6 Kelebihan Bahan Spandex Terbaik dan Kegunaanya

0
5/5 - Vote count: 52 votes

Ciri-Ciri Bahan Spandex dan Kegunaanya – Hai Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto mau bahas salah satu kain yang banyak ditemukan di pasaran dan mudah didapat. Kain yang akan dibahas punya ciri-ciri permukaan kain yang sedikit mengkilap, bertekstur jatuh, dan memiliki kemampuan stretch yang sangat baik.

Bahan Spandex
Bahan Spandex

Ada yang tahu kainnya apa? Yup, Minto akan bahas tentang kain Spandex, salah satu kain sintetis yang banyak kegunaanya.

Apa itu Bahan Spandex

Sebelum bahas yang lain, Minto bakal kenalin dulu bahan Spandex supaya Knittopreneurs tahu pasti apa itu kain Spandex. Kain Spandex atau Spandek adalah kain yang terbuat dari serat sintetis seperti Polyester.

Kain Spandex ini ditemukan oleh Joseph Shivers di laboratorium DuPont pada tahun 1958. Nah sebuah fun fact, ternyata nama Spandex ini diambil dari anagram atau sebuah kata baru yang diambil dari rangkaian huruf pada kata Expands yang berarti bisa melebar atau melar, sesuai ciri khas dari kain Spandex yang memang memiliki kemampuan untuk memelar dan kembali ke bentuk semula. Kain Spandex juga bisa dikenal dengan nama Elastane atau Lycra lho.

Spandex sendiri bisa terbuat dari pure serat sintetis maupun campuran serat sintetis dengan serat natural. Intinya, semua kain yang mengandung Spandex akan memiliki kemampuan memelar. Spandex memiliki kemampuan memelar yang sangat baik, bahkan hingga 8x dari ukuran aslinya. Makan dari itu, Spandex cocok dijadikan jadi bahan pakaian yang fit body seperti pakaian renang, inner pakaian, dan lain-lainnya.

Beberapa contoh jenis kain Spandex yang beredar di pasaran yaitu Spandex Katun, Spandex Rayon, Spandex Balon, Spandex Jersey, Spandex PE dan Spandex lainnya. 

Kegunaan Bahan Spandex

Bahan Spandex memiliki ciri kain yang ringan, mudah memelar namun bisa kembali ke ukuran semula, dan sebagian besar jenis bahan Spandex memiliki permukaan kain  yang cenderung licin dan glossy.

Bahan Spandex cocok sekali dijadikan berbagai bahan pakaian olahraga khususnya seperti renang, bersepeda, lari rintang, dan olahraga lainnya yang membutuhkan kecepatan dan pakaian yang melekat kepada tubuh sehingga tidak menghalangi gerak.

Selain untuk pakaian olahraga, bahan Spandex juga cocok untuk dijadikan bahan inner, manset, dalaman, dan pakaian lainnya. Spandex mampu menyesuaikan bentuk dengan bentuk tubuh sehingga nyaman digunakan.

Kelebihan Bahan Spandex

Bahan Spandex punya beberapa kelebihan lho! Ada yang tahu nggak apa saja kelebihan dari bahan Spandex? Buat yang belum tahu, sini Minto spill kelebihannya! Berikut ini adalah kelebihan dari kain Cotton Spandex!

  1. Bahan Spandex cenderung ringan.
  2. Bahan Spandex cenderung memiliki permukaan yang halus dan lembut.
  3. Bahan Spandex dapat memelar hingga 8x lebih besar namun dapat kembali ke ukuran semula.
  4. Bahan Spandex tidak mudah kusut sehingga tidak perlu disetrika.
  5. Bahan Spandex memiliki variasi kain yang banyak sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  6. Bahan Spandex tidak memerlukan perawatan kain yang terlalu sulit.

Nah untuk Knittopreneurs yang lagi cari bahan Spandex, Minto punya nih kain yang oke banget dijadikan bahan kulot yang nyaman karena mengandung Spandex. Yuk cari tahu kainnya dibawah ini! 

Polyester Hera Rib Knit

Hera Rib Knit
Hera Rib Knit

Polyester Hera Rib Knit adalah kain yang terbuat dari 97% Polyester dan 3% Spandex. Kain ini merupakan kain yang terbuat dari dua jenis serat sintetis yang berbeda. Kain ini memiliki ciri yang sangat mudah dikenali yaitu memiliki corak yang menyerupai rib pada permukaan kainnya. Kain ini juga tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal, memiliki gramasi kain 230-250 gsm sehingga bisa dijadikan sebagai bahan bawahan, atasan, maupun dress.

Kain ini memiliki permukaan kain yang lembut dan halus, bertekstur agak jatuh atau flowy, dan ringan. Kelebihan inilah yang dapat dijadikan alasan kenapa kain Polyester Hera Rib Knit cocok dijadikan bahan pakaian khususnya bahan pakaian wanita. Karena mengandung serat sintetis, kain Polyester Hera Rib Knit ini tidak mudah kusut sehingga tidak perlu disetrika. Selain itu kain ini sangat mudah dirawat. 

Saat ini Polyester Hera Rib Knit tersedia di Knitto Textiles dalam 1 jenis ketebalan kain (230-250 gsm) dengan 4 jenis pilihan warna yaitu Blush Pink, Milk Tea, Moss Green, dan Pale Orchid.

Gimana? Tertarik buat coba? Yuk cobain kainnya sekarang juga, Polyester Rib Knit punya koleksi warna-warna yang cantik sehingga cocok untuk dipakai sehari-hari. Kunjungi store terdekat atau cek lebih lanjut di www.knitto.co.id untuk melihat katalog gratis! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur