8 Fakta Unik Tentang Bean Bag Yang Harus Diketahui

0
5/5 - Vote count: 20 votes

8 Fakta Unik Tentang Bean Bag Yang Harus Diketahui – Hi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas tentang 8 fakta unik bean bag yang harus kamu ketahui. Siapa nih yang disini suka atau bahkan punya bean bag di rumah? Yuk kita cari tahu apa sih fakta unik tentang bean bag.

Apa itu Bean Bag

8 Fakta Unik Tentang Bean Bag Yang Harus Diketahui

Bean bag adalah jenis furnitur berbentuk kursi atau sofa yang terbuat dari bahan yang elastis seperti kain atau kulit dan berisi butiran polistirena, biji styrofoam, busa, atau bahan serupa. 

Nama “bean bag” berasal dari bentuknya yang awalnya menyerupai kantung kacang, meskipun saat ini bean bag hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda mulai dari oval, persegi panjang yang besar maupun kecil.

Ciri khas bean bag adalah fleksibilitasnya. Mereka dapat menyesuaikan bentuk tubuh Knittopreneurs ketika Knittopreneurs duduk di atasnya, memberikan kenyamanan yang unik. 

Bean bag sering digunakan sebagai furniture tambahan di rumah, ruang santai, kamar tidur, atau ruang keluarga. Bean bag juga sering digunakan dalam ruang permainan anak-anak karena kenyamanan dan keamanannya.

Selain itu, bean bag juga tersedia dalam berbagai warna dan desain, menjadikannya pilihan yang populer dalam dekorasi interior. Mereka dapat digunakan untuk bersantai, menonton TV, membaca buku, atau hanya sebagai tempat duduk tambahan ketika Knittopreneurs memiliki tamu.

Bean bag sangat fleksibel dan mudah dipindahkan, sehingga mereka sering digunakan dalam situasi dimana Knittopreneurs memerlukan kursi ekstra yang mudah disimpan dan dipindahkan. 

Meskipun bean bag adalah furnitur yang santai dan nyaman, penting untuk tetap menggunakannya dengan bijak untuk menjaga postur tubuh Knittopreneurs.

8 Fakta Unik Tentang Bean Bag yang Harus Diketahui

  • Awalnya Dipenuhi dengan Biji Kacang

Meskipun sekarang banyak bean bag yang diisi dengan butiran polistirena atau biji styrofoam, awalnya bean bag diisi dengan biji kacang, dan karena itulah kursi ini disebut bean bag. 

Namun, biji kacang membuktikan kurang tahan lama dan rentan terhadap hama sehingga biji-bijian mudah rusak dan rapuh, dan kini sudah digantikan oleh bahan-bahan sintetis yang lebih tahan lama.

  • Inovasi 1968

Bean bag modern pertama kali diciptakan oleh Italia Gatti, Cesare Paolini, dan Franco Teodoro pada tahun 1968. Mereka mengganti isi bean bag menjadi bahan sintetis yaitu polistirena yang lebih tahan lama daripada biji kacang.

  • Desain yang Ergonomis

Kursi bean bag diketahui dapat memberikan dukungan ergonomis yang baik karena mereka dapat menyesuaikan bentuk tubuh Knittopreneurs saat Knittopreneurs duduk. Ini membuatnya tubuh kita nyaman dan mengurangi tekanan pada tubuh Knittopreneurs saat duduk untuk waktu yang lama.

  • Berfungsi Sebagai Dekorasi

Bean bag adalah pilihan dekorasi yang serbaguna. Mereka dapat digunakan dalam berbagai pengaturan interior, mulai dari ruang tamu hingga kamar tidur, bahkan ruang bermain anak-anak. Dalam berbagai warna dan desain, Knittopreneurs dapat menyesuaikannya dengan tema dekorasi ruangan Knittopreneurs.

  • Bean Bag Raksasa

Bean bag tidak selalu kecil. Ada bean bag raksasa yang berukuran jauh lebih besar sehingga dapat menampung beberapa orang sekaligus. Bean bag raksasa adalah pilihan yang tepat untuk ruang tamu atau ruang keluarga yang besar.

  • Bahan yang Berbeda

Selain polistirena, bean bag juga bisa diisi dengan bahan-bahan lain seperti memory foam, serat sintetis, kapas, atau kombinasi dari beberapa bahan ini. Setiap bahan memiliki perasaan yang berbeda dan tingkat kenyamanan yang berbeda.

  • Terlihat Modern dan Retro

Bean bag telah menjadi simbol gaya retro sejak pertama kali diperkenalkan. Namun, dengan desain dan bahan yang terus berkembang, mereka juga memiliki tampilan modern yang sangat cocok untuk interior kontemporer.

  • Perawatan yang Mudah

Bean bag relatif mudah untuk dirawat. Knittopreneurs dapat membersihkannya dengan membersihkan permukaannya dengan lap lembab. Beberapa bahkan memiliki penutup yang dapat dilepas dan dicuci.

Bean bag adalah furnitur yang serba guna, nyaman, dan menghibur. Fakta-fakta di atas membantu menjelaskan mengapa mereka tetap menjadi pilihan populer dalam berbagai pengaturan rumah tangga.

Bahan yang Cocok untuk Bean Bag

detail color fabric texture samples

Bahan yang digunakan untuk membuat penutup dan isian bean bag dapat bervariasi tergantung pada preferensi pribadi dan kualitas yang diinginkan. Berikut adalah beberapa bahan yang umum digunakan untuk bean bag:

  • Kanvas

Kanvas adalah bahan yang kuat dan tahan lama, sering digunakan untuk membuat penutup bean bag. Kanvas dapat dibilang tahan terhadap tekanan dan tidak mudah robek.

  • Nilon

Bahan nilon sering digunakan untuk penutup bean bag karena tahan noda dan mudah dibersihkan. Nilon juga tahan terhadap air.

  • Kain Katun

Kain katun memberikan tampilan yang lebih lembut dan nyaman. Katun adalah pilihan yang baik untuk bean bag yang akan digunakan dalam ruangan sehingga tidak mudah kotor.

  • Kulit

Kulit adalah bahan mewah yang sering digunakan untuk bean bag premium. Kulit memberikan tampilan yang elegan dan tahan lama.

  • Bahan-Bahan Sintetis

Bahan-bahan sintetis seperti vinyl atau poliester dapat digunakan untuk membuat penutup bean bag. Mereka seringkali lebih terjangkau daripada kulit asli.

Pilihan bahan untuk bean bag akan tergantung pada preferensi pribadi Knittopreneurs, desain produk, dan budget. Yang terpenting adalah memilih kombinasi bahan penutup dan isian yang memberikan kenyamanan yang Knittopreneurs cari dalam bean bag Knittopreneurs.

Cara Membersihkan Bean Bag

Membersihkan bean bag sebenarnya cukup mudah, terutama jika penutupnya dapat dilepas dan dicuci. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membersihkan bean bag:

  • Lepaskan Penutup (jika mungkin)

Jika bean bag Knittopreneurs memiliki penutup atau casing yang dapat dilepas, lepaskan penutupnya dan pastikan untuk membaca petunjuk pencucian yang ada pada label. Beberapa penutup dapat dicuci mesin, sementara yang lain mungkin perlu dicuci secara manual.

  • Cuci Penutup (jika perlu)

Jika penutup bean bag dapat dicuci mesin, masukkan penutup ke dalam mesin cuci sesuai petunjuk pencucian yang ada pada label. Gunakan deterjen yang lembut dan pilih siklus pencucian yang lembut. Hindari penggunaan pemutih kecuali jika penutup benar-benar berwarna putih. Setelah dicuci, keringkan penutup secara alami atau sesuai petunjuk pada label.

  • Bersihkan Isi Bean Bag

Selama penutup dicuci, Knittopreneurs dapat membersihkan isi bean bag. Jika bean bag Knittopreneurs diisi dengan butiran polistirena atau biji styrofoam, cukup periksa apakah ada noda atau debu di dalamnya.

Knittopreneurs bisa membersihkannya dengan memasukan isian bean bag dengan kantong besar dan vakum isiannya. Pastikan untuk memeriksa butiran polistirena yang berceceran dan masukkan kembali ke dalam bean bag agar bentuk tetap terjaga.

  • Cuci dengan Tangan (jika perlu)

Jika penutup bean bag tidak dapat dicuci mesin, Knittopreneurs dapat membersihkannya secara manual. Campurkan air dingin dan sedikit deterjen lembut dalam ember besar atau bak mandi. Bersihkan penutup dengan spons atau kain lembut yang direndam dalam larutan ini. 

Hindari menggunakan deterjen yang kuat atau sikat yang kasar karena dapat merusak bahan. Setelah membersihkan penutup, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

  • Pasang Kembali

Setelah penutup bean bag kering (jika dicuci), pasang kembali penutupnya ke bean bag dan pastikan semua bagian terpasang dengan baik.

  • Rutin Bersihkan

Untuk mencegah penumpukan debu atau kotoran berlebihan, ada baiknya rutin membersihkan penutup dan membersihkan pengisian bean bag sesuai kebutuhan.

Dengan menjaga kebersihan bean bag Knittopreneurs, Knittopreneurs dapat memastikan bahwa furnitur ini tetap nyaman dan tahan lama selama bertahun-tahun.

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur