Search Engine Marketing adalah Strategi Pemasaran Digital. Pahami Selengkapnya

0
5/5 - Vote count: 65 votes

Search Engine Marketing adalah Strategi Pemasaran Digital. Pahami Selengkapnya – Dalam era digital yang terus berkembang, digital marketing menjadi salah satu kunci kesuksesan bagi banyak bisnis. Persaingan yang ketat di internet menuntut setiap perusahaan untuk memiliki strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian konsumen. SEM atau Search Engine Marketing adalah salah satu strategi dalam digital marketing yang dapat dilakukan. Berikut selengkapnya mengenai Search Engine Marketing (SEM).

Search Engine Marketing Adalah Strategi Pemasaran Digital. Pahami Selengkapnya
Search Engine Marketing Adalah Strategi Pemasaran Digital. Pahami Selengkapnya

Search Engine Marketing Adalah Strategi Pemasaran Digital. Pahami Selengkapnya

Apa Itu Search Engine Marketing?

SEM atau yang biasa dikenal dengan Search Engine Marketing adalah strategi pemasaran digital yang berfokus pada peningkatan visibilitas dan perolehan traffic website melalui penggunaan iklan berbayar di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Iklan SEM akan muncul di halaman hasil pencarian (SERP) ketika pengguna menelusuri kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan bisnis.

Cakupan strategi SEM bukan hanya tentang membayar untuk mendapatkan posisi teratas di halaman hasil mesin pencari (SERP), tetapi juga tentang memahami perilaku pengguna, memilih kata kunci yang tepat, membuat iklan yang menarik, dan mengelola anggaran secara efektif.

Definisi SEM (Search Engine Marketing) Menurut Para Ahli

Iklan Pencarian. Search Engine Marketing Adalah Strategi Pemasaran Digital. Pahami Selengkapnya
Iklan Pencarian. Search Engine Marketing Adalah Strategi Pemasaran Digital. Pahami Selengkapnya
  • Dalam buku “Marketing Management” edisi ke-15, Philip Kotler & Kevin Lane Keller menjelaskan teori ini sebagai berikut

Search Engine Marketing (SEM) is the process of increasing the visibility of a website or web page in search engine results pages (SERPs) primarily through paid advertising.” Hal ini dapat diartikan, bahwa SEM memanfaatkan mesin pencari (seperti Google) untuk menarik perhatian audiens dari suatu brand, dengan menempatkan iklan berbayar di hasil pencariannya.

  • Pada Marketing: An Introduction, E.G. Trop & R.F. Ferrel menjelaskan definisinya sebagai:

A form of Internet marketing that involves purchasing top positions on search engine results pages (SERPs) for specific keywords.” Ada penekanan mengenai pentingnya menggunakan kata kunci yang tepat dan strategi penargetan, guna memaksimalkan efektivitas iklan, mengoptimalkan biaya per klik (CPC), serta tingkat konversi.

  • Danny Sullivan, sebagai pendiri Search Engine Land berpendapat bahwa:

SEM mencakup kedua aktivitas utama yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay-Per-Click). Hal yang penting diperhatikan adalah, menurut Sullivan, SEM merupakan strategi yang menggabungkan upaya organik (SEO) dan berbayar (PPC).

  • Menurut situs CareerFoundry:

SEM adalah strategi pemasaran yang melibatkan riset kata kunci, pembuatan iklan yang menarik, dan pembuatan landing page yang relevan untuk memaksimalkan efektivitas paid campaign.

Dari pendapat para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa Search Engine Marketing adalah strategi pemasaran digital yang melibatkan pembelian ruang iklan di halaman hasil mesin pencari (SERP) seperti Google, Bing, dan Yahoo! untuk meningkatkan visibilitas situs web dan menarik lebih banyak traffic.

Baca Juga: Apa Itu Guerilla  Marketing? Solusi Pemasaran Modern Yang Efektif

5 Konsep dan Lingkup Strategi SEM untuk Bisnis

5 Proses Search Engine Marketing yang Harus Dilalui
5 Proses Search Engine Marketing yang Harus Dilalui

SEM (Search Engine Marketing) bukanlah strategi yang bisa dimulai begitu saja, ada beberapa langkah-langkah yang perlu Knittopreneurs lakukan sebelum memasang bid di mesin pencari. Mulai dari penentuan kata kunci, hingga bagaimana membuat konten yang menarik, semuanya harus diperhitungkan sebaik-baiknya.

Yuk ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat strategi paid campaign bisnis kamu lebih efektif!

  1. Riset Kata Kunci (Keyword Research): Riset kata kunci merupakan langkah awal untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk ditargetkan dalam kampanye SEM. Kata kunci yang dipilih harus relevan dengan produk atau layanan, dan memiliki volume pencarian yang tinggi. Knittopreneurs bisa menggunakan tools seperti Google Keyword Planner untuk riset kata kunci.
  2. Pembuatan Iklan (Ad Creation): Setelah memiliki daftar kata kunci yang ditargetkan, kamu perlu untuk membuat iklan yang menarik dan efektif. Iklan harus jelas, ringkas, dan menonjolkan keunggulan. Jangan lupa untuk menggunakan judul dan deskripsi yang menarik perhatian pengguna dan membuat iklan di klik.
  3. Manajemen Penawaran (Bid Management): Dalam SEM, bid management yaitu menentukan berapa banyak yang dapat kamu bayarkan setiap kali seseorang mengklik iklan. Jumlah ini disebut “tawaran.” Bid management perlu diatur dan disesuaikan agar mendapatkan hasil terbaik. Kamu perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat persaingan untuk kata kunci dan nilai konversi.
  4. Penempatan Iklan (Ad Placement): Posisi iklan di hasil pencarian bergantung pada beberapa faktor, termasuk tawaran atau bid, kualitas iklan, dan tingkat relevansi iklan dengan kata kunci yang dicari pengguna. Tujuannya adalah untuk mendapatkan posisi teratas pada halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk mendapatkan visibilitas maksimum.
  5. Pelacakan Kinerja (Performance Tracking): Hal yang sangat penting saat melakukan search engine marketing adalah untuk melacak kinerja kampanye yang sedang dijalankan secara berkala. Hal ini melibatkan pemantauan metrik seperti klik, tayangan, rasio klik-tayang (CTR), konversi, dan biaya per akuisisi (CPA). Dengan melacak metrik ini, kamu dapat melihat kampanye mana yang berhasil dan kampanye mana yang tidak sehingga kamu dapat membuat penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja kampanye.

6 Jenis-jenis Strategi dan Istilah SEM yang Wajib Diketahui

Sebagai sebuah strategi, search engine marketing adalah pemasaran yang menggunakan beberapa istilah “perhitungan” khusus. Knittopreneurs sebaiknya mengetahui dengan jelas makna-makna dari konsep di bawah ini sebelum melakukannya:

  1. Pay-Per-Click (PPC): Membayar setiap kali pengguna mengklik iklan. Platform PPC yang populer saat ini yaitu Google Ads, Bing Ads, dan Yahoo! Search Marketing.
  2. Pay-Per-Impression (PPI): Membayar setiap kali iklan kamu ditampilkan, terlepas dari apakah pengguna mengkliknya atau tidak.
  3. Retargeting: Iklan ditampilkan kepada pengguna yang telah mengunjungi situs web atau berinteraksi dengan brand kamu sebelumnya.
  4. Shopping Ads: Iklan yang menampilkan gambar produk, harga, dan informasi toko.
  5. Video Ads: Iklan video yang ditampilkan di platform seperti YouTube dan Vimeo.
  6. Display Ads: Display ads merupakan gambar yang tampil pada suatu website ataupun aplikasi.

Kapan Bisnis Harus Menggunakan SEM?

Ilustrasi Hasil yang Diharapkan dari Menerapkan Strategi SEM
Ilustrasi Hasil yang Diharapkan dari Menerapkan Strategi SEM

Jika Knittopreneurs baru memulai bisnis, strategi pemasaran digital yang satu ini cocok untuk bisnis baru yang belum punya audiens atau subscriber yang pas. Knittopreneurs bisa menggunakan kata kunci yang cocok dan relevan dengan brand, sehingga akan lebih gampang untuk mengakuisisi customer baru.

Lalu, search engine marketing adalah strategi yang juga cocok untuk bisnis atau usaha yang ingin:

  • Meningkatkan Traffic Ke Website: Search engine marketing adalah pemasaran yang dapat menghasilkan traffic yang tertarget ke website. Dengan menggunakan SEM maka visibilitas brand menjadi lebih luas.
  • Menjangkau Audiens Yang Lebih Luas: Dengan menggunakan SEM, kamu dapat menargetkan audiens berdasarkan kata kunci, lokasi, demografi, dan minat.
  • Meningkatkan Konversi: Search engine marketing adalah strategi yang dapat membantu kamu menjangkau calon pelanggan potensial yang sudah siap untuk membeli.
  • Melacak Hasil Dengan Mudah: Platform search engine marketing adalah platform yang umumnya menyediakan data dan analytic terperinci untuk melacak kinerja iklan.

Pada kesimpulannya, lakukanlah strategi search engine marketing adalah hanya jika:

Yes, jika punya budget marketing yang sudah disisihkan, dan produk merupakan hal yang memiliki volume pencarian (banyak orang yang mencarinya secara online).

No, jika produk sangat baru & inovatif, orang-orang tidak bisa mencarinya di Google. Atau jika industrinya sangat kompetitif, karena orang-orang banyak yang mencari dengan keyword yang sama.

Tips Memilih Strategi SEM yang Tepat untuk Bisnis

Agar tidak salah memilih strategi SEM untuk bisnis yang kamu miliki, pertimbangkan dulu beberapa hal yang Minto jelaskan ini:

  1. Tentukan Tujuan Beriklan: Apa yang ingin kamu capai dengan SEM? Apakah kamu ingin meningkatkan brand awareness, menghasilkan lead, atau mendorong penjualan?
  2. Kenali Target Audience: Siapa yang ingin kamu jangkau pada iklan yang dibuat? Apa minat dan kebutuhan mereka?
  3. Tetapkan Anggaran: Tetapkan anggaran untuk beriklan. Dengan adanya penetapan anggaran, kamu akan lebih mudah untuk mengatur proses bid placement untuk kampanye yang akan dibuat.
  4. Pilih Platform SEM Yang Tepat: Pilih platform mana yang paling sesuai dengan tujuan, audiens, dan anggaran kamu. Untuk saat ini platform SEM yang paling banyak digunakan yaitu Google. Kamu dapat mencoba untuk membuat iklan pencarian di Google.
  5. Buat Iklan Yang Menarik: Iklan yang kamu buat harus menarik perhatian sehingga audiens lebih banyak mengklik iklan kamu dibandingkan pengiklan yang lainnya.
  6. Lacak dan Ukur Hasil Iklan Kamu: Pantau kinerja iklan secara berkala dan lakukan optimasi yang diperlukan untuk meningkatkan hasil.

Baca Juga: Memahami Marketing Mix, Termasuk Konsep 4P dan 7P Yang Wajib Kamu Ketahui

Kesimpulan

Search Engine Marketing adalah strategi pemasaran digital yang berfokus pada peningkatan visibilitas dan perolehan traffic website melalui penggunaan iklan berbayar di mesin pencari seperti Google. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan pada SEM yaitu keyword research, ad creation, bid management, ad placement dan performance tracking.

Terdapat jenis strategi SEM yaitu PPC, PPI, Retargeting, Shopping Ads, Video Ads dan Display Ads. Dengan menggunakan SEM kamu dapat meningkatkan traffic ke website, menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan konversi dan dapat melacak hasil dengan mudah.

Artikel : Search Engine Marketing Adalah Strategi Pemasaran Digital. Pahami Selengkapnya

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700