Inilah Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Seorang Wirausaha, Jangan Sampai Salah Langkah!

0
5/5 - Vote count: 53 votes

Inilah Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Seorang Wirausaha, Jangan Sampai Salah Langkah! – Halo Knittopreneurs! Siapa yang tertarik untuk memulai sebuah bisnis, atau mungkin sudah mulai menjalankannya?

Mengenal Apa Itu Wirausaha dan 5 Karakter yang Harus Dimiliki
Mengenal Apa Itu Wirausaha dan 5 Karakter yang Harus Dimiliki

Minto hadir lagi dengan artikel baru untuk membantu memandu kamu yang tertarik atau sudah menjalankan bisnis, dan menjadi seorang “wirausaha.” Simak penjelasannya hingga akhir ya!

Mengenal Pengertian Wirausaha

Pada konteks ekonomi maupun bisnis, konsep mengenai pengertian wirausaha sering kali dibahas. Definisinya dapat bervariasi tergantung pada perspektif dan konteks yang dibawa. Untuk membantu Knittopreneurs mengerti dengan lebih jelas dan lengkap, berikut beberapa pendapat ahli mengenai konsepnya:

  • David McClelland

Seorang psikolog terkenal, David McClelland, mengemukakan pendapatnya dalam “The Achieving Society”, bahwa wirausaha adalah individu yang memiliki dorongan kuat untuk mencapai prestasi, berorientasi pada pencapaian tujuan, dan mampu mengambil risiko dalam mencapai keberhasilan dalam bisnis. 

McClelland menekankan bahwa motivasi intrinsik seperti dorongan untuk mencapai sukses dan prestasi sangat penting dalam mengidentifikasi seorang wirausahawan. 

  • Peter F. Drucker

Pakar manajemen terkenal ini membahas dalam “Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles”, bahwa wirausaha adalah individu yang mampu mengidentifikasi peluang bisnis, mengalokasikan sumber daya dengan efisien, dan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat melalui bisnis yang mereka jalankan. 

Drucker menekankan pentingnya inovasi dan nilai tambah dalam konsepnya. 

  • Joseph Schumpeter

Dalam pandangan Joseph Schumpeter, yang ditulisnya dalam “The Theory of Economic Development: An Inquiry into Profits, Capital, Credit, Interest, and the Business Cycle”, wirausaha adalah individu yang bertanggung jawab untuk mendorong proses kreatif dan inovatif dalam ekonomi. 

Schumpeter menyatakan bahwa konsepnya tidak hanya tentang memulai bisnis baru, tetapi juga tentang menciptakan perubahan dan mengubah struktur ekonomi melalui inovasi. 

  • Saras Sarasvathy

Terakhir, profesor manajemen Saras Sarasvathy mendefinisikan wirausaha adalah individu yang mengadopsi pendekatan efektif dalam mengelola ketidakpastian dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia dengan cara yang paling kreatif dan inovatif. 

Dalam “Causation and Effectuation: Toward a Theoretical Shift from Economic Inevitability to Entrepreneurial Contingency”, Sarasvathy juga menekankan pentingnya pengambilan keputusan yang adaptif dan fleksibel dalam lingkungan bisnis yang berubah-ubah. 

Dapat disimpulkan, bahwa wirausaha mengacu pada individu yang mengambil risiko untuk memulai dan mengelola usaha atau bisnis dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Konsep ini juga melibatkan elemen-elemen seperti motivasi, inovasi, pengelolaan risiko, penciptaan nilai, dan kemampuan untuk mengelola ketidakpastian dengan cara yang efektif.

Baca Juga: Panduan Menyusun ‘Bekal’ untuk Mulai Kehidupan Freelance Impian, Cek Yuk!

Wirausaha dan Kewirausahaan, Apa Bedanya?

Persamaan Konsep Kewirausahaan dan Wirausaha, Membuat Bisnis Semakin Maju
Persamaan Konsep Kewirausahaan dan Wirausaha, Membuat Bisnis Semakin Maju

Singkatnya, wirausaha adalah “individu” yang menjalankan bisnis, sementara kewirausahaan adalah “proses” dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis. Terdapat perbedaan konsep antara keduanya, meskipun sama-sama sering digunakan. Minto sudah coba mengumpulkannya untuk Knittopreneurs telaah lebih lanjut:

Perbedaan  Wirausaha Kewirausahaan
Definisi Biasanya merujuk pada individu yang mengambil risiko untuk memulai dan mengelola bisnis dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Lebih sering merujuk pada konsep atau fenomena ekonomi yang melibatkan penciptaan nilai baru atau perubahan dalam struktur ekonomi.
Fokus Berorientasi pada individu dan tindakan-tindakan spesifik yang diambil oleh seorang pengusaha untuk menjalankan bisnis. Berfokus pada proses inovasi, penciptaan nilai tambah, dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi secara lebih luas.
Skala Tidak selalu berkaitan dengan ukuran bisnis atau tingkat pertumbuhannya. Bisa merujuk pada pengusaha yang menjalankan bisnis kecil atau menengah, serta pengusaha besar. Cenderung berkaitan dengan perubahan yang signifikan dalam struktur ekonomi dan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam suatu pasar atau industri.
Tujuan Mendapatkan keuntungan melalui operasi bisnis yang berhasil. Penciptaan lapangan kerja, peningkatan produktivitas, inovasi, dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.
Peran Individu yang secara aktif terlibat dalam menjalankan bisnis dan mengelola aspek-aspek operasionalnya. Agen perubahan ekonomi yang mendorong inovasi, pertumbuhan, dan pembangunan di suatu negara atau wilayah.

Apa Saja Karakter yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha?

5 Karakter yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha
5 Karakter yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

Untuk menjadi seorang wirausaha, tidak hanya perlu mempersiapkan modal dan pengetahuan saja, Knittopreneurs. Pebisnis juga harus memiliki ‘bekal karakter’ tertentu yang bisa menjadi kunci kesuksesannya dalam menjalankan bisnis. 

Simak beberapa karakter yang penting untuk dimiliki oleh seorang wirausaha ini yuk!

  • Kreatif

Menjadi kreatif, artinya mampu memikirkan ide-ide baru dan solusi-solusi yang inovatif untuk mengatasi masalah atau memenuhi kebutuhan pasar. 

Knittopreneurs perlu memiliki karakter ini untuk menghasilkan ide-ide bisnis yang unik dan menarik bagi konsumen. Seseorang yang kreatif, tentunya nanti juga bisa beradaptasi dengan perubahan pasar dan menciptakan nilai tambah yang membedakan bisnisnya dari pesaing.

  • Mandiri 

Konsep mandiri atau kemandirian merujuk pada kemampuan untuk mengambil inisiatif, membuat keputusan, dan bertindak secara mandiri tanpa bergantung pada orang lain. 

Seorang wirausaha harus mandiri, agar dapat mengelola bisnisnya dengan efisien dan efektif. Tanggung jawab penuh atas keputusan-keputusan yang dibuat perlu diambil, termasuk saat mengatasi tantangan-tantangan yang timbul di sepanjang perjalanan bisnis.

  • Berani

Seseorang yang berani, adalah yang memiliki kemampuan untuk menghadapi risiko dan mengatasi ketakutan untuk mencoba hal-hal baru. Sebagai wirausaha, situasi-situasi yang tidak pasti dan penuh resiko pasti dihadapi, sehingga keberanian sangat penting dalam menghadapi berbagai tantangan. 

Tanpa keberanian, seorang wirausaha mungkin enggan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembangkan bisnisnya.

  • Gigih

Gigih artinya tetap tegar dan tahan dalam menghadapi rintangan, kegagalan, dan tekanan yang mungkin timbul dalam perjalanan bisnis. Knittopreneurs harus tahan mental dan emosional, juga gigih dan terus berusaha meskipun menghadapi kesulitan. 

Ketahanan memungkinkan Knittopreneurs untuk belajar dari kegagalan, bangkit kembali, dan terus maju menuju tujuan mereka.

  • Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting dalam membangun hubungan dengan pelanggan, mitra bisnis, karyawan, dan pihak lain yang terkait dengan bisnis.

Seorang wirausaha perlu dapat menyampaikan ide-ide mereka dengan jelas dan meyakinkan, serta mendengarkan dengan baik untuk memahami kebutuhan dan harapan orang lain. 

Karakter-karakter yang sudah dijelaskan, memiliki keterkaitan yang erat. Dimulai dari kreativitas. yang memungkinkan seorang wirausaha memiliki modal “ide” untuk bisnis yang unik. Namun, untuk mewujudkannya, seorang wirausaha perlu memiliki kemandirian, keberanian, dan kegigihan untuk tetap bertahan dalam jangka panjang. 

Lalu, dalam eksekusinya, keterampilan komunikasi yang baik juga sangat penting dalam membangun hubungan yang kuat dengan semua pihak yang terlibat. Semuanya saling melengkapi dan membentuk fondasi yang kuat untuk kesuksesan dalam bisnis.

Baca Juga: Mengupas Di Balik Tren Kerja Remote Yang Saat Ini Kian Populer Di Indonesia

Tips Mengelola Bisnis untuk Menjadi Wirausaha Sukses

Tips Mengelola Bisnis untuk Menjadi Wirausaha Sukses
Tips Mengelola Bisnis untuk Menjadi Wirausaha Sukses

Dalam mengelola bisnis, akan ada banyak tahapan yang saat menghadapinya memerlukan persiapan. Misalnya, di awal usaha dibuka, semua prosesnya harus dijalani sendiri. Setelah berjalan selama beberapa bulan, bisnis yang dikelola semakin besar. Artinya, Knittopreneurs harus menghadapi banyak kepala baru, dan hambatan juga tantangan lainnya yang mungkin muncul.

Tetap tenang, dan jangan deg-degan duluan. Minto mau memberikan tips yang bisa membantu Knittopreneurs untuk mengelola bisnis dan menjadi wirausaha sukses:

  • Tips Mengatur Keuangan untuk Wirausaha

Buatlah anggaran bisnis yang rinci dan ikuti rencana keuangan yang telah dibuat. Knittopreneurs juga harus ingat untuk selalu melacak arus kas, dan Minto juga menyarankan untuk melakukan evaluasi kinerja keuangan secara berkala.

Gunakan software atau aplikasi manajemen keuangan untuk memantau pendapatan dan pengeluaran bisnis secara real-time. Dengan menggunakan tools tambahan ini, Knittopreneurs juga dapat menetapkan target pengeluaran bulanan dan memantau kinerja keuangan bisnis secara teratur.

Semua langkah ini diperlukan untuk mengidentifikasi potensi masalah dan mengambil tindakan yang diperlukan. Apalagi untuk masalah yang cukup sensitif seperti keuangan.

  • Networking dalam Dunia Kewirausahaan

Aktiflah dalam acara bisnis, seminar, dan konferensi untuk memperluas jaringan profesional Knittopreneurs. Jalinlah hubungan yang kuat dengan pelanggan, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya dalam bisnis.

Atau, gunakan sosial media dan platform online lainnya untuk berinteraksi dengan audiens yang lebih luas dan membangun positioning dari brand Knittopreneurs.

  • Bagaimana Menghadapi Tantangan dan Hambatan yang Ada?

Identifikasi tantangan utama yang dihadapi bisnis dan cari solusi kreatif untuk mengatasinya. Beradaptasilah dengan perubahan pasar dan belajarlah dari kegagalan, teruslah gigih namun tetap rasional. Knittopreneurs harus punya rasio kegigihan dan perhitungan yang tepat disaat bersamaan.

Anggaplah, misalnya, bisnis yang Knittopreneurs jalani menghadapi penurunan penjualan karena perubahan tren pasar. Setelah mengidentifikasi masalahnya dimana dan bagaimana, Knittopreneurs dapat mencari cara untuk diversifikasi produk atau layanan, juga mencari peluang baru di pasar yang berkembang.

  • Kiat Bertahan dalam Persaingan Bisnis yang Ketat

Fokuslah pada keunggulan kompetitif yang bisnis Knittopreneurs miliki, seperti kualitas produk atau layanan, pelayanan pelanggan yang unggul, atau inovasi dari produk. Selalu terus belajar dan berkembang untuk tetap relevan dalam industri yang berubah dengan cepat.

Baca Juga: Apa Itu Niche Market, Cara Menentukan Niche Market Dan 3 Contoh Peluang Usahanya

Semoga artikel ini dapat membantu Knittopreneurs dalam memahami semua yang perlu diketahui tentang wirausaha. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]