15 Ide Kostum Halloween 2024 yang Unik dan Anti-Mainstream, Wajib Coba!

0
5/5 - Vote count: 42 votes

Ide Kostum Halloween 2024 yang Unik dan Anti-Mainstream, Wajib Coba! – Halloween yang dirayakan setiap 31 Oktober sudah di depan mata, nih. Biasanya, perayaan hari Halloween lekat dengan tradisi pemakaian kostum unik, baik oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Inspirasi Kostum Halloween 2024, Unik dan Autentik!
Inspirasi Kostum Halloween 2024, Unik dan Autentik! (Sumber: Pinterest)

Kostumnya sendiri bervariasi, bisa berupa karakter populer di film atau hantu lokal yang menyeramkan. Meski bukanlah perayaan resmi di Indonesia, tapi banyak orang yang meramaikan tren ini. Entah itu di acara sekolah atau pun kantor.

Kalau Knittopreneurs berencana merayakan hari Halloween dan masih bingung menentukan kostumnya, langsung intip inspirasi yang Minto kumpulkan, yuk!

Sejarah Perayaan Halloween

Halloween berasal dari festival kuno Samhain yang dirayakan oleh bangsa Celtic di Eropa, terutama di Irlandia dan Skotlandia. 

Festival ini menandai akhir musim panen dan awal musim dingin, yang dianggap sebagai waktu di mana batas antara dunia manusia dan roh menipis. Masyarakat saat itu menyalakan api unggun besar dan mengenakan kostum menyeramkan untuk mengusir roh jahat.

Saat agama Kristen menyebar, All Saints’ Day atau Hari Raya Orang Kudus diperingati setiap 1 November, dan malam sebelumnya dikenal sebagai All Hallows’ Eve, yang akhirnya disingkat menjadi Halloween

Pada abad ke-19, tradisi Halloween dibawa oleh imigran Irlandia ke Amerika Serikat, di mana festival ini berkembang hingga menjadi perayaan seperti yang kita kenal sekarang, lengkap dengan pesta kostum, trick or treat, dan dekorasi menyeramkan seperti labu ukir dan ornamen lainnya.

Ide Kostum Halloween dari Karakter Viral

Seiring waktu, Halloween tak lagi dipandang sebagai tradisi mengusir roh jahat, melainkan acara sosial yang merekatkan masyarakat.

Karenanya, kamu akan menemukan juga kostum yang tampak menggemaskan, bukan menyeramkan seperti tradisi awalnya.

Inspirasi kostum Halloween bisa datang dari mana saja, termasuk karakter film dan legenda urban. Kira-kira, kostum Halloween seperti apa yang cocok dikenakan Knittopreneurs, ya?

Inspirasi Kostum Halloween untuk Pria

Kalau biasanya para wanita yang bersemangat merayakan Halloween dengan mengenakan kostum hingga benar-benar well-dressed, pria juga bisa ikut menyemarakkan hari spesial ini dengan inspirasi kostum Halloween berikut!

Drakula

Inspirasi Kostum Halloween Drakula
Inspirasi Kostum Halloween Drakula (Sumber: Pinterest)

Bicara soal kostum Halloween pria, drakula kerap menjadi top of mind. Bukan tanpa alasan, busananya cukup simpel sehingga Knittopreneurs tak perlu kesusahan mencarinya. Bahkan mungkin ada yang sudah tersedia di lemari.

Knittopreneurs hanya perlu mengenakan jubah hitam panjang, rompi (vest) merah, dan dasi merah. Untuk bawahannya, cukup pakai celana kain panjang berwarna hitam dan lengkapi dengan sepatu pantofel. 

Agar tampilan makin paripurna, Knittopreneurs bisa menggunakan gigi taring palsu dan mengenakan makeup pucat.

Ken 

Inspirasi Kostum Halloween Ken
Inspirasi Kostum Halloween Ken (Sumber: Pinterest)

Pecinta Barbie tentu sudah tidak asing dengan Ken. Karakter ini bisa dipertimbangkan untuk perayaan Halloween minggu depan, nih.

Ken dikenal dengan warna outfit yang nyentrik, seperti kemeja berwarna pink, rompi denim, atau kaos stripe warna biru dan putih. 

Karakter Ken juga sering tampil dengan celana pendek di atas lutut berwarna senada yang ikonik. Aksesorisnya sendiri bisa berupa ikan pinggang, jam tangan, topi cowboy, dan sepatu pantofel. 

Joker

Inspirasi Kostum Halloween Joker
Inspirasi Kostum Halloween Joker (Sumber: Pinterest)

Karakter Joker dari DC Comics tak pernah terlewat dalam perayaan Halloween. Knittopreneurs bisa memilih versi Heath Ledger dengan setelan ungu atau versi Joaquin Phoenix yang memakai setelan merah. 

Jangan lupa lengkapi dengan makeup badut yang mencolok dan memasang ekspresi khas Joker. Pastikan juga membawa properti seperti kartu joker atau pistol mainan agar makin terlihat mirip.

Dr. Strange

Inspirasi Kostum Halloween Dr. Strange
Inspirasi Kostum Halloween Dr. Strange (Sumber: Pinterest)

Sosok Dr. Strange dari Marvel Cinematic Universe yang khas dengan jubah merah ikonik juga kerap mencuri perhatian. Karakter ini cocok banget untuk Knittopreneurs yang ingin tampil karismatik.

Pastikan aksesoris liontin Eye of Agamotto melengkapi look Knittopreneurs, lengkap dengan old buckle yang penuh dengan detail unik.

Yang Mulia dan Penasihat Benteng Takeshi

Inspirasi Kostum Halloween 'Yang Mulia' dan 'Penasihat' dari Benteng Takeshi
Inspirasi Kostum Halloween ‘Yang Mulia’ dan ‘Penasihat’ dari Benteng Takeshi (Sumber: Pinterest)

Anak 90-an pasti sudah tak asing dengan variety show, Benteng Takeshi atau Takeshi’s castle. Acara TV ini menampilkan permainan penuh rintangan yang harus dilalui para pemain untuk mencapai garis finish.

Dalam show ini, ada dua host yang salah satunya disapa “Yang Mulia” dengan tampilan yang otoriter dan elegan, serta penasihat yang kerap jadi sasaran kejahilan para peserta. 

Keduanya kerap mengenakan outfit ikonik yang bisa disontek untuk kostum Halloween kamu pada 31 Oktober nanti. Ini adalah modifikasi pakaian tradisional khas Jepang yang unik.

Baca Juga:  Jenis Outfit Terbaik dan Cara Memilih yang Tepat untuk Penampilan

Inspirasi Kostum Halloween Wanita

Halloween menjadi salah satu perayaan yang paling diantisipasi oleh para wanita. Ketika ada acara perayaan Halloween, persiapannya mungkin dipikirkan dan dilakukan dari jauh-jauh hari.

Nah, agar tampilan makin maksimal, Knittopreneurs bisa menyontek inspirasi kostum Halloween wanita yang beragam dan anti-mainstream ini. 

Belle ‘Beauty and The Beast’

Inspirasi Kostum Halloween Belle dari Beauty and The Beast
Inspirasi Kostum Halloween Belle ‘Beauty and The Beast’ (Sumber: Pinterest)

Anggun, cantik, dan menawan. Tiga kata tersebut sempurna untuk mendeskripsikan karakter utama Beauty and The Beast, Belle.

Dress kuning khas yang dikenakannya auto membuat look terlihat elegan. Sebagai pelengkap, aplikasikan make up tipis dan styling rambut dengan sanggul kecil yang elok.

Untuk versi yang hijab-friendly, kenakanlah kemeja putih dengan gaun sleeveless biru yang panjangnya mencapai tumit.

Warna kerudungnya bisa diselaraskan dengan gaun atau pilih yang bernuansa pastel agar terlihat lebih lembut.

Velma ‘Scooby Doo’

Inspirasi Kostum Halloween Velma dari Scooby Doo
Inspirasi Kostum Halloween Velma ‘Scooby Doo’ (Sumber: Pinterest)

Karakter yang lekat dengan predikat smart dari serial kartun Scooby Doo ini mungkin tak asing lagi bagi Knittopreneurs kelahiran 90-an.

Outfit yang dikenakan sosok Velma sangatlah khas dan unik, dengan atasan turtle neck oranye, rok merah, kaos kaki oranye, dan sepatu pantofel merah yang nyentrik. 

Tak lupa kacamata kotak dengan frame tebal serta topi baret warna beige yang melengkapi penampilannya.

Princess Jasmine ‘Aladdin’

Inspirasi Kostum Halloween Jasmine dari Aladdin
Inspirasi Kostum Halloween Jasmine dari Aladdin (Sumber: Pinterest)

Selain Belle, karakter Disney lain yang bisa Knittopreneurs jadikan sebagai inspirasi kostum Halloween ialah Princess Jasmine dari film Aladdin.

Mengenakan atasan model sabrina dan celana balon berwarna turquoise, tampilan Knittopreneurs auto anggun dan menawan.

Sebagai pemanis, bisa juga tambahkan bando dan aksesoris berupa anting dan kalung khas yang dipakai putri dari Kerajaan Agrabah ini.

Badarawuhi ‘KKN di Desa Penari’

Inspirasi Kostum Halloween Badarawuhi
Inspirasi Kostum Halloween Badarawuhi (Sumber: Pinterest)

Berawal dari thread horor viral di X yang dibagikan akun SimpleMan, antusiasme film Desa Penari meledak begitu tayang di bioskop dan berhasil mencetak kesuksesan dengan mendulang 10 juta penonton.

Salah satu karakter yang mencuri perhatian adalah Badarawuhi, siluman ular yang menjelma sebagai wanita cantik. Karakter ini mengenakan gaun hijau tanpa lengan dan aksesoris mahkota emas yang khas. Tak lupa, selendang berwarna kuning untuk melengkapi look.

Elphaba dan Glinda ‘Wicked’

Inspirasi Kostum Halloween Elphaba dan Glinda
Inspirasi Kostum Halloween Elphaba dan Glinda (Sumber: Pinterest)

Dua karakter ini diprediksi akan sangat populer dalam perayaan Halloween tahun 2024, terlebih dengan kehadiran film live action-nya yang dibintangi Cynthia Erivo dan Ariana Grande yang masing-masing memerankan Elphaba dan Glinda.

Elphaba, digambarkan sebagai penyihir yang mengenakan gaun serba hitam dan topi kerucut khas penyihir, sedangkan Glinda tampil kontras dengan gaun berwarna pink dan mahkota berlian yang berkilauan.

Baca Juga: Macam-macam Warna Orange yang Wajib Diketahui, Yuk Cek!

Inspirasi Kostum Halloween untuk Anak-anak

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun turut merayakan Halloween. Bedanya, karakter yang diperankan lebih menggemaskan dibandingkan yang dikenakan orang dewasa.

Lantas, karakter apa saja yang bisa dijadikan inspirasi kostum Halloween untuk anak-anak? Cek kumpulan rekomendasinya dari Minto di sini yuk! Terpenting, pilih kostum yang nyaman agar anak tidak rewel, ya!

Russel ‘Up’

Inspirasi Kostum Halloween Russel
Inspirasi Kostum Halloween Russel (Sumber: Pinterest)

Menggemaskan, kata ini sangat menggambarkan karakter cilik ini. Russel dengan outfit bertema petualangan ini bisa disontek untuk busana Halloween anak.

Kemeja berwarna kuning cerah dengan celana selutut cokelat, yang dilengkapi scarf berwarna oranye dan topi yang senada dengan baju.

Alas kakinya simpel, hanya menggunakan sepatu dan kaos kaki yang pastinya sudah dimiliki oleh anak untuk bersekolah.

Coco dari Film ‘Coco’

Inspirasi Kostum Halloween Coco
Inspirasi Kostum Halloween Coco (Sumber: Pinterest)

Masih dari film besutan Disney, karakter utama dalam film Coco yang juga bernama Coco bisa dijadikan inspirasi outfit untuk anak-anak.

Pakaiannya sangat simpel, hanya jaket merah dengan detail garis di bagian lengan, serta celana jeans panjang. Untuk inner-nya bisa mengenakan kaos sleeveless berwarna abu. Tentunya ini nyaman dikenakan oleh anak.

Dinosaurus

Inspirasi Kostum Halloween Dinosaurus
Inspirasi Kostum Halloween Dinosaurus (Sumber: Pinterest)

Bagi anak yang menyukai dunia prasejarah, kostum dinosaurus bisa jadi pilihan tepat. Kostum ini biasanya berupa jumpsuit empuk dengan ekor dan tudung kepala berbentuk dinosaurus, seperti T-Rex atau Triceratops.

Kostum ini membuat anak terlihat menggemaskan. Busana dinosaurus juga nyaman dipakai untuk anak yang masih kecil karena tidak memerlukan banyak aksesori.

Monster Mini

Inspirasi Kostum Halloween Monster Cilik
Inspirasi Kostum Halloween Monster Cilik (Sumber: Pinterest)

Halloween lekat dengan kostum hantu atau monster mengingat dulunya ini adalah tradisi mengusir roh jahat. Untuk anak, monster bisa menjadi pilihan yang mudah dibuat sekaligus menggemaskan.

Knittopreneurs bisa mengambil inspirasi dari karakter viral, seperti kostum monster Boo dalam Monster Inc. Jangan lupa lengkapi dengan ember kecil berbentuk labu untuk mengumpulkan permen saat trick-or-treat!

Karakter Hewan

Inspirasi Kostum Halloween Tema Hewan
Inspirasi Kostum Halloween Tema Hewan (Sumber: Pinterest)

Banyak anak menyukai kostum berbentuk hewan. Pilih kostum unicorn dengan warna pastel, kucing hitam dengan ekor kecil, atau naga dengan sayap mini di punggung. 

Kostum-kostum ini biasanya dibuat dari bahan lembut yang nyaman dipakai sepanjang hari. Selain terlihat lucu, kostum hewan memberi anak kebebasan untuk bergerak dan merasa nyaman. 

Superhero

Inspirasi Kostum Halloween Tema Superhero
Inspirasi Kostum Halloween Tema Superhero (Sumber: Pinterest)

Anak-anak cenderung terobsesi dengan karakter superhero, mengingat kartun genre ini menjadi tontonan sehari-hari mereka.

Contoh karakter superhero di antaranya Spiderman, Batman, Iron Man, dan Wonder Woman. Kostum ini juga mudah dicari sehingga Knittopreneurs tak perlu kesulitan menemukannya.

Itulah inspirasi kostum Halloween yang bisa Knittopreneurs sontek saat tanggal 31 Oktober nanti. Dari Indonesia hingga barat, pilihlah yang sesuai dengan preferensi dan terasa nyaman. Kira-kira, outfit mana yang paling menyita perhatian Knittopreneurs, nih?

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]