Apakah Bahan Waffle Cocok Untuk Bahan Babywear

0
Rate this post

Apakah Bahan Waffle Cocok Untuk Bahan Babywear? – Knittopreneurs apakah kamu produsen pakaian bayi? Ketika akan membuat pakaian bayi, banyak aspek yang harus kamu perhatikan terutama dari segi pemilihan bahannya. Memilih bahan untuk babywear tidak bisa asal-asalan, bahkan harus menjadi fokus utama kamu dan kamu juga harus memastikan kain atau bahan tersebut berkualitas baik serta nyaman untuk digunakan bayi.

Salah satu bahan yang tengah menjadi sorotan adalah bahan waffle. Tetapi, apakah bahan waffle ini cocok dan aman digunakan untuk bahan babywear? Ayo kita bahas bersama-sama Knittopreneurs!

Apa itu Bahan Waffle?

Bahan Waffle, sudah pernah mendengar tentang jenis kain ini? Bahan ini dinamakan “waffle” karena teksturnya yang memiliki pola serupa dengan kue waffle, yaitu memiliki permukaan yang berbentuk seperti grid atau sarang lebah. Tekstur ini diciptakan melalui teknik tenunan khusus yang menggunakan dua set perangkat tenun, yang satu membentuk dasar dan yang lainnya membentuk pola-pola timbul pada permukaan kain.

Bahan Waffle biasanya dapat dibuat menggunakan berbagai jenis serat, baik serat alami seperti kapas, full sintetis seperti Polyester, atau bisa juga kombinasi dari kedua bahan tersebut. Tapi serat lain seperti rayon atau bamboo juga terkadang digunakan oleh beberapa produsen untuk dijadikan bahan dasar kain waffle ini. 

Apakah Bahan Waffle Cocok Untuk Babywear?

Karena bayi mempunyai kulit yang cukup sensitif, kamu tidak bisa menggunakan sembarang bahan. Mengenai pertanyaan apakah bahan waffle bisa digunakan untuk babywear atau tidak? Jawabannya bisa. Seperti yang disebutkan sebelumnya jika bahan waffle bisa dibuat dari berbagai macam serat, sehingga untuk pakaian anak-anak atau bayi, kamu bisa memilih bahan waffle yang dibuat dari serat alami seperti katun atau bamboo.

Agar lebih yakin untuk menggunakan bahan waffle sebagai bahan untuk babywear, kita cari tahu dulu bagaimana karakteristik kain waffle, di bawah ini.

  • Kelembutan dan Kenyamanan Bahan Waffle

Satu aspek utama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih bahan pakaian untuk bayi adalah kelembutan. Kulit bayi yang sangat sensitif memerlukan material yang lembut untuk menghindari iritasi. 

Bahan waffle dikenal dengan kelembutannya dan kenyamanan yang ditawarkannya, membuatnya menjadi pilihan yang menjanjikan sebagai bahan pakaian bayi.

  • Kemampuan Menyerap dan Sirkulasi Udara

Sifat lain dari bahan waffle yang perlu dicatat adalah kemampuannya untuk menyerap kelembaban dengan baik. Bayi cenderung sering berkeringat dan juga memiliki kecenderungan mengompol, sehingga kemampuan bahan pakaian untuk menyerap kelembaban menjadi sangat penting. 

Selain itu, struktur kain waffle yang berongga memungkinkan sirkulasi udara yang baik, membantu untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tetap stabil dan nyaman.

  • Perawatan Kain Waffle

Meski memiliki banyak kelebihan, perawatan kain waffle bisa dibilang memerlukan perhatian lebih dibandingkan kain biasa. Bahan ini perlu dicuci dengan cara yang tepat dan dikeringkan dengan benar untuk mempertahankan tekstur dan kualitasnya. Untuk bayi yang memerlukan pergantian pakaian yang sering, pertimbangkan faktor ini dalam menentukan apakah bahan waffle adalah pilihan yang praktis sebagai babywear.

Kalau kamu sudah mengetahui karakteristik dari bahan waffle, kamu bisa merasa lebih aman dan yakin ketika menggunakan kain ini sebagai bahan babywear. Sebagai pertimbangan lain untuk memilih bahan ini sebagai bahan untuk babywear kamu bisa mengikuti tips memilih bahan waffle berikut ini

Tips Memilih Bahan Waffle untuk Bahan Babywear

  • Utamakan Kelembutan Material

Pilih kain waffle yang mempunyai tekstur sangat lembut untuk menghindari iritasi pada kulit bayi. Untuk memastikan kelembutan kainnya lakukan handfeel dengan seksama agar teruji dengan baik, dan kamu merasa yakin dengan tekstur kainnya.

  • Kemampuan Daya Serap

Karena bayi cenderung lebih aktif dan lebih banyak berkeringat. Juga bayi biasanya masih mengompol sebaiknya kain yang akan digunakan mempunyai kemampuan daya serap yang baik agar bisa menangani kelembaban dari keringat atau air seni. Selain mempunyai daya serap yang baik pastikan juga kain juga dapat mengering dengan cepat untuk mencegah ruam.

  • Hypoallergenic

Tips selanjutnya yang juga sangat penting yaitu pertimbangan tentang bahannya yang Hypoallergenic untuk mencegah reaksi alergi pada kulit bayi yang cenderung masih sensitif. Pilih bahan yang memang dibuat dari bahan alami dan hindari untuk menggunakan kain yag diolah dengan menggunakan bahan kimia berbahaya yang bisa menimbulkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit bayi.

  • Kenyamanan Bahan

Knittopreneurs kamu harus memastikan bahan yang akan digunakan mempunyai elastisitas yang baik untuk memberikan ruang gerak bayi dan fleksibilitas yang bagus. Jika kamu memilih pakaian dengan sambungan atau jahitan, pastikan bagian tersebut tidak kasar.

  • Penggunaan Warna

Warna-warna yang disediakan pada bahan waffle biasanya sangat menggemaskan, kamu bisa memilih warna kain yang cocok seperti warna-warna muda atau warna pastel. Tetapi Knittopreneurs juga wajib memastikan pewarna yang digunakan pada bahan tersebut bersifat aman dan tidak mengandung bahan yang berbahaya. Karena tidak menutup kemungkinan jika warna kain juga bisa menjadi salah satu penyebab iritasi pada kulit anak-anak. 

  • Ketebalan Kain

Bayi atau anak-anak cenderung lebih banyak bergerak dan biasanya akan lebih mudah berkeringat, maka dari itu sebaiknya kamu memilih kain waffle yang tidak terlalu tebal agar bayi tidak merasa kepanasan. Tapi kamu juga harus tetap memberikan perlindungan yang cukup dari kondisi suhu sekitar.

  • Harga dan Ketersediaan

Sebelum membeli kain waffle sebagai bahan untuk babywear sebaiknya kamu lakukan research terlebih dahulu terutama untuk harga dan ketersediaan kainnya. Pastikan bahwa harga kain sesuai dengan anggaran dan kualitas yang ditawarkan oleh penjual. 

Periksa juga ketersediaan kain tersebut di pasaran apakah kainnya mudah untuk ditemukan? Jangan sampai ketika kamu mau membeli kainnya untuk yang kedua atau ketiga kalinya, ternyata stoknya sudah tidak tersedia di pasaran. Karena jika memang kainnya ternyata limited stock kamu bisa membuat perencanaan lain untuk produksi kamu kan?

  • Ulasan dan Rekomendasi

Sebelum membeli kain agar menghindari beberapa kerugian atau ketidakpuasan, kamu bisa cek atau mempelajari pengalaman orang lain dengan kain yang akan kamu beli melalui ulasan produk. Kamu juga bisa mempertimbangkan rekomendasi dari teman atau keluarga yang mungkin sudah mencoba kain ini sebelumnya. 

Kamu bisa mempertimbangkan beberapa tips di atas ketika akan membeli bahan waffle sebagai bahan untuk babywear. Sayangnya saat ini bahan waffle ini belum tersedia di Knitto, tetapi jika kamu ingin menggunakan bahan dari Knitto untuk membuat pakaian anak-anak, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi kain dari Knitto seperti:

  • Cotton Combed 30s, yang nyaman dengan tekstur kainnya yang lembut dan halus, juga pilihan warna kainnya yang sangat beragam
  • Cotton Bamboo, dengan kandungan antibakteri, anti jamur dan anti bau yang pasti akan sangat aman untuk anak-anak terutama mereka yang mempunyai kulit sensitif.
  • TENCEL™ Modal Blended with Cotton, kain premium dengan keunggulan yang sangat banyak dan juga sudah banyak digunakan oleh berbagai brand pakaian di Indonesia.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Bahan Denim Untuk Celana Jeans Favorit Kamu

Jadi Knittopreneurs, pastikan untuk selalu memeriksa dan memvalidasi setiap bahan atau produk sebelum membeli dan menggunakannya untuk pakaian bayi, demi kesejahteraan dan kenyamanan si kecil.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur