Memahami Digital Marketing dan Pengaruhnya untuk Bisnis, Ternyata Penting!

0
5/5 - Vote count: 58 votes

Memahami Digital Marketing dan Pengaruhnya untuk Bisnis, Ternyata Penting! – Halo Knittopreneurs! Seperti yang pernah kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai marketing mix, ada “pemasaran secara digital” yang patut diberi perhatian di era sekarang.

Apa Itu Digital Marketing? Konsep dan 10 Kelebihan Kekurangannya
Apa Itu Digital Marketing? Konsep dan 10 Kelebihan Kekurangannya

Digital marketing adalah konsep bauran pemasaran yang sudah diadopsi sesuai dengan kebutuhan zaman, dan ada perbedaan teori yang cukup signifikan dengan bauran konvensional yang mungkin lebih familiar.

Mulai dari definisi, manfaat dan tujuan, serta cakupan dan bagaimana cara memulai dan mempelajarinya hingga menemukan yang pas untuk bisnis kamu, simak pembahasannya di artikel ini!

Apa Itu Digital Marketing?

Konsep digital marketing bukanlah sesuatu yang baru, namun terus berkembang seiring berjalannya waktu. Ada beberapa ahli yang sudah mengemukakan pendapatnya tentang pengertian digital marketing:

  • Philip Kotler

Terkenal sebagai pakar pemasaran, profesor di Kellogg School of Management, Northwestern University ini mendefinisikan bahwa digital marketing adalah “…refers to using digital channels, devices, and platforms (regardless of whether they are online or not) to build or promote marketing messages to consumers.” Ditulis dalam Marketing 3.0: From Products to Customers to the Human Spirit (2010).

Atau dapat dikatakan, digital marketing melibatkan penggunaan saluran, perangkat, dan platform digital untuk membangun dan mempromosikan pesan pemasaran kepada konsumen.

  • Dave Chaffey

Pada Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing (2017), Dave mengatakan bahwa pemasaran digital adalah “a term used to describe the integrated marketing services used to attract, engage, and convert customers online.”

Menurutnya, digital marketing adalah rangkaian layanan pemasaran terpadu yang digunakan untuk menarik, melibatkan, dan mengonversi pelanggan secara online.

  • Neil Patel

Sebagai tokoh yang sering wara-wiri di dunia marketing, Neil mendefinisikan konsep ini dalam  Digital Marketing for Dummies (2019) sebagai “a thing that encompasses all marketing efforts that use an electronic device or the internet. Businesses leverage digital channels such as search engines, social media, email, and other websites to connect with current and prospective customers.”

Pembahasannya berfokus pada cakupan digital marketing, yang merupakan semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. 

Jadi, apa yang dimaksud digital marketing? Dari pandangan para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa digital marketing adalah penggunaan saluran, perangkat, dan platform digital untuk membangun, mempromosikan, dan menjalankan pemasaran yang bertujuan untuk menarik, melibatkan, dan mengonversi pelanggan online.

Manfaat dan Tujuan Menggunakan Digital Marketing bagi Perkembangan Bisnis

Memahami Konsep Digital Marketing
Memahami Konsep Digital Marketing

Jika Knittopreneurs memiliki bisnis yang belum bertransformasi secara digital, memulainya dengan digital marketing adalah pilihan yang layak dicoba. Beberapa manfaat yang bisa Knittopreneurs dapatkan, sekaligus tujuan bisnis yang bisa dicapai, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah kesan pertama yang krusial, antara bisnis yang Knittopreneurs miliki dengan calon konsumen. Pada tahap ini, brand dituntut untuk memiliki daya tarik yang cukup, baik untuk menjawab kebutuhan dari target audiensnya, juga yang membedakannya dengan merek lain. 

Digital marketing bisa menjembatani bisnis untuk hadir di berbagai platform online. seperti mesin pencari, media sosial, situs web, dan aplikasi mobile. Dengan memanfaatkan berbagai saluran ini, Knittopreneurs dapat menjangkau audiens yang tidak dapat dicapai melalui media tradisional seperti iklan cetak atau televisi.

  • Mencapai Audiens yang Lebih Luas

Masih berkaitan dengan menjangkau pasar yang lebih luas, dengan menggunakan berbagai saluran digital, Knittopreneurs dapat menargetkan audiens secara lebih spesifik. Misalnya, berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lokasi geografis. Sehingga kegiatan yang dilakukan pun lebih tepat dan efisien.

  • Meningkatkan Konversi

Bisa dikatakan bahwa konversi adalah goals paling utama, atau yang paling menentukan dari kegiatan pemasaran. Singkatnya, adalah berapa banyak sales atau leads yang didapatkan dari usaha yang dilakukan. Nah, dengan menggunakan digital marketing, Knittopreneurs dapat mengukur hal ini dengan jelas.

Keunggulan yang paling utama dari konsep ini memang kemampuannya untuk melacak dan menganalisis perilaku konsumen secara detail. Dengan alat analisis yang tepat, peluang konversi yang Knittopreneurs inginkan pun dapat meningkat secara signifikan.

Baca Juga: Inilah Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Seorang Wirausaha, Jangan Sampai Salah Langkah!

Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Digital untuk Wirausaha

Ilustrasi Wirausaha yang Sedang Mempertimbangkan Plus Minus Digital Marketing
Ilustrasi Wirausaha yang Sedang Mempertimbangkan Plus Minus Digital Marketing

Dari sudut pandang seorang wirausaha, Knittopreneurs harus tahu kapan waktu dan saat yang tepat untuk beralih menggunakan strategi digital dalam kegiatan pemasaran. Minto akan mencoba menambah bahan pertimbangan Knittopreneurs pada 10 poin-poin kelebihan dan kekurangan berikut:

Kelebihan Digital Marketing

  1. Melakukan pekerjaan digital marketing seringkali membawa hasil yang lebih ekonomis daripada pemasaran tradisional seperti iklan cetak atau televisi. Knittopreneurs dapat menghemat biaya dengan memanfaatkan saluran digital seperti sosial media, email marketing, dan optimasi mesin pencari yang bisa dilakukan secara “organik.” 
  2. Knittopreneurs dapat menargetkan pesan pemasaran kepada audiens yang lebih spesifik berdasarkan demografi, minat, dan parameter lainnya. Alias, bisa mencapai calon pelanggan yang lebih relevan.
  3. Bisa melacak dan menganalisis pemasaran yang dilakukan secara real-time. Knittopreneurs dapat dengan mudah mengukur ROI (Return on Investment) dan mengidentifikasi strategi yang efektif serta melakukan perubahan yang diperlukan dengan cepat.
  4. Bisa berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Tentunya, juga membantu dalam membangun hubungan yang lebih dekat dan berkelanjutan dengan target pasar.
  5. Dapat memperluas jangkauan pemasaran tanpa batasan geografis atau waktu. Audiens yang lebih luas dengan biaya tambahan yang relatif rendah bisa Knittopreneurs dapatkan, dan hal ini memungkinkan pertumbuhan bisnis yang lebih cepat.

Kekurangan Digital Marketing

  1. Salah satu risiko utama digital marketing adalah ketergantungannya pada teknologi. Gangguan teknis atau perubahan algoritma platform dapat mempengaruhi data yang Knittopreneurs kumpulkan secara signifikan.
  2. Semakin banyaknya bisnis dengan metode yang sama, menjadikan persaingan di pasar online semakin ketat. Knittopreneurs perlu memutar otak untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan komparatif bagi bisnis.
  3. Karena melibatkan berbagai platform dan teknik yang beragam, maka Knittopreneurs perlu menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk mempelajarinya. Sebab, operasionalnya memerlukan keahlian khusus. Contohnya dalam analisis data, SEO, konten, dan sosial media.
  4. Dalam mengumpulkan dan memanfaatkan data pelanggan untuk keperluan pemasaran, Knittopreneurs harus memperhatikan keamanan data. Pelanggaran data atau privasi dapat merusak reputasi bisnis, dan mengakibatkan konsekuensi hukum yang serius.
  5. Dunia digital sangat dinamis, dan munculnya platform juga tren baru bisa tidak disangka-sangka waktunya. Knittopreneurs perlu tetap beradaptasi dengan perubahan ini dan terus mengikuti perkembangan terbaru agar tetap relevan dalam pasar.

Jenis-Jenis Pemasaran Digital untuk Bisnis

Strategi Organik (SEO) vs Strategi Berbayar (SEM)
Strategi Organik (SEO) vs Strategi Berbayar (SEM)

Pada dasarnya, ada dua konsep besar pada online marketing, yaitu untuk  acquisition (mendapatkan pelanggan baru) dan retention (mempertahankan pelanggan yang sudah ada). Guna mencapai tujuan ini, ada banyak strategi pemasaran yang bisa dilakukan. Namun, akan dibagi dalam dua jalur: organik (free) atau paid (berbayar)

Nah, masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Knittopreneurs harus memahami konsepnya dengan jelas, untuk menentukan strategi mana yang harus diintegrasikan pada bisnis yang Knittopreneurs miliki.

Berikut penjelasan lengkap dari Minto mengenai dua konsep ini, dan contoh digital marketing yang bisa kamu lakukan:

Strategi Digital Marketing Organik (Free)

Simak contoh-contoh strategi digital marketing organik yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk kamu secara digital!

  • Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah proses meningkatkan presensi dan peringkat situs web dari bisnis yang Knittopreneurs kelola di mesin pencari, seperti Google, Bing, dan lain-lain. Kegiatannya akan melibatkan optimasi konten, struktur web, dan faktor teknis lainnya.

Gunakan SEO ke dalam strategi konten bisnis kamu dengan menciptakan konten yang berkualitas tinggi dan relevan, yang kemudian dioptimalkan untuk kata kunci tertentu. Pastikan juga situs web memiliki struktur yang “SEO-friendly” dan memperhatikan faktor-faktor teknis seperti load speed dan kualitas backlink.

  • Social Media Marketing (SMM)

Strategi SMM melibatkan penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn untuk mempromosikan bisnis kamu, berinteraksi dengan audiens, dan membagikan konten yang relevan.

Knittopreneurs bisa membuat konten yang menarik dan dibagikan secara konsisten di platform sosial media yang relevan dengan audiens. Secara tidak langsung, Knittopreneurs juga bisa menjaga loyalitas audiens terhadap brand, sekaligus membuat komunitas target yang spesifik untuk mempromosikan brand.

  • Content Marketing

Content marketing adalah kunci dari SEO dan SMM, karena merupakan pembuatan dan distribusi konten yang bermutu tinggi dan relevan untuk menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens. Misalnya seperti blog, artikel, video, infografis, dan lainnya.

  • Customer Relationship Management (CRM)

CRM adalah salah satu strategi yang berkaitan dengan retention, atau mempertahankan konsumen yang sudah ada. Contohnya seperti newsletter campaign, atau surel elektronik yang akan dikirimkan secara berkala. Biasanya berisi info lengkap yang bisa dibaca, atau dialihkan lagi ke website untuk meningkatkan penjualan.

Strategi Digital Marketing Berbayar (Paid)

Selain itu, ada juga strategi yang membutuhkan modal dalam pengerjaannya: 

  • Search Engine Marketing (SEM)

Contoh strategi SEM adalah penggunaan iklan berbayar di mesin pencari untuk meningkatkan presensi bisnis, seperti Google Ads. Menggunakan PPC (Pay-Per-Click) campaign ini memungkinkan kamu menampilkan iklan mengenai bisnis di bagian atas halaman hasil pencarian.

  • Social Media Ads (SMA)

SMA adalah versi berbayar dari SMM. Knittopreneurs bisa menggunakannya untuk menjangkau audiens yang lebih luas, namun dengan penargetan yang lebih spesifik. Biaya yang akan dikeluarkan biasanya tergantung dengan hasil yang didapatkan.

  • Influencer Marketing

Menggunakan KOL, brand ambassador, atau influencer bukanlah strategi yang baru, namun memang sedang marak-maraknya pada beberapa tahun terakhir ini. Singkatnya, Knittopreneurs akan membayar influencer untuk mempromosikan produk atau layanan kepada audiens.

Baca Juga: Apa Itu Niche Market, Cara Menentukan Niche Market Dan 3 Contoh Peluang Usahanya

FAQ: Memilih Jenis Digital Marketing yang Pas untuk Bisnis

Ruang Lingkup Digital Marketing
Ruang Lingkup Digital Marketing

Knittopreneurs mungkin memiliki beberapa pertanyaan setelah mengenali jenis-jenis pemasaran digital yang bisa digunakan dalam bisnis. Minto akan coba jawab beberapa di antaranya ya!

Bagaimana Cara Mengenali Audiens yang Pas untuk Bisnis?

Untuk menyeleksi, atau mencari irisan market yang pas bagi bisnis kamu, bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu behaviour dan demographic targeting. 

  • Behaviour Targeting

Prosesnya akan melibatkan analisis perilaku online pengguna, seperti aktivitas pencarian, interaksi dengan situs web, dan riwayat pembelian. Data yang dikumpulkan digunakan untuk menentukan preferensi, minat, dan kebiasaan pembelian mereka. 

Nilai plus: bisa lebih relevan, spesifik, dan sesuai target dari pemasaran produk atau layanan.

Nilai minus: butuh waktu lebih lama untuk membuat “profil”, sehingga jangkauannya juga lebih lambat. Bukan sesuatu yang ada sepanjang waktu, karena manusia sifatnya dinamis.

  • Demographic Targeting

Membentuk analisis berdasarkan karakteristik demografis pengguna, seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, lokasi geografis, dan status perkawinan. Berdasarkan parameter ini, kelompok target yang relevan untuk produk atau layanan tertentu ditentukan.

Nilai plus: Menjangkau dengan cepat karena menggunakan karakteristik yang mudah diukur.

Nilai minus: Cenderung kurang spesifik dan dapat menghasilkan penargetan yang kurang relevan.

Kapan Harus Menggunakan Strategi yang Organik atau Berbayar?

Saran Minto bisa dibagi menurut jenis strateginya!

  • Kapan Harus Melakukan CRM? 

Yes, jika sudah punya database dari pelanggan yang cukup, dan ingin meningkatkan customer lifetime value. Atau seberapa lama seseorang akan membeli ulang produk dan memakainya lagi.

No, jika belum punya database yang cukup atau ketika audiensnya belum ada. Karena untuk jangka pendek, CRM tidak akan efektif dan terkesan mahal.

  • Kapan Harus Melakukan SEO?

Yes, jika memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukannya dalam jangka panjang. Karena hasilnya akan muncul dalam kurun waktu yang cukup lama, mulai dari 6 bulan.

No, jika butuh hasil yang tampak dan bisa diukur dengan cepat. Lebih baik memakai strategi yang lain.

  • Kapan Harus Melakukan SMM?

Yes, jika ingin memiliki komunitas dan membangun lingkup followers yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Atau jika ingin mengetahui keinginan audiens, dan memberikan layanan customer service yang bagus.

No, jika menginginkan traffic yang langsung tampak, karena lingkupnya pun terbatas.

  • Kapan Harus Melakukan SEM?

Yes, jika punya budget dan audiens memang mencari produk atau layanan yang kita jual secara online.

No, jika produk sangat baru dan inovatif, sehingga audiens tidak bisa mencarinya di mesin pencari. Tidak direkomendasikan juga jika industrinya sangat kompetitif, karena banyak yang mencari dengan keyword sama. 

  • Kapan Harus Melakukan SMA?

Yes, jika ingin menjangkau audiens yang reach people lebih besar dengan demografi yang spesifik. Strategi ini tidak terpaku untuk orang yang mencari solusi, tapi juga sedang memanfaatkan waktu luangnya dengan melihat sosial media.

No, saat melihat relevansinya dengan tujuan. Jika ingin melakukan pembelian produk, pakai saja channel lain yang lebih relevan.

Baca Juga: 

Sekian dulu penjelasan Minto mengenai digital marketing yang bisa kamu jadikan acuan untuk mengintegrasikannya dengan bisnis yang kamu kelola. Semoga bisa membantu!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]