Grunge Style, Style Tahun 90an Yang Kembali Menjadi Favorit Dikalangan Anak Muda

0
5/5 - Vote count: 53 votes

Grunge style adalah gaya atau style fashion yang terinspirasi oleh gerakan musik grunge di awal 1990-an. Gaya ini identik dengan pakaian yang terkesan longgar, berantakan, dan menunjukan ekspresi diri.

Grunge Style, Style Tahun 90an Yang Kembali Menjadi Favorit Dikalangan Anak Muda
Grunge Style, Style Tahun 90an Yang Kembali Menjadi Favorit Dikalangan Anak Muda

Salah satu pakaian andalan grunge style yaitu kemeja flanel dengan menggunakan ripped jeans, dan sepatu boots. Warna dominan yang sering dipakai yaitu warna gelap seperti hitam dan abu-abu.

Minto ingin mengajak Knittopreneurs untuk lebih mengenai style yang kembali tren di tahun ini, simak penjelasannya yuk!

Asal Usul dan Sejarah Singkat Grunge Style

Grunge style awalnya muncul di Seattle, Washington, Amerika Serikat, pada pertengahan tahun 1980-an. Grunge style dipengaruhi oleh band-band dengan genre grunge seperti Nirvana, Pearl Jam, dan Soundgarden.

Di Indonesia, sejarah perkembangannya dibahas pula pada karya tulis dengan judul “The Representation of Grunge Style in Bazaar Magazine” yang ditulis oleh Zia Nurjanah (2019), bahwa pada tahun 1970-an, celana dengan potongan bootcut menjadi tren mode yang digunakan oleh hampir setiap anak muda pada saat itu.

Di tahun 1980-an, hampir setiap wanita mengenakan kemeja dengan tali bahu yang tinggi dan rambut keriting.  Kemudian, majalah mode seperti Femina, Gadis, Kartini, Cosmopolitan, Vogue, Bazaar, berfokus pada grunge style. 

Maka dari itu, penyebarannya di Indonesia dipengaruhi oleh eksposur melalui media cetak dan elektronik, serta adaptasi oleh masyarakat yang tertarik dengan tren mode global.

Tren Perkembangan Grunge Style

Ringkasan perkembangannya di mancanegara, bisa Knittopreneurs lihat lebih jelas di bagian artikel ini, ya! Pengaruh public figure rupanya sangat berperan untuk penyebarannya lho, Knittopreneurs.

  • 1980-an: Grunge muncul sebagai subkultur di Seattle dengan dipelopori oleh band-band lokal seperti Green River dan Melvins. Gaya ini identik dengan kemeja flanel, ripped jeans, dan sepatu boots.
  • 1990-an: Grunge mencapai puncak popularitasnya dengan kesuksesan band-band ternama seperti Nirvana dan Pearl Jam. Gaya ini menjadi simbol budaya baru yang diadopsi oleh banyak para remaja dari seluruh dunia.
  • 2000-an: Popularitas grunge mulai memudar, namun setiap elemen-elemennya masih dapat ditemukan di tren fashion.
  • 2020-an: Grunge kembali digemari, terutama di kalangan Gen Z. Gaya ini diinterpretasikan ulang dengan sentuhan modern, namun tetap mempertahankan ciri khasnya yaitu pakaian longgar yang mengedepankan ekspresi individual.

Mengapa Grunge Style Kembali Jadi Tren di 2024?

Ada beberapa alasan yang menyebabkan style ini kembali diminati, seperti:

  • Kejenuhan dengan tren fashion yang biasa saja: Banyak generasi muda, terutama generasi Z, lebih mendambakan ekspresi diri yang lebih otentik dan anti kemapanan. Grunge style dapat memberikan cara untuk menunjukkan individualitas.
  • Nostalgia era 90-an: Budaya musik pop tahun 1990-an kembali digemari, termasuk musik dan style fashion nya. Grunge style menjadi salah satu tren yang diadopsi dari era tersebut.
  • Kesadaran terhadap isu sosial: Style grunge sangat identik dengan semangat pemberontakan dan kritik terhadap sistem. Di tengah berbagai isu sosial dan politik yang terjadi di dunia, style ini menjadi cara untuk menyuarakan pendapat dan melawan ketidakadilan.

Baca Juga : Tren Retro Style di Era Modern, Sederhana Namun Penuh Makna

Ciri Khas atau Karakteristik Grunge Style

Grunge Style Dengan Kemeja Flannel
Grunge Style Dengan Kemeja Flannel | Sumber:Pinterest

Grunge style punya beberapa ciri khas yang memadukan kesan kasual, nyaman, dan memberikan ekspresi individu. Berikut ciri-ciri grunge style dari mulai atasan hingga penampilan keseluruhan:

  • Grunge style umumnya menggunakan atasan yang longgar atau biasa dikenal juga oversize. Salah satu yang menjadi icon utama dari style ini yaitu kemeja flanel oversize yang tidak dikancingkan dan dipadukan dengan kaos oblong. Kemeja flanel ini umumnya memiliki motif kotak-kotak besar dengan warna yang gelap atau warna cerah yang kontras.
  • Grunge style sering dipadukan dengan celana sobek-sobek atau yang biasa dikenal dengan ripped jeans. Ripped jeans merupakan celana yang menjadi ciri khas utama dari style ini. Celana panjang atau celana pendek tidak menjadi perdebatan, karena style ini lebih mengarah ke ekspresi diri.
  • Style ini sering dipadukan dengan sepatu boots kulit atau sneakers klasik.
  • Penambahan aksesoris seperti kalung choker yang terbuat dari karet atau kulit, gelang dengan berbahan kulit atau logam, topi beanie dan kacamata hitam aviator tak kalah penting dalam style ini. Karena dengan penambahan aksesoris, para pecinta style grunge dapat lebih menunjukan ekspresi diri mereka.

Secara Keseluruhan:

  • Grunge menghindari pakaian yang berkesan rapi dan justru lebih menampilkan kesan kasual dan sedikit berantakan.
  • Hitam, abu-abu, dan hijau army adalah warna dominan, namun bisa diberi aksen warna cerah seperti merah atau ungu.
  • Grunge bukan sekadar tren, tapi bentuk ekspresi diri. 

Inspirasi dan Tips Styling Grunge Style

Band Nirvana Dengan Grunge Style
Band Nirvana Dengan Grunge Style | Sumber:Pinterest

Grunge Style memiliki ciri khas utama, yaitu pakaian oversize yang dipadukan dengan ripped jeans dan sepatu boots. Berikut inspirasi dan tips styling grunge style.

  • Kamu dapat meniru gaya dari icon grunge yaitu Kurt Cobain, Courtney Love, Pearl Jam, Alice in Chains, dan band-band grunge lainnya. Band ternama ini merupakan sumber inspirasi utama dari style grunge.
  • Padu padankan outfit dengan berbagai tekstur contohnya seperti menggabungkan bahan flanel, denim, dan knitwear untuk menciptakan tampilan grunge yang kasual dan layered.
  • Menggunakan warna gelap. Hitam, abu-abu, dan hijau army adalah warna-warna utama dalam style grunge. Kamu juga dapat menambahkan aksen warna cerah seperti merah atau ungu.
  • Jangan takut untuk bereksperimen. Grunge style bukan sekedar style biasa, namun tentang ekspresi diri, jadi jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai item fashion.
  • Tambahkan aksesoris seperti kalung choker, gelang-gelang, topi beanie, dan kacamata hitam untuk menyempurnakan tampilan grunge kamu.

Baca Juga : 3 Style Jaket Bomber Pria Masa Kini

Kesimpulan

Grunge style adalah gaya atau style fashion yang terinspirasi oleh gerakan musik grunge di awal 1990-an. Gaya ini identik dengan pakaian yang terkesan longgar, berantakan, dan menunjukan ekspresi diri. Grunge style menawarkan cara untuk tampil stylish dan berani dengan sentuhan pemberontakan. Di era modern saat ini, di mana ekspresi diri dan individualitas semakin dihargai, style ini kembali relevan dan banyak digemari oleh generasi muda.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700