kode RGB: 0000CD
  • Dark Blue: Warna biru gelap, kode RGB: 00008B.
  • Navy: Warna populer untuk fashion, kode RGB: 000080.
  • Midnight Blue: Sering dijadikan pilihan yang lebih gelap dari navy, kode RGB: 191970.

Warna mana, nih, yang sering Knittopreneurs gunakan?

Baca Juga: Ide Kombinasi Warna Kuning untuk Setiap Style, Bahannya Beli di Knitto!

10 Macam-Macam Warna Biru yang Populer dalam Fashion

10 Macam-Macam Warna Biru yang Populer dalam Fashion
10 Macam-Macam Warna Biru yang Populer dalam Fashion

Penggunaan macam-macam warna biru biasanya akan bervariasi, tergantung dari industri yang dihadapi. Misalnya, kita ambil contoh interior untuk dibandingkan dengan fashion. 

Pilihan yang diambil antara dua bidang ini bisa jauh berbeda, karena fashion lebih dipengaruhi oleh tren, sementara interior bersifat lebih tahan lama. Sehingga, warna-warna biru dalam fashion biasanya lebih dinamis dan ekspresif. Sementara untuk interior, akan netral dan serbaguna.

Jadi, tolak ukur bagusnya juga berbeda ya, Knittopreneurs! Tidak berarti warna biru yang biasa kita lihat di dinding rumah akan cocok dikenakan. Minto coba jelaskan nih, pilihan biru yang kece sebagai outfit kamu:

  • Warna Biru Tosca

Pilihan Minto untuk warna populer yang pertama jatuh pada Biru Tosca. Warna yang sering disebut sebagai turquoise ini adalah campuran unik antara biru dan hijau, yang memberikan kesan segar dan cerah. 

Tosca sering kali dihubungkan dengan kejernihan air yang biasa ditemukan di laut tropis, cocok untuk Knittopreneurs yang ingin menampilkan kesan natural dan rileks dalam pemakaiannya. 

  • Warna Biru Dongker

Kedua ada Biru Dongker, atau sering juga disebut sebagai biru gelap. Warna ini merupakan versi yang “pekat” dari biru, biasanya digunakan untuk memberikan kesan elegan dan mewah pada fashion. Knittopreneurs akan terlihat cocok menggunakannya sebagai pakaian formal atau pakaian kerja.

  • Warna Biru Navy

Ini nih, warna yang sering dikatakan mirip dengan biru dongker. Nyatanya, Navy memiliki rona yang lebih gelap dari dongker. Knittopreneurs mungkin akan lebih sering menemukannya pada outfit jeans, atau sebagai warna dari seragam, blazer, dan jas. Pilihannya klasik dan menawarkan kesan profesional dengan lebih tegas.

  • Warna Biru Denim

Biru Denim, atau yang lebih populer disebut sebagai warna denim, adalah pilihan lainnya dari macam-macam warna biru yang populer digunakan dengan bahan jeans. Warna ini sangat fleksibel, mudah dipadukan dengan warna lain. Sehingga sering dipakai untuk celana dan jeans.

  • Warna Biru Muda

Kemudian ada warna Biru Muda. Secara teknis, ada beberapa shade biru yang masuk pada kategori ini. Namun pada pemakaiannya secara umum, hanya dikenal dengan satu warna.

Pilihannya ideal untuk menampilkan kesan yang menenangkan, sering digunakan untuk menciptakan tampilan yang lembut dan feminin. Cocok untuk pakaian sehari-hari, serta aksesoris yang ingin menonjolkan kesan santai.

  • Warna Biru Langit

Terinspirasi dari warna langit yang cerah, Biru Langit (Sky Blue) bisa memberikan kesan damai dan bebas saat digunakan. Warna ini sering dipilih untuk pakaian kasual dan olahraga yang ingin memberikan kesan energik dan bersemangat.

  • Warna Biru Elektrik

Warna Biru Elektrik sering juga disebut sebagai biru metalik. Pemakaiannya sering dikombinasikan dengan bahan beludru, satin, hingga toyobo. Warna ini kerap ditemukan pada tenaga kesehatan, hingga di acara-acara formal. Knittopreneurs bisa menggunakannya untuk menampilkan kesan “mewah” pada penampilan.

  • Warna Biru Laut 

Selain identik dengan langit, biru juga sering dikaitkan dengan laut. Salah satu warna yang populer digunakan dalam fashion lainnya adalah warna biru laut, yang menggambarkan kedalaman dan keindahan laut. Biru Laut adalah warna yang tenang namun misterius, cocok untuk gaun malam hingga pakaian renang yang ingin menyampaikan keanggunan dan ketenangan.

  • Warna Biru Candy 

Warna Biru Candy adalah nuansa biru yang ceria dan manis, sering digunakan untuk pakaian anak-anak atau aksesoris yang ingin memberikan kesan playful dan ceria. Sekilas, Knittopreneurs mungkin melihat kilat yang mirip dengan biru elektrik dari warnanya, namun kesan yang ditimbulkan berbeda. Jika rona yang dimiliki biru elektrik adalah “hitam”, maka biru candy punya rona “putih.” 

  • Warna Biru Pastel

Pilihan terakhir ini sering dikenal sebagai warna biru Wardah. Sebagai salah satu nuansa biru yang paling lembut, Biru Pastel menawarkan kesan feminin dan elegan. Ideal untuk pakaian seperti gaun pengantin, dan pakaian formal lainnya yang ingin menonjolkan kesan kelembutan.

Baca Juga: Warna Abu-Abu Cocok dengan Warna Apa? Temukan Kombinasinya!

Cara Memilih Warna Biru Berdasarkan Skin Tone

Memilih Macam-Macam Warna Biru Sesuai Skin Tone
Memilih Macam-Macam Warna Biru Sesuai Skin Tone

Saatnya memilih warna biru yang tepat! Knittopreneurs bisa mencocokkannya dengan skin tone yang dimiliki, agar pemakaiannya tidak membuat kulit terkesan kusam atau abu-abu.

Kulit Cerah (Fair / Light)

Knittopreneurs dengan skin tone yang cerah, kemungkinan memiliki kulit yang cenderung sangat terang atau pucat. Untuk itu, warna biru yang lembut seperti biru langit, biru pastel, dan biru aqua sangat cocok. Jika ingin memadukannya dengan aksesoris, pilih yang bisa memberikan efek kontras tapi tidak berlebihan. Misalnya, dengan gelang perak atau hijab putih.

Kulit Sawo Matang (Medium / Beige)

Dikenal sebagai skin tone alami di Indonesia, Knittopreneurs yang memiliki warna kulit ini juga punya banyak pilihan yang bisa digunakan dalam palet warna biru. Mulai dari biru denim, royal blue, hingga biru tosca. Pilihan dari macam-macam warna ini bisa menawarkan kontras yang indah dan menonjolkan warna alami kulit.

Kulit Tan 

Gradasi warna biru yang sebaiknya dipilih, ada pada kategori biru pekat atau biru gelap. Seperti contohnya biru navy, biru dongker, dan sapphire blue. Macam-macam warna biru gelap ini bisa membuat penampilan Knittopreneurs terlihat menawan..

Knitto Juga Punya! Koleksi Warna Biru yang Hits

Koleksi Warna Biru Cotton Combed 30s Milik Knitto
Koleksi Warna Biru Cotton Combed 30s Milik Knitto

Bicara tentang tren fashion, Knitto nggak mau ketinggalan! Dari banyak macam-macam warna biru yang populer, semuanya ada di koleksi Cotton Combed 30s milik Knitto. Ada 13 pilihan yang bisa Knittopreneurs beli: 

  • Navy 
  • Benhur 
  • Deep Blue 
  • Ocean Blue 
  • Turkis Tua 
  • Turkis 
  • Turkis Muda 
  • Biru Muda 
  • Steel Blue 
  • Sky Blue 
  • Dusty Blue 
  • Palladian Blue 
  • Mineral Blue

Beberapa di antaranya masih bertahan sebagai best seller, loh. Seperti warna Navy dan Benhur! Terbukti ya, bahwa warna biru yang Knitto miliki sudah digemari Knittopreneurs selama bertahun-tahun. Jadi, nggak perlu ragu lagi beli bahan kaos di Knitto Textile.

Baca Juga: Perpaduan Warna Ungu Dengan Warna Lain Pada Outfit, Buat Tampilan Lebih Elegan

Itulah pembahasan mengenai macam-macam warna biru yang sering digunakan pada seni dan desain, dan populer dalam fashion. Knittopreneurs, warna favoritnya yang mana nih?

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]