8 Rekomendasi Bahan Kain Katun Premium Terbaik dan Jenisnya

0
5/5 - Vote count: 130 votes

Bahan Kain Katun selalu dipilih menjadi bahan untuk membuat pakaian yang nyaman, terutama kain katun premium. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kain katun adalah kapas.

Bahan Kain Katun premium menjadi bahan baku nomor satu atau menduduki posisi yang paling tinggi sebagai bahan baku untuk membuat pakaian yang paling banyak diproduksi dan juga paling banyak digunakan. 

Bahan Kain Katun
Bahan Kain Katun

Bahan Kain Katun memang lebih banyak digunakan untuk membuat pakaian seperti kaos, kemeja, gamis, kerudung, dan jenis-jenis pakaian lainnya.

Knitto Textiles juga menjadi salah satu toko bahan yang menyediakan berbagai macam jenis katun, baik kain dengan komposisi 100% serat katun dan juga kain dengan serat campuran. Sebelum kami menjelaskan berbagai jenis kain katun yang tersedia di Knitto Textiles, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang ciri kain katun premium.

Ciri-Ciri Bahan Kain Katun Premium

Lalu seperti apa ya ciri-ciri kain katun premium yang bisa digunakan untuk membuat baju terutama untuk membuat kaos?

  1. Memiliki tekstur kain yang lembut dan halus

Sudah menjadi rahasia umum jika kain katun premium itu mempunyai tekstur yang lembut dan halus, sehingga nyaman saat digunakan. 

  1. Awet dan daya tahannya bagus

Kain Katun Premium tentu mempunyai durabilitas yang baik, sehingga awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Sejuk saat digunakan

Tidak seperti kain Polyester atau bahan sintetis yang dapat menyebabkan panas ketika digunakan apalagi saat siang hari, kain katun premium justru akan terasa adem dan sejuk saat digunakan, karena kain katun dibuat dari serat kapas yang juga dapat menyerap keringat atau air dengan sangat baik.

  1. Tidak menyebabkan alergi

Kain katun bersifat hypoallergenic, sehingga tidak akan menyebabkan alergi kepada penggunanya. Dengan kata lain, kain ini aman digunakan oleh semua orang terutama untuk anak-anak dan bayi juga mereka yang mempunyai kulit sensitif.

Ciri-ciri dari kain katun premium ini bisa kamu ingat dan terapkan terutama ketika sedang mencari kain katun untuk bahan baku pakaian yang akan kamu buat.

Jenis Bahan Kain Katun Premium Untuk Pakaian

  • Cotton Combed

Cotton Combed diproduksi menggunakan bahan dasar 100% kapas premium. Bahan ini dapat menyerap keringat, sejuk saat dipakai, sangat halus dan lembut. Bahan ini cocok untuk menjadi bahan dasar kaos premium yang berkualitas tinggi, dan memang bisa dikatakan bahan kaos ini adalah standar bahan kaos distro.

Terdapat beberapa pilihan ketebalan yang tersedia di Toko kami yaitu 16s, 20s, 24s, 30s, dan yang terbaru adalah Cotton Combed 18s, semakin kecil angka nya maka akan semakin tebal kain nya. Bahan kaos ini tersedia dalam berbagai macam pilihan warna untuk keperluan kain kamu. Khusus untuk kain Combed 30s, kami memiliki 100 pilihan warna.

Kain Cotton Combed terutama Combed 30s cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia ini, karena kainnya yang sejuk dan adem saat dipakai sehingga akan menimbulkan kenyamanan. Selain beberapa jenis Cotton Combed dengan beragam ketebalannya, masih ada juga beberapa jenis kain katun premium Combed yang mempunyai treatment khusus dan memberikan efek yang berbeda yaitu:

  • Cotton Combed Enzyme: Kain ini diberikan protein alami yang dapat terurai secara hayati. Sehingga kain menjadi lebih halus dan lembut serta kain terlihat lebih licin dan mempunyai bulu yang lebih sedikit.
  • Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™: Kain Combed ini mempunyai kandungan Activecool™ nya akan membuat kain menjadi lebih terasa dingin, serta kandungan Activefresh™ nya akan menjaga kain dari bau tidak sedap. Selain itu kain Combed ini aman untuk bayi dan anak-anak, karena kain ini mempunyai kandungan antibakteri. 
  • Cotton Bamboo

Cotton Bamboo adalah jenis kain yang terbuat dari campuran katun dan serat bambu, tidak seperti kain Combed yang dibuat dari full serat katun, kain ini dibuat dari dua jenis serat campuran seperti yang sudah dijelaskan. Keunggulan dari serat bambu sendiri yaitu terdapat anti bakteri, anti bau dan anti jamur yang berasal dari zat alami serat bamboo. Selain itu kain ini dapat menyerap keringat dengan baik, anti listrik statis dan kainnya dapat di daur ulang. 

Kain Cotton Bamboo sangat cocok untuk kulit yang sensitif karena teksturnya yang lembut, elastis, tahan lama. Kainnya juga terasa sejuk walaupun dipakai dibawah terik matahari karena daya tembus sinar UV di serat bambu 20% lebih rendah dibandingkan dengan kain jenis lain.

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Harus Pilih Cotton Bamboo

  • Cotton Modal

Jenis kain selanjutnya yang mempunyai kualitas sangat baik dan termasuk ke dalam Bahan Kain Katun premium adalah kain Cotton Modal. Sama seperti bahan Cotton Bamboo, kain ini juga dibuat dari campuran serat katun dengan serat kayu. Khusus yang ada di Knitto, kami menggunakan bahan katun dan serat TENCEL™ Modal. 

Sedikit fakta tentang kain Modal adalah jika kain ini ternyata merupakan variasi dari serat rayon.

Kain selanjutnya yang merupakan bahan kain katun premium adalah kain Pique Cotton, yang mana jika di Knitto dibuat dari bahan Cotton Combed Premium, sehingga kain menjadi lebih lembut dan lebih nyaman saat digunakan. Kain ini mempunyai tekstur yang halus dan lembut selayaknya kain Cotton Combed. Mau tau tentang kainnya? Cek disini

  • Fleece Cotton

Selain bahan untuk kaos, bahan untuk jaket atau hoodie pun banyak yang dibuat dari serat katun salah satunya adalah bahan Fleece katun, jika kamu ingin menggunakan yang benar-benar premium, kamu bisa menggunakan bahan Cotton Combed Fleece seperti yang tersedia di Knitto Textiles.

  • Baby Terry Cotton

Sama dengan kain Fleece, kain Baby Terry juga mempunyai varian katun yang akan lebih baik jika kamu menggunakan bahan Cotton COmbed Baby Terry seperti yang tersedia di Knitto. Banyak sekali warna yang sudah tersedia untuk kain Baby Terry ini, sehingga kamu mempunyai banyak pilihan dan perlu kamu ketahui jika bahan kain katun premium dengan jenis Baby Terry ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuat pakaian hangat saja, tapi juga bisa kamu gunakan untuk membuat jenis pakaian lain seperti celana (sweatpants dan short pants), oversized short sleeve hoodie, dan lain sebagainya, semua kembali lagi kepada kreativitas kamu sebagai produsen pakaian.

Jadi dari semua jenis kain yang sudah kami jelaskan ini, kain mana yang paling kamu sukai? Semuanya sudah tersedia di Knitto Textiles, yang bisa kamu pesan secara mudah dan cepat melalui portal.knitto.co.id 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur