Memilih Perpaduan Warna Biru dalam Outfit, Bagaimana Tips dan Triknya?

0
5/5 - Vote count: 50 votes

Memilih Perpaduan Warna Biru dalam Outfit, Bagaimana Tips dan Triknya? – Halo Knittopreneurs! Minto kembali membawa tips fashion yang bisa kamu coba terkait warna. Sebelumnya, Minto juga sudah bahas mengenai macam-macam warna biru yang populer dalam fashion.

7 Ide Perpaduan Warna Biru untuk Outfit, Simple dan Elegan
7 Ide Perpaduan Warna Biru untuk Outfit, Simple dan Elegan

Kali ini, kita akan mencoba sama-sama mengupas bagaimana perpaduan warna biru bisa kamu integrasikan dengan outfit sehari-hari, pesta, ataupun kerja. Ada juga fakta menarik tentang filosofi warna biru, dan perbedaan navy vs dongker yang bisa kita bahas. Yuk simak hingga akhir!

Memahami Fakta Menarik akan Arti Warna Biru 

Biru sering dikaitkan dengan warna khas langit yang cerah, atau laut yang tenang.  Elemen-elemen yang ada di alam ini mampu menimbulkan perasaan rileks dan damai, sehingga warnanya pun menjadi simbol dari kestabilan, kedamaian, dan ketenangan.

Dalam psikologi warna, arti warna biru mencakup rasa percaya, ketenangan, dan kecerdasan. Sehingga, warnanya kerap digunakan pada ruang yang ingin mendukung konsentrasi penuh dan tenang. Makna warna biru juga erat kaitannya dengan rasa sejuk dan aman, membantu mental dan fisik kita untuk lebih rileks.

Bagaimana Warna Biru Mempengaruhi Emosi dan Persepsi?

Berbagai Macam Warna Biru Pada Kain
Berbagai Macam Warna Biru Pada Kain

Pilihan nuansa biru dapat membawa pengaruh positif jika digunakan dengan bijak. Misal, jika Knittopreneurs ingin meningkatkan produktivitas dan kreativitas, gunakan warna biru muda. Warnanya cocok dipilih untuk rapat bulanan, menghadiri acara sebagai narasumber, atau kesempatan-kesempatan lainnya yang menuntut terjadinya diskusi aktif dalam satu ruangan,

Di sisi lain, biru tua sering dianggap bisa mendorong rasa kepercayaan diri bagi Knittopreneurs serta lebih dipercaya oleh orang lain. Maka, gunakan untuk brand yang bergerak di bidang jasa atau service, wawancara kerja, atau acara-acara yang memiliki potensi business opportunity. 

Fun fact, ada juga penjelasan ilmiah akan efek yang ditimbulkan warna biru ini, Knittopreneurs. Biru memiliki panjang gelombang yang lebih panjang dibandingkan warna-warna hangat seperti merah atau kuning. Panjang gelombang yang lebih panjang ini membutuhkan lebih sedikit usaha untuk diproses oleh mata, sehingga memberikan efek menenangkan.

Namun, pengaruh warna biru juga bisa negatif, tergantung dari situasinya. Pada konteks ritme sirkadian (siklus alami tidur dan bangun tubuh), jika kita mendapat paparan biru terang pada malam hari dapat mengganggu tidur. Kebalikannya, saat mendapatkannya pada siang hari maka dapat membantu mengatur ritme alami tubuh, meningkatkan kewaspadaan, kinerja, dan mendapatkan rasa rileks disaat yang bersamaan.

Baca Juga: Padu Padan Outfit Warna Pink Kamu dengan Kombinasi Ini, Dijamin Cocok!

7 Ide Perpaduan Warna Biru dengan Warna Lain dalam Fashion

7 Ide Perpaduan Warna Biru dengan Warna Lain dalam Fashion
7 Ide Perpaduan Warna Biru dengan Warna Lain dalam Fashion

Sebagai salah satu warna yang gampang dikombinasikan dengan warna lainnya, perpaduan warna biru hadir dalam berbagai nuansa. Bisa digabungkan dengan warna pastel, vibrant atau cerah, hingga warna netral yang lebih gelap darinya. Ada beberapa pilihan perpaduan warna biru yang harus Knittopreneurs coba, menurut rekomendasi Minto:

Perpaduan Warna Ungu dan Biru

Warna ungu yang merupakan hasil dari pencampuran merah dan biru, menghasilkan kontras yang manis saat dipadukan dengan warna yang masih ‘dekat’ dengannya. Kombinasi-kombinasi yang bisa kamu coba:

  • Biru Langit dan Lilac: Shade biru yang cerah dan segar ini dapat menyeimbangkan warna ungu lembut dengan sempurna.
  • Navy dan Ungu Gelap: Cocok untuk tampilan yang lebih klasik dan elegan.
  • Biru Turquoise dan Lavender: Memberikan kesan tropis yang menyenangkan.
  • Biru Elektrik dan Violet: Untuk nuansa yang lebih segar dan manis.

Perpaduan Warna Biru dan Abu Abu

Biru dan abu-abu memiliki panjang gelombang yang mirip, walau kesannya berbeda. Biru terkesan lebih ‘dingin’ dari abu-abu yang ‘hangat.’ Namun, perpaduan warna biru muda dan abu-abu disukai untuk kondisi-kondisi yang menuntut kamu harus tampil formal. Selain itu, Minto merekomendasikan warna-warna berikut:

  • Biru Elektrik dan Silver: Perpaduan warna biru elektrik dan silver bisa membuat kamu tampil menonjol dan chic.
  • Biru Langit dan Abu-abu: Memberikan suasana yang menyegarkan dan tenang, ideal untuk ruangan yang ingin memberikan kesan lapang dan nyaman.
  • Biru Turqoise dan Abu-abu Charcoal: Kedua warna yang cenderung pekat ini, saat dikombinasikan bisa memberikan tampilan yang dinamis dan penuh energi.
  • Biru Denim dan Abu-abu Gelap: Ketika digabungkan, ada balance yang sempurna antara nuansa hangat dan tenang, cocok untuk pakaian yang walau formal tetap terlihat nyaman.

Perpaduan Warna Kuning dan Biru

Perpaduan warna biru yang satu ini cukup populer, Knittopreneurs. Tidak hanya karena terlihat cantik saat dipandang, namun juga memberikan kesan nyaman tanpa terlihat terlalu ‘dingin’ di ruangan. Ada kombinasi biru dan kuning yang harus kamu coba:

  • Biru Langit dan Kuning Pastel: Dua warna lembut yang memberikan suasana segar dan ceria. Cocok untuk dipadukan dengan jilbab warna putih atau jilbab warna abu-abu muda untuk look yang lebih lembut.
  • Biru Dongker dan Kuning: Terlihat elegan dan playful, kombinasi ini cocok untuk acara semi-formal.
  • Biru Candy dan Kuning Neon: Memberikan kesan yang sangat berani dan energetik, ideal untuk tampil jadi pusat perhatian.
  • Royal Blue dan Gold: Mewah, kombinasi ini cocok untuk acara khusus yang membutuhkan sedikit kecerahan dan kemegahan. Misalnya saat merayakan hari Lebaran.

Perpaduan Warna Merah dan Biru

Merah dan biru merupakan warna-warna primer yang kerap digabungkan untuk mendapatkan warna turunan. Keduanya dikenal sebagai warna yang sudah cantik saat dipakai sendiri, dan lebih menarik ketika digunakan bersamaan. Contoh kombinasi yang bagus, seperti: 

  • Navy dan Merah Marun: Cocok untuk tampilan malam yang formal karena kesan elegan yang ditampilkannya. Untuk pria, setelan navy dengan dasi merah marun bisa menjadi pilihan yang bagus.
  • Biru Langit dan Merah Cerah: Memberikan energi positif, yang cocok dipakai untuk acara outdoor, atau kumpul-kumpul santai. Tambahkan aksesoris netral untuk menyeimbangkannya.
  • Cobalt Blue dan Nude Red: Playful dan modern, dengan sentuhan yang lembut. Ideal dipakai untuk sehari-hari atau pergi ke pameran seni.
  • Biru Teal dan Merah Burgundy: Warna yang pekat dan memberikan kesan anggun. Knittopreneurs bisa memilih kemeja atau blouse netral seperti putih atau abu-abu jika memilihnya untuk layering.

Perpaduan Warna Hijau dan Biru

Warna biru dan hijau merupakan warna-warna yang sering ditemukan di alam, sehingga menggunakan kombinasinya dapat memberikan angin segar atau rasa damai pada yang memakai atau melihatnya. Untuk memilih kombinasi yang cocok antara keduanya, berikut beberapa rekomendasi dari Minto:

  • Navy dan Forest Green: Paduan keduanya yang sama-sama pekat cocok untuk tampilan yang lebih serius dan formal, Knittopreneurs bisa menggunakan navy untuk dasar seperti blazer atau celana, dengan atasan hijau. 
  • Sky Blue dan Mint: Warna yang sama-sama memberikan kesan fresh ini bisa digunakan saat siang hari. Misalnya, padukan dress biru dengan aksesoris hijau mint seperti tas atau sepatu.
  • Biru Teal dan Hijau Olive: Ini adalah perpaduan yang balance, dengan hijau olive yang hangat dan biru yang lembut. Knittopreneurs juga bisa menambahkan aksesoris warna coklat untuk menambahkan unsur alami lainnya. 
  • Biru Turquoise dan Hijau Lime: Kombinasi ini cocok untuk acara yang fun atau liburan di pantai.

Perpaduan Warna Hitam dan Biru

Warna hitam cocok dipadukan dengan nuansa biru apapun. Minto mau merekomendasikan beberapa yang wajib dicoba: 

  • Navy dan Hitam: Sangat elegan, kombinasi ini memberikan kesan yang kuat dan berkelas, cocok untuk acara formal atau lingkungan profesional.
  • Sky Blue dan Hitam: Ada kesan kontras yang menyegarkan. Perpaduan warna biru langit yang tenang dengan hitam yang kuat menciptakan tampilan yang seimbang antara profesional dan santai.
  • Biru Elektrik dan Hitam: Dinamis dan trendi. Biru elektrik memberikan tampilan yang sangat modern ketika dipadukan dengan hitam.
  • Biru Turquoise dan Hitam: Unik dan artistik. Keduanya ideal untuk tampilan yang lebih fun.

Perpaduan Warna Orange dan Biru

Warna yang berada di posisi berlawanan pada roda warna disebut sebagai warna komplementer. Contohnya seperti orange dan biru, yang secara alami menciptakan kontras yang menarik, menonjolkan kedua warna tanpa berkompetisi satu sama lain. Ini beberapa kombinasinya yang harus kamu coba:

  • Biru Navy dan Orange Terang: Elegan namun berani. Perpaduan warna biru dan orange menimbulkan kesan bahwa Knittopreneurs datang dengan semangat dari orange, namun tetap tenang dari biru.
  • Biru Langit dan Orange Pastel: Perpaduan warna biru langit dan orange pastel bisa  menciptakan suasana yang santai dan nyaman.
  • Biru Turquoise dan Orange Tembaga: Biru turquoise yang menyegarkan dipadukan dengan orange tembaga yang hangat mengingatkan pada pemandangan senja yang indah.
  • Biru Royal dan Orange Burnt: Perpaduan warna biru dan orange yang sama-sama pekat cocok digunakan pada acara malam hari atau situasi yang lebih formal.

Selain itu, Knittopreneurs juga bisa mencoba perpaduan warna cream dan biru, perpaduan warna biru dan pink, serta perpaduan warna biru dan coklat dalam kombinasi outfit. Ketiganya cocok untuk hampir semua variasi warna biru, dari yang lembut hingga pekat.

Baca Juga: Tampil Modis dengan Baju Kondangan Kekinian, Cek Tips Memilih Warnanya!

Tips Memadukan Aksesoris dengan Outfit Warna Biru

Tips Memadukan Aksesoris dengan Outfit Warna Biru
Tips Memadukan Aksesoris dengan Outfit Warna Biru

Memakai aksesoris bisa menambah banyak poin plus untuk tampilan outfit secara keseluruhan. Jika Knittopreneurs ingin tampil minimalis dan rapi, ada beberapa tips yang bisa Minto berikan. Berikut perpaduan warna biru dalam outfit dan aksesoris yang tepat: 

  • Sesuaikan dengan Acara

Pastikan aksesoris yang dipilih sesuai dengan kondisi acara. Aksesoris yang lebih sederhana cocok untuk kegiatan sehari-hari, sedangkan aksesoris yang lebih berani atau berkilau cocok untuk acara malam hari.

  • Gunakan Bahan yang Unik

Jangan takut untuk menggunakan aksesoris dengan tekstur berbeda. Misalnya, tas tangan berbahan beludru atau kalung berdetail mutiara bisa menambah look keseluruhan.

  • Cocokkan dengan Undertone Kulit

Pilih salah satu perpaduan warna biru berdasarkan undertone kulit Knittopreneurs, emas untuk undertone hangat dan perak untuk undertone dingin. 

  • Pilih Berdasarkan Skin Tone

Jika aksesoris atau tambahan outfit yang digunakan akan menempel pada kulit secara langsung, misalnya jilbab atau kalung, maka Knittopreneurs bisa mencocokkannya dengan rekomendasi berikut:

    • Untuk Kulit Cerah: Warna-warna lembut seperti pink muda, lavender, atau mint dapat menonjolkan kelembutan outfit biru serta kulit cerah. 
    • Untuk Kulit Sawo Matang: Warna seperti kuning cerah atau hijau sangat cocok. Atau coba aksesoris dengan warna yang lebih pekat seperti burgundy atau navy.
    • Untuk Kulit Gelap: Pilih orange terang, pink, atau biru langit yang bisa menciptakan kontras yang indah dengan kulit. Aksesoris rose gold atau tembaga juga cocok.
Navy vs Dongker, Apa Bedanya?
Navy vs Dongker, Apa Bedanya?

Kedua warna ini kerap jadi perdebatan, dalam berbagai sumber bahkan dinilai sama. Sejatinya, warna “navy” dan “dongker” hanya memiliki perbedaan pada satu kode HEX. Maka dari itu, masing-masingnya sering digunakan untuk menggambarkan nuansa warna biru yang gelap, dan hanya memiliki perbedaan halus.

Warna navy (kode HEX: 000800) merujuk pada warna biru yang sangat gelap, hampir mirip dengan warna seragam yang dipakai angkatan laut internasional. Birunya yang klasik, sering dikaitkan dengan kesan yang anggun dan profesional. Navy cenderung lebih “dingin”, membuatnya terlihat seperti warna biru gelap dengan nuansa hitam dalam pencahayaan yang redup. Penggunaannya cukup beragam, mulai dari pakaian formal, seragam, dan sebagai warna yang elegan untuk desain interior.

Warna dongker (kode HEX: #00080B) adalah kata dari Bahasa Indonesia, yang juga digunakan untuk mendeskripsikan nuansa biru gelap. Secara umum, “dongker” bisa dipahami sebagai padanan dari “navy.” Namun, “dongker” sebagai biru gelap memiliki lebih banyak variasi. 

Dari sisi kode warna, keduanya memiliki nilai yang sama untuk merah (00) dan hijau (08), tetapi intensitas biru pada dongker adalah 0B. Dalam sistem hexadecimal, “B” setara dengan 11 dalam sistem desimal. Artinya, ada intensitas biru yang lebih banyak dalam dongker, yang dapat membuat warnanya jadi sedikit lebih terang atau memiliki nuansa biru yang lebih nyata dibandingkan dengan navy.

Dalam prakteknya, perbedaan antara navy dan dongker mungkin tidak selalu konsisten dan bisa bervariasi tergantung pada produsen kain, merek pakaian, atau preferensi pribadi. Knittopreneurs perlu melihat sampel warna secara langsung atau deskripsi dari penjual untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat tentang warna yang mereka miliki.

Baca Juga: Macam-Macam Warna Hijau untuk Outfit yang Trendi, Beli Bahannya di Knitto Aja!

Sekian dulu pembahasan mengenai hal-hal yang harus kamu ketahui dari perpaduan warna biru, termasuk cara mengkombinasikannya pada outfit dan aksesoris yang harus dipakai. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]