Pilihan Baju Overall yang Praktis dan Stylish, Wajib Ada di Lemari!

0
5/5 - Vote count: 81 votes

Pilihan Baju Overall yang Praktis dan Stylish, Wajib Ada di Lemari! – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas salah satu baju yang bisa dipakai pria maupun wanita, yaitu baju overall.

Kenali Baju Overall dan 7 Rekomendasi Inner yang Bagus, Wajib Ada di Lemari!
Kenali Baju Overall dan 7 Rekomendasi Inner yang Bagus, Wajib Ada di Lemari!

Baju overall merupakan baju yang populer pada akhir tahun 90-an, dan kini tren pemakaiannya kembali muncul dengan berbagai inovasi yang mengikuti era sekarang. Knittopreneurs mungkin pernah melihat variasi modelnya dari segi panjang, bahan, hingga warna.

Nah, untuk mengenal baju overall lebih dalam, yuk simak artikelnya!

Apa itu Baju Overall?

Contoh Detail Baju Overall Klasik dengan Model Kait
Contoh Detail Baju Overall Klasik dengan Model Kait

Baju overall adalah jenis pakaian yang terdiri dari celana atau rok yang menyatu dengan bagian atas berbentuk seperti apron (celemek) yang memiliki ciri khas tali gesper atau selempang di bagian bahu. Biasanya, baju overall digunakan sebagai outer pakaian lain, dengan inner kaos atau blus.

Baju dengan model yang unik ini bisa memberikan tampilan kasual dan santai, dan identik digunakan sebagai pakaian kerja di jaman dahulu, namun kini baju overall menjadi fashion casual yang bisa dipakai sehari-hari.

Ada beberapa variasi baju overall, seperti overall dengan bawahan celana panjang, rok, atau celana pendek. Jenis kain yang sering digunakan untuk overall adalah kain denim, tetapi ada juga yang terbuat dari bahan lain seperti katun atau bahan twill.

Perbedaan Baju Overall dan Jumpsuit

Beda Jumpsuit dan Overall | Kiri: Jumpsuit, Kanan: Overall
Beda Jumpsuit dan Overall | Kiri: Jumpsuit, Kanan: Overall

Perbedaan antara overall dan jumpsuit terletak pada desain dan cara pemakaiannya:

  • Overall

Overall terdiri dari bagian bawah seperti celana atau rok yang terhubung ke bagian depan berbentuk apron (celemek) dengan tali gesper atau selempang di bahu. Biasanya dikenakan sebagai luaran pakaian lain, seperti kaos atau blus. Memiliki bukaan di bagian atas, dengan tali yang bisa dilepas. Biasanya kain yang sering digunakan untuk overall adalah denim, dan lebih sering digunakan untuk gaya casual atau sehari-hari.

  • Jumpsuit 

Merupakan pakaian utuh yang terdiri dari bagian atas dan bawah yang menyambung, sehingga tidak memerlukan pakaian lain untuk bawahan atau atasan. Desainnya bisa universal, misalnya lebih tertutup di bagian atas, seperti memiliki lengan panjang, pendek, atau tanpa lengan. Jumpsuit biasanya hadir dalam berbagai variasi model, dari kasual hingga formal, dan terbuat dari berbagai kain woven seperti katun, satin, hingga sutra.

Secara singkat, overall adalah pakaian yang memerlukan pakaian dalaman atau inner di dalamnya dan menggunakan bahan yang lebih tebal, sementara jumpsuit adalah pakaian satu kesatuan yang sudah lengkap tanpa perlu dipasangkan dengan atasan atau bawahan lainnya dan menggunakan bahan yang lebih tipis.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Tinta Di Baju Dengan Mudah dan Ampuh

7 Rekomendasi Inner untuk Baju Overall

Ilustrasi Perbedaan Inner yang Dipakai untuk Baju Overall, dengan Berbagai Bahan
Ilustrasi Perbedaan Inner yang Dipakai untuk Baju Overall, dengan Berbagai Bahan

Berikut beberapa rekomendasi inner yang cocok untuk dipadukan dengan overall agar Knittopreneurs tetap tampil stylish:

  • Kaos Polos

Kaos polos dengan lengan pendek atau panjang adalah pilihan klasik untuk tampilan santai dan casual. Warna-warna kaos yang netral seperti putih, hitam, atau abu-abu bisa menjadi pilihan aman dan bisa dipakai pria maupun wanita, namun kaos berwarna cerah seperti pastel bisa memberikan tampilan yang lebih fresh.

  • Blus atau Kemeja

Blus atau kemeja lengan panjang memberikan kesan yang lebih rapi dan chic. Kemeja bermotif seperti garis-garis atau kotak-kotak bisa menambahkan karakter pada tampilan. Kemeja oversized juga bisa memberikan kesan lebih trendi dan unik.

  • Turtleneck

Turtleneck cocok untuk cuaca lebih dingin dan memberikan tampilan yang lebih stylish dan elegan. Pilih warna-warna netral atau tone lembut agar terlihat seimbang dengan overall.

  • Crop Top

Untuk tampilan lebih modern dan edgy, crop top bisa menjadi pilihan yang menarik, terutama jika overall-nya memiliki pinggang tinggi (high-waisted). Warna kontras akan membuat tampilan lebih standout.

  • Kaos Bergaris (Striped T-shirt)

Kaos bergaris adalah pilihan yang baik untuk tampilan casual yang simpel namun tetap menarik dan tidak monoton. Motif stripe dapat memberikan kesan retro dan playful.

Saat cuaca panas, tank top atau spaghetti straps bisa menjadi pilihan untuk tampilan yang lebih ringan dan nyaman, tetapi tetap chic. Ini akan membuat tampilan lebih santai dan effortless.

  • Sweater atau Hoodie

Jika ingin tampil lebih santai dan casual di musim hujan, Knittopreneurs bisa padukan overall dengan sweater atau hoodie. Ini memberikan kesan lebih sporty dan nyaman.

Dengan mix and match inner yang tepat, overall bisa dipakai untuk berbagai suasana, mulai dari casual hingga semi-formal.

Baca Juga: Mengenal Baju Tactical: Keunggulan, Fungsi, dan Rekomendasi Bahan yang Digunakan

Rekomendasi Bahan Kaos dan Hoodie untuk Inner Overall

  • Cotton Combed
Cotton Combed dari Knitto Textile
Cotton Combed dari Knitto Textile

Cotton Combed merupakan kain yang cocok untuk bahan kaos, karena Cotton Combed sudah menjadi standar bahan kaos yang nyaman dan berkualitas. Cotton Combed merupakan kain bahan kaos yang terbuat dari 100% katun atau kapas yang telah melewati tahap penyisiran, sehingga memiliki permukaan kain yang halus dan lembut. Di Knitto Textiles, Knittopreneurs bisa menemukan Cotton Combed dengan ketebalan 30s, 28s, 24s, 20s, dan 16s dalam 100 variasi warna menarik dan cerah.

  • Cotton Combed Stripe
Cotton Combed Stripes dengan Warna Abu Misty
Cotton Combed Stripes dengan Warna Abu Misty

Cotton Combed Stripe merupakan kain Cotton Combed yang memiliki corak rajut stripe atau garis-garis. Kain Cotton Combed Stripe memiliki kualitas yang sama dengan Cotton Combed. Cotton Combed Stripe dapat Knittopreneurs temukan di Knitto Textiles dalam 3 tipe lebar stripe, yaitu new stripe type 1, stripe type 2, dan new stripe type 3.

  • Cotton Combed Fleece
Kain Cotton Combed Fleece
Kain Cotton Combed Fleece

Cotton Combed Fleece merupakan bahan yang ideal untuk bahan hoodie dan sweater. Memiliki ketebalan yang lebih tebal daripada kain Cotton Combed, Cotton Combed Fleece memiliki ciri khas bulu halus pada bagian dalam kainnya, berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Cotton Combed Fleece tersedia di Knitto Textiles dengan variasi warna yang beragam dan tentu saja kualitas yang baik.

  • Cotton Combed Baby Terry
Bahan Cotton Combed Baby Terry
Bahan Cotton Combed Baby Terry

Sama Seperti Cotton Combed Fleece, Cotton Combed Baby Terry merupakan bahan yang cocok untuk hoodie dan sweater. Bedanya, Cotton Combed Baby Terry memiliki motif rajut “loop” dan memiliki ketebalan kain yang sedikit lebih tipis dibandingkan Cotton Combed Fleece. Knittopreneurs juga bisa temukan Cotton Combed Baby Terry di Knitto Textiles dengan variasi warna yang menarik dan warna yang cerah.

Tips Memilih Kombinasi Inner dengan Baju Overall yang Pas 

  • Pertimbangkan Style yang Diinginkan

Jika Knittopreneurs ingin tampil santai, cobalah memadukan baju overall dengan kaos, tank top, atau crop top. Untuk tampilan yang lebih elegan, kombinasi overall dengan kemeja atau blus bisa menjadi pilihan yang tepat.

  • Sesuaikan dengan Cuaca

Di hari yang panas, pilih inner yang ringan dan nyaman seperti katun atau rayon agar tetap sejuk. Saat lebih dingin, padukan overall dengan sweater, turtleneck, atau kemeja berlengan panjang untuk menjaga tubuh tetap hangat.

  • Perhatikan Warna dan Pola

Untuk tampilan yang menarik, pilih warna inner yang kontras atau senada dengan overall, misalnya padukan overall hitam dengan inner putih atau merah. Jika overall yang Knittopreneurs kenakan polos, inner dengan pola atau motif yang menarik bisa memberikan sentuhan yang berbeda. Pilih kain printing dengan motif eksklusif dari Knitto untuk mendapatkan bahan yang nyaman dan motif lucu.

  • Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Bagi Knittopreneurs yang bertubuh kurus, pilih inner yang memberi volume seperti sweater atau blus berlapis untuk tampilan yang lebih seimbang. Sedangkan jika tubuh Knittopreneurs lebih berisi, pilih inner dengan potongan slim fit untuk memberikan siluet yang lebih ramping.

Baca Juga: Tampil Stylish dengan Baju Kodok, Kombinasikan dengan Printto yang Unik!

Nah itu dia rekomendasi bahan inner untuk baju overall. Untuk Knittopreneurs yang penasaran bisa langsung kunjungi website official Knitto Textiles!

 TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia 

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA  

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700