4 Rekomendasi Kain untuk Pakaian Renang

0
5/5 - Vote count: 10 votes

4 Rekomendasi Kain untuk Pakaian RenangHi Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto bakal bahas salah satu pakaian olahraga yaitu pakaian renang! Siapa nih yang disini suka berenang atau bahkan lagi cari kain untuk dijadikan pakaian renang? Supaya nggak salah pilih, sini Minto spill kain-kain yang bagus untuk pakaian renang.

Pakaian Renang
Pakaian Renang

Ciri Bahan Pakaian Renang yang Nyaman 

Bahan pakaian renang yang nyaman memiliki beberapa ciri khas yang perlu kamu cermati. Berikut beberapa ciri bahan pakaian renang yang nyaman:

  • Handfeel Lembut

Bahan harus lembut dan nyaman saat bersentuhan dengan kulit Knittopreneurs, tanpa menyebabkan rasa gatal atau iritasi.

  • Elastisitas Bahan

Pakaian renang harus memiliki elastisitas yang cukup untuk mengikuti gerakan tubuh Knittopreneurs sehingga dapat berenang dengan leluasa tanpa memberikan tekanan berlebihan pada tubuh.

  • Ketahanan Terhadap Zat Klorin

Bahan pakaian renang yang baik tentunya harus tahan terhadap pengaruh zat klorin yang digunakan dalam kolam renang, sehingga warna dan bentuknya tidak cepat rusak.

  • Ketahanan Terhadap Sinar Matahari

Pakaian renang yang bagus memiliki daya tahan terhadap sinar matahari. Selain itu, bahan yang tahan terhadap sinar matahari dapat lebih lama mempertahankan warna dan elastisitas bahannya.

  • Cepat Kering

Bahan pakaian renang yang bagus merupakan bahan yang cepat kering sehingga Knittopreneurs tidak perlu menunggu lama setelah berenang. Hal ini akan membantu Knittopreneurs merasa lebih nyaman setelah berenang.

  • Tidak Tembus Pandang

Bahan pakaian renang harus cukup tebal  dan tidak tembus pandang ketika basah, sehingga Knittopreneurs merasa nyaman saat berada di air. Selain itu bahan yang lebih tebal akan lebih awet dan tak mudah rusak

  • Memiliki Komposisi Serat Elastis

Bahan pakaian renang sering terbuat dari campuran serat sintetis seperti nilon, spandex, atau polyester untuk memberikan elastisitas sehingga tidak menghambat gerak dan memiliki ketahanan yang baik.

Knittopreneurs, jangan lupa untuk mencari bahan pakaian renang ataupun pakaian renang yang memiliki ciri-ciri seperti yang ditulis di atas agar tetap merasa nyaman ketika berenang.

Rekomendasi Kain untuk Pakaian Renang

kain hitam

Ketika memilih kain untuk pakaian olahraga, penting untuk memperhatikan jenis kain dan mengecek kualitas kainnya seperti handfeel, elastisitas, daya serap keringat, dan performa. Berikut adalah beberapa jenis kain yang sering digunakan sebagai bahan pakaian renang:

  • Spandex / Lycra

Spandex / Lycra adalah serat sintetis yang sangat elastis yang memungkinkan pakaian untuk mengikuti gerakan tubuh dengan baik. Kain ini sering digunakan dalam pakaian olahraga seperti legging dan pakaian renang.

  • Polyester

Tidak hanya untuk pakaian renang, kain Polyester juga sangat sering digunakan sebagai bahan pakaian olahraga lainnya. Polyester cocok dijadikan sebagai kain bahan pakaian olahraga karena memiliki daya tahan yang baik walaupun tidak terlalu elastis.

  • Neoprene

Neoprene merupakan bahan yang memiliki ciri seperti karet yaitu elastis, sangat cocok dijadikan pakaian renang maupun diving di air laut. Bahan Neoprene ini juga mampu menahan suhu dingin dari air sehingga memberi kenyamanan bagi si pemakai.

  • Kain dengan Komposisi Campuran

Beberapa produsen pakaian renang ternama pasti pernah membuat kain yang diproduksi secara khusus untuk pakaian renang. Untuk komposisinya bisa sangat beragam, tergantung dengan spesifikasi kain yang diinginkan produsen. Tapi umumnya, kain tersebut memiliki elastisitas yang baik dan cepat kering.

Knittopreneurs bisa memilih kain tergantung pada jenis kebutuhan yang Knittopreneurs butuhkan. Pastikan untuk mencari bahan pakaian yang dirancang khusus untuk keperluan olahraga Knittopreneurs ya!

Cara Merawat Pakaian Renang

Merawat pakaian renang dengan baik dapat memperpanjang umur pakai dan kondisi produknya. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat pakaian renang agar awet dan tidak mudah rusak.

  • Bilas Setelah Digunakan

Setelah berenang, jangan lupa untuk  selalu bilas pakaian renang Knittopreneurs dengan air biasa. Cara ini bisa membantu menghilangkan atau mengurangi kadar garam, klorin, dan pasir yang bisa merusak kain seiring waktu.

  • Jangan Biarkan Basah Terlalu Lama

Setelah dibilas, jangan lupa untuk memeras pakaian renang agar kandungan air tidak banyak. Hindari membiarkan pakaian renang Knittopreneurs tetap basah dalam tas atau kantong plastik untuk waktu yang lama setelah digunakan. Kain yang lembab dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau bakteri bahkan timbul bau tidak sedap.

  • Cuci dengan Air Normal

Gunakan air dingin atau air suhu kamar ketika mencuci pakaian renang. Air panas dapat merusak serat kain dan berkemungkinan membuat pakaian renang menciut (terutama yang terbuat dari serat polyester) serta menyebabkan pakaian renang cepat aus.

  • Gunakan Deterjen yang Lembut

Gunakan deterjen yang lembut dan bebas dari zat pembersih keras atau pemutih. Deterjen yang terlalu kuat dan pemutih dapat merusak elastisitas dan warna pakaian renang.

  • Hindari Pengering

Sebaiknya jangan mengeringkan pakaian renang di mesin pengering. Panas berlebih dari pengering dapat merusak serat kain dan elastisitasnya, bahkan dapat membuat pakaian renang menciut. Sebaliknya, gantung pakaian renang untuk dikeringkan secara alami. Pakaian renang umumnya cepat kering, jadi jangan khawatir!

  • Hindari Bersentuhan dengan Permukaan Kasar

Hindari duduk atau bersentuhan dengan permukaan kasar saat mengenakan pakaian renang. Permukaan kasar dapat merusak kain yang diakibatkan oleh pergesekan.

  • Gosok Lembut

Jika Knittopreneurs perlu membersihkan noda atau kotoran pada pakaian renang, gosok dengan lembut menggunakan tangan atau sikat lembut. Hindari menggosok dengan keras apalagi menggunakan sikat kasar. Hal ini dapat membuat pakaian renang mudah rusak.

  • Rotasi Penggunaan Pakaian Renang

Jika Knittopreneurs sering berenang, Minto sarankan kamu memiliki beberapa pakaian renang dan merotasi penggunaannya. Dengan rotasi penggunaan, kamu dapat membantu mengurangi tekanan dan keausan pada satu pakaian renang.

  • Hati-hati Saat Mengenakan

Hindari menggunakan kuku atau benda tajam lainnya saat mengenakan atau melepas pakaian renang, karena ini dapat merusak kain bahkan menimbulkan bolong.

 

Merawat pakaian renang dengan baik akan membantu mempertahankan kualitas dan tampilan mereka selama mungkin. Perlu diingat bahwa pakaian renang sering memiliki bahan yang lebih sensitif dibandingkan pakaian sehari-hari, jadi perlakukan dengan lembut dan hindari tindakan yang dapat merusaknya. Dan jangan lupa, pakaian renang tidak perlu disetrika ya! Semoga artikel ini membantu kamu Knittopreneurs, sampai jumpa di artikel lain!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur