20 Jenis Bahan Kaos Polos Terbaik dan Lengkap

0
5/5 - Vote count: 176 votes

Jenis Bahan Kaos Polos – Bahan Kaos yang seperti apa yang sedang kamu cari? Apakah bahan yang alami? Mempunyai keunggulan yang banyak? Kain yang cocok untuk kulit sensitif?

Banyak sekali jenis bahan terutama bahan kaos yang ada di pasaran, dan kamu sebagai pengguna kain setidaknya harus mengetahui jenis-jenis kain yang nantinya akan kamu gunakan. Berikut ini kami jelaskan beberapa jenis bahan kaos yang bisa kamu gunakan.

bahan kaos polos
bahan kaos polos

Bahan Kaos Polos Cotton Combed

Bahan Kaos Cotton Combed diproduksi menggunakan bahan dasar 100% kapas premium. Bahan ini dapat menyerap keringat, sejuk saat dipakai, sangat halus dan lembut. Bahan ini cocok untuk menjadi bahan dasar kaos premium yang berkualitas tinggi, dan memang bisa dikatakan bahan kaos ini adalah standar bahan kaos distro.

Terdapat beberapa pilihan ketebalan yang tersedia di Toko kami yaitu 16s, 20s, 24s, 30s, semakin kecil angka nya maka akan semakin tebal kain nya. Bahan kaos ini tersedia dalam berbagai macam pilihan warna untuk keperluan kain Anda. Khusus untuk kain Combed 30s, kami memiliki 100 pilihan warna.

Dari banyak jenis kain kaos yang seringkali kita temui terlebih di sekitaran kita atau masyarakat, satu diantara jenis kain kaos yang paling banyak jadikan bahan pembuatan baju kaos yaitu jenis kain kaos katun atau cotton.

jenis kain cotton atau katun terutama pada jenis Combed. Mengapa kain ini banyak disukai? Karena mempunyai karakter kain yang unggul serta begitu pas untuk jadikan baju, satu diantara keunggulannya yaitu kain cotton atau katun ini menyerap keringat, tahan lama, tidak menyebabkan panas ketika digunakan, dan awet.

Bahan Kaos Polos Cotton Carded

Bahan Kaos Cotton Carded merupakan bahan kaos yang menggunakan bahan dasar 100% kapas. Bahan ini dapat menyerap keringat, dan cukup nyaman saat digunakan. Carded dibuat dari bahan serat kapas yang lebih pendek sehingga tekstur kain nya lebih kasar jika dibandingkan dengan kain Combed.

Kain Carded dibuat dengan cara digaruk pada mesin carding, karena proses pembuatannya juga membuat tekstur dari kain ini menjadi lebih kasar dari kain Combed, dan jika kamu coba pegang kainnya bisa dirasakan masih terdapat bintik-bintik berwarna putih yang berasal dari kotoran kapas yang tidak terbuang dengan sempurna.

Meskipun tekstur kainnya lebih kasar tetapi kain ini masih tetap nyaman digunakan dan juga kain ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif terutama jika kamu mencari bahan kaos dengan harga yang lebih murah, Carded bisa menjadi pilihan.

Bahan Kaos Polos CVC 

Bahan Kaos Chief Value Cotton (CVC) adalah jenis kain kaos yang dibuat dengan menggabungkan 2 bahan campuran yaitu polyester dan cotton. Komposisi kain CVC memiliki katun lebih banyak dibandingkan dengan polyester nya, dan setiap supplier bahan bisa jadi membuat kain ini dengan komposisi campuran serat yang berbeda-beda, misalnya:

  • 60% serat cotton dan 40% serat polyester
  • 55% serat cotton dan 45% serat polyester
  • 50% serat cotton dan 50% serat polyester, dan lain sebagainya.

Selain komposisinya yang berbeda-beda, bahan CVC juga sebenarnya bisa dibuat dengan jenis rajutan apapun, contohnya Single Knit, Pique dan juga Terry. Yang saat ini tersedia di Knitto adalah bahan CVC dengan jenis rajutan Single Knit, Pique dan juga Fleece.

Bahan Kaos Polos Teteron Cotton (TC)

Bahan Kaos Teteron Cotton (TC) adalah jenis kain kaos yang dibuat dengan menggabungkan 2 bahan yaitu Polyester dan Cotton. Berbeda dengan CVC, kain TC memiliki komposisi Polyester yang lebih banyak dari pada Cotton. Komposisi kain yang digunakan Knitto memiliki perbandingan 35% Cotton 65% Polyester. 

Kegunaan dari bahan ini biasa digunakan untuk membuat kaos oblong, tapi memang kualitasnya tidak lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis bahan kaos yang menggunakan bahan dasar katun seperti Combed dan Carded.

Bahan Kaos Polos MISTY

Bahan Kaos Misty adalah jenis kain yang bisa menggunakan jenis bahan rajutan apa saja dengan jenis bahan dasar yang berbeda-beda juga. Karena sebenarnya misty ini merupakan jenis warna bukan jenis kain. 

Misty adalah jenis warna kain yang mana mempunyai warna abu-abu, warna ini berasal dari serat kapas yang diwarnai abu-abu. Warna abu-abu pada misty bisa divariasikan dari warna muda sampai ke warna tua.

Bahan Kaos Polos Cotton Bamboo

Bahan Kaos Cotton Bamboo adalah jenis kain yang terbuat dari campuran katun dan serat bambu. Keunggulan dari serat bambu sendiri yaitu terdapat anti bakteri, anti bau dan anti jamur yang berasal dari zat alami serat bamboo. Selain itu kain ini dapat menyerap keringat dengan baik, anti listrik statis dan kainnya dapat di daur ulang. 

Kain Cotton Bamboo sangat cocok untuk kulit yang sensitif karena teksturnya yang lembut, elastis, tahan lama. Kainnya juga terasa sejuk walaupun dipakai dibawah terik matahari karena daya tembus sinar UV di serat bambu 20% lebih rendah dibandingkan dengan kain jenis lain.

Bahan Kaos Polos TENCEL™ Modal blended with Cotton 

Bahan Kaos TENCEL™ Modal blended with Cotton adalah jenis kain yang terbuat dari campuran Serat TENCEL™ Modal dan Serat Cotton yang memiliki karakteristik sangat lembut dan juga sejuk saat dipakai. 

Beberapa keunggulan bisa kamu dapatkan jika menggunakan kain ini sebagai bahan kaos, seperti:

  • TENCEL™ Modal merupakan bahan yang dapat diuraikan secara alami, dan juga dapat dibuat menjadi kompos sehingga sepenuhnya dapat kembali ke alam.
  • Serat Modal secara alami dapat mengatur perpindahan kelembaban, meningkatkan kualitas dari kain dan terasa nyaman di kulit. 
  • Kain ini mempunyai sifat alami sebagai pengatur suhu alami tubuh, dan memberikan sensasi dingin menyegarkan pada kulit.
  • Warna yang terkandung pada serat kain TENCEL ™ Modal diserap dengan baik sehingga kecerahan warna lebih tahan lama serta warna pada kain tidak mudah pudar bahkan setelah dicuci berulang kali.
  • Serat TENCEL ™ Modal menawarkan kualitas kain yang sangat lembut dan juga tahan lama dan mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Hal ini karena TENCEL ™ Modal mempunyai penampang serat yang ramping atau tipis sehingga kain terasa lembut bahkan setelah dicuci berulang kali. 
  • Lembutnya kain TENCEL ™ Modal terasa dua kali lebih lembut dibandingkan dengan serat kapas dan tetap terjaga kualitasnya bahkan setelah proses pencucian dan pengeringan berulang kali.

Sama seperti kain kaos pada umumnya, kain ini digunakan sebagai bahan kaos polos dengan kualitas premium. Selain untuk kaos polos bahan ini juga bisa digunakan untuk membuat dress.

Bahan Kaos Polos U.S Pima Cotton

Selanjutnya bahan kaos yang juga sama-sama berkualitas premium adalah bahan kaos U.S. Pima Cotton. Kain ini merupakan bahan yang dibuat dari 100% serat kapas. Mungkin beberapa dari kamu akan bertanya “apa perbedaan dengan Combed atau Carded?” tentu ada perbedaan, karena serat kapas yang digunakan untuk membuat kain ini adalah serat kapas yang langka, produksinya hanya 1% dari total seluruh produksi kapas dunia. 

Selain itu serat kapasnya lebih panjang dan kuat sehingga membuat kain ini menjadi lebih kuat dan tahan lama. Bahan kaos ini juga mempunyai karakteristik yang lembut, nyaman digunakan, daya serapnya baik serta, kainnya lebih elastis dari bahan Combed. Coba gunakan kain ini sebagai bahan dasar kaos premium.

Bahan Kaos PIQUE

Bahan Kaos Pique adalah salah satu jenis kain dengan rajutan bercorak, berbeda dengan kain kaos jersey, rajutan pada bahan kaos pique lebih padat, dan mempunyai dua jenis bentuk corak seperti yang ada di toko bahan kaos Knitto. Dua jenis corak rajut tersebut adalah corak rajut berbentuk segi enam dan juga berbentuk segi empat.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat bahan kaos pique bisa apa saja seperti bahan natural dari katun atau kapas, bahan semi sintetis seperti campuran cotton dan polyester, atau menggunakan jenis bahan yang full sintetis seperti polyester juga bisa.

Jenis bahan kaos Pique yang tersedia di Knitto Textiles adalah yang menggunakan jenis bahan Cotton dan Polyester atau yang sering kita sebut CVC (Chief Value Cotton) dan juga bahan Cotton Combed Premium atau yang kami sebut dengan nama CVC Pique Hexagon dan Cotton Combed Pique Diamond.

Kain ini biasa digunakan untuk membuat kaos kerah/ wangki/ polo shirt. Kami juga menyediakan Kerah dan Manset khusus untuk melengkapi kain Pique.

Beberapa orang yang datang ke toko kami sering juga mencari bahan ini dengan sebutan lain yaitu bahan lacoste, apakah bahan pique dan bahan lacoste itu sama? Sebenarnya yang dimaksud dengan bahan lacoste itu adalah bahan pique hanya saja penyebutannya yang berbeda. Karena Lacoste sendiri sebenarnya nama dari brand yang menjual pakaian atau kaos polo bukan nama bahannya.

Bahan Baby Terry

Bahan Kaos Baby Terry merupakan kain kaos katun/polyester/campuran yang bahannya tebal, tidak berbulu hangat dan lembut. Struktur Baby Terry mirip seperti kain kaos (jersey), sedangkan bagian dalamnya memiliki struktur yang berbentuk seperti kumpulan “loop”. Kain jenis ini biasanya digunakan untuk bahan dasar jaket/sweater/hoodie karena bahannya yang hangat dan lembut.

Bahan Fleece

Hampir sama seperti bahan Baby Terry kain ini juga mempunyai dua sisi permukaan yang berbeda, dimana bagian luar kainnya terlihat seperti bahan kaos pada umumnya sedangkan bagian dalamnya mempunyai bulu halus yang nyaman dan hangat. Bahan ini bisa dirajut menggunakan jenis bahan dasar apapun seperti katun, polyester dan campuran berbagai macam bahan contohnya cotton dan polyester. Kegunaan kainnya adalah sebagai bahan untuk membuat jaket, sweater, dan hoodie.

Bahan Kaos Fancy

Bahan Kaos Polos Cotton Galaxy

Bahan Kaos Cotton Galaxy Lebar: 42″ Gramasi 140-150 adalah jenis kain yang terbuat dari 99% benang cotton atau katun dan 1 % benang polyester. Kain ini mempunyai ciri khas permukaan berbintik warna warni. Cotton Galaxy mempunyai struktur kain yang sama dengan kain kaos biasa, letak perbedaannya terdapat pada rajutan yang berbintik putih.

Bahan kain ini lembut di tangan dan halus, juga dapat menyerap keringat dengan baik karena komposisi benang katun lebih banyak dari polyester. jadi kain ini juga cocok digunakan untuk membuat kaos atau baju anak.

Bahan Kaos Polos SLUB

Bahan Kaos Slub adalah jenis kain kaos katun/ polyester/campuran yang mempunyai permukaan benang tidak rata yang menebal dan menipis secara sengaja. Karena ciri khas unik nya, kain ini banyak digunakan oleh merk-merk terkenal untuk bahan kaos.

Bahan Kaos Polos CVC TWOTONE/ THREETONE

CVC Threetone merupakan jenis kain kaos yang memiliki campuran 3 warna di dalam satu kain yaitu campuran warna dasar, putih dan hitam. 

CVC Twotone adalah jenis kain kaos yang memiliki 2 warna di dalam satu kain, dua campuran warna tersebut adalah warna dasar dan warna putih. 

Bahan Kaos Polos CVC Astro 30s

CVC Astro adalah jenis kain yang juga dibuat menggunakan campuran serat Cotton dan Polyester, bahan ini termasuk ke dalam koleksi kain Fancy karena mempunyai corak yang unik juga yaitu perpaduan warna dasar dan warna putih dengan motif garis-garis

Bahan Kaos CVC Fuzy 30s

Bahan kain CVC Fuzy ini mempunyai keunikan pada permukaannya yang mempunyai bulu halus. Bulu halus ini tidak akan membuat gatal karena dibuat dari serat alami. Dibuat dari serat campuran katun dan polyester kain ini sangat unik dan akan memberikan kesan yang sangat berbeda. Bahan ini bisa kamu gunakan untuk pakaian anak-anak dan juga dewasa.

Bahan CVC Slub Siro

Pada permukaan kain CVC Slub Siro ini terdapat bintik-bintik putih yang menjadi corak dari kain ini, selain itu terlihat juga bentuk rajutan menebal dan menipis yang dibuat dengan sengaja. Bahan dasar yang digunakan adalah serat katun dan polyester, kain ini tetap nyaman digunakan terutama saat siang hari.

Cotton Combed Stripes 

Yang terakhir dari kain Fancy adalah kain Cotton Combed Stripes yang hadir di tahun 2020 lalu, kain ini mempunyai campuran dua warna contohnya putih dan hitam, putih dan navy serta lain sebagainya. Kain ini dibuat dari bahan dasar 100% serat Cotton Combed Premium yang sangat nyaman digunakan. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur