7 Kelebihan Kain Tenun dan Kegunaanya

0
5/5 - Vote count: 10 votes

7 Kelebihan Kain Tenun dan Kegunaanya – Hi Knittopreneurs, dalam bulan yang baru ini Minto ingin mengajak kamu untuk membahas kain tenun.

Kain tenun merupakan kain yang sangat berbeda dari kain rajut yang tersedia di Knitto Textiles. Yuk kita pelajari apa itu kain tenun serta apa kelebihan dan kegunaan kain tenun.

Kain Tenun
Kain Tenun

Apa itu Kain Tenun?

Kain tenun adalah jenis kain yang dibuat dengan menggunakan teknik tenun. Teknik tenun melibatkan penyilangan benang dengan metode benang lusi (benang vertikal) dengan benang pakan (benang horizontal) untuk membentuk kain. Proses tenun ini telah digunakan selama ribuan tahun dan merupakan salah satu teknik pembuatan tekstil tertua di dunia.

Ciri khas kain tenun adalah pola dan desain yang terbentuk oleh penyilangan benang lusi dan benang pakan. Pola ini dapat bervariasi dari yang sangat sederhana hingga yang sangat rumit, tergantung pada bagaimana benang-benang tersebut diatur dan dihubungkan. Pola ini dapat menciptakan tekstur yang berbeda dan menciptakan desain yang unik pada kain.

Kain tenun dapat terbuat dari berbagai jenis serat, seperti serat alami kapas, wol, sutra, rami serta serat sintetis seperti nilon dan poliester. Pilihan serat ini akan mempengaruhi tampilan, tekstur, dan sifat fisik dari kain yang dihasilkan.

Kain tenun dapat digunakan dalam berbagai produk, termasuk pakaian, kebutuhan rumah seperti karpet atau hordeng dan lain-lain. Berkat fleksibilitas dan daya tahannya, kain tenun dapat digunakan untuk menciptakan berbagai gaya dan produk yang berbeda.

Kelebihan Kain Tenun

fabrics background 87358 123

Kain tenun memiliki banyak kelebihan yang menjadikan kain tenun sebagai pilihan kain yang populer untuk pembuatan pakaian dan lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan kain tenun yang kamu harus ketahui:

  • Kekuatan dan Ketahanan

Kain tenun biasanya lebih kuat dan tahan lama dibanding kain rajut. Benang lusi dan benang pakan yang saling terkait secara ketat memberikan kekuatan tambahan ke kain tersebut. Hal inilah yang membuat kain tenun cocok dipakai sebagai bahan baku untuk berbagai benda, seperti pakaian sehari-hari dan perabotan rumah.

  • Motif dan Warna yang Beragam

Kain tenun dapat memiliki berbagai motif tenun tergantung dari pengaturan mesin tenunnya. Motif ini dapat menciptakan tampilan yang menarik dan unik pada kain, yang sesuai untuk berbagai gaya pakaian dan dekorasi. Motif kain tenun juga bisa menjadi ciri khas dari sebuah daerah.

  • Tidak Mudah Melar

Kain tenun cenderung tidak meregang atau melar karena metode pembuatannya yang seperti dianyam, berbeda dengan kain rajut. Hal ini menjadikan kain tenun menjadi pilihan yang baik untuk pakaian yang perlu mempertahankan bentuknya, seperti kemeja dan celana. Sebaliknya, kain tenun ini kurang cocok dijadikan sebagai bahan utama kaos.

  • Bahan yang Sejuk dan Adem

Beberapa jenis kain tenun terutama kain tenun yang terbuat dari serat alami seperti katun dan linen, memiliki kemampuan bernapas yang baik, yang membuatnya nyaman digunakan dalam cuaca hangat. Mereka dapat membantu mengatur suhu tubuh dengan baik. Namun untuk kain tenun yang terbuat dari serat polyester atau buatan biasanya tidak seadem kain tenun yang terbuat dari serat alami.

  • Kain yang Nyaman

Kain tenun umumnya memiliki handfeel terasa nyaman saat bersentuhan dengan kulit sehingga cocok menjadi pilihan yang baik untuk pakaian dalam dan pakaian sehari-hari.

  • Tersedia dalam Berbagai Komposisi

Kain tenun dapat dibuat dari berbagai serat alam dan serat sintetis. Sehingga Knittopreneurs memiliki banyak pilihan dalam hal bahan, termasuk kapas, wol, sutra, dan lainnya sehingga dapat menyesuaikan dengan bahan yang diinginkan Knittopreneurs.

  • Kebudayaan dan Tradisi

Kain tenun sering memiliki nilai budaya tradisional bagi budaya di seluruh dunia. Mereka sering digunakan untuk mencerminkan identitas etnis dan kearifan lokal pada daerah tertentu, misalnya Sumba yang terkenal akan kain tenunnya.

Kain tenun memiliki keunikan dan kekuatan yang menjadikannya bahan yang cukup sering digunakan dalam dunia tekstil. Dengan berbagai jenis, motif, dan serat yang tersedia, kain tenun terus menjadi pilihan yang populer dalam berbagai aplikasi dari pakaian hingga dekorasi interior.

Perbedaan Kain Tenun dan Rajut

Kain tenun dan kain rajut  dibuat dengan dua teknik yang berbeda. Berikut adalah perbedaan antara kain tenun dan kain rajut:

  • Proses Pembuatan Kain

Kain Tenun: Kain tenun dibuat dengan cara menyilangkan benang lusi (benang vertikal) dan benang pakan (benang horizontal) secara bergantian. Benang lusi diangkat atau diturunkan, dan benang pakan melewati di antara benang lusi ini, membentuk pola. Hasilnya adalah kain yang memiliki pola kotak-kotak yang khas. Sekilas, metode ini mirip seperti metode anyam.

Kain Rajut: Kain rajut dibuat dengan mengaitkan benang satu per satu menjadi sebuah kain. Kain rajut bisa dibuat secara manual maupun menggunakan mesin. Kain rajut juga dapat memiliki 2 sisi motif yang berbeda, tidak seperti tenun yang cenderung memiliki motif yang sama.

  • Tingkat Elastisitas

Kain Tenun: Kain tenun kurang elastis daripada kain rajut karena benang lusi dan benang pakan terikat secara ketat dan tidak dapat meregang.

Kain Rajut: Kain rajut terbilang elastis karena metode pembuatan kainnya. Kain rajut bisa meregang dan kembali ke bentuk semula dengan mudah.

  •  Pola atau Motif Kain

Kain Tenun: Pola kain tenun umumnya berbentuk kotak-kotak atau garis-garis, tergantung pada cara benang lusi dan benang pakan disusun dan dihubungkan.

Kain Rajut: Kain rajut memiliki tekstur yang lebih padat dan terlihat seperti satu lapisan benang yang saling terkait. 

  • Kegunaan

Kain Tenun: Kain tenun umumnya digunakan untuk pakaian formal yang cenderung kaku seperti kemeja, celana, dan pakaian pesta serta perabotan rumah seperti karpet, dan berbagai produk tekstil lainnya.

Kain Rajut: Kain rajut sering digunakan untuk pakaian casual yang memerlukan elastisitas, seperti sweater, kaos, sarung tangan rajut, dan produk-produk rajutan lainnya.

Kesimpulannya, kain tenun dan kain rajut adalah dua teknik yang berbeda dalam pembuatan tekstil, dan keduanya memiliki karakteristik, ciri, dan fungsi tersendiri. Nah jadi gimana? Sekarang sudah tahu kan perbedaan kain tenun dan rajut? Saat ini Knitto Textiles memang tidak menyediakan kain tenun, tapi kamu bisa temukan berbagai jenis kain rajut berkualitas di Knitto Textiles. Temukan berbagai jenis kain rajut berkualitas di www.knitto.co.id!


TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur